April 2020 ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

SKALA PRIORITAS


Markus 5:21-43.
“Sesudah Yesus menyeberang lagi dengan perahu, orang banyak berbondong-bondong datang lalu mengerumuni Dia.” (ayat 21)


 Saat pandemic covid 19 semakin merajalela. Maka pemerintah menerapkan skala prioritas baik kepada pemimpin atau masyarakat dengan cara jaga jarak. Cuci tangan dan tetap tinggal di rumah belajar di rumah bekerja dari rumah ( daring) hal ini bertujuan untuk memutus rantai corona dan yang terpenting pemerintah memiliki skala prioritas yang pas dan tepat. Setiap kita harus memiliki skala prioritas.

Ketika Yesus mulai tampil melayani, Dia mendapatkan perhatian dari orang banyak. Nama-Nya menjadi sangat terkenal dan banyak orang yang berbondong-bondong sampai berdesak-desakan hanya untuk melihat dan mendengarkan pengajaran-Nya. Di tengah-tengah pengaruh-Nya yang sangat luar biasa itu tentu Dia menjadi super sibuk. Namun Dia memiliki skala prioritas yang sangat terpuji di mana Dia mendasarinya dengan kasih. Apakah skala prioritas-Nya dalam perikop di atas?
Yang pertama: Memprioritaskan manusia daripada pamor diri
       Dia lebih memilih untuk mempedulikan manusia daripada puja-puji orang-orang di sekitarnya. Hal itu terlihat ketika Yairus datang tersungkur di kaki-Nya memohon belaskasihan-Nya agar Dia menyembuhkan anaknya yang sedang sekarat (ayat 22-23). Dia tidak menghitung untung ruginya karena Dia melihat bahwa manusia lebih perlu ditolong dibanding dengan semarak orang-orang yang mengelu-elukan-Nya. Hal yang sama terjadi dalam kehidupan perempuan yang sakit perdarahan itu. Di tengah-tengah desakan orang yang mengikuti Yesus, Dia masih menyempatkan diri untuk meneguhkan perempuan itu agar sembuh dari sakitnya. Yesus berhenti memberitakan perhatian khusus kepada perempuan itu (ayat 30).

Yang kedua. Allah lebih memprioritaskan kita dibanding dengan apa saja dalam dunia ini
       Dia rela meninggalkan kemuliaan-Nya di sorga hanya untuk manusia. Kalau Allah sudah memprioritaskan kita sudah sepatutnya juga kita memprioritaskan Allah dalam hidup ini dibanding dengan yang lain (band.Matius 10:37). Ingatlah ketika kita memprioritaskan Tuhan itu adalah demi kepentingan kita sebagaimana ketika Allah memprioritaskan kita. Sebenarnya yang untung adalah kita. Jadi biarkan Allah menjadi prioritas yang utama dalam hidup Anda
            Oleh karena itu, milikilah skala prioritas di mana Allah memiliki urutan yang pertama dalam kehidupan Anda seperti Dia telah menempatkan Anda (sebagai manusia) menjadi prioritas utama dalam rencana-Nya yang agung. Apapun kebaikan yang Anda harapkan, kerjakan dan lakukan, apapun pencapaian hidup yang kelak berhasil Anda raih, biarlah Allah diagungkan sebagai wujud nyata bahwa Anda menjadikan Dia yang utama dalam kehidupan Anda. Seperti Dia telah menempatkan Anda menjadi yang terpenting, biarlah dalam hidup Anda juga Allah menjadi yang terutama. (MS)
Seperti Dia telah menempatkan Anda menjadi yang terpenting, biarlah dalam hidup Anda juga Allah menjadi yang terutama.

DOA:  Ya Tuhan berikan hamba serta umatmu miliki waktu dan kesempatan yang dapat aku gunakan buat malayani orang lain dengan kasih dan anugerahMu.
Share:

Yesuslah jawaban setiap persoalan


Markus 6:34 (TB)  Ketika Yesus mendarat, Ia melihat sejumlah besar orang banyak, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala. Lalu mulailah Ia mengajarkan banyak hal
Ketika kita di perhadapkan dengan pandemic covid 19.  Satu hal yang terus menakuti kita adalah sakit dan  kematian tiba tiba. Sehingga kita menjadi takabur dan takut. Oleh iman kepada Yesus orang kristen harus tetap percaya kepada Tuhan bahwa ada jawaban yang terbaik disaat ini.

 Pelayanan Yesus dan murid-muridNya terus berlanjut hingga mereka sampai di Genesareth  dan berlabuh di sana. Genesareth adalah sebuah dataran subur di sisi Barat Danau Galilea. Mendengar dan mengetahui Yesus ada di Genesaret maka orang banyak datang dan membawa oang-orang yang sakit untuk disembuhkan. Orang Genesaret mengenal Yesus dan mereka berlari-lari untuk bertemu dengan Dia. Terjadi hal yang luar biasa di seluruh Genesaret, ada kehebohan dimana-mana. Kemana Yesus pergi selalu dikerumuni dan begitu kuatnya iman mereka untuk melihat Yesus. Hal itu terlihat disetiap jalanan dan pasar-pasar yang dilewati Yesus, di setiap kampung dan kota  orang-orang sakit diletakkan dan diberitakan bahwa orang Genesaret mengimani bahwa kuasa kesembuhan itu ada dalam segenap diri Yesus bahkan apa yang melekat dalam tubuhNya dapat menyembuhkan mereka. Demikian besarnya pengenalan itu sehingga ada kerinduan dari permohonan  untuk diperkenankan hanya menjamah jumbai jubah Yesus supaya diperkenankan, hal itu terjadi karena mereka percaya dan tahu bahwa dengan menjamah jumbai jubahNya pun orang akan  mendapat kesembuhan.  Begitu besarnya daya tarik yang ada dalam diri Yesus sehingga kemana saja Ia pergi selalu diikuti dan dicari.

Apa perenungan kita Pengenalan dan iman percaya menjadi kunci terjadinya kesembuhan-kesembuhan di Genesaret. Orang Genesaret menerima bahkan mencari-cari Yesus sehingga membuat kota dan desa mengalami banyak mujizat. Pentingnya sikap hati dan iman seperti itu kita miliki  dalam hidup kita sehingga apapun persoalan masalah kita di dalam Yesus ada jawaban.  Orang Genesaret mengimani segenap Diri Yesus dan yang melekat dalam tubuhNya punya kuasa sehingga mereka yakin dan percaya jika itu saja mereka jamah dan sentuh akan memberikan kesembuhan. Tentu Kuasa Yesus dulu sekarang dan sampai selamalamanya tidak pernah berkurang dan belas kasihanNya senantiasa bergerak untuk mengasihi kita. Mari terus menerus membuka hati, beriman kepadaNya maka kita akan mengalami kuasaNya yang ajaib dan dahsyat.

DOA.Tuhan Yesus yang baik ajarilah hamba untuk selalu mencari Mu dalam setiap pergumulan yang terjadi ini. Dan jawabanmu hanyalah yang terbaik. Amin
Share:

MENJADI PEMENANG


“Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh kedalam pencobaan; roh memang penurut tetapi daging lemah” (Matius 26 : 41)

Setelah kita percaya Tuhan Yesus dan  telah diselamatkan, bukan berarti jalan hidup kita akan menjadi mulus dan tidak ada lagi pencobaan, tetapi justru kita mulai memasuki medan peperangan rohani yang dahsyat. Dan peperangan tersebut dapat dimenangkan atau tidak bukan ditentukan di  medan peperangannya, melainkan ditentukan oleh pergumulan kita dengan Tuhan di dalam DOA. Sikap apakah yang diperlukan dalam memenangkan pergumulan itu?

