Mei 2020 ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Pentingnya Fokus


Bilangan 28:16-29:40

Memfokuskan diri untuk beribadah kepada Allah tentu bukan hal yang mudah. Fokus ini dijabarkan dalam nas hari ini, khususnya mengenai berbagai aturan ibadah pada hari-hari suci. Setidaknya dicatat lima hari suci, yaitu Paskah, Pentakosta, Tahun Baru, Hari Penebus Dosa, dan Pesta Pondok Daun.

Hal yang menarik dari kelima hari suci tersebut adalah perintah agar umat tidak bekerja atau melakukan pekerjaan berat. Pada pesta Paskah, hari pertama dan ketujuh minggu itu adalah hari suci bagi umat dan mereka tidak diperkenankan bekerja (28:18, 25). Pada hari Pentakosta (hari hulu hasil), selain mempersembahkan hasil panen gandum pertama, umat juga tidak boleh bekerja (28:26).

Pada Tahun Baru, hari pertama merupakan hari peniupan serunai sehingga umat tidak boleh bekerja (29:1). Pada hari Penebus Dosa, umat diperintahkan untuk merendahkan diri dengan berpuasa. Untuk itu, umat juga tidak diperbolehkan bekerja (29:7). Pada Pesta Pondok Daun, umat harus mengadakan perayaan bagi Tuhan selama 7 hari, sehingga pada hari pertama dan kedelapan umat tidak boleh bekerja (29:12, 35).

Semua ini menunjukkan pentingnya tidak bekerja pada setiap hari suci. Pertemuan antara Tuhan dan umat Israel adalah pertemuan yang kudus. Karena itu, tidak ada satu pun hal yang boleh mengganggunya, termasuk pekerjaan sehari-hari mereka. Betapa pentingnya bagi umat Tuhan dapat memfokuskan seluruh pikiran dan waktu mereka hanya untuk Allah.

Di tengah kesibukan, marilah kita bertekad menjaga fokus hidup, terutama ketika tiba hari yang kita khususkan untuk Tuhan. Terkadang kita terlalu sibuk dengan pekerjaan dan pendidikan sehingga tidak sungguh-sungguh berfokus dalam beribadah. Mari kita mulai sungguh-sungguh memberikan yang terbaik ketika beribadah kepada Tuhan, tidak hanya dalam hal materi, tetapi juga dalam hal waktu dan pikiran.

Berikanlah yang terbaik kepada Tuhan agar kita dapat berfokus beribadah kepada-Nya. Perjumpaan kita dengan Tuhan adalah di dalam pertemuan ibadah yang kudus. Hormatilah Tuhan dengan hidup kita. [HOS]

Doa: Trimakasih Ya Tuhan atas kasih dan kemurahanmu berikan kami waktu untuk selalu berfokus  dalam menjalankan  ibadah dengan baik. Amin
Share:

Keadilan bagi Semua



Bilangan 27:1-11

Keadilan harus diperjuangkan. Hal ini terlihat dalam nas hari ini yang menceritakan tentang masalah hukum yang belum ada penyelesaiannya dalam peraturan yang ada. Kasusnya adalah lima anak perempuan Zelafehad dari suku Manasye yang kehidupannya terancam karena ayah mereka tidak memiliki penerus (3-4).

Dalam keadaan biasa, tanah keluarga jatuh ke tangan anak laki-laki karena hanya kaum laki-laki yang mempunyai hak untuk mewarisi nama keluarga dan tanah. Tanpa anak laki-laki, nama keluarga mereka akan hilang dari bangsa Israel dan tidak ada tanah yang diwariskan. Tanpa hak waris, mereka tidak bisa ikut mewarisi perjanjian Allah bagi Israel.

Hal inilah yang membuat kasus anak perempuan ini mendesak sekali untuk direspons. Mereka memohon keadilan Tuhan. Mereka tidak ingin menghilang dari umat Tuhan. Hal yang menarik adalah Tuhan memenuhi permintaan mereka sehingga Ia memunculkan peraturan baru (7-11). Kaum perempuan pun dapat mengeklaim hak dan nama keluarganya supaya tidak terhapuskan dari masyarakat.

Kondisi ini menunjukkan keadilan Allah. Bagi Allah, laki-laki dan perempuan memiliki hak yang sama. Kasus ini membantu kita untuk berlaku adil kepada siapa pun. Laki-laki atau perempuan memiliki hak yang sama dalam masyarakat. Di dalam berkat perjanjian Tuhan, tidak ada seorang pun yang ditinggalkan. Seperti kelima perempuan ini, kita pun perlu memperjuangkan keadilan, baik untuk diri sendiri maupun mereka yang berhak mendapatkan bagiannya.

Mari kita bersyukur karena Allah kita bukanlah Allah yang membeda-bedakan manusia. Laki-laki maupun perempuan mendapat bagian dalam berkat pemeliharaan Allah. Sebagai umat Tuhan, sudah sepatutnya kita memperjuangkan hak orang-orang di sekitar kita.

Marilah kita wujudkan rasa syukur dengan memperlakukan orang-orang di sekitar kita dengan kasih dan keadilan. Sebagai orang yang telah dimerdekakan oleh Allah, kita sebaiknya tidak mengumbar tindakan yang membuat orang lain menjadi tertindas. [HOS]

Doa. Tuhan terima kasih ajari kami senantiasa mensyukuri apa yang ada di sekitar ku dengan selalu hidup dengan kasih dan keadilan Mu. Amin
Share:

PUTAR BALIK, MAS!


