November 2019 ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Keadilan Berpihak pada yang Lemah


Mazmur 82
Dalam sebuah persidangan di pengadilan, peran seorang hakim sangat penting karena melaluinya diharapkan lahir keputusan yang adil dan benar. Karena itu, hakim dipanggil dengan sebutan "Yang Mulia" dalam persidangan. Hal ini memperlihatkan betapa besarnya kuasa yang dimiliki oleh seorang hakim.
Gambaran Allah yang berdiri dalam sidang Ilahi merupakan hal yang lazim dalam pemikiran Israel kuno. Siapa saja yang hadir di sana? Hal ini memang tidak dijelaskan terperinci. Kemungkinan bisa para malaikat, para ilah, anak-anak Allah dan lainnya (bdk. Ayb 1:6). Gambaran itu bisa juga dilihat sebagai sebuah kiasan (metafora) di mana para allah itu adalah para pemimpin atau raja-raja dunia. Karena konteks saat itu raja dianggap sebagai "allah" oleh manusia. Di tangan mereka, ada kuasa yang besar. Dalam kuasa mereka, bergantung nasib hidup orang banyak. Karena itu, mereka diperintahkan oleh Allah, Sang Hakim Tertinggi untuk berlaku adil kepada anak yatim, orang miskin, yang lemah tak berdaya (3-5), dan jangan berlaku lalim apalagi memihak kepada orang jahat (2).

Allah senantiasa menunjukkan keberpihakan-Nya untuk membela kaum yang miskin dan lemah. Karakter Allah ini tampak dalam teladan Kristus yang hadir menyapa dan melayani mereka yang dianggap lemah, hina, dan rendah dalam tatanan sosial. Karena itu, karakter Kristus seharusnya tampak dalam cara berpikir, sifat, dan perilaku kita yang adalah pengikut Kristus. Berlaku adil dan peduli terhadap kaum lemah yang ditindas harus menjadi salah satu prinsip kebenaran Allah yang patut dipraktikkan.

Di tengah kehidupan berbangsa yang penuh dengan kecurangan, korupsi, dan ketidakadilan, kita semakin ditantang untuk menunjukkan prinsip hidup demikian. Sehingga, bukan hanya nama Allah yang kita muliakan, tetapi juga prinsip keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang tertulis dalam teks Pancasila dapat terwujud melalui kontribusi orang beriman.

Doa: Tuhan, ajar kami untuk mampu adil dan berpihak kepada mereka yang miskin dan lemah. [YWA]
Di sadur dari pelita.

TIADA KEADILAN SEJATI SELAIN KEADILAN ALLAH YANG ADIL
Share:

Hidup Dalam Perjanjian dengan Allah

Mazmur 81 

Acara perkawinan lazimnya dirayakan dengan penuh sukacita. Banyak pesta mewah digelar untuk merayakannya. Apa yang dirayakan? Bersatunya dua insan dalam sebuah relasi intim yang diikat melalui sebuah perjanjian.

Mazmur ini diawali dengan nyanyian sukacita yang berisi ajakan untuk bersorak-sorai dan bernyanyi bagi Allah (2-3). Alat-alat musik seperti rebana, kecapi, gambus, dan sangkakala menunjukkan betapa besarnya sukacita ini. Besar kemungkinan nyanyian ini dilakukan dalam sebuah hari raya (4), yaitu perayaan akan ikatan perjanjian antara Allah dan umat. Allah berjanji untuk melepaskan umat dari segala kesesakan (7-8), melindungi umat dari musuh dan orang-orang yang melawan mereka (16-17), serta mengenyangkan mereka dengan gandum dan madu (16-17). Sebagai gantinya, Allah menuntut umat untuk mendengarkan dan memperhatikan perintah-Nya, yakni setia untuk tidak menyembah allah lain dan hidup menurut jalan-Nya (9, 10, 14).

Cara hidup yang dibangun Allah dengan umat selalu bercorak perjanjian. Mulai dari perjanjian Allah secara personal dengan Nuh, Abraham, Daud, Salomo, hingga perjanjian secara komunal dengan Israel sebagai bangsa. Inilah cara hidup orang percaya, yaitu hidup dalam perjanjian dengan Allah. Itu sebabnya, Alkitab terdiri dari dua bagian, yaitu Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, bukan janji lama atau janji baru.

Sepanjang hidup sudah berapa banyak janji yang dibuat dan diikrarkan sebagai bentuk perjanjian kita dengan Allah? Lalu, bagaimana kita menjalaninya? Masih setiakah kita dengan janji tersebut? Atau kita yang ingkar janji? Ingatlah bahwa janji-janji kita merupakan bagian dari ikatan perjanjian dengan Allah. Ikatan ini akan membawa kita masuk dalam relasi yang lebih intim dengan Allah. Jalanilah dengan setia dan penuh sukacita sekalipun itu berat. Karena Allah selalu setia dengan janji-Nya bahwa Ia selalu menyertai kita. Itu sebabnya Ia disebut Imanuel.