Berjaga-jagalah dalam doa                          
            Kata berjaga berarti selalu waspada, siap sedia, dan dalam posisi yang siaga dalam sebuah peperangan. Tentu sikap ini bukanlah dalam bentuk lahiriah, tetapi di dalam doa karena di sanalah peperangan kita yang sesungguhnya. Sungguh indah teladan yang diberikan Yesus bagi kita, di mana dalam menghadapi tekanan dan penderitaan, Ia sujud dan berdoa (ayat 39). Mengapa kita harus berjaga-jaga di dalam berdoa?Pertama adalah karena ada kalanya dalam hidup ini kita diperhadapkan kepada suatu kesedihan atau luka hati, seperti yang dialami Yesus (ayat  37). Kedua, suatu tekanan hidup yang sangat berat menjadikan seseorang bisa bunuh diri (ayat 38). Ketiga, karena diperhadapakan kepada pencobaan (ayat 41). Keempat,  kita ini sangat lemah membutuhkan pertolongan Tuhan (ayat 41).

Berjalan dalam kehendak Allah

            Yesus memperoleh 3 kali kesempatan memohon kepada Bapa agar cawan itu dapat berlalu dari-Nya. (ayat 39 , 42 , 44) Tetapi di kesempatan yang terakhir ia memohon agar “jadilah kehendak-Mu”.  Artinya Yesus menaruh kehendak Allah jadi atas kehidupan-Nya. Dan ketika Yesus taat kepada kehendak Bapa, maka Ia berjalan keluar dari taman Getsemani dengan “langkah kemenangan”. Tuhan lebih tahu apa yang terbaik bagi kita. Mari, berjalan dan letakkan apa yang menjadi milik kita sesuai kehendak-Nya dengan ketaatan. Yesus melangkah masuk dalam kehendak dan rencana Allah, walau dalam kenyataannya Ia harus disiksa, dicerca dan disalibkan, tetapi Ia rela jalankan semua itu karena ketaatan-Nya kepada kehendak Allah. Yesus tidak lari dari penangkapan, karena peperangan rohani sudah Ia menangkan lewat ketaatan pada kehendak Bapa.(MS)
Yesus tidak lari dari penangkapan, karena peperangan rohani sudah Ia menangkan lewat ketaatan pada kehendak Bapa

Ya Tuhan ajari kami untuk selalu berjaga jaga dengan doa serta berjalan dalam kehendakmu. Amin
Share:

Di Mana Tuhan, Allahmu?


Bilangan 9:15-23

Mencari tuntunan Tuhan adalah topik diskusi yang tidak pernah lekang oleh waktu. Kali ini kita akan belajar dari pengalaman orang Israel.

Setelah keluar dari Mesir, bangsa Israel mengembara di padang gurun. Selama perjalanan, Tuhan menuntun mereka dengan dua cara. Pertama, Kemah Suci sebagai lambang kehadiran Tuhan (Bil 1:47-53). Kedua, Tiang Awan (saat siang) dan Tiang Api (saat malam) sebagai wujud penyertaan Tuhan (Bil 9:15-16). Kapan pun Tiang Awan bergerak, bangsa Israel pun mulai berjalan. Jika Tiang Awan berhenti, bangsa Israel akan diam untuk berkemah (17-19).

Kehadiran dan penyertaan Tuhan merupakan bukti dari janji Allah kepada Musa yang akan menuntun bangsa Israel dalam perjalanan mereka ke Tanah Perjanjian. Bangsa Israel perlu belajar untuk melepaskan semua ikatan dan ketergantungan kepada Mesir. Itulah sebabnya perjalanan di padang gurun diperlukan untuk menggembleng iman mereka.

Tiang awan menunjukkan bahwa Tuhanlah yang membawa mereka keluar dari Mesir. Ia tidak hanya menjanjikan Tanah Perjanjian, tetapi juga menyertai dan melindungi mereka secara langsung.

Agama memang mengajarkan bagaimana cara manusia menjangkau Allah. Namun, konsep ini tidak ada dalam kekristenan. Alkitab menegaskan bahwa Allahlah yang berinisiatif hadir dan terlibat dalam kehidupan umat-Nya. Tuhan hadir dalam setiap bagian kehidupan umat-Nya. Ia tidak hanya jauh “di sana” (transenden), tetapi juga hadiri “di sini” (imanen) dalam realitas pergumulan konkret manusia. Tuhan Yesus Kristus akan senantiasa menyertai kita (Mat 1:23; 28:20).

Penyertaan Allah bukan sebuah target yang harus diraih atau dikejar. Penyertaan-Nya adalah relasi yang perlu terus dipelihara melalui iman. Tuhan Yesus menjadi bukti nyata kehadiran dan keterlibatan Allah dalam hidup kita (Yoh 1:18). Kita perlu memohon kepada Tuhan untuk menyingkapkan mata rohani kita agar kita dapat melihat penyertaan dan tuntunan-Nya di setiap langkah kita dan dalam setiap detik kehidupan kita. [IBS]
Share:

SAKIT KARENA ROH JAHAT


Markus 9:14-29

Jawab Yesus: "Katamu: jika Engkau dapat? Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!" Segera ayah anak itu berteriak: "Aku percaya. Tolonglah aku yang tidak percaya ini!" (ayat9:23-24)




            Setelah pengalaman kemuliaan yang luar biasa, Yesus bersama Petrus, Yakobus dan Yohanes kembali pada murid-murid lain. Banyak orang berkerumun di sekitar para murid. Nampaknya ada sesuatu yang membuat penasaran. Melihat Yesus, mereka tercengang, mungkin wajah-Nya masih memancarkan kemuliaan Allah. Ini adalah gambaran yang sangat menarik dari kehidupan Yesus. Ia meninggalkan kemuliaan masuk dalam kehidupan manusia yang kacau, rusak dan berdosa.
Yesus datang tepat waktu
Ketika para murid tidak tahu lagi bagaimana harus menolong orang yang sakit karena roh jahat tersebut, Yesus datang kepada mereka. Demikian juga ketika kita berusaha mengatasi masalah kita, termasuk ketika kita melayani orang lain, dan bingung harus bagaimana lagi atau bahkan sudah mulai putus asa, Tuhan tetap menjadi harapan yang tidak akan pudar. Dia datang dan menolong kita tepat waktu.
Yesus mencari iman kita
            Seorang dari orang banyak itu menceritakan tentang anak yang bisu karena dirasuk roh jahat dan bagaimana roh jahat tersebut menyiksa bahkan akan membunuh anak tersebut. Apa tanggapan Yesus atas cerita ini? Yesus menegur ketidakpercayaan mereka dan kemudian di ayat 23 Yesus berkata, “Tidak ada yang mustahil bagi orang percaya.” Berarti mujizat itu mengalir dari hati yang percaya kepada Yesus. Inilah yang dicari Yesus. Dan ayah anak tersebut langsung mempercayai perkataan Yesus.
Yesus berkuasa atas setan
            Begitu mendengar ayah anak tersebut berkata, "Aku percaya. Tolonglah aku yang tidak percaya ini!" Maka Yesus langsung meresponinya. Yesus memerintahkan roh yang menyebabkan orang menjadi bisu dan tuli keluar dari anak itu, seketika itu juga roh itu keluar dan anak itu menjadi sembuh. Dari cerita ini kita tahu, bahwa setan bisa membuat orang menjadi sakit, cacat atau tersiksa, tetapi harapan selalu ada sebab kuasa Yesus lebih besar dibandingkan dengan kuasa setan atau roh jahat apapun. Bahkan ribuan roh jahat yang merasuki orang di Gerasapun tunduk di bawah kuasa Yesus (5:6-9).(HTB)
Ada tiga hal yang perlu kita renungkan dalam hidup kita saat mengalami hidup dalam ketakutan dan karena Roh jahat seperti corona ini.
1.Yesus Datang tepat waktu
2.Yesus mencari iman kita
3.Yesus berkuasa atas setan.
harapan selalu ada sebab kuasa Yesus lebih besar dibandingkan dengan kuasa setan atau roh jahat apapun.Amin

Doa: Tuhan Yesus kami datang kepadamu menyerahkan segala kehidupanku yang karena roh jahat sehingga merampas kehidupan. Aku serahkan dalam nama Yesus. amin.
Share:

SEDIKIT YANG TERPILIH


Matius 22:1-14
Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih." (Matius 22:14)


Dalam situasi ini pandemik covid 19 banyak dampak yang terjadi di dalam kehidupan kita. Misal pemutusan kerja atau phk akan banyak terjadi bagi karyawan. Perusahaan gulung tikar dan sepinya pembeli juga banyak pengangguran dan akhirnya ekonomi ambruk. Ibarat saat ini sedang mengalami pemilihan baru lagi.  Apakah semua akan terpilih tentu tidak. Firman Tuhan sudah mengatakan sedikit yang dipilih.
            Melalui bacaan Alkitab kita hari ini, Yesus kembali memberikan perumpamaan kepada para Imam dan orang farisi, yaitu perumpamaan tentang perjamuan kawin ini. Perumpamaan ini memiliki banyak persamaan dengan perumpamaan sebelumnya, yaitu perumpamaan tentang penggarap kebun anggur.