 Kisah Pr. Rasul 11:19-30

Lalu murid-murid memutuskan untuk mengumpulkan sumbangan sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing dan mengirimkannya kepada saudara-saudara seiman yang tinggal di Yudea. (Kisah Pr. Rasul 11:29)

Kisah nyata dari keluarga yang di selamatkan oleh Tuhan. Demikian ceritanya...Saya dan istri suatu malam pergi menghadiri pesta pernikahan seorang saudara di sebuah hotel. Karena hujan, kami naik taksi online. Saat tiba di satu jalan, mobil kami dihentikan seseorang. “Putar balik, Mas! Di depan banjir,” kata orang itu. Sopir taksi patuh dan berterima kasih. Tapi ada satu motor yang mengabaikan peringatan itu dan tetap melaju. Hasilnya, di tengah jalan motor itu mogok. Kami bersyukur ada orang yang rela berhujan-hujanan menolong para pengendara menghindari banjir. di masa covid korona ini banyak yang di suruh putar balik termasuk mudikpun atur balik.
Memberikan perhatian kepada semua orang, termasuk orang yang tidak dikenal, itulah yang Tuhan mau kita kerjakan sebagai murid-Nya. Di Antiokhialah murid-murid pertama kalinya disebut Kristen (ay. 26). Ini terjadi karena murid-murid Yesus, di antaranya beberapa orang Siprus dan orang Kirene (ay. 20), memberitakan Yesus adalah Tuhan di Antiokhia. Tangan Tuhan menyertai mereka, sehingga banyak orang percaya dan menerima Yesus. Barnabas dan Saulus yang datang beberapa waktu kemudian, mengajar banyak orang. Waktu jemaat Antiokhia tahu melalui Nabi Agabus bahwa akan ada kelaparan besar, mereka mengumpulkan sumbangan, sesuai kemampuan masing-masing, untuk diberikan kepada para saudara yang ada di Yudea. Mereka peduli kepada sesamanya.

Kalau pada saat covid 19  ini Tuhan memakai kita untuk peduli pada orang-orang tidak dikenal,  entah itu di perjalanan atau tempat tertentu yang kita singgahi, mari pedulikan dan tolong mereka. Sekecil apa pun kepedulian atau pertolongan yang kita berikan, dampaknya besar bagi orang yang menerimanya. — RTG

MELALUI KEPEDULIAN KITA KEPADA SESAMA,
NAMA TUHAN DIPERMULIAKAN
Share:

JURU MUDI KEHIDUPAN


Baca: Matius 8:23-27
Ia berkata kepada mereka, “Mengapa kamu takut, hai kamu yang kurang percaya?” Lalu bangunlah Yesus membentak angin dan danau itu, sehingga danau itu menjadi teduh sekali. (Matius 8:26)
ada cerita dari seseorang saat naik pesawat. “Pengalaman saya naik pesawat kemarin benar-benar luar biasa!” Seorang pemuda menceritakan pesawat yang ditumpanginya mengalami turbulensi (goncangan), tetapi ia dan penumpang lainnya tidak merasa panik. Mengapa? Karena di tengah goncangan mereka melihat sang pilot bersenandung. “Kalau pilotnya tidak panik, kita juga tidak perlu panik karena artinya situasi tersebut masih dalam kendali,” ia menjelaskan. dari cerita ini dapat kita tarik dalam kehidupan ini. Kita sedang berkendara dalam kendaraan bernama “kehidupan”. Sebagai anak-anak Tuhan, kita menyerahkan kemudi kepada Yesus. Faktanya, dari dahulu sampai sekarang, tidak pernah muncul catatan Tuhan panik saat sedang berkendara! Yang kerap terjadi adalah sebaliknya, Juru Mudi tidak panik, namun kita penumpangnya panik tidak karuan. Pengalaman serupa dialami murid-murid Yesus. Hari itu perahu mereka diserang angin ribut dan gelombang. Di tengah situasi mencekam, apalagi melihat Yesus tidur, berteriaklah mereka: “Tuhan, tolonglah, kita binasa.” Padahal sefirharusnya, melihat Yesus tidur, mereka bisa tenang karena artinya situasi tersebut masih dalam kendali-Nya.

Yesus menyebutkan murid-murid-Nya sebagai “orang yang kurang percaya”. Kurang percaya, itu juga label kita bila selalu merasa khawatir, takut dan cemas. Kurang percaya artinya kita belum sepenuhnya yakin bahwa Tuhan sanggup mengendalikan semua situasi kehidupan kita. Alih-alih menjadi panik saat covid 19 yang belum tahu kapan berakhir jangan sampai,  Yesus juru mudi yang tidak panik untuk itu  tinggal tenanglah dalam pimpinan Tuhan, Sang Juru Mudi Kehidupan! Tuhan tahu saatnya untuk turun tangan. Bersama Tuhan, tak satu pun goncangan mampu membinasakan kehidupan kita. — LIN

KARENA YESUS JURU MUDI, MAKA TIDAK ADA ALASAN BAGI KITA UNTUK MENJADI PANIK
Share:

MENGERJAKAN PANGGILAN-MU


Kisah Pr. Rasul 1:6-9

“Tetapi kamu akan menerima kuasa bilamana Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” (Kisah Pr. Rasul 1:8)
Ada anak-anak Tuhan yang kuliah bercerita bahwa mereka tidak tahu pekerjaan apa yang akan dikerjakan setelah lulus. Mereka sering kebingungan pada akhir studi dengan masalah tersebut. Mereka menanti-nantikan panggilan hidup yang spesifik dari Tuhan. Mereka sering dipenuhi ketakutan kalau-kalau pekerjaan yang mereka pilih ternyata salah dan tidak sesuai kehendak-Nya.

Ketika Tuhan Yesus akan terangkat ke surga, dengan jelas Dia menyatakan bahwa murid-murid-Nya akan menerima kua…
[07:33, 5/24/2020] Pak Yanes Gkkk Tepas: Gema suara Illahi
24 Mei 2020

MENGAMPUNI SEPERTI YESUS

Baca: Lukas 23:33-43

Yesus berkata, “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.” Lalu mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya. (Lukas 23:34)

Hari ini merupakan hari pengamlpunan bagi umat muslim hari yang fitri dan suci. Pertanyaannya apakah cukup di ampuni di hari ini saja?
Setiap bertemu orang yang tidak mau mengampuni, kata-kata mereka hampir sama. “Dia menyakitiku, aku akan membalasnya”, “Aku akan membuatnya menderita”, “Aku memang berkata memaafkanmu tapi sejak sekarang tidak mau berurusan denganmu,” kata mereka. Ini adalah pernyataan-pernyataan yang dibuat oleh orang-orang yang tidak mengenal Yesus. Atau, kalau mereka mengaku mengenal Yesus, mereka menolak mengikuti teladan Yesus.