Doa: Ya Tuhan, mampukan kami untuk bisa terus-menerus hidup dalam ikatan perjanjian dengan-Mu. [YWA]. Di sadur dari pelita. 

JANJI YANG DITEPATI MERUPAKAN KESEMPATAN MEMBUKA DIRI DENGAN BENAR DAN JUJUR.
Share:

Tidak di jawab Tuhan



Mazmur 77:1-2 (TB)  
Untuk pemimpin biduan. Menurut: Yedutun. Mazmur Asaf. (77-2) Aku mau berseru-seru dengan nyaring kepada Allah, dengan nyaring kepada Allah, supaya Ia mendengarkan aku.
(77-3) Pada hari kesusahanku aku mencari Tuhan; malam-malam tanganku terulur dan tidak menjadi lesu, jiwaku enggan dihiburkan. 


Saat anda meminta kepada Tuhan dengan doa, dan doanya sangat tulus dan setia, tekun bahkan tidak jemu jemu minta kepada Tuhan. Namun jawaban doa tidak kunjung ada harapan dan kenyataan yang terjadi. Apakah iman dan doa kita masih tetap sekuat dan setekun itu.
Inilah yang perlu kita renungkan setiap hari di saat kita bertekun dalam iman. Penulis terus belajar dengan hal ini. Ketika minta sembuh dari sakit tapi saat sakit tidak kunjung sembuh kadang juga rasa kuatir dan putus asa. Kadang saya berpikir bagaimana aku bisa kuat dalam iman  jika menghadapi hal ini. Bagaimana orang lain percaya kepada Allah jika kita sudah mulai kuatir.
Untuk itu nas bacaan kita hari ini memberikan kekuatan kepada kita bahwa tidak selalu Tuhan menepati jawaban doa kita. Oleh sebab itu jangan biarkan imanmu berhenti saat Tuhan tidak memberi jawaban. Tapi semakin giatlah dalam Tuhan. Sebab Allah punya rahasia tersembunyi bahwa di balik tidak berdayaanmu kuasa Allah di nyatakan.
Apa yang kita dapat lakukan. Berdoa minta kekuatan dan selalu beriman kepada Allah yang memberi kekuatan. Amin. ( YS)

DOA SELALU YANG TERBAIK UNTUK MASALAHMU DISAAT SUKA DAN DUKA
Share:

KEFASIKAN AKAN JATUH


Mazmur 75:6-7 (TB)  
(75-7) Sebab bukan dari timur atau dari barat dan bukan dari padang gurun datangnya peninggian itu,
(75-8) tetapi Allah adalah Hakim: direndahkan-Nya yang satu dan ditinggikan-Nya yang lain. 


Pernahkah anda merasa puas dan bangga ketika musuh anda mengalami masalah atau penindasan atau di curangi oleh orang lain. Sebagai manusia kita sadar bahwa hal ini yang sering terjadi karena sifat diri manusia yang tidak bisa menahan diri atas orang yang tidak benar. Asaf pernah mengalami hal yang serupa namun dia tetap memohon kepada Tuhan dengan menjaga sikap dengan rendah hati dan tidak sombong dan menteng kelek. Asaf tahu bahwa kemenangan itu dari Allah bukan dari barat atau timur. ( 7).  Asaf tahu bahwa keadilan datangnya dari Tuhan saja. ( 8).
Apapun yang terjadi pada orang benar  dengan orang yang tidak mengenal Allah atau fasik. Allah selalu menjaga dan melindungi kita, Allah yang membereskannya.
Mari ambil aksi untuk selalu berdoa untuk orang fasik supaya di mampukan memahami hikmat Allah. Dengan selalu mengasihi kita. Cari dan doakan mereka, maka pembelaan terjadi pada kita. Amin ( YS).
KEFASIKAN ADALAH LAWAN DARI KEBENARAN YANG SELALU MENCARI VISI DAN MISINYA UNTUK SALING BERLOMBA MENCARI MANUSIA.
Share:

TARGET DALAM DOA

Mazmur 74:23 (TB)  
Janganlah lupa suara lawan-Mu, deru orang-orang yang bangkit melawan Engkau, yang terus-menerus makin keras. 

Apa yang terjadi di sekitar kita setiap hari. Orang orang yang tidak mengenal Allah selalu berseru untuk kemuliaannya. Mereka dengan rajin mengkaji Kitab mereka siang dan malam supaya hidup mereka menjadi baik dan suci supaya bisa masuk surganya. Dengan segala cara dan upaya memerangi kita dengan kehidupan yang ala kadarnya, dengan perkataan yang sembrono dan sia sia.
Pemazmur asaf mengalami tindasan dalam hidupnya dengan tekanan dari pihak luar dengan memeranginya. (23). Namun asaf tidak tergoyahkan karena dia memiliki iman yang jelas dan benar bahwa Allah adalah pemiliknya dan tempat seruannya.
Dari Firman Tuhan ini kita ditantang oleh asaf untuk berani berperang bukan dengan tindakan kata kata melainkan dengan lutut dan mulut untuk berdoa supaya iman kita tidak goyah dan semakin hari berkenan kepada Allah.
Apa aksi yang harus kita kerjakan perkuat iman kepada Yesus. Berdoa untuk lawan kita supaya diberi hikmat untuk mengenal Yesus sebagai Tuhan dan juru selamat. Amin. (YS).

