SKALA PRIORITAS ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

SKALA PRIORITAS


Markus 5:21-43.
“Sesudah Yesus menyeberang lagi dengan perahu, orang banyak berbondong-bondong datang lalu mengerumuni Dia.” (ayat 21)


 Saat pandemic covid 19 semakin merajalela. Maka pemerintah menerapkan skala prioritas baik kepada pemimpin atau masyarakat dengan cara jaga jarak. Cuci tangan dan tetap tinggal di rumah belajar di rumah bekerja dari rumah ( daring) hal ini bertujuan untuk memutus rantai corona dan yang terpenting pemerintah memiliki skala prioritas yang pas dan tepat. Setiap kita harus memiliki skala prioritas.

Ketika Yesus mulai tampil melayani, Dia mendapatkan perhatian dari orang banyak. Nama-Nya menjadi sangat terkenal dan banyak orang yang berbondong-bondong sampai berdesak-desakan hanya untuk melihat dan mendengarkan pengajaran-Nya. Di tengah-tengah pengaruh-Nya yang sangat luar biasa itu tentu Dia menjadi super sibuk. Namun Dia memiliki skala prioritas yang sangat terpuji di mana Dia mendasarinya dengan kasih. Apakah skala prioritas-Nya dalam perikop di atas?
Yang pertama: Memprioritaskan manusia daripada pamor diri
       Dia lebih memilih untuk mempedulikan manusia daripada puja-puji orang-orang di sekitarnya. Hal itu terlihat ketika Yairus datang tersungkur di kaki-Nya memohon belaskasihan-Nya agar Dia menyembuhkan anaknya yang sedang sekarat (ayat 22-23). Dia tidak menghitung untung ruginya karena Dia melihat bahwa manusia lebih perlu ditolong dibanding dengan semarak orang-orang yang mengelu-elukan-Nya. Hal yang sama terjadi dalam kehidupan perempuan yang sakit perdarahan itu. Di tengah-tengah desakan orang yang mengikuti Yesus, Dia masih menyempatkan diri untuk meneguhkan perempuan itu agar sembuh dari sakitnya. Yesus berhenti memberitakan perhatian khusus kepada perempuan itu (ayat 30).

Yang kedua. Allah lebih memprioritaskan kita dibanding dengan apa saja dalam dunia ini
       Dia rela meninggalkan kemuliaan-Nya di sorga hanya untuk manusia. Kalau Allah sudah memprioritaskan kita sudah sepatutnya juga kita memprioritaskan Allah dalam hidup ini dibanding dengan yang lain (band.Matius 10:37). Ingatlah ketika kita memprioritaskan Tuhan itu adalah demi kepentingan kita sebagaimana ketika Allah memprioritaskan kita. Sebenarnya yang untung adalah kita. Jadi biarkan Allah menjadi prioritas yang utama dalam hidup Anda
            Oleh karena itu, milikilah skala prioritas di mana Allah memiliki urutan yang pertama dalam kehidupan Anda seperti Dia telah menempatkan Anda (sebagai manusia) menjadi prioritas utama dalam rencana-Nya yang agung. Apapun kebaikan yang Anda harapkan, kerjakan dan lakukan, apapun pencapaian hidup yang kelak berhasil Anda raih, biarlah Allah diagungkan sebagai wujud nyata bahwa Anda menjadikan Dia yang utama dalam kehidupan Anda. Seperti Dia telah menempatkan Anda menjadi yang terpenting, biarlah dalam hidup Anda juga Allah menjadi yang terutama. (MS)
Seperti Dia telah menempatkan Anda menjadi yang terpenting, biarlah dalam hidup Anda juga Allah menjadi yang terutama.

DOA:  Ya Tuhan berikan hamba serta umatmu miliki waktu dan kesempatan yang dapat aku gunakan buat malayani orang lain dengan kasih dan anugerahMu.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.