Tergantung di atas kayu salib adalah puncak penderitaan Yesus. Bukan hanya fisik-Nya yang sangat disakiti, tapi juga psikis-Nya. Yesus dipermalukan, ditelanjangi, diolok-olok. Di tengah kondisi sangat tidak enak inilah Yesus memohon kepada Bapa agar mereka diampuni, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat. Banyak orang, termasuk saya menolak mengampuni seseorang dengan alasan dia tahu apa yang dia perbuat, “dia bahkan sengaja berulangkali menyakitiku, jadi kok enak betul diampuni”. Betul sering kali kita jadi korban, tetapi Tuhan Yesus mau kita mengampuni seperti Dia. Bagaimana Yesus mengampuni kita? Dengan cuma-cuma dan sepenuh hati. Jangan membuat pengorbanan Yesus di atas kayu salib menjadi percuma karena kita tidak sudi mengampuni.

Dia mengampuni dosa-dosa masa lalu kita, Dia mengampuni dosa-dosa yang kita perbuat baru saja, Dia mengampuni hal-hal besar maupun kecil yang membuat orang lain susah. Kita adalah umat pilihan Tuhan, sehingga ampunilah orang-orang yang menyakiti kita. Tidak usah meminta syarat dia harus begini atau begitu lebih dulu baru kita mau mengampuninya. — RTG

JIKA INGIN MENGASIHI SEPERTI YESUS, MAKA KITA HARUS MENGAMPUNI SEPERTI YESUS
Share:

MENGERJAKAN PANGGILAN-MU


Kisah Pr. Rasul 1:6-9


“Tetapi kamu akan menerima kuasa bilamana Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” (Kisah Pr. Rasul 1:8)
Ada anak-anak Tuhan yang kuliah bercerita bahwa mereka tidak tahu pekerjaan apa yang akan dikerjakan setelah lulus. Mereka sering kebingungan pada akhir studi dengan masalah tersebut. Mereka menanti-nantikan panggilan hidup yang spesifik dari Tuhan. Mereka sering dipenuhi ketakutan kalau-kalau pekerjaan yang mereka pilih ternyata salah dan tidak sesuai kehendak-Nya.

Ketika Tuhan Yesus akan terangkat ke surga, dengan jelas Dia menyatakan bahwa murid-murid-Nya akan menerima kuasa dari Roh Kudus dan akan menjadi saksi-Nya. Murid-murid dipanggil untuk menjadi saksi-Nya bahkan sampai ke ujung bumi. Secara lebih jelas menjadi saksi-Nya dapat berarti memberitakan Kristus dan memuridkan (Mat. 28:19). Panggilan itu tidak terbatas pada satu tempat saja, tetapi sampai di mana pun mereka berada panggilan itu tetap mengikuti untuk dikerjakan. Tuhan Yesus tidak hanya mengutus, tetapi Dia juga menyatakan bahwa mereka tidak akan berjalan sendiri karena ada Roh Kudus yang akan memampukan mereka dan memberi kuasa dalam mengerjakan panggilan tersebut.

Tuhan tidak ingin kita bingung dan takut memikirkan apa pekerjaan yang akan dipilih. Oleh pembaharuan budi (Rm. 12:2), kita dimampukan memilih apa yang baik, termasuk memilih pekerjaan berdasarkan minat dan potensi kita. Jadi apa pun pekerjaan kita dan di mana pun kita bekerja tidak menjadi masalah, asalkan kita mengerjakan panggilan Tuhan untuk terus menjadi saksi-Nya. Marilah kita tidak hanya terfokus pada pekerjaan kita, tetapi melakukan panggilan-Nya dalam pekerjaan kita. — ANT

APA PUN PEKERJAAN KITA, JADILAH SAKSI-NYA DAN NYATAKAN ANUGERAH-NYA
Share:

MEMBERI SEDEKAH


Matius 6:1-4.
“Jadi apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya mereka dipuji orang…” (ay. 2)

            Hidup nyata dengan tindakan  diri adalah salah satu kebutuhan manusia. Ketika Allah merancang manusia, Ia telah melengkapi manusia dengan kemampuan berimajinasi dan daya cipta sehingga manusia menjadi makhluk yang kreatif dan produktif. Maka tidak heran manusia menjadi tertekan jika merasa tidak berguna dan tidak ada kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya.
            Tetapi hal nyata hari hari ini kita lihat  dimana BLT langsyng sembako,  bahkan zakat fitrah  menjadi sebuah kewajiban umat muslim.  jebakan bila kita tidak bijaksana dalam mewujudkannya. Perikop kita hari ini, Yesus memperingatkan agar kita bersikap yang benar dalam menjalankan aksi kemanusiaan  hal-hal benar. Perbuatan yang baik harus dilakukan dengan sikap yang benar.

            Pertama, Yesus mengingatkan: “Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka.” Secara alami manusia senang kalau dihargai dan diakui sebagai orang baik. Namun kalau tidak bijaksana akan membuat motivasi ibadah kita menyimpang. Kita berdoa, beribadah, memuji dan menyembah Tuhan, melayani di gereja dan melakukan kegiatan-kegiatan rohani lainnya bukan lagi bertujuan untuk memuliakan Tuhan, tetapi justru untuk mencari kemuliaan diri sendiri. Kita terjebak melakukan semuanya itu hanya sebagai pekerjaan sosial. Melalui hal-hal tersebut kita ingin mendapatkan pengakuan dari orang-orang di sekitar kita – bukan lagi bertujuan untuk menyenangkan hati Tuhan. Jika demikian kita tidak akan beroleh upah dari Bapa di sorga.

            Kedua, Yesus memberikan contoh dari kewajiban agama yang sering mencuri kemuliaan Allah, yaitu: memberi sedekah. Pada hakekatnya manusia itu ingin melakukan kebaikan, tetapi karena dosa manusia cenderung berpusat pada diri sendiri. Manusia hidup dalam keakuannya. Maka ketika memberi sedekah pun hatinya cenderung tidak murni. Sedekahnya dipakai untuk mendapatkan pujian dan penghargaan dari orang lain.