KEBIASAAN BERDOA BUKAN TERLETAK PADA SEBERAPA KERASNYA SUARA KITA TETAPI APA YANG MENJADI TARGET KITA DALAM BERDOA.
Share:

Melihat dari Perspektif Allah


Mazmur 73
Dari zaman dahulu sampai sekarang, banyak orang benar yang merasa iri kepada orang fasik. Kelihatannya hidup mereka jauh lebih baik dari kehidupan orang benar. Mereka hidup dalam kemewahan, kebal hukum, dan juga disanjung dan dipuja. Seolah-olah Allah "menutup mata" terhadap kefasikan mereka. Hal ini yang dirasakan oleh pemazmur.

Kata "sesungguhnya" muncul 3x dalam bahasa Ibrani, yaitu ayat 1, 13, dan 18, yang menggambarkan perjalanan pergumulan Si Pemazmur. "Sesungguhnya Allah itu baik bagi mereka yang tulus hatinya" (1). Namun, pemazmur merasa "sesungguhnya" sia-sia ia mempertahankan hati yang bersih (13). Ternyata orang fasik hidup dengan mujur, tanpa kesakitan (3-5), dan tidak kena tulah setiap hari (14).

Ketika pemazmur datang ke Bait Allah, pada akhirnya ia menyadari "sesungguhnya" Tuhan menaruh orang-orang fasik tersebut di tempat-tempat licin (18). Mereka akan dijatuhkan Tuhan dan binasa dalam sekejap mata (19). Itu sebabnya, pemazmur bersyukur bahwa selama pergumulannya ia terus berada di dekat Tuhan, walaupun ia dalam kebingungan (21-23). Tuhan terus memegang tangannya, menuntun, dan meneguhkan kembali imannya yang sempat goyah (23-26).

Awalnya pemazmur merasa cemburu kepada orang fasik yang hidupnya makmur dan tanpa rasa sakit. Beda halnya dengan hidup orang benar yang penuh dengan kesulitan. Tetapi, ketika pemazmur terus berada di dekat Tuhan dan belajar melihat dari perspektif Tuhan, akhirnya ia mengerti bahwa mereka yang fasik akan dibinasakan dan dihancurkan oleh Tuhan.

Kita hidup di dunia yang sudah jatuh dalam dosa dan penuh dengan ketidakadilan. Kita harus mengerti bahwa kita hanya melihat dunia dari sudut pandang yang bersifat sementara. Memang hidup orang fasik sepertinya sangat senang. Meski demikian, kita perlu belajar melihat dunia dari sisi Allah dan melihat betapa hidup orang fasik sedang berjalan menuju kehancuran dan kebinasaan.

Doa: Mampukan aku melihat segala sesuatu dari perspektif-Mu, Tuhan. [IT]. Di sadur dari renungan santapan harian.
Share:

OBAT KEPEDIHAN


Mazmur 70:5 (TB)  
(70-6) Tetapi aku ini sengsara dan miskin — ya Allah, segeralah datang! Engkaulah yang menolong aku dan meluputkan aku; ya TUHAN, janganlah lambat datang! 

Apa yang terpikir dalam benak anda. Saat membaca ayat ini? Pasti ada yang berkata, bahwa daud ini dalam kondisi hati yang pedih. Yang sedang merindukan belas kasih Allah untuk menolongnya. Sayapun berpikir demikian.. syair ini merupakan doa kerinduan pemazmur kepada Allah saat dalam kepedihan ada campur tangan Allah yang menolongnya. Daud bersedia mengundang Allah untuk datang kepadanya di saat dalam kepedihan. 
Suatu saat saya mengalami hal yang mirip dengan Daud. Dimana saya tidak lulus dalam ujian masuk CPNS dan PPPK tahun 2018 yang lalu yang sebenarnya hanya kurang 3 nilai saja. Di bawah passinggrade 65. hati merasa hancur dan pedih hanya 3 saja nilai tidak bisa masuk.. dari kepedihan itu menyebabkan stres dan sakit dan akhirnya saya ngedrop dan masuk diklinik kesehatan 3 hari 2 malam. Saat seperti itu penyesalan dan perenungan mulai terpikir ada Allah yang selalu menghibur dan menolongnya di saat hati mengalami kepedihan. 
Dari kesaksian pribadi di atas menunjukkan bahwa keinginan manusia kadang tidak sesuai dengan rencana Allah. Sehingga menimbulkan kepedihan dalam hati yang menyebabkan pemberontakan diri sendiri yang bisa meninggalkan jauh jauh Allah yang kita sembah, ingat dalam kondisi dan situasi apapun Allah tetap setia menolong. 