            Perjamuan kawin memberikan gambaran tentang perjamuan Mesias, dimana undangan diberikan dua kali.  Orang-orang yang menerima undangan pertama mengabaikannya dengan alasan mereka sedang sibuk bekerja. Undangan kedua diberikan kepada orang-orang yang sebenarnya tidak layak menerimanya, tetapi justru orang-orang inilah yang meresponinya dan datang di perjamuan tersebut.

            Dari perumpamaan ini kita bisa belajar dua hal:

Panggilan Allah membutuhkan tanggapan manusia

Injil Yesus Kristus adalah undangan dari surga kepada manusia. Pertama kepada orang-orang Yahudi dan kemudian kepada bangsa-bangsa lain. Undangan ini membutuhkan tanggapan manusia dan ada batas waktunya. Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan manusia (Roma  1:16). Orang yang menolak Injil berarti menolak untuk menerima anugerah keselamatan dari Allah, maka mereka akan menerima murka Allah.

Panggilan Allah merupakan kasih karunia kepada manusia

Para imam dan orang Farisi adalah orang Yahudi yang sebenarnya sudah menerima undangan tersebut tetapi mereka mengeraskan hati menolaknya. Maka undangan keselamatan tersebut akhirnya bergerak kepada bangsa-bangsa lain yang sebelumnya tidak masuk dalam perjanjian dengan Allah. Bagian ini sangat penting kita perhatikan: kita adalah bagian dari orang-orang yang sebenarnya tidak layak menerima undangan keselamatan tersebut tetapi karena kasih karunia-Nya kita dilayakkan untuk mendengar dan beriman kepada berita Injil, bisa percaya kepada Yesus Kristus.

            Oleh sebab  itu kita perlu terus-menerus mensyukuri hidup kita yang sudah dipanggil dan diselamatkan oleh Allah di dalam Yesus Kristus. Wujud rasa syukur terbaik adalah dengan menanggalkan baju lama dan mengenakan baju baru yang telah disediakan Allah untuk merayakan perjamuan Mesias. Meninggalkan hidup lama yang berdosa dan memakai hidup yang baru dalam kebenaran dan kekudusan adalah bukti nyata kita menghormati Allah Yang Maha Kudus yang telah mengundang kita dalam pesta-Nya. (HTB)

kita perlu terus-menerus mensyukuri hidup kita yang sudah dipanggil dan diselamatkan oleh Allah di dalam Yesus Kristus

Doa. Bapa yang mengasihi kami aku berdoa berikan kekuatan dan masa depan bagi yang mengalami phk. Sertai kami semua menjadi orang pilihan Mu amin.
Share:

Persembahan bagi Pekerjaan Tuhan



Bilangan 7


Hal yang menarik dari pasal ini adalah pemberian persembahan dari semua suku di Israel pada hari pengurapan dan pengudusan Kemah Suci. Semua suku memberi sesuai dengan apa yang sudah diatur agar pekerjaan Tuhan di Kemah Suci dapat terlaksana. Selain itu, persembahan juga diberikan pada saat perayaan penahbisan mazbah, yaitu berupa peralatan yang dipergunakan di mazbah Tuhan. Dengan persembahan tersebut, segala kelengkapan pelayanan ibadah dan segala yang diperlukan oleh para pelayan ibadah terpenuhi dengan baik. Semua itu tentu juga akan mendatangkan kebaikan bagi umat dalam melaksanakan ibadah.

Dari nas ini kita belajar bahwa Tuhan menghendaki kita agar terlibat dalam pelayanan. Keterlibatan itu perlu diatur dengan baik, jelas, dan transparan. Dengan begitu, umat dapat mempersembahkan miliknya dengan sukacita.

Dalam konteks masa kini, ada banyak pekerjaan Tuhan yang membutuhkan keterlibatan kita. Ada yang terkait dengan peribadahan, sosial ekonomi, pendidikan, kerukunan antar umat beragama, dan sebagainya. Pelayanan tersebut bisa dikerjakan oleh umat agar tanda-tanda Kerajaan Allah semakin terwujud dalam kehidupan bersama. Tentu saja, pelayanan ini tidak hanya dilakukan oleh gereja. Siapa pun yang bersedia mempersembahkan diri bagi Tuhan bisa terlibat. Misalnya, Pusat Rehabilitasi Yakkum di Yogyakarta yang didirikan untuk menolong penyandang disabilitas fisik yang ada di Indonesia.

Marilah kita memohon kepada Tuhan agar kita diberi kepekaan untuk melihat betapa luasnya cakupan pekerjaan Tuhan di dunia ini. Kita juga memohon hikmat-Nya untuk dapat merintis dan terus mengerjakan pelbagai pekerjaan tersebut bagi keutuhan ciptaan dan kemuliaan-Nya. Kita memohon ampun karena kita sering kali hanya berkutat pada keegoisan diri.

Melalui nas ini kita diajak untuk keluar dari zona nyaman yang menahun dan menjadi berkat bagi sesama. Bersediakah kita? Maukah kita terlibat dalam pekerjaan Tuhan di dunia ini? [MTH]

DOA. Tuhan ajari kami untuk peduli serta peka  dengan pekerjaanmu. Amin
Share:

KESAKRALAN KELUARGA


Markus 10:1-16   

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa tidak menyambut Kerajaan Allah seperti seorang anak kecil, ia tidak akan masuk ke dalamnya. [ayat 15]

     Bagaimana keadaan keluarga anda, dimasa pandemic covid 19 ini. Masih adakah kebahagiaan dan ke harmonisan disaat pekerjaan sulit.. atau mungkin sedang mengalami phk dan juga sepinya pembeli dan pengunjung. Masih bisakah keluarga anda menjadi berkat bagi orang lain dengan kesakralannya.
            Dalam pelayanan-Nya Yesus selalu mendapatkan perlawanan dari orang-orang Farisi yang munafik dan cemburu dengan popularitas [pengaruh] Yesus yang semakin meluas. Bacaan Alkitab kita hari ini merupakan jawaban Yesus yang lugas kepada orang-orang Farisi yang sedang menjerat dan berusaha menjatuhkan Yesus melalui pertanyaan tentang masalah perceraian. Pada masa itu ada dua kelompok yang memiliki pendapat yang saling bertentangan tentang perceraian. Ada satu guru agama yang sangat berpengaruh yang bernama Hillel, yang mengajarkan bahwa seorang laki-laki diperbolehkan menceraikan istrinya dengan alasan yang kecil sekalipun. Demikian juga dalam kehidupan masyarakat Romawi di masa itu sangat bobrok sehingga menceraikan istri itu dianggap sesuatu yang biasa saja.
            Yesus tidak secara langsung menjawab pertanyaan orang Farisi ini, tetapi balik bertanya, "Apa perintah Musa kepada kamu?" Yesus menunjuk kepada Taurat yang diajarkan Musa karena orang Farisi menghormati Musa dan apa yang diajarkannya. Orang Farisi menjawab, bahwa Musa mengijinkannya orang memberikan surat cerai seperti yang tertulis di Ulangan 21:1-4. Bagaimana kemudian Yesus menanggapinya? Ada tiga poin penting yang disampaikan Yesus:
            Pertama, Musa menginjinkan perceraian bukan sebagai perintah/kehendak Allajh tetapi karena kekerasan hati dan dosa manusia.
            Kedua, Allah menetapkan pernikahan agar laki-laki dan perempuan menjadi satu bukan untuk bercerai.
            Ketiga, pernikahan adalah kesatuan yang sakral yang bertujuan untuk menggenapi rencana Allah di dunia.
            Jadi, perceraian bukanlah jalan keluar atas masalah yang terjadi dalam pernikahan. Bagi orang Kristen, setiap masalah yang terjadi dalam pernikahan dilihat sebagai penghalang kesatuan yang harus diatasi di dalam kebenaran dan kuasa Allah. Bukan pernikahannya yang dihancurkan tetapi penghalangnya yang harus disingkirkan.
                        Beralih dari soal perceraian, Yesus mengajarkan pentingnya orang tua mendidik anak-anaknya di jalan Allah dan memastikan mereka mendapatkan berkat-Nya. Anak-anak itu memiliki hati yang lemah lembut untuk diajar dan untuk mengalami kehadiran Tuhan, maka setiap orang tua harus mengajarkan iman kepada anak-anaknya sejak kecil. Kelembutan hati seorang anak secara rohani bahkan dipakai Tuhan sebagai gambaran bagaimana seharusnya hati orang dewasa dalam menyambut Dia. (HTB)
Bagi orang Kristen, setiap masalah yang terjadi dalam pernikahan dilihat sebagai penghalang kesatuan yang harus diatasi             
Share:

Permasalahan Sepele



Bilangan 5:11-31

Saat kita pacaran dulu pernah ada perasaan cemburu bukan. Saat berumah tangga ketika ada anak baik laki atau perempuan kita juga perbah cemburu, di saat anak cewek dekat dengan ayah cowok dekat  ibu. Perasaan cemburu ini mulai ada di saat anak menginjak remaja. Hal sepele namun merusak hati dan jiwa. Lalu apa hubungannya dengan renungan kita hari ini.

Kita mungkin terhenyak ketika membaca nas ini karena Alkitab berbicara tentang hukum mengenai perkara cemburuan. Di situ dituturkan tentang apa yang mesti dilakukan ketika seseorang sedang cemburu. Hukum ini ditetapkan di tengah konteks umat Israel setelah keluar dari perbudakan di Mesir. Hukum yang sangat patriarkis karena hanya melihat kesalahan dari sisi perempuan.

Dari nas ini, kita belajar satu hal bahwa menyelesaikan perkara cemburuan sangat penting. Perkara ini diselesaikan bukan hanya oleh kedua belah pihak, tetapi juga melalui prosesi keagamaan.

Proses ini serius karena penyelesaian perkara tersebut tidak hanya berdampak pada ketenteraman hidup sepasang suami istri, tetapi juga anak dan keluarga besar.

Pada saat itu, tampaknya seorang laki-laki bisa main hakim sendiri terhadap istrinya. Ia bisa memukuli, bahkan membunuh istrinya karena cemburu. Demi menghindari situasi tersebut, hukum tentang perkara cemburuan ini muncul.

Dalam konteks masa kini, hukum ini mendobrak pemahaman kita selama ini yang beranggapan bahwa cemburu adalah hal kecil dan tidak perlu dibesar-besarkan. Nas ini mengajak kita agar menyelesaikan perkara kecil atau sepele agar tidak menjadi besar. Penyelesaiannya pun harus melibatkan aspek religius. Artinya, Tuhan dilibatkan dalam proses penyelesaian.

Penyelesaian terhadap persoalan cemburuan dalam tingkat tertentu sering kali membutuhkan mediator. Tugasnya untuk mempertemukan kedua pihak yang sedang bersengketa. Dalam hal ini, pelayan Tuhan di gereja bisa diharapkan membantu untuk menemukan jalan keluar.

Marilah kita bertekad untuk tidak mengabaikan persoalan yang sering kali dipandang wajar, sepele, atau kecil. Kita mesti menyelesaikan persoalannya sedini mungkin. Penyelesaiannya pun tidak hanya secara manusiawi, tetapi juga religius agar persoalan itu tidak semakin parah. Juga, walaupun suatu perkara adalah sepele, penyelesaiannya harus dengan sikap bijaksana. [MTH]

Doa: Ya Tuhan Allah bapa yang mengasihi kami. Berikan hamba juga jemaatmu hati yang sanggup dan dapat mengampuni serta menyelesaikan hal yang sepele bersama Tuhan, Supaya ada kebijaksanaan. Amin.
Share:

Melayani Allah


Bilangan 3-4
Pada 1700-an, William Carrey, seorang guru dan pembuat sepatu dari Inggris, memiliki kerinduan sederhana. Ia ingin menjadi pemberita Kabar Baik bagi orang-orang di sekitarnya. Sampai pada suatu saat dalam sebuah rapat gereja, ia menyatakan ingin menjadi misionaris. Kerinduannya untuk melayani Tuhan dalam hidupnya membuatnya pergi menjalankan misi ke India. Dalam dunia misi, ia adalah salah seorang tokoh yang dihormati dan disegani.

Di dalam bangsa Israel, orang-orang yang dipanggil untuk melayani Tuhan adalah suku Lewi (3:5-8). Mereka rela mendedikasikan hidup untuk Tuhan karena mereka adalah kepunyaan Tuhan (3:12-13, 41, 45). Alih-alih kematian akibat penghukuman Tuhan, anak-anak sulung bangsa Israel dikuduskan supaya mereka menerima pekerjaan di Kemah Suci. Sesuai dengan firman Tuhan, orang Lewi bertanggung jawab atas kegiatan dan sarana ibadah bangsa Israel (4:47-49).

Dalam penebusan Kristus, setiap orang percaya telah diluputkan dari maut. Setiap orang yang percaya dalam nama Tuhan Yesus Kristus adalah umat milik-Nya.

Kita sudah dikuduskan untuk menjadi pelayan Tuhan. Oleh karena itu, satu-satunya hal yang sepatutnya mengisi kehidupan kita adalah ibadah yang kudus dan berkenan di hadapan-Nya. Hidup ini bukan milik kita untuk memuaskan hawa nafsu. Ingatkah kita akan panggilan pertobatan dan Amanat Agung Yesus Kristus? Selama ini apa yang kita kerjakan? Pengejaran hawa nafsu yang sia-sia, atau pekerjaan baik yang meninggikan nama Tuhan?

Barangkali kita dipercaya untuk mengerjakan tugas yang berbeda-beda, tetapi kita harus ingat bahwa kita semua adalah pelayan kepunyaan Tuhan.

Kita tidak bisa membuat aturan sesuka hati. Satu-satunya yang kita taati sekarang adalah Tuhan. Maka dari itu, sesuai dengan firman-Nya, aspek apa pun dari diri kita sudah selayaknya didedikasikan untuk melayani-Nya.

Mari kita melayani Tuhan dengan bertanggung jawab, tidak lagi dalam kecemaran, namun dalam ketaatan dan kekudusan. [AST]
Share:

DOAKAN KEBUTUHANMU


Markus 10:46-52   
Lalu kata Yesus kepadanya: "Pergilah, imanmu telah menyelamatkan engkau!" Pada saat itu juga melihatlah ia, lalu ia mengikuti Yesus dalam perjalanan-Nya. [ayat 52]