            Untuk itu Yesus mengajar kita untuk belajar memberi sedekah dengan hati yang murni, tanpa berusaha memamerkannya kepada orang lain dan mencari pujian/penghargaan. Segala kebaikan yang kita lakukan karena kita tahu, bahwa hal itu merupakan rencana Tuhan bagi hidup kita yang akan mengembangkan karakter kita sebagai anak-anak Allah. Kemurnian yang seperti inilah yang akan mendatangkan upah dari Bapa di sorga. (HTB)

Yesus mengajar kita untuk belajar memberi sedekah dengan hati yang murni, tanpa berusaha memamerkannya kepada orang lain

Doa. Tuhan ajari kami hidup dengan bijaksana tatkala melakukan sosial dengan apa yang ku bisa agar tidak terjebak dalam kesombongan kami. Dalam nama Yesus .amin
Share:

TIDAK MENDAPATKAN APA-APA

Markus 6:1-6

“Lalu mereka kecewa dan menolak Dia” (ayat 3)

            Yesus selalu rindu melakukan sesuatu bagi kita, tapi sering terhalang oleh sesuatu yang ada dalam diri kita. Hal itulah yang terjadi dalam peristiwa ketika Yesus datang ke daerah asalnya, Kedatangan-Nya tidak menghasilkan apa-apa bagi masyarakat di situ bukan karena Yesus tidak mau melakukan perkara besar buat mereka tetapi karena sikap dari orang-orang yang ada di sana. Apakah itu?
Meremehkan Yesus dan firman-Nya        
Orang-orang Nazaret tidak percaya atas ke-Tuhanan Yesus Kristus, hanya karena mereka mengenal dan mengetahui keberadaan keluarga-Nya, sehingga mereka meremehkan dan merendahkan Yesus (ayat 3a). Padahal khotbah yang disampaikan Yesus sangat luar biasa dan mereka mengakuinya (ayat 2). Sikap ini menghalangi mujizat-Nya terjadi (ayat 5).
Sikap yang demikian seringkali membuat kita tidak mendapatkan apa-apa dari firmanTuhan yang kita dengar, karena meremehkan orang yang berdiri di atas mimbar misalnya. Padahal firman Tuhan itu teramat sangat kita butuhkan. Jadi penghambatnya adalah hati kita sendiri yang sombong.
Kecewa dan menolak firman Tuhan
Walaupun firmanTuhan yang mereka dengar adalah sesuatu yang menyentuh hati mereka, tetapi karena melihat pribadi yang menyampaikan firmanTuhan itu tidak seperti yang mereka pikirkan membuat mereka menjadi kecewa (ayat 3b). Dan kekecewaan ini mendorong mereka untuk menolak apa yang sebenarnya mereka akui.
Memang tidak selamanya firmanTuhan yang kita dengarakan sesuai dengan yang kita pikirkan. Kalau kita memiliki kerinduan akan firman Tuhan, apapun yang kita dengarj angan pernah menolak-Nya, sehingga kita mendapatkan lawatan Allah lewat firman-Nya.
Ketidak percayaan kepada firman Tuhan
Orang-orang di tempat asal Yesus tidak beroleh apa-apa walau mendengar pengajaranYesus dan takjub karena mereka tidak percaya kepada apa yang mereka lihat (ayat 6a). Kalau kepada apa yang mereka lihat saja mereka tidak percaya, apalagi kepada apa yang mereka tidak lihat!
Hal ini terjadi karena kesombongan mereka. Kesombongan akan membuat orang tidak percaya kepada apa yang Allah akan kerjakan dalam hidupnya. Ketidakpercayaan adalah alasan yang paling mendasar atas kuasa Allah yang tidak berkerja dalam hidup kita. (MS)
           
Ketidakpercayaan adalah alasan yang paling mendasar atas kuasa Allah yang tidak berkerja dalam hidup kita

Doa. Berikan kami hati yang hancur ya Tuhan supaya kami boleh hidup baru  dengan kasihmu dengan selalu hidup tidak sombong dan mengecewakan Tuhan.
Share:

PELIPATGANDAAN BERKAT


Markus 8:1-10.

"Hati-Ku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak ini. Sudah tiga hari mereka mengikuti Aku dan mereka tidak mempunyai makanan. (ayat 2)

            Pelayanan Yesus yang sangat luar biasa dan berbagai mujizat yang dilakukan membuat banyak orang selalu mengerumuninya kemanapun Dia pergi. Peristiwa mujizat pelipatgandaan roti dan ikan ini agak mirip dengan peristiwa ketika Yesus memberi makan kepada lima ribu orang hanya dengan lima roti dan dua ikan. Bagaimana pelipatgandaan berkat itu terjadi?

Yang pertama: da belas kasihan Allah
            Melihat orang-orang yang begitu setia mengikuti-Nya selama tiga hari dan tidak memiliki makanan, padahal mereka sudah lelah dan lapar, hati Yesus tergerak dengan belas kasihan untuk memberikan mereka makanan. Tapi anehnya para murid tidak menanggapinya dengan baik. spertinya mereka lupa dengan peristiwa sebelumnya dimana Yesus bisa melipatgandakan lima roti dan dua ikan untuk memberi makan lima ribu orang.
            Belas kasihan di hati kita kepada seseorang yang membutuhkan adalah hatinya Tuhan. Bertindak dalam iman dengan mengingat perbuatan Tuhan yang telah kita alami adalah tindakan yang mempermuliakan Tuhan.