Aksi yang harus kita jalani sebagai orang kristen tatkala dalam kepedihan adalah undang Allah hadir dalam hidupmu hiasi segala macam kehidupanmu. minta Allah yang mengendalikan setiap langkah hidupmu. Mulailah dengan setiap waktu mengundang Allah untuk menguji hidup setiap detik detik waktu mu. Amin ( YS).

TIADA KEPEDIHAN YANG MEMBERI JALAN KELUAR SELAIN KEPEDIHAN MENGENAL ALLAH YANG BENAR
Share:

KUPUJI ENGKAU


Mazmur 69:32-34 (TB) 
(69-33) Lihatlah, hai orang-orang yang rendah hati, dan bersukacitalah; kamu yang mencari Allah, biarlah hatimu hidup kembali!
(69-34) Sebab TUHAN mendengarkan orang-orang miskin, dan tidak memandang hina orang-orang-Nya dalam tahanan.
(69-35) Biarlah langit dan bumi memuji-muji Dia, lautan dan segala yang bergerak di dalamnya.


Orang itu akan merasa bangga dan merasa terhormat jika di beri pujian. Bahkan setiap aktifitasnya di puji. Kenapa hal ini bisa terjadi karena perasaan itu yang menyebabkan sukacita sehingga muncul pujian. Daud merasa bersukacita dan memuji Tuhan karena Allah yang  memberikanNya. Daud merasakan di dalam tahanan saat dia tidak bisa memuji Tuhan. Apa yang menjadikan Kita bisa memberikan pujian.
Karena ada kehidupan kembali. Ada perasaan yang baru di dalam hidup ini. Dimana kehidupan baru itu sangat penting. Kehidupan baru itu di mulai dari sikap hati. Ada pertobatan hidup yang baru. Saat saya  hidup berbohong berarti saya tidak sedang memuji Tuhan.  Janganlah berbohong.
Karena. Segala ciptaannya memuji Allah. Tujuan Allah menciptakan alam semesta adalah untuk memujinya. Jika alam semesta di bumi ini memuji Allah, begitu berharganya manusia yang bergerak untuk memujinya.
Karena ada kerendahan hati. Sikap ini adalah karakter Allah yang di berikan oleh manusia sebagai gambar dan rupa Allah, karakter rendah hati ini yang memacu adrenalin kita untuk melakukan pujian kepada orang lain, dan adrenalin inilah yang membawa kita untuk berani mengatakan sebuah pujian. Tanpa kerendahan hati tidak ada pujian yang Tulus terucap dari hidupmu.
Bagaimana dengan anda adahkah pujian itu terucap untuk memujinya.
Aksi. Lakukan satu hal untuk dapat memberi pujian kepada pasanganmu, anakmu, mitra kerjamu. Amin. (YS).

KERENDAHAN HATI AWAL DARI PUJIAN YANG DAPAT MEMUJI ORANG LAIN
Share:

Selalu di Musuhi


Mazmur 69:4 (TB)  (69-5) 
Orang-orang yang membenci aku tanpa alasan lebih banyak dari pada rambut di kepalaku; terlalu besar jumlah orang-orang yang hendak membinasakan aku, yang memusuhi aku tanpa sebab; aku dipaksa untuk mengembalikan apa yang tidak kurampas.

Pernahkah dimusuhi orang tanpa sebab, inilah yang sering terjadi bagi kita orang percaya. Hanya karena hal yang berbeda paham kita sering mendapatkan perlawanan serta permusuhan. Waktu saya masuk pertama kali dimana saya tinggal ada satu orang yang tiba tiba celetuk dengan kata kasar " anjinge lewat" betapa sakit rasanya hati ini. Apa yang bisa saya perbuat hanyalah bersabar dengan kita bawa doa kepada Tuhan. Jelang beberapa bulan orang ini menyadari kesalahannya dan hingga sekarang menjadi teman dan sahabat dekat. Daud selalu meminta kepada Tuhan jika dirinya selalu di musuhi dan diambang ketidak mampuan sehingga putus asa dan gelisah. Namun Tuhan menjadikan kekuatan yang benar.
Dengan berani mengakui kesalahan dan tekanan bukan berarti mengaku diri salah tetapi kita bersandar kepada Tuhan.
Aksilah bahwa Tuhan selalu menjaga dan membela kita. Amin

MUSUH SEJATI KITA BUKAN TEMAN ATAU REKAN DEKAT KITA. MELAINKAN DIRI SENDIRI
Share:

Pilihan Yang Tepat


Mazmur 68:1 (TB) 
Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. Nyanyian. (68-2) Allah bangkit, maka terseraklah musuh-musuh-Nya, orang-orang yang membenci Dia melarikan diri dari hadapan-Nya.