Berbicara kepada Tuhan itu sangat penting, bahkan di setiap keadaan yang sulit seperti ini. Kita harus selalu berdoa. Apa itu Doa. Doa adalah nafas hidup orang percaya.
Mengapa doa kita tidak dikabulkan Tuhan? Karena seringkali kita berdoa menurut apa yang kita inginkan bukan apa yang kita butuhkan. Itulah sebabnya ketika kita menginginkan mujizat Allah terjadi tetapi kuasa-Nya tidak kunjung terjadi dalam hidup kita. Kisah pengemis buta di bacaan Alkitab kita hari ini mengingatkan kita arti dari sebuah kebutuhan yang diungkapkan dalam doa permohonan.
Mohon belas kasihan-Nya [ayat 46-4]
            Pengemis buta yang bernama Bartimeus itu dengan lantang berseru, "Anak Daud, kasihanilah kami!". Dia tidak ragu sedikitpun untuk berseru kepada Yesus mohon belas kasihan-Nya. Sekalipun ia mendapatkan tantangan dari orang banyak itu namun tidak membuatnya surut dan bahkan semakin keras. Dan akhirnya ia mendapatkan perhatian Yesus.
            Kalau kita sadar bahwa kebutuhan kita membutuhkan mujizat Tuhan, maka berserulah mohon belas kasihan-Nya dengan segenap hati dan kepercayaanmu. Permohonan yang dibutuhkan bukanlah seruan yang ala kadarnya dengan pemahaman syukur-syukur kalau didengar, tetapi seruan yang tidak akan pernah berhenti Tuhan memberikan tanggapan-Nya.
Mohon mujizat-Nya [ayat 50-52]
            Ketika Yesus memanggilnya, bartimeus segera beranjak pergi mendapatkan Yesus. Bartimeus tidak menunda-nunda kesempatan untuk mendapat anugerah Tuhan. Ketika Yesus bertanya apa yang dikehendakinya, Bartimeus langsung menjawab bahwa ia mau sembuh. Bartimeus tidak ragu sedikitpun akan anugerah dan kuasa Yesus yang sanggup melakukan mujizat kepadanya, maka dengan penih harap dan iman ia langsung minta sesuatu yang mustahil tetapi yang paling dia butuhkan, yaitu: bisa melihat.
            Kalau ingin mendapatkan mujizat Allah serukanlah sesuatu yang paling Anda butuhkan dalam hidup ini. Sebab sebesar apapun seruan Anda atau sebaliknya sekecil apapun seruan itu kalau itu adalah kebutuhan yang paling hakiki, dan Anda sungguh-sungguh mengimaninya, maka Tuhan akan tergerak oleh belas kasih untuk menyatakan mujizatnya bagi Anda. Setiap kita pasti butuh karena manusia hidup membutuhkan sesuatu. Maka mintalah dengan Apakah yang menjadi kebutuhan nyata dalam hidup Anda saat ini? Jangan ragu, dengan kerendahan hati datanglah ke tahta kasih karunia Tuhan, mohon belas kasihan dan kuasa-Nya bekerja melakukan mujizat dalam hidup Anda.

DOA SEBAGAI NAFAS KEHIDUPAN ORANG PERCAYA. MAKA DOAKAN
Share:

PERTOLONGAN DI TENGAH BADAI



Markus 6:45-56.

“Ketika Ia melihat betapa payahnya mereka mendayung karena angin sakal, maka kira-kira jam tiga malam Ia datang kepada mereka berjalan di atas air” (ayat 48)
 

           Hati adalah penentu hidup manusia. Kalau hati tenang maka hiduppun akan tenang sekalipun sekitarnya bergejolak. Tetapi sebaliknya kalau hati tidak tenang maka hiduppun akan bergejolak sekalipun sekitar tidak ada masalah apa-apa. Hal itulah yang terjadi dalam kehidupan para murid saat itu. Bagaimanakah caranya agar hati kita tenang menyikapi setiap keadaan yang ada?
Yesus sangat peduli akan pergumulan kita
WalaupunYesus sedang ada urusan secara pribadi (ayat 46), namun ketika bahaya mengancam para murid, maka Ia meninggalkan kepentingan-Nya itu dan segera mendatangi mereka untuk menolongnya (ayat 48). Hal ini menunjukkan bahwa Yesus sesibuk apapun sangat mempedulikan hidup kita. Bukankah firman-Nya berkata: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau”(Ibrani 13:5b).
Yesus telah meninggalkan kepentingan-Nya di sorga dan datang ke dunia hanya untuk menolong kita yang sedang kepayahan karena dosa. Jangan terpengaruh dengan keadaan di luar hati Anda. Sadari kalauYesus ada bersama-sama dengan kita, walau keadaan sesulit apapun tidak akan mempengaruhi jalan hidup kita. Apapun pergumulan Anda saat ini, Ia selalu peduli, selalu melihat dan datang tepat pada waktunya untuk menolong.
Semua masalah berada di bawah telapak kaki Yesus.               
       Apa yang ditakuti oleh para murid yaitu berupa angin sakal, ombak dan juga kondisi alam yang buruk dapat diatasi Yesus dengan berjalan di atasnya (ayat 48). Hal ini membuktikan bahwa semua masalah berada di bawah telapak kaki Yesus. Kita tidak perlu takut menghadapi setiap masalah yang selalu saja datang, karena semua permasalahan ada di bawah kuasa TuhanYesus. Walau persoalan-persoalan yang ada terus berulang-ulang kali datang, covid 19 belum berakhir dan berlalu dari bangsa kita, kekawatiran dan ketakutan terus ada. Jangan takut karena kita sudah memiliki kunci jawabannya, yaitu hati yang beriman bahwa persoalan dan pergumulan hidup ada di bawah otoritas TuhanYesus Kristus.  Jadi yang kita butuhkan adalah iman kepada Yesus yang memiliki kepedulian dan otoritas atas segala sesuatu sehingga sekalipun kondisi di sekitar kita bergelora hati kita tetap tenang sehingga hidup kitapun menjadi tenang. (HTB/)
                                   Jadi yang kita butuhkan adalah iman kepada Yesus yang memiliki kepedulian dan otoritas atas segala sesuatu
Share:

Memuliakan Allah


Lukas 24:50-53 (TB)
50 Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka.
51 Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke surga.
52 Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita.
53 Mereka senantiasa berada di dalam Bait Allah dan memuliakan Allah.


Kisah ini tidak asing bagi kita. Dimana Yesus terangkat ke surga. Ini peristiwa setelah paskah dimana Yesus bangkit dari kematian. Yesus terus berada bersama muridnya sampai masa Ia naik ke surga. Ada sukacita besar saat Yesus naik ke surga. Yang di alami oleh muridnya.
1. Ia memberkati muridnya. Berkat inilah yang di harapkan oleh murid muridnya. Karena berkat itu berarti ada maksud Tuhan untuknya. Ada pesan khusus yang di dapatkan dari Yesus untuknya yaitu tetap kuat dan selalu menjadi pelayannya.
2.Ada ketundukan kepada Allah.  Firmannya berkata" sujud" berarti menyerahkan diri pasrah kepadanya dengan penuh ketakutan dan kesadaran bahwa dirinya orang yang bersalah dan berdosa. Hidup semaunya sendiri dan selalu menyakiti hatinya. Merasakan dirinya tidak layak datang kepada Tuhan.
3. Selalu berada di bait Allah dan menyembah Allah.
Inilah respon yang benar saat hidup mereka mendapat berkat dan menyadari kesalahannya. Para murid mengambil tindakan yang benar selalu di bait Allah dan menyembah Allah.
Hal yang perlu kita renungkan adalah. Bahwa:
1. Berkat dari Tuhan
2.  Tunduk / sujud
3. Selalu di bait Allah dan memuliakan Allah.
Untuk mendapat berkat dan kekuatan iman darinya. Kita harus menerima  3 hal ini. Siapkan hati dan terimalah. Amin.

Doa. Trimakasih Tuhan buat kasihMu yang indah. Yang dapat memberikan kehidupan baru dalam kehidupanku mengiring Tuhan. Amin.
Share:

YANG KUAT YANG RAPUH



oleh Samuel Yudi Susanto

Baca: Markus 14:26-31

Lalu Yesus berkata kepada mereka, “Kamu semua akan terguncang imanmu. Sebab ada tertulis: Aku akan memukul gembala dan domba-domba itu akan tercerai-berai.” (Markus 14:27)

Bacaan Alkitab Setahun:
2 Samuel 1-2

Yesus sedang memberitahukan berita yang sangat mengejutkan bagi murid-murid-Nya. Hari itu, saat merayakan malam Paskah, Yesus berkata bahwa mereka semua akan tergoncang imannya. Yesus kemudian melukiskan kegoncangan iman mereka itu dengan mengutip nubuatan yang pernah disampaikan oleh Nabi Zakharia yaitu seperti domba-domba yang akan tercerai-berai ketika gembalanya terpukul (Zak. 13:7).