Yang ke dus: Bersyukur dengan yang ada
            Yesus tidak mau para murid hanya fokus pada ketidakmampuannya atau keterbatasannya. Yesus langsung tanya, “Berapa roti ada padamu?” mereka menjawab ada tuju dan beberapa ikan. Yesus mengambilnya, bersyukur dan memberkati. Setelah memecah-mecahkannya menjadi kecil-kecil lalu memberikannya kepada para murid.
            Pelipatgandaan berkat akan terjadi kalau kita mau menyerahkan apa yang kita miliki kepada Tuhan dan bersyukur atas hal itu. Banyak orang tidak bisa menjadi berkat karena hanya mengeluh dengan yang ada pada dirinya, iri dengan yang dimiliki orang lain dan merasa tidak punya apa-apa.
Ada orang yang mau dipakai-Nya
            Setelah memberkati roti dan ikan, dan membaginya dengan potongan-potongan yang kecil , Yesus kemudian memberikannya kepada para murid dan menyuruh mereka membagi-baginya kepada banyak orang. Sesuatu yang tidak masuk akal, beresiko ditertawakan orang, hal ini bisa menjadi sesuatu yang menakutkan, tetapi ketika para murid taat melakukan apa yang diperintahkan Yesus maka mujizat mulai terjadi.
            Tuhan memanggil kita menjadi fasilitator pelipatgandaan seperti ini. Belas kasihan, bersyukur dan taat adalah prosesnya. (HTB)
Tuhan memanggil kita menjadi fasilitator pelipatgandaan seperti ini. Belas kasihan, bersyukur dan taat adalah prosesnya

Doa. Aku berdoa kepadamu Ya Tuhan atas kasimu untuk  melalui hari kami, dimana kami kau ajari hidup dengan berkatmu.melalui kasih Mu. serta bersyukur  Sehingga bisa menjadi berkat buat orang lain.amin
Share:

MENGASIHI ALLAH DAN MANUSIA


Markus 12:28-34.

“Kasihilah Tuhan, Allahmu, … Dan kasihilah sesamamu manusia.” (ayat 30-31)

            Mengasihi Allah dan sesama manusia seperti dua sisi mata uang. Kalau kita sungguh mengasihi Allah maka akan terlihat juga dalam tindakan kita yang mengasihi sesama kita. Dan kasih kita kepada sesama adalah sebagai perwujudan kasih kita kepada Allah. Kasih yang bagaimanakah yang harus kita terapkan kepada Allah dan sesama kita?
Kasih yang totalitas
            “KasihilahTuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan segenap kekuatanmu.” (ayat 30). Allah menginginkan kasih yang sepenuhnya untuk Dia. Hal ini menunjukkan bahwa semua yang ada pada kita harus diarahkan dalam mengasihi Allah. Baik hidup dan apapun yang berkenaan dengan hidup kita harus dipergunakan untuk mengasihi Allah. Jadi, semua aspek dalam kehidupan kita adalah untuk mengasihi Allah. Di luar itu adalah sebuah penyimpangan. Jangan pernah merasa puas sebelum segala sesuatu dalam hidup ini diarahkan untuk mengasihi Allah.
Kasih yang tidak membedakan
            “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri” (ayat 31). Wujud nyata kasih yang totalitas kepada Allah akan terlihat ketika kita berhadapan dengan sesama kita manusia. Ada tindakan kasih yang tidak membeda-bedakan orang. Kita akan menaruh kasih kepada sesama kita siapapun dia seperti kita mengasihi diri sendiri. Tidak seperti kasih dunia ini yaitu kasih yang pilih-pilih. Sebuah tindakan kasih kepada sesama didasari oleh kasih kita kepada Allah. Dan ukuran dari kasih kita kepada sesama kita bukan orang yang kita kasihi tetapi diri kita sendiri. Jadi siapapun sesama Anda yang Tuhan taruh di sekitar hidup Anda, lihatlah mereka sebagai orang yang membutuhkan kehadiran kita. Bukankah Allah telah menyatakan kasih-Nya kepada kita tanpa mempedulikan siapa diri kita? Hal yang sama diinginkan Allah dalam hidup kita sebagai wujud nyata kita mengasihi Dia dengan memperlihatkan kasih kepada sesama kita tidak peduli siapapun mereka.        
            Oleh karena itu, kasihlah Tuhan Allah dengan totalitas hidup lewat mengasihi orang-orang yang Tuhan tempatkan dalam kehidupan Anda. (MS)
Oleh karena itu, kasihlah Tuhan Allah dengan totalitas hidup lewat mengasihi orang-orang yang Tuhan tempatkan dalam kehidupan Anda

Doa. Tuhan ajari kami semua untuk dapat mengasihi dengan total. Amin
Share:

Konsekuensi


Bilangan 20:22-29

Setiap tindakan yang kita ambil pasti disertai konsekuensi. Banyak orang sering lupa atau tidak menghiraukan dampak dari tindakan yang dibuat sampai akhirnya diperhadapkan pada kenyataan pahit. Mari kita belajar tentang konsekuensi tindakan dari kisah hidup Harun.

Setelah permintaan bangsa Israel untuk melewati negeri Edom ditolak, mereka mengambil jalur lain. Mereka berangkat dari Kadesh dan tiba di gunung Hor, di perbatasan tanah Edom. Di tempat inilah Tuhan menyatakan bahwa tugas Harun di dunia sudah selesai dan ia akan dikumpulkan bersama leluhurnya (24, 26) dan jabatan imam akan digantikan oleh anaknya, Eleazar (25-28).

Sebelum Harun meninggal, ada pesan penting yang diberikan Tuhan kepada Musa dan Harun. Mungkin pesan ini bukan sesuatu yang ingin didengar Harun. Pesan ini mengatakan bahwa Musa dan Harun tidak akan masuk ke Tanah Perjanjian, sebagai akibat ketidaktaatan mereka dalam peristiwa mata air Meriba (24).

Musa dan Harun telah melanggar perintah Tuhan dan mereka harus menanggung konsekuensinya. Ketidaktaatan kepada Tuhan merupakan persoalan serius. Hal ini harus benar-benar diperhatikan oleh setiap anak-Nya.

Dalam hidup ini tentu kita ingin merasakan manfaat positif dari apa yang kita lakukan. Namun, kita sering lalai terhadap perintah Tuhan yang sebenarnya dimaksudkan untuk kebaikan kita. Kita justru tidak menghiraukannya dan malah memilih jalan sendiri. Barangkali untuk sesaat jalan yang kita pilih memberikan kenikmatan, tetapi kita tidak menyadari bahwa pencobaan dan maut menanti di depan mata (lih. Yak 1:14-15).