Bagaimana rasanya jika anda merasa menang dari perlombaan. Tentu hati berbunga bunga bukan. Hidup itu adalah sebuah pertandingan dimana kita memilih antara menang dan kalah. Maju atau  mudur , sukses atau berhasil
Kaya atau miskin.
Ketika  daud merasakan panggilannya kepada Tuhan tidak bisa di tolak. Daud meresponi bahwa Allah sebagai Allah yang hidup dan memerintah. Dalam kehidupannya yang selalu mengalahkan musuh terserak serak  keluar darinya.
Ketika saya dalam kekalutan hidup antara percaya kepada Allah dan Dunia ini. Maka Saat saya memilih untuk percaya Allah. Maka apapun yang merintangiku sedikit demi sedikit menjauh.
Inilah pilihan yang tepat. Bagaimana dengan Anda sudahkah anda memilih Yang baik buat masa depanmu. Allah tidak pernah lupa untuk menolong anda. Sebab Allah hidup. Responi Dengan beraksi. Apakah pilihanmu sudah tepat? Apa yang dapat ku berikan kepada Allah karena sudah menjaga dan menolongku? Amin. (YS).

SAAT IMAN ADALAH PILIHAN YANG TEPAT MAKA YANG LAIN AKAN TERSERAK
.
Share:

KEAJAIBAN BERSYUKUR




Mazmur 66:19-20 (TB)  
Sesungguhnya, Allah telah mendengar, Ia telah memperhatikan doa yang kuucapkan.
Terpujilah Allah, yang tidak menolak doaku dan tidak menjauhkan kasih setia-Nya dari padaku.


Bagaimana rasanya bila syukurmu itu memberi rasa dalam hatimu?. Pasti senang campur bahagia serta kerinduan yang selalu untuk melakukannya bagi orang lain dengan menceritakannya kepada orang lain. Inilah perasaan syukur Daud kepada Allahnya yang selalu senantiasa Daud rasakan keajaiban syukurnya itu. Daud menyadari bahwa Allah selalu menolong dan menjaganya serta memberikan kebebasan dan jalan keluar saat dalam tindasan. Untuk itulah daud merasa keajaiban bersyukur itu. Mengapaa bersyukur itu sebuah ke ajaiban. Karena Allah tidak tinggal diam namun selalu mendengar doanya. Inilah keajaiban bersyukur itu bahwa seberapapun isi syukur kita Allah selalu menjawab setiap apa yang kita berikan. Yang kedua: karena. Allah tidak menolak dan menjauhkan kasih setiaNya. Keajaiban kasih itulah yang membawa Daud pada kesuksesannya. Sebab Daud selalu meletakkan dasar hidupnya dengan bersyukur. Apapun yang Daud lakukan baik suka dan duka bahagia atau menderita, susah atau senang, ketawa atau menanggis. Syukur itu harus di lakukan.
Keadaan perasaan inilah yang mendorong kita bisa bersyukur. Lakukan kerjakan apa yang kau bisa lakukan dengan selalu bersyukur. Ingatlah dan lakukan itu. Amin.(YS).
SELALU BERSYUKUR DALAM KONDISI SITUASI YANG DI RASAKAN ITU TIDAK GAMPANG NAMUN KETIKA BISA MELAKUKAN ITULAH KEAJAIBAN
Share:

Selalu Bersyukur




Mazmur 65:1-2 (TB)  
Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. Nyanyian. (65-2) Bagi-Mulah puji-pujian di Sion, ya Allah; dan kepada-Mulah orang membayar nazar.
(65-3) Engkau yang mendengarkan doa. Kepada-Mulah datang semua yang hidup


Sudahkah anda bangun pagi ini datang kepada Tuhan untuk bersyukur, atau kita lebih dulu di sibukkan dengan berbagai aktifitas kita. Bersyukur dan mensyukuri kehidupan kita tidaklah mudah perlu kedisiplinan sejak awal. Seperti ketika kita mendidik anak untuk bangun pagi dan berdoa. Tidak mudah juga. Oleh sebab itu kita harus òhh uu mengambil sikap untuk belajar bersyukur.
Daud selalu bersyukur atas kebaikan dan pertolongan Tuhan yang rasakan atas kehidupannya . Daud selalu menyanyikan keagungan Tuhan yang besar di terima oleh Daud.
Daud selalu bersyukur karena. Yang pertama. Karena Allah selalu mendengar Doa.
Yang kedua.Allah mengampuni kesalahan umatnya.
Sebagai orang percaya jangan sampai kita malas mensyukuri apa yang Tuhan berikan. Tuhan memberkati. Amin.(YS).

HIDUP BERSYUKUR ADALAH RAHASIA ILLAHI YANG TERDALAM
Share:

TAKUT..! .KETAKUTAN





Mazmur 64:9-10 (TB)
(64-10) Maka semua orang takut dan memberitakan perbuatan Allah, dan mengakui pekerjaan-Nya.
(64-11) Orang benar akan bersukacita karena TUHAN dan berlindung pada-Nya; semua orang yang jujur akan bermegah.



