JAGA KOMUNITAS ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

JAGA KOMUNITAS


2 SAMUEL 21:17-22

2 Samuel 21:17 (TB)  Tetapi Abisai, anak Zeruya, datang menolong Daud, lalu merobohkan dan membunuh orang Filistin itu. Pada waktu itu orang-orang Daud memohon dengan sangat kepadanya, kata mereka: "Janganlah lagi engkau maju berperang bersama-sama dengan kami, supaya keturunan Israel jangan punah bersama-sama engkau."
Di kisahkan dalam kisah ini adalah demi mempertahankan sebuah bangsa dan kerajaan Israel, supaya tidak punah. Pemerintahan yang di bangun adalah Teokrasi.
Raja dalam sistem teokrasi dianggap sebagai wakil Tuhan. Melindungi raja adalah tugas yang tidak bisa diabaikan. Tujuannya jelas demi eksistensi bangsa. Hal ini tidak beda jauh dari sistem pemerintahan demokrasi. Presiden sebagai Kepala Negara yang mewakili rakyatnya juga wajib dilindungi.

Ketika dalam suatu pertempuran Raja Daud sudah terdesak karena kelelahan, datanglah Abisai menolongnya. Hampir saja tombak seberat tiga kilogram lebih dan pedang yang baru milik Yisbi-Benob, prajurit Filistin dan keturunan raksasa itu, menewaskan Daud. Mengapa melindungi raja itu penting? Orang Israel sangat berharap supaya mereka tidak punah. "Janganlah lagi engkau maju berperang bersama-sama dengan kami, supaya keturunan Israel jangan punah bersama-sama engkau", (17) demikian permohonan orang Israel kepada Daud.

Begitu pentingnya mempertahankan sebuah bangsa supaya tidak punah. Karena dengan adanya bangsa maka akan tercipta kedamaian dan kekekalan.
Sebagai orang kristen yang di pimpin Allah kita harus mempertahankan persekutuan kita, dari kepunahan generasi berikutnya. Sediakah kita menjadi tentara Allah untuk memberi semangat anak anak kita untuk setia dan rajin beribadah di komunitas kristen kita. Supaya ke depannya masih tetap ada orang kristen di sekitar kita.
Mari bersatu hati untuk terus menjaga mereka dengan selalu bertindak dan berdoa. Karena dengan doa disertai tindakan akan ada kekuatan yang nyata. Amin (YS).

GENERASI KE DEPAN ADALAH TONGGAK SEJARAH YANG PENTING DALAM KOMUNITAS.
Share:

1 komentar:

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.