IMAN!. TIDAK CARI AMAN ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

IMAN!. TIDAK CARI AMAN


Lukas 22:54-62

Lukas 22:61 (TB)  Lalu berpalinglah Tuhan memandang Petrus. Maka teringatlah Petrus bahwa Tuhan telah berkata kepadanya: "Sebelum ayam berkokok pada hari ini, engkau telah tiga kali menyangkal Aku."

Cerita ini merupakan cerita yang sangat terkenal menginjak masa prapaskah, dimana ada murid yang mengkhianati ada murid yang menyangkali gurunya. Yaitu petrus. Petrus ingin merasa aman dari orang yang ingin membunuh Yesus. Petrus tahu dan kenal siapa Yesus, tapi karena Ia ingin aman dan selamat maka cara yang terbaik ialah pura pura tidak kenal. Bukankah ini yang sering manusia lakukan dalam kondisi terjepit kita tega berpura pura. Misalnya, kita tega mengorbankan orang lain, asalkan kita selamat.
Petruspun sebagai murid yang setia dan Taat kemanusiaannya menjadi ciut. Setelah Yesus ditangkap (54 nyali Petrus menyangkali-Nya sebanyak tiga kali. Petrus benar-benar terpuruk. Apalagi saat Yesus berpaling dan menatapnya. Betapa ia tahu kesalahan besar yang telah dilakukannya. Seketika, ia teringat pada perkataan Yesus, “Sebelum ayam berkokok pada hari ini, engkau telah tiga kali menyangkal Aku” (61).

Tindakan Petrus  memang salah, namun imanNya harus  jelas berbeda. Dengan mengikuti Yesus, setidaknya Petrus masih terus menjaga relasi dengan-Nya. Namun terpisah hanya karena takut nyawanya terancam. Bukankah saat ikut Tuhan kita harus berani bayar nyawa kita. Demi keselamatan kekal.
Anugerah penebusan dan penyelamatan oleh Allah melalui Yesus Kristus adalah anugerah terbesar bagi kita umat percaya. Walau syaratnya tidak berat, namun itu menuntut cara hidup kita selaras dengan kehendak Tuhan. Kita dilarang menjadi seorang yang menyangkali-Nya. Sebaliknya, anugerah keselamatan menuntut kita untuk berani bertindak baik dalam perbuatan maupun perkataan.

Iman itu butuh respon pribadi dari dalam hati kita yang murni dan dalam. Tidak karena sungkanisme, karena tetangga yang banyak atau karena keberhasilan atau karena suami atau istri kita menyangkal Yesus. Sekali Yesus sebenarnya tetap Yesus. Apapun yang terjadi. Karena Iman itu tidak cari aman karena keselamatan tidak kompromi melainkan kepastian.
Mari jadikan iman kita kuat. Bersama Yesus. Amin.(YS)

Doa; berikan hambamu dan jemaat Iman yang tangguh dan kuat ya Tuhan
Supaya kami tidak mencari amannya . Amin.

IMAN ITU TINDAKAN NYATA DARI ALLAH YANG KEKAL UNTUK MANUSIA. RASA AMAN ADALAH TINDAKAN SEMENTARA DALAM DUNIA.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.