HANYA DIAGNOSA TIDAK MENYEMBUHKAN ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

HANYA DIAGNOSA TIDAK MENYEMBUHKAN


Matius 3:1-12
Oleh: Pdt. Pudjianto

Seorang Nabi  yang diakui oleh Yesus Kristus paling besar adalah Yohanes Pembaptis, karena Yohanes dalam pemberitaannya jujur mengakui siapakah dirinya yang sebenarnya. Walaupun sudah ada murid banyak orang mengagumi bahkan percaya apa yang dikatakan. Yang percaya akan pemberitaannya bukan saja masyarakat biasa tetapi  para tokoh agama yang ada pada waktu itu. Ia mengakui bahwa  baptisan air yang dilakukan sebagai pengakuan dosa, tidak  mendatangkan pengampunan, tidak bisa mengubah hati, ibaratnya dia hanya bisa mendiaknossa penyakit, tetapi tidak bisa menyembuhkan penyakit itu sendiri. Ia sangat berharap  kepada yang ia telah persiapkan, Yohanes memandang Dia yang akan datang setelah dirinya. Dialah itu yang memiliki kuasa, bahkan dalam baptisan yang diadakan  Dia yang akan datang baptisan Roh Kudus yang mengubah hati, dan  memberi pengampunan  dosa.  Dengan Roh-Nya, Dia yaitu Yesus Kristus juga bisa melahirkan kembali orang-orang yang bertobat itu. Kenyataan diakui Yohanes, membuka tali kasutnyapun dirinya merasa tidak layak. Tertulis pengakuannya: “Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api” (ayat 11)

Apa yang kita teladani dari Yohanes Pembaptis dalam pelayanan? Yaitu pengakuan jujur siapakah dirinya? Ia tidak membesarkan dirinya sendiri walaupun orang-orang yang menjadi pengikutnya sudah banyak. Tidak berubah akan panggilannya sebagai orang yang berseru-seru di padang gurun menyiapkan jalan Tuhan. Dan tentu kejujuran siapakah dirinya adalah harus menjadi  bagian dari pada kehidupan kita. Bahwa yang memiliki kuasa orang  percaya Dia, yang bisa mengubah hati, yang bisa melahirkan kembali, yang berkuasa menyembuhkan penyakit, adalah Yesus Kristus. Harus  dengan jujur, bahwa walaupun kita dipakai Tuhan dengan heran, menjadi orang terkenal, mungkin kita dielu-elukan, ingat kita bagaikan keledai yang dikendari Tuhan Yesus, yang sebenarnya yang dipuji dan dielu-elukan itu Tuhan Yesus. Kita hanyalah hamba yang sedang dipakai oleh_nya. Bagi kita sebagai orang percaya, sebagai pelayan berlaku apa yang tertulis dalam surat Roma: “Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! (Roma 11:36.) Ingat kita hanya alat seperti Yohanes Pembaptis.

HINDARI MENCARI KEMULIAAN UNTUK DIRI SENDIRI DARI PELAYANAN YANG KITA LAKUKAN, KARENA KITA INI HANYA ALAT-NYA. KEMULIAAN HANYALAH UNTUK YESUS KRISTUS YANG KITA DITETAPKAN SEBAGAI  MURID, ANAK ALLAH DAN HAMBA-NYA.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.