Sebagai orang yang hidup di dunia yang padat ini. Pernahkah kita mengalami ketakutan dan perasaan kuatir. Tentu ini sering terjadi dalam  hidup kita. Ketakutan dan kekuatiran merupakan emosi manusia yang terdalam. Ketika seseorang mengalami ketakutan yang berlarut maka penyakit  akan timbul. Daud mengalami ketakutan. Sehingga dia menuliskannya di dalam kitabnya ini. Apa yang memicu ketakutan. Dengan ketakutan kita akan menyatakan kemuliaan Allah. Menceritakan pekerjaan Allah.
Mari Allah selalu di nyatakan oleh manusia. Sebab Allah selalu menjaga dan memindunginya. Amin. (YS).


KETAKUTAN ADALAH EMOSI MANUSIA YANG PERLU DI HILANGKAN SUPAYA TIDAK MERAMPAS HIDUP KITA
Share:

Kerinduan-KU

Mazmur 63:1-2 (TB)  Mazmur Daud, ketika ia ada di padang gurun Yehuda. (63-2) Ya Allah, Engkaulah Allahku, aku mencari Engkau, jiwaku haus kepada-Mu, tubuhku rindu kepada-Mu, seperti tanah yang kering dan tandus, tiada berair. 
(63-3) Demikianlah aku memandang kepada-Mu di tempat kudus, sambil melihat kekuatan-Mu dan kemuliaan-Mu. 



Pernahkah anda merasa rindu kepada Allah, seperti Daud ini.  Rasa rindu Daud ini di lukiskan bagaikan orang yang dalam kekeringan air minum. Mengapa ada kerinduan. Karena Daud tidak pernah ketinggalan rahmat Tuhan Daud selalu dekat dengan Allah.
Apa yang menyebabkan kerinduan Daud.
Yang pertama. Karena Daud suka mencari Allah. Kebiasaan mencari akan Allah ini yang menyebabkan kerinduannya. Daud merasa hidupnya berarti saat dia ada bersama Allah dan mencurahkan seluruh masalahnya kepada Allah. 
Yang kedua.memandang kekuatan dan kemuliaan Allah. Tujuan Daud rindu  terhadap Allah karena Allah memberikan kekuatan dan kemuliaan. Daud memiliki pengharapan yang kuat akan imanya.  Bahwa tidak ada yang dapat di muliakan selain Allah saja yang selalu memberikan kekuatan hidupnya. 
 Biarlah kerinduan Daud ini menjadi kerinduan kita juga di saat kita mengalami panas dan kerasnya kehidupan ini. Amin. (YS)

PERASAAN RINDU KEPADA ALLAH MENJADIKAN HIDUP IMAN KITA BERTUMBUH.
Share:

Pertolongan Yang Tepat

Mazmur 62:5-6 (TB)  (62-6) Hanya pada Allah saja kiranya aku tenang, sebab dari pada-Nyalah harapanku. 
(62-7) Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah. 



Apa yang terpikirkan tentang pertolongan. Menurut KBBI  Arti: perbuatan atau sesuatu yang dipakai untuk menolong; bantuan
contoh: 'dengan pertolongan Allah  sembuhlah ia. 
Daud sangat merasakan tenang jika Dia dekat dengan Allah. Daud merasakan bahwa Allah yang memberi pertolongan dari segala sesuatu yang di hadapi. Dan inilah keyakinan iman Daud. 
pertolongan datang bukan dari manusia. Saat anda butuh pertolongan manusia anda bisa kecewa, di kecewakan dan bahkan tidak ada pertolongan yang pasti.pertolongan manusia bersyarat sedangkan pertolongan Allah tidak bersyrat. Kenapa. Ada tiga sebab .yang pertama. Ketika kita dekat Allah ada ketenangan. Ini merupakan kebutuhan dasar manusia ketika kita tenang maka kecemasan ketakutan dan kekuatiran hilang. Tapi sebalilnya maka kecemasan kekuatiran dan ketakutan selalu menyertai. Oleh sebab itu ketenangan di butuhkan dalam pertolongan. Karena Allah sumber damai tidak ada masalah dia penuh dengan ketenangan karena setiap persoalan Dia selalu turun tangan untuk membela. 
Yang kedua ada harapan. Orang dapat di tolong karena ada harapan supaya bebas atau selamat dari segala masalah dan pergumulannya. Yang ketiga. Ada keselamatan yang kekal. Keselamatan adalah tujuan dan harapan semua orang di dunia baik selamat dari usaha. keluarga dan masa depan anda.
Keselamatan adalah anugerah terindah dari Allah.
Sudah siapkah anda mencari sumber pertolongan yang tepat? Amin. (YS).

PERTOLONGAN MANUSIA SEMENTARA DAN BERSYARAT. NAMUN PERTOLONGAN ALLAH KEKAL DAN TIDAK BERSYARAT.
Share:

Doakan Pemimpinmu


Mazmur 61:1-3 (TL)  Mazmur Daud bagi biduan besar, pada Nejinot. (61-2) Ya Allah! dengar apalah akan seruku dan perhatikanlah permintaan doaku.
(61-3) Maka dari pada ujung tanah aku berseru kepada-Mu sebab sebaklah hatiku; hantarlah akan daku ke atas gunung batu yang terlalu tinggi bagiku.
(61-4) Karena Engkaulah akan perlindungan bagiku, akan menara yang teguh di hadapan musuh.

Ketika indonesia gencar gencarnya penangkapan para mafia koroptor, begitu juga polemik bermunculan nada sumbang yang di lontarkan. ada yang berkata " karena ada kuasa maka bisa menggunakan kekuasannya untuk meraup keuntungan pribadi. Seperti saat ini polemik yang terbaru dengan dana yang besar untuk program daerahpun masih juga terjadi. Maka dengan kabinet yang baru ini akan memberikan pengawasan yang ketat bagi setiap pemimpin dalam menjalankan pemerintahan khususnya jika dana iti apbd maka menteri yang baru siap mengawal dan menevaluasi. Ini bisa terjadi karena doa dari umat yang percaya kepada Allah yang benar yang disertai tindakan sadar akan kebenaran.
Daud sangat bijaksana tatkala melihat pemimpin yang sudah melenceng dengan tata aturan yang berlaku. Daud mengambil sikap bijaksana dengan mendoakan pemimpin yang berkuasa pada masanya supaya hidupnya meninggikan dan menegakkan kebenaran kejujuran dan kesetiaan kepada takyatnya.  terdengar dan seruan Daud dalam ayat ke dua ini Daud berseru dan berdoa. Daud tahu saat kekuasaan manusia mulai tinggi maka yang terjadi adalah kesombongan dan kesetakahan dan jika tidak terkendali dari karakter yang dari Allah maka itu akan berbahaya. Untuk tugas kita sebagai orang yang percaya adalah berdoa dan mendoakan para  pemimpin kita supaya di hindarkan oleh nafsu keserakahan. 
Mari  kita jalin doa untuk para pemimpin kita. Bisa pemimpin pemerintah. Masyarakat, serta keluarga. Tuhan memberkati. Amin. (YS).
DOA MERUPAKAN PENGUKUR SIFAT DAN KARAKTER YANG BENAR BAGI MANUSIA.
Share:

Pertolongan Mu begitu Ajaib.

Mazmur 60:11 (TB)  (60-13) Berikanlah kepada kami pertolongan terhadap lawan, sebab sia-sia penyelamatan dari manusia. 
  
  Terlintas di benak kita bahwa setiap perjuangan itu pasti ada kemenangan bukan. Namun apa yang terjadi bagi Daud semua terbalik Israel kalah dalam medan perang. Sehingga apa yang di harapkan begitu menegangkan. Lalu bagaimana dengan doa daud sehingga dia kalah itu apakah Allah tidak bertindak atau Daud Kurang keras dan penuh iman juga sungguh sungguh berseru kepada Allah.
Mazmur 60:11 (TB)  (60-13) Berikanlah kepada kami pertolongan terhadap lawan, sebab sia-sia penyelamatan dari manusia. 
Daud sadar bahwa pertolongan manusia itu sia sia dan pertolongan Allah itu kekal. Tapi kenapa Allah tidak memberi pertolongan. Malah memberi kekalahan. 

Konteks Mazmur 60 adalah ketika Daud memerangi orang Aram-Mesopotamia dan orang Aram-Zoba, dan ketika Yoab pada waktu pulang telah memukul kalah dua belas ribu orang Edom di Lembah Asin (2). Baik Daud maupun Yoab berhasil mengalahkan musuh-musuh mereka. Pada waktu itulah, Daud membuat syair untuk diajarkan kepada umat Israel.

Di awal syair, Daud menekankan bahwa kekalahan Israel sebelumnya bukanlah karena musuh terlalu kuat. Bukan itu. Alasan utama kekalahan Israel adalah karena Allah membiarkan Israel mengalami kekalahan. Allah tidak lagi menjadi Pembela Israel. Sehingga dengan tegas, di awal syairnya, Daud memohon pemulihan dari Allah sendiri (3). Bagi Daud, Israel kalah bukan karena musuh terlalu kuat, dan jika menang pun, bukan karena Israel hebat. Semuanya itu karya Allah semata.
Seringkali pertolongan Allah kepada anda terbalik tidak kunjung membaik dan berhasil. Ingat Allah punya maksud tersendiri buat Anda. Tetap andalkan Tuhan walaupun anda tidak mendapatkan hasil yang terbaik. Tuhan memberkati. Amin. Selamat beribadah (YS).

PERTOLONGAN TUHAN TIDAK PERNAH SALAH. DIA SELALU YANG TERBAIK.
Share:

YA ALLAH ENGKAU ALLAHKU


Mazmur 59:16 (TB)  (59-17) Tetapi aku mau menyanyikan kekuatan-Mu, pada waktu pagi aku mau bersorak-sorai karena kasih setia-Mu; sebab Engkau telah menjadi kota bentengku, tempat pelarianku pada waktu kesesakanku. 


Terlintas di pikiran kita sepenggal syair lagu " ya Allah Engkau Allahku. Aku memuji Engkau. Jiwaku haus kepadaMu... 
Memberikan kesan yang begitu dalam bahwa Allah adalah penguasa jagad raya ini. Tidak ada yang lain semua ada di bawah kuasa Allah. Untuk itulah pemazmur melalui Daud dalam mazmur pasal 59 ini menceritakan keagungan Allah terhadap Alam semsta atau jagad raya ini. Dimana saat  daud dalam intaian pesuruh raja Saul untuk membunuhnya. Daud merasakan bahwa pertolongan dan perlindungan Allah sangat nyata bagi orang yang berharap selalu berkeluh kepada Allah yang hidup. Apa yang di lakukan daud saat dia memuji kebesaran Allah. Yang pertama Daud selalu menyanyikan pujian nya. Kapan itu pagi siang dan malam bagj Daud penghiburan dan perlundungan adalah ungkapan hati yang terarah kepada Allah melalui nyanyian. Inilah perasaan bahagia karena Allah yang memberi. Sehingga Daud bisa mendapat kemenangan" ya Allah engkau Allahku"
Yang kedua.Daud percaya bahwa Allah menjaganya. Daud merasakan kepercayaannya kepada Allah ini yang dapat menolong dan melindunginya karena dia sebagai benteng kota. Yang selalu siap sedia menunggu dan terus siaga menjaga umatnya. Inilah iman yang dimiliki Daud bahwa perasaan hati daud sangat tertuju hanya kepada Allah yang menjaga di benteng kota. Apakah anda selalu mengagungkan Allah dengan Nyanyian dalam hidup anda. 
Mari ciptakan hidup anda pada kebesaran dan kekuasaan Allah yang selalu ada di setiap hati anda Sehingga anda bisa mengatakan Ya Allah Engkau Allahku... Amin. (YS). 

HIDUP BERSORAK SORAI TIDAK DAPAT DIBATASI OLEH WAKTU. KARENA ALLAH YANG MEMBERIKAN.
Share:

Instrumental Rohani

Share:

KARAKTER SEORANG PEMIMPIN



MAZMUR 58. ( 2)
 
Baru baru ini atau bulan oktober tepatnya tanggal 15 kemarin lusa    diadakan pilkades serentak. Tentu banyak kritikan dan masukan yang di lontarkan oleh rakyat yang memilih. Tentu banyak kritikan ya tentu menang memang tidak adil,  tidak jujur bahkan masih adanya ketidakadilan bagi orang kecil yang tidak tahu pendidikan politik. Mungkin ini sebagian polemik di masyarakat yang sangat ramai. Pertanyaan yang timbul sekarang apa kerinduan yang di inginkan oleh masyarakat luas ketika memilih pemimpin adakah karakter yang perlu di tonjolkan? 
 
Mazmur 58:1 (TB)  Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Jangan memusnahkan. Miktam dari Daud. (58-2) Sungguhkah kamu memberi keputusan yang adil, hai para penguasa? Apakah kamu hakimi anak-anak manusia dengan jujur?
 
Pemazmur memberikan sebuah kritikan yang pedas bagi pemimpin israel yaitu Kepada Rajanya. Yang tidak berlaku adil serta jujur terhadap rakyatnya. Dan memang inilah yang terjadi pada masa pemzmur ini. Sejak zaman dahulu hingga sekarang keadilan serta kejujuran itu sudah menjadi penghancur pemimpin yang tidak berkarakter. Bahkan kalau kita amati dari nyanyian Daud ini karakter adil dan jujur iti sangat di tinggikan oleh semua orang. Anda dan saya adalah pemimpin yang di beri tugas dan tanggung jawab untuk memimpin diri sendiri untuk memiliki karakter adil dan jujur . Supaya hidup anda berjalan dengan baik dan selamat di bumi, banyak berkat berkat yang di terima dan disegani oleh semua orang.
Bagaimana dengan anda dapatkan adil dan jujur itu menjadi tolak ukurmu untuk meraih sukses dan bahagia dalam memimpin hidup anda sebelum anda memimpin orang lain. Biarlah Roh kudus itu memampukan dan menolong anda. Salam Reformasi. Amin. ( YS).

TIDAK ADA PEMIMPIN YANG BERHASIL JIKA DIA BELUM DAPAT MEMIMPIN DIRINYA DENGAN KEADILAN DAN KEJUJURAN
Share:

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.