Teladan seperti apa yang ingin kita wariskan kepada orang-orang yang kita kasihi? Tentu, kita tidak ingin diingat sebatas hal-hal yang berhubungan dengan materi duniawi saja. Sebaliknya, kita ingin dikenang sebagai pribadi yang taat kepada Tuhan sampai akhir.

Mari kita mewaspadai konsekuensi dari setiap tindakan yang kita lakukan. Jangan sampai ketaatan kita kepada Tuhan berkurang karena kecerobohan kita. [RUD]

DOA. Ya Tuhan kami bersyukur dan berterima kasih atas anugerahmu yang kau berikan dalam hidupku dimana setiap apapun yang terjadi dalam hidupku konsekuinsi itulah yg kuterima. Amin
Share:

MENANG ATAS PENCOBAAN


Matius 4:1-11.

“Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis. ” (ayat 1)

            Setiap kita pasti rindu untuk menang atas setiap pencobaan. Itulah sebabnya kita sering berdoa agar dimampukan untuk mengalahkan pencobaan yang datang. Namun kita harus sadar bahwa kita tidak akan pernah menang atas pencobaan dengan kekuatan kita sendiri. Mari kita lihat pengalaman hidup Yesus yang sudah menang atas pencobaan. Apa yang Yesus perbuat sehingga Ia menang atas pencobaan?

Hidup-Nya dipimpin oleh Roh Kudus

Kehidupan Yesus dalam pencobaan itu bukan dari diri-Nya sendiri tetapi atas pimpinan Roh Kudus. Hal inilah yang menyebabkan Yesus bisa menang atas pencobaan.                                                 Kita pun bisa menang atas pencobaan kalau kita memberikan hidup kita dipimpin oleh Roh Kudus. Kalau kita merelakan diri untuk dipimpin oleh Roh Kudus, maka bukan kekuatan kita lagi yang berperang dengan pencobaan. Roh Kuduslah yang memampukan kita untuk mengalahkan pencobaan itu. Jadi tidak ada kamus untuk kalah atas pencobaan jika Roh Kudus yang memimpin hidup kita.

Hidup-Nya dikuasai oleh firman Allah

Ketika Iblis datang dengan menawarkan kebutuhan materi, menggugah kelemahannya dan menawarkan kekayaan dan kuasa, Dia menghadapinya dengan firman Allah (ayat 3-10). Yesus menang atas pencobaan karena hidupnya dikuasai oleh firman Allah. Dan kitapun akan mampu menangkal semua pencobaan yang datang kalau kita dikuasai oleh Firman Tuhan. Firman Tuhan adalah pedang yang dapat mematahkan semua siasat atau tipu daya si Iblis (Efesus 6:17).

Hidupnya tunduk hanya kepada Allah        

Ketika iblis mencoba menawarkan kemewahan dan kuasa dunia kepada Yesus tetapi dengan syarat menyembah Iblis, maka dengan tegas Yesus menolaknya (ayat 8-10). Di sinilah kita melihat bahwa Yesus memiliki kehendak yang tunduk pada Allah.

Ketika Allah berada dalam posisi utama di hidup kita, maka dalam hidup kita tidak ada hal yang lain selain menyembah dan berbakti kepada-Nya. Kalau dengan sadar kita menyerahkan hak kita untuk mentaati-Nya, maka tidak ada pencobaan yang mendapat tempat. Sebab ketaatan kepada Allah adalah kunci utama untuk menang atas pencobaan. (MS)
Kalau dengan sadar kita menyerahkan hak kita untuk mentaati-Nya, maka tidak ada pencobaan yang mendapat tempat.

DOA. TUHAN yesus ajar kami untuk tetap berserah kepadamu saat cobaan hidup melanda. Amin
Share:

Tahirkan Dirimu!


Bilangan 19


Jika sebuah sabun batangan jatuh ke dalam lumpur, dapatkah sabun itu digunakan kembali? Mungkin saja bisa! Namun, bukankah ia harus dibersihkan terlebih dahulu? Jika tidak, kita tentu akan merasa jijik untuk memakainya lagi, bukan?

Allah menghendaki agar bangsa Israel hidup kudus dan menjauhi segala yang najis. Untuk itu Allah memberikan berbagai aturan praktis yang wajib dipatuhi bangsa Israel. Aturan itu dimulai dari kasus tersentuh mayat.

Aturannya sangat jelas bahwa orang yang tersentuh mayat akan menjadi najis selama tujuh hari (11) dan harus tinggal di luar perkemahan. Tidak hanya orang itu saja, semua yang disentuhnya dan lingkungan sekitarnya menjadi najis (22). Hal ini memperlihatkan bahwa kenajisan merupakan persoalan serius bagi Allah jika dikaitkan dengan kekudusan hidup. Sebab, kenajisan bisa menjadi "virus" yang menggerogoti kerohanian seseorang. Jika kehidupan rohani seseorang sakit, berarti kemanusiaannya pun ikut sakit.

Karena itu, orang yang terjangkiti kenajisan membutuhkan penahiran dari Allah. Dalam hal ini, Allah memberikan solusinya, yaitu penyembelihan lembu betina merah dan air penahiran sebagai penghapus dosa. Jika seseorang menjadi najis karena menyentuh mayat, imam harus menyembelih lembu betina merah, memercikkan air penahiran kepada orang tersebut, lalu membasuh pakaiannya dengan air. Dengan begitu, orang tersebut akan menjadi tahir kembali saat matahari terbenam.

Kematian dan kebangkitan Yesus telah menyempurnakan ritual kurban dan Hukum Taurat pada Perjanjian Lama. Pengurbanan Yesus terjadi sekali untuk selamanya, dan berkuasa membersihkan siapa pun yang percaya kepada-Nya dari segala dosa.

Kita seharusnya sungguh-sungguh hidup kudus dan tidak menajiskan diri dengan dosa, baik dalam perkataan maupun perbuatan. Hidup suci karena mengasihi Tuhan semestinya kita wujudkan setiap waktu di dalam keluarga, gereja, dan masyarakat. [SDL]

Doa: Tuhan terimalah diriku ini karena orang berdosa dan tahirkan diriku dari segala sakit penyakit dosa dalam diriku. Amin
Share:

KETAATAN MEMBAWA KEMENANGAN


Yosua 8:18-29

Berdasarkan nas renungan kita hari ini, kita melihat bahwa betapa kuasa dan kasihnya Tuhan terhadap Yosua. Kita mungkin sudah bisa menebak alasan kasih dan penyertaan yang
 diperoleh oleh Yosua. Tuhan menyertai Yosua sebab ia adalah orang yang berkenan di hadapan Tuhan. Dan Yosua selalu bertindak bukan dengan akal namun dengan iman dan meminta pertolongan Tuhan untuk menyelesaikan setiap pekerjaannya. Pendek kata si Yosua adalah pribadi yang taat pada perintah Allah. Dan upah ketaatan adalah berkat kemenangan baginya dan bagi Israel.
Hari-hari ini bayak orang ingin berkat, tetapi tidak taat. Padahal, berkat datang dari ketaatan pada perintah Tuhan, sedangkan kutuk datang dari ketidaktaatan. Ketaatan adalah sebuah kualitas karakter yang menentukan masa depan seseorang. Sejauh mana saudara diberkati adalah tergantung sejauh mana saudara taat pada Tuhan. Namun lebih dari sekedar berkat, yang lebih penting adalah apakah Tuhan masih menyertai kita atau tidak dalam segala yang hal yang kita lakukan.
Perlu saya ingatkan bahwa jika kita tidak taat, jangan-jangan sebenarnya kita tidak mengasihi Tuhan. Tida taat artinya kita lebih mengasihi diri kita, mengasihi daging kita, mengasihi kenikmatan dosa, sekalipun kita menyanyi ”aku cinta Yesus” berulang-ulang di ibadah. Kasih diekspresikan dengan menghormati Tuhan. Menghormati Tuhan diekspresikan dengan menuruti perintah-perintahNya. Taat tidak bisa dipaksa. Ketaatan yang lahir karena terpaksa atau takut, hanya akan bertahan sementara. Disaat covid 19 sedang melanda kehidupan ketaatan tetap perlu di laksanakan.  Taat pada Tuhan perlu dibangun di atas hati yang mengasihi dan menghormati Tuhan. Ketika kita mengasihi Tuhan, kita tidak akan kesulitan untuk melakukan perintah-perintahNya.
Allah sangat menghargai “ketaatan”. Tuhan tidak mau hidup kita tidak taat, karena ketidaktaatan akan melahirkan pemberontakan dan orang tersebut akan diserang oleh kuasa gelap. Anak-anak kita mengalami sakit penyakit. Usaha kita gagal atau ‘dimakan’ orang. Pernikahan kita di ambang bahaya, dan sebagainya. Kompromi terhadap dosa membuat kita tidak akan peka lagi kepada suara Tuhan. Tuhan menghargai ketaatan saudara. Dan Ia mau bukan hanya memberkati tetapi menyertai saudara. Menolong di kala sulit, memberi hikmat di kala buntu, menguatkan di kala lemah, memberi kemenangan di kala menghadapi peperangan. Untuk mengalami semua itu, pilihlah taat kepada suara Tuhan dan firmanNya.
Ketaatan Yosua sebagai pemimpin telah menunjukkan sikap yang taat. Sikap ini ia tunjukkan baik kepada seniornya (Musa) maupun terlebih kepada TUHAN Allahnya. Yosua membuktikan diri sebagai hamba, pahlawan dan pemimpin yang taat kepada Allah. Ketaatan Yosua kepada Allah menyebabkan pengaruhnya meningkat. Kita adalah hamba dan pemimpin. Seperti Yosua, biarlah kita juga menunjukkan sikap yang taat kepada Allah. Pengaruh kita sebagai pemimpin hanya bisa dimungkin melalui ketaatan kita kepada Allah dan firman-Nya. Mari kita bangun kemitraan yang kuat dengan Allah, sebab melalui kemitraan yang kuat dengan Allah, kita akan memperoleh kemenangan seperti Yosua dan bangsa Israel menaklukkan musuh-musuh mereka. Melalui kemitraan yang kuat dengan Allah, Yosua dan bangsa Israel mencapai tujuan mereka, yaitu memasuki tanah Kanaan. Pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang bisa membawa orang-orang yang dipimpin mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Untuk itu, kemitraan yang kuat dengan Allah harus kita lakukan sebagai pemimpin. Dari sinilah kita mendapatkan pengaruh kepemimpinan. Lebih dari itu, kita sebagai pemimpin, dimungkinkan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Saudara dan saya adalah pemimpin, mari teladani Yosua. AMIN!

Doa: Tuhan terima Kasih atas anugerahmu. Ajari hamba dan seluruh jemaat untuk selalu hidup taat kepada Mu. Amin.
Share:

KETAATAN BARU


Ibrani 10:1-18

“Aku akan menaruh hukum-Ku di dalam hati mereka
dan menuliskannya dalam akal budi mereka ….”
(Ibrani 10:16)
 

Saudara ku yang terkasih. setiap orang tentu pernah melakukan kesalahan. Demikian juga kita. Ketika melakukan kesalahan, semestinya kita segera menyadari dan dengan rendah hati meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan; orang yang berjiwa besar sudah semestinya tidak malu meminta maaf. Tetapi, sering terjadi, orang enggan meminta maaf karena tidak mau malu akibat kesalahannya terus dibicarakan atau diungkit; atau, menganggap pihak yang dimintai maaf tidak tulus memberi maaf, meskipun sudah berusaha meminta maaf dengan sungguh-sungguh.

Penulis Surat Ibrani mencoba menilai secara kritis makna kurban yang dipersembahkan berulang kali. Ia mengatakan, “Justru oleh korban-korban itu setiap tahun orang diperingatkan akan adanya dosa” (ayat 3). Betul juga, ya. Berbeda dengan Kristus. “Sebab oleh satu kurban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan” (ayat 14). Melalui pengurbanan Kristus, kita mengerti arti kasih dan pengampunan yang begitu besar. Sekarang kita semakin mengerti makna perkataan Tuhan, “Aku akan menaruh hukum-Ku di dalam hati mereka dan menuliskannya dalam akal budi mereka.” Sekali lagi tentang hati dan akal budi. Keduanya melekat dalam hidup kita. Mana mau kita disebut “orang yang tak punya hati” kan? Atau, kita dilabeli “tak berakal budi.” Mana ada manusia yang tak punya hati dan otak? Dari sini kita mengerti, bahwa kurban Kristus telah membuat umat Allah menyatu dengan dirinya sendiri, dengan hati dan akal budinya. Ketaatan timbul bukan lagi karena paksaan dari luar, melainkan timbul dari segenap keberadaan diri seorang manusia.
Jemaat saatnya kita mengubah model ketaatan kita. Kita taat kepada Tuhan bukan karena takut, atau berharap mendapatkan berkat. Kita taat karena kita mengerti dengan baik kasih-Nya yang sangat besar atas kita. Kita taat sebagai ungkapan syukur dan hormat kita atas pengurbanan Kristus. Kita taat karena kita tahu itulah yang terbaik buat hidup kita.

Doa; Tuhan ajari kami untuk hidup Taat dengan seturut kehendakmu. Agar dapat menjadi figur yang hidup dan berkenan kepadaMu. Amin.
Share:

TETAP MELAYANI


2_Raja_Raja 13:14-21.

"Ketika Elisa menderita sakit yang menyebabkan kematiannya, datanglah Yoas, raja Israel, kepadanya dan menangis oleh karena dia, katanya: "Bapaku, bapaku! Kereta Israel dan orang-orangnya yang berkuda!" (ayat 14)

Tidak pernah ada istilah pensiun bagi seseorang untuk melayani Tuhan. Bisa saja seseorang telah bebas tugas sebagai pelayan Tuhan secara struktural tetapi ia akan tetap menjadi pelayan Tuhan secara fungsional seumur hidupnya. Hal itulah yang digambarkan oleh pelayanan Elisa dalam perikop bacaan kita hari ini.

Saat sakit tetap melayani

Walaupun dalam keadaan sakit dan sudah dekat dekat dengan kematian, Elisa tidak menolak kedatangan Yoas meski ia tahu Yoas tidak takut pada Tuhan. Itulah sebabnya Elisa justru bernubuat sebab ia berharap agar dengan jalan ini Yoas berpaling pada Allah. Itulah sebabnya dia memberitahukan kepada Yoas apa yang akan Allah lakukan kepadanya berkenaan dengan musuhnya raja Aram (ayat ayat 17). Kehidupan, integritas, kesetiaan, dan pelayanan Elisa kepada Allah Israel tak berubah sampai akhir hidupnya.

Tidak ada batasan untuk melayani Tuhan dan tidak ada satu kondisi pun yang bisa menghentikan langkah seseorang untuk melayani Tuhan. Jadi, pergunakanlah setiap kesempatan untuk melayani Tuhan karena melayani Dia adalah anugerah semata-mata.

Saat tiada pun tetap melayani

                “Pada suatu kali orang sedang menguburkan mayat. Ketika mereka melihat gerombolan datang, dicampakkan merekalah mayat itu ke dalam kubur Elisa, lalu pergi. Dan demi mayat itu kena kepada tulang-tulang Elisa, maka hiduplah ia kembali dan bangun berdiri.” (ayat 21). Elisa mengakhiri hidupnya dengan baik dan benar sampai-sampai kuasa Allah tetap dinyatakan setelah kematiannya. Pengaruh Elisa masih memiliki dampak sekalipun dia sudah tidak ada.

Apakah dampak pelayanan kita masih terlihat sekalipun kita sudah tiada? Bukankah Allah tetap berkarya dalam hidup keturunan Daud sekalipun Daud sudah tidak ada?

Tetaplah melayani Tuhan apapun kondisinya sehingga dampak pelayanan Anda masih tetap ada sekalipun Anda sudah tiada. Karena itu penuhilah panggilan Allah untuk melayani-Nya! Akhirilah perjuangan pelayanan dengan hati yang tetap tertuju pada-Nya. (MS)

Tetaplah melayani Tuhan apapun kondisinya sehingga dampak pelayanan Anda masih tetap ada sekalipun Anda sudah tiada

DOA.Tuhan kami bersyukur buat kasih anugerahmu yang Tuhan berikan dalam hidupku disaat kami lemah tenaga kau tetap melayani kami. Berikan kemampuan kepada jemaat untuk merasakan kehadiranmu di tengah covid 19 ini amin.
Share:

Disiplin Diri


Bilangan 15:37-41

Manusia mempunyai sifat dasar tidak suka diatur dan mau melakukan kehendaknya sendiri. Banyak peraturan yang dibuat justru dilanggar. Demikian pula dengan bangsa Israel yang pada waktu itu sedang mengembara di padang gurun.

Allah secara langsung memberikan peraturan dan ketetapan-Nya melalui Musa. Namun, berbagai peraturan dan ketetapan yang diberikan Allah kepada mereka tidak dengan serta-merta dituruti dan dilaksanakan. Oleh sebab itu, Allah memerintahkan Musa untuk berbicara kepada bangsa Israel agar mereka membuat jumbai-jumbai pada punca baju mereka secara turun-temurun (38). Tujuannya adalah untuk memperingatkan bangsa Israel. Allah menghendaki agar setiap kali mereka melihat jumbai itu, mereka mengingat kembali segala perintah Tuhan dan melaksanakannya. Dengan demikian, mereka tidak lagi hidup menurut kehendak hati dan mata mereka sendiri. Mereka dapat hidup kudus sesuai kehendak Tuhan (39-40).

Jika kita melihat kehidupan bangsa Israel pada saat itu, kita akan menyadari betapa Tuhan mengasihi dan memperhatikan mereka. Bahkan, Ia menyuruh membuat jumbai peringatan agar mereka hidup taat pada perintah-perintah-Nya.

Dalam kesibukan dan aktivitas sehari-hari, kita sering lupa melakukan apa yang dikehendaki Tuhan. Mulai dari hal-hal kecil, seperti lupa berdoa, mengucapkan kata-kata kotor, merendahkan orang lain