Tiba-tiba, Petrus berkata bahwa ia tidak akan tergoncang imannya seperti murid-murid yang lain. Perkataan Yesus yang mengingatkannya bahwa ia akan menyangkal-Nya tiga kali sebelum ayam berkokok pun tak dihiraukannya. Ia sesumbar dan dengan berani ia menegaskan bahwa ia rela mati dan tidak akan menyangkal Yesus (ay. 31). Namun peristiwa selanjutnya kita melihat bahwa komitmen Petrus tidak berjalan seperti yang ia kira. Setelah Yesus ditangkap, semua murid lari meninggalkan-Nya. Tak hanya itu, Petrus pun benar-benar menyangkal Yesus sebagai gurunya sampai tiga kali. Petrus pun menyadari keangkuhannya itu. Ia yang tadinya merasa begitu kuat ternyata sangatlah rapuh.

Kita diingatkan bahwa tantangan iman, penderitaan, dan aniaya bisa setiap saat terjadi seperti yang Yesus katakan tentang pengikut-Nya. Kita pun diingatkan untuk selalu berjaga-jaga dan berdoa sehingga Tuhan memberi kita kekuatan untuk menghadapi kekejutan yang besar itu. Kita adalah orang-orang yang rapuh dan rentan jatuh. Karena itulah kita membutuhkan Tuhan yang selalu menopang dan menguatkan hidup kita. — SYS

WASPADALAH, SAAT KITA MERASA KUAT BERDIRI, SAAT ITULAH SI JAHAT BERUSAHA MENJATUHKAN KITA
Share:

Memberi yang terbaik disaat tidak baik


Lukas 23:53 (TB)  Dan sesudah ia menurunkan mayat itu, ia mengapaninya dengan kain lenan, lalu membaringkannya di dalam kubur yang digali di dalam bukit batu, di mana belum pernah dibaringkan mayat.

Kebaikan seseorang dipengaruhi oleh hatinya,  banyak orang melakukan kebaikan disaat mereka mendapatkan kebaikan dari orang lain dan memang ada yang di pakai untuk berbagi kebaikan. Namun ketika tidak ada yang dipakai untuk berbagi, bisakah kebaikan tetap bertahan. Kebaikan dapat terlihat di saat tidak ada sesuatu hal yang diandalkan.
Cerita di atas adalah ungkapan kebaikan hati yusuf dari arematea yang memberikan tempat terakhir dan terutama bagj Yesus untuk  di pinjami  kuburannya yang sudah dipersiapkan sebelumnya oleh Yusuf. Saya tidak mengerti apakah memang Yusuf ini menyiapkan khusus untuk orang - orang tertentu , atau memang Yusuf punya pekerjaan sebagai pedagang kubur .atau juga membuat sendiri untuk dia dan keluargany karena ia punya harta yang banyak karena pekerjaannya Ia adalah seorang anggota majelis Dia orang yang baik dan benar, sehingga bisa beli tanah kuburan untuk keluarga. Namun mengapa dia bisa memberikan kuburnya untuk orang lain  padahal kubur itu persiapan untuk dirinya.. kok bisa ya? 

Inilah berita baiknya yang ingin saya sampaikan. Bahwa kebaikan jika dari hati yang tulus dan benar tidak akan terpengaruh oleh siapa dan apanya. Melainkam tetap konsisten di tengah kondisi dan keadaan yang sedang berjalan.  Kematian Yesus membawa perubahan hidup yang tidak masuk akal menjadi berakal.   Yang tidak mungkin menjadi mungkin, yang pelit menjadi berbelas kasih dan yang belum mengenal menjadi mengenal. karena Yusuf sadar yang mati itu adalah guru agungnya yang pernah mengajari Dia tentang iman yang penuh hikmat dan kebenaran. Yang pernah mereka dengar dan lihat.

Bagaimana dengan kita apa yang bisa kita kasihkan dan berikan kepada Yesus di saat terakhir hidupnya yang kita peringati dalam jumat agung ini? Adakah hati yang tulus iklas untuk mengasihi dan lebih lagi melayani dengan hati yang baik dan benar?. Amin. Red (YS) Edit/ design.( M)

Doa. Tuhan engkau mati supaya kami hidup menjadi lebih baik. Ajari kami untuk selalu memberi yang terbaik di hari hari dalam hidupku. Amin
Share:

SUDAH SELESAI / Tetelestai


Puji syukur demi smua org yg percaya, Yesus telah menyelesaikan pekerjaan yang diberikan Allah kepada-Nya tepat sebelum Dia mati di kayu salib pada Jumat Agung.
Alkitab berkata, “Sesudah itu, karena Yesus tahu, bahwa segala sesuatu telah selesai, berkatalah Ia--supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci--:"Aku haus!" Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya"(Yohanes 19:28, 30).

Ketika Yesus berkata, " Sudah selesai," itu adalah sorakan kemenangan (bhs. Yunani) . Dalam bahasa Yunani asli, ungkapan ini sebenarnya terdiri dari satu kata: tetelestai. Itu kata yang sangat umum dalam masyarakat Yunani kuno namun punya banyak makna. Ketika Yesus mengucapkan kata ini di atas kayu salib, Ia merujuk pada maknanya masing-masing:

1. LAPORAN KERJA  telah menyelesaikan suatu tugas.
 Yesus telah menyelesaikan tugas yang diberikan Allah kepada-Nya.

 2. *ISTILAH HUKUM, para hakim untuk mengumumkan bahwa seorang tahanan telah sepenuhnya menjalani masa hukumannya. Yesus telah memastikan bahwa Dia menanggung hukuman atas dosa kita.

 3.  ISTILAH AKUNTANSI . yang berarti hutang telah dibayar penuh.
 Yesuslah Satu-satunya orang yang telah menyelesaikan misi hidupnya sebelum mati.

 4. Para Seniman menggunakan istilah ini ketika melukis gambar untuk menandakan goresan terakhir mereka.
 Pengorbanan Yesus telah menyelesaikan karya Agung Allah dengan memungkinkan puncak dari ciptaan-Nya – kita - ditebus atas dosa kita.

 5. KORBAN, Para imam menggunakan istilah ini ketika mereka mempersembahkan korban kepada TUHAN seraya berkata, "Pengorbanan telah dilakukan."
 Kematian Yesus di kayu salib merupakan pengorbanan karena dosa kita.

Kata-kata itulah yang membedakan antara keKristenan dgn kyakinan lainnya.
 Di luar Kristus adalah tentang apa yang harus dilakukan untuk menjadi benar di hadapan Tuhan.

Yesus berkata, " Sudah selesai." Artinya, kita tidak perlu melakukan apa pun untuk memiliki akses kepada Allah.

Dalam Yohanes 4:34, Yesus berkata, " Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.”

 KESIMPULANNYA :

 *Jangan Takut dengan BADAI GELOMBANG hidup ini, sebab Tuhan Yesus SUDAH MENYELESAIKANNYA.*Amenn.
Share:

Hukuman mati karena kesalahanku


Lukas 23:41 (TB)  Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah."

Peristiwa kematian Yesus tertulis dalam sejarah kalender masehi itu dapat di buktikan dari sejarah dalam Alkitab. Setiap tahun gereja di ingatkanat untuk merayakan hari kematian Yesus/ wafat ISA Almasih. Dengan memaknai   betapa sengsaranya penderitaan Yesus yang di alami ini. Di masa menyongsong jumat agung ini kita melihat ke sejarah perjalanan iman kita. Sudahkah makna kristus yang di salibkan itu menjadi hal yang utama dalam iman kita. Dia yang tidak bersalah di jadikan salah oleh karena  kesalahan umatnya. Dia yang tidak berdosa dijadikan dosa karena kita. Kita memang selayaknya mendapat hukuman yang setimpal dengan perbuatan kita (ayat.41). Tetapi karena kasih dan keadilannya Dia rela menanggung semuanya di kayu salib. Sehingga kita bebas dan di selamatkan.

Mari dalam menyongsong jumat agung kita mengoreksi diri kita. Apakah ada kesalahan dan dosa yang kita perbuat . Ampunkanlah kepada Tuhan. Bersyukurlah kepada Yesus yang sudah membayar lunas apa yang kauS perbuat. Bertobatlah dan kembalilah pada Tuhan. Sebab hukuman mati karena kesalahanmu sudah di kerjakan dengan sempurna. Jadikan hari sengsara Tuhan Yesus tahun ini menjadi hari yang terbaik untuk menceritakan kabar sukacita. Lakukanlah dengan syukur serta setia. Amin ( YS).

DOA. Aku bersyukur atas kasihmu ya Tuhan engkau mati di salib gantikanku. Kuatkan hati hamba serta jemaat untuk selalu menebarkan kasih walaupun dalam situasi yang sulit. Amin
Share:

Memikul Salib Yesus


Lukas 23:26 (TB)  Ketika mereka membawa Yesus, mereka menahan seorang yang bernama Simon dari Kirene, yang baru datang dari luar kota, lalu diletakkan salib itu di atas bahunya, supaya dipikulnya sambil mengikuti Yesus.


Dalam kisah di atas di ceritakan bagaimana proses pengadilan itu. Dimana  prosesnya terjadi begitu mendesak dan segera harus selesai hari itu. Berdasarkan hukum pengadilan tidak ada hal seperti ini. Paling tidak ada jeda waktu yang di pakai dua hari tiga hari atau bahkan satu minggu. Namun yang dilakukan oleh Yesus tidak berdasar peraturan tapi berdasar keputusan segera. Hari ini harus selesai. Akhirnya semua harus di paksakan untuk mendukung pengadilan hukuman mati itu. Terbukti  simon dari kirene tak tahu dan tak ngerti akar permasalahan ikut mengalami memikul beban berat di pundaknya berjalan mengiring Yesus.
Hal yang perlu kita renungkan adalah. Siap atau tidak siap kita sebagai orang percaya harus siap memikul salib Yesus dalam hidup sendiri dengan memikul salib kita sendiri demi iman kepada Yesus.
Menjadi pengikut Kristus bukan hanya soal menerima keselamatan dan merasakan mukjizat besar. Itu bisa saja benar. Namun, ada tanggung jawab salib, bahkan penderitaan, yang kita harus siap memikulnya. Kita tidak bisa menolaknya! Sebaliknya, terimalah salib itu dengan tangan dan hati terbuka, serta percaya ada kelegaan yang Ia siapkan bagi kita.

Kita perlu beriman bahwa Tuhan akan menolong kita agar kita mampu menerima dan memikul salib dengan hati yang terbuka. Hati yang siap meskipun sulitnya kehidupan yang kita jalani. Walaupun covid 19 belum berakhir dan akan banyak konsekuensi material yang harus kita pikul dan tanggung. Salib kristus harus tetap kita pikul.  Amin. (YS).

MEMIKUL SALIB KRISTUS BERARTI MENJADI ORANG YANG SIAP MELAYANI DENGAN HATI TULUS.

Doa: Bapa surgawi mampukan hambamu dan seluruh jemaatmu. Untuk siap memikul salib di tengah kesulitan ini. Dengan selalu beriman kepada Tuhan Yesus. Amin.
Share:

Teguh Bertahan dalam Kebenaran-Nya


Lukas 23:13-25

Ada sebuah pepatah dalam bahasa Latin yang berbunyi “Vox populi, vox dei”. Secara harfiah berarti, “Suara rakyat adalah suara Tuhan”. Tuhan bisa memakai orang banyak untuk menyuarakan kebenaran-Nya. Ini benar. Tetapi, apakah selalu demikian? Ternyata tidak juga!

Firman Tuhan hari ini menunjukkan sebuah dinamika yang berbeda. Orang banyak begitu berhasrat menghabisi Yesus. Mereka adalah imam-imam Yahudi dan rakyat yang tidak menyukai Yesus. Sejak malam sebelumnya, mereka menangkap Yesus, membawa-Nya ke Mahkamah Agama (Luk 22:63-71), membawa-Nya ke Pilatus (Luk 23:1-7), lalu membawa-Nya ke Herodes—raja boneka untuk orang-orang Yahudi (Luk 23:8-12), dan akhirnya membawa-Nya kembali kepada Pilatus. Itu semua dilakukan karena mereka ingin mencari pembenaran bahwa Yesus bersalah dan harus dihukum.

Mencari kesalahan Yesus bukan perkara mudah. Bahkan, Pilatus sampai tiga kali menyatakan bahwa Ia tidak bersalah dan tidak pantas dihukum mati (14-15, 20, 22). Pilatus berusaha menenangkan rakyat dengan menghajar dan menyiksa Yesus di depan umum. Namun, suara orang banyak semakin keras menuntut hukuman mati bagi Yesus.

Pilatus pun kalah. Yesus dijatuhi hukuman mati (24-25). Kebenaran yang sejati “kalah” oleh kebenaran palsu yang dibalut suara mayoritas.

Firman Tuhan kali ini mengingatkan kita bahwa kebenaran sejati tidaklah ditentukan oleh berapa banyak orang yang percaya atau menyuarakannya. Apa yang dianggap benar oleh orang banyak belum tentu benar menurut Tuhan. Apalagi, jika itu sekadar tren saja. Jadi, jangan mencari kebenaran berdasarkan jumlah orang yang mengikutinya.

Berjalan sendiri dalam kebenaran bersama Tuhan jauh lebih mulia daripada berjalan dalam rombongan orang yang menyuarakan kejahatan karena hal itu justru membuat kita ikut “menyalibkan” Tuhan. Tetaplah teguh dalam kebenaran bersama Tuhan. Kendatipun sendirian, bila di dalam kebenaran-Nya, kita aman dan selamat [YWA]
Share:

TOLONG TEMANI AKU


Baca: Matius 26:36-46

Lalu kata-Nya kepada mereka, “Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku.” (Matius 26:38)

Bacaan Alkitab Setahun:
1 Samuel 17-18

Pada waktu Ibu saya meninggal dunia, merasa kehilangan dan sangat sedih itu pasti. Saya terhibur saat saudara dan kawan berdatangan menemani dan mengucapkan turut berdukacita. Tapi akhirnya satu per satu mereka pamit pulang bapakku dan saudara tua tuaku juga  ngomong tinggalah disini dulu sampai 7 hari baru nanti pulango. Saya terhibur dengan kehadirannya. bagi kita mungkin yang pernah mengalami duka memiliki pertanyaan yang sama.

“Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku,” itulah permintaan Yesus kepada Petrus dan kedua anak Zebedeus. Hati Yesus sangat sedih, seperti mau mati rasanya, sehingga Dia butuh dukungan orang-orang terdekat. Setelah itu, Yesus berdoa kepada Bapa. Yesus mau menuruti kehendak Bapa, bukan kehendak-Nya. Selesai berdoa, Yesus mendapati ketiga murid-Nya tidur. Yesus meminta mereka berjaga-jaga dan berdoa agar tidak jatuh ke dalam pencobaan, karena roh memang penurut, tetapi daging lemah (ay. 41). Yesus berdoa tiga kali. Selesai berdoa, Yesus siap menjalani salib untuk menebus dosa umat manusia. Orang terdekat bisa menemani dan mendukung, tapi hanya sementara. Saat kita berdoa kepada Tuhan, kita dikuatkan dan dimampukan Tuhan untuk menjalani hal-hal terberat.

Kalau saat ini kita mengalami pergumulan sangat berat, orang terdekat yang kita kasihi meninggal dunia, kita divonis dokter sakit serius dan umur kita tidak lama, berdoalah seperti Yesus berdoa. Beryukurlah kalau Tuhan melalui orang-orang terdekat, menemani, mendukung, dan menguatkan kita. — RTG

KEHADIRAN DAN DUKUNGAN KITA KEPADA
ORANG YANG BERBEBAN BERAT SANGAT BESAR DAMPAKNYA
Share:

IMAN!. TIDAK CARI AMAN


Lukas 22:54-62

Lukas 22:61 (TB)  Lalu berpalinglah Tuhan memandang Petrus. Maka teringatlah Petrus bahwa Tuhan telah berkata kepadanya: "Sebelum ayam berkokok pada hari ini, engkau telah tiga kali menyangkal Aku."

Cerita ini merupakan cerita yang sangat terkenal menginjak masa prapaskah, dimana ada murid yang mengkhianati ada murid yang menyangkali gurunya. Yaitu petrus. Petrus ingin merasa aman dari orang yang ingin membunuh Yesus. Petrus tahu dan kenal siapa Yesus, tapi karena Ia ingin aman dan selamat maka cara yang terbaik ialah pura pura tidak kenal. Bukankah ini yang sering manusia lakukan dalam kondisi terjepit kita tega berpura pura. Misalnya, kita tega mengorbankan orang lain, asalkan kita selamat.
Petruspun sebagai murid yang setia dan Taat kemanusiaannya menjadi ciut. Setelah Yesus ditangkap (54 nyali Petrus menyangkali-Nya sebanyak tiga kali. Petrus benar-benar terpuruk. Apalagi saat Yesus berpaling dan menatapnya. Betapa ia tahu kesalahan besar yang telah dilakukannya. Seketika, ia teringat pada perkataan Yesus, “Sebelum ayam berkokok pada hari ini, engkau telah tiga kali menyangkal Aku” (61).

Tindakan Petrus  memang salah, namun imanNya harus  jelas berbeda. Dengan mengikuti Yesus, setidaknya Petrus masih terus menjaga relasi dengan-Nya. Namun terpisah hanya karena takut nyawanya terancam. Bukankah saat ikut Tuhan kita harus berani bayar nyawa kita. Demi keselamatan kekal.
Anugerah penebusan dan penyelamatan oleh Allah melalui Yesus Kristus adalah anugerah terbesar bagi kita umat percaya. Walau syaratnya tidak berat, namun itu menuntut cara hidup kita selaras dengan kehendak Tuhan. Kita dilarang menjadi seorang yang menyangkali-Nya. Sebaliknya, anugerah keselamatan menuntut kita untuk berani bertindak baik dalam perbuatan maupun perkataan.

Iman itu butuh respon pribadi dari dalam hati kita yang murni dan dalam. Tidak karena sungkanisme, karena tetangga yang banyak atau karena keberhasilan atau karena suami atau istri kita menyangkal Yesus. Sekali Yesus sebenarnya tetap Yesus. Apapun yang terjadi. Karena Iman itu tidak cari aman karena keselamatan tidak kompromi melainkan kepastian.
Mari jadikan iman kita kuat. Bersama Yesus. Amin.(YS)

Doa; berikan hambamu dan jemaat Iman yang tangguh dan kuat ya Tuhan
Supaya kami tidak mencari amannya . Amin.

IMAN ITU TINDAKAN NYATA DARI ALLAH YANG KEKAL UNTUK MANUSIA. RASA AMAN ADALAH TINDAKAN SEMENTARA DALAM DUNIA.
Share:

Kasih bukan sekedar ciuman

Lukas 22:48 (TB)  Maka kata Yesus kepadanya: "Hai Yudas, engkau menyerahkan Anak Manusia dengan ciuman?"

Saat kita baca cerita ini, timbul dalam benak kita. Mengapa Yudas tega berpura pura baik kepada Yesus dan teman temannya di tengah tengahnya. 
Siapakah yang menyerahkan Yesus kepada prajurit? Jawabannya mengejutkan, yaitu Yudas, murid-Nya sendiri. Mengapa seorang murid tega menyerahkan gurunya kepada pihak lawan?

Setelah Yudas meninggalkan Yesus di perjamuan malam, ia langsung mencari para imam kepala (Yoh 13:30). Pertemuan itu mengangkat dirinya menjadi pemimpin dalam kesepakatan menangkap Yesus. Pasalnya, ia tahu persis Yesus sedang berada di Bukit Zaitun. Karena selama berada di Betani hampir setiap hari Ia berada di situ untuk menjauhkan diri dari keramaian dan berdoa
Uniknya, Yesus tidak marah. Ia hanya bertanya, “Hai Yudas, engkau menyerahkan Anak Manusia dengan ciuman?” (48).

Menyaksikan drama itu, salah seorang murid maju membela gurunya. Ia menyerang hamba Imam Besar. Dengan sekali tebasan pedang, putuslah telinga kanannya (50).

Ciuman seperti Yudas mungkin pernah kita lakukan. Kita kerap membalut kemunafikkan dengan topeng kasih dan kalimat manis, “Aku mengasihi Engkau, ya Tuhan.” Pada praktiknya, kita lebih mengasihi telepon pintar kita, pekerjaan kita. Hobi kita bahkan berani meninggalkan persekutuan hanya demi  pribadi kita.  daripada Alkitab. Berdoa. Ibadah. Berbuat kasih.  Kita lebih asyik tenggelam dengan gawai daripada merenungkan firman dengan mengasihi Tuhan.

Mengasihi Tuhan dengan sempurna adalah ketika kita menjadikan-Nya satu-satunya junjungan di atas segala-galanya. Sudahkah kita berbuat demikian? Amin.

Doa. Tuhan ajari hamba ini serta jemaat  untuk dapat lebih mengasihimu lebih dari yang lain. Amin
Share:

PERGUMULAN MANUSIA


Lukas 22:42 (TB)  "Ya Bapa-Ku, jikalau Engkau mau, ambillah cawan ini dari pada-Ku; tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi."

Saya percaya semua orang mendapati pergumulan dan penderitaan berbeda dan semua itu tergantung dari seberapa dalam dapat menyelesaikan, ada yang secara diam, ada yang langsung duduk berdoa, ada juga yang lanhsung curhat kepada teman atau dokter.
Yesus yang adalah putra Allah saat mengalami penderitaan Dia curhat kepada Bapanya. Yesus merasa apa yang di alami itu merupakan penderitaan yang begitu berat dia pikul sendiri. Ayat di atas. "Jikalau mau ambillah cawan ini dari padaku"
Penderitaan dan kematian adalah dua hal yang sedang Yesus gumuli. Keduanya sedang membentang di hadapan-Nya. Di Bukit Zaitun, Ia galau. Dalam doa-Nya, Ia seperti tawar-menawar dengan Bapa supaya cawan itu diambil (42).
Cawan adalah simbol penderitaan atau murka Allah (bdk. Why 14:10; 16:19) yang akan ditanggung Yesus. Yesus tahu Ia akan disalibkan seperti penjahat, menderita, lalu mati secara tidak terhormat. Yesus ketakutan dan makin bersungguh-sungguh berdoa (44a). Rasa takut-Nya terlukis oleh peluh yang terlihat menjadi seperti tetesan darah ke tanah (44b). Ia menanggung penderitaan yang bukan semestinya Ia alami demi merampungkan karya penyelamatan. Tanpa penumpahan darah, tak ada pengampunan dan penyelamatan.
Di tengah ketakutan-Nya, Yesus tidak memaksakan kehendak-Nya sendiri, melainkan kehendak Bapa. Ini tanda ketaatan. Ia bersedia menghadapi kengerian yang membayang di depan mata. Kehendak Bapa dituntaskan-Nya secara tanpa berbantah.

Salah satu bukti iman adalah ketaatan. Banyak godaan dan kelemahan merayu agar kita tidak taat. Salah satunya adalah menghindar. Kita sering menghindar dari masalah, apalagi yang sulit. Bukankah saat ini kita menghadapi permasalah yang sulit bagi kita. Pandemik covid 19. Yang harus membuat kita terus bergumul dan berdoa supaya segera hilang.  Padahal jika dihadapi, Tuhan pasti menyertai. Lewat masalah itu, Ia sebenarnya sedang melatih kedewasaan iman kita. Jadi, jalan terbaik saat menghadapi kesulitan adalah dengan menghadapinya, bukan melarikan diri dari masalah tersebut. Atau tidak mau berserah dan bersujud berdoa ibadah kepada Tuhan. Yesus mau datang kepada BapaNya. Amin.

DOA . Bapa aku bersyukur kepadamu karena Engkau sudah menyelesaikan segala pergumulan penderitaan serta kesulitanku hari ini. Amin

PENDERITAAN ADALAH KUNCI JAWABAN  KEBERHASILAN JIKA DI TANGAN YESUS
Share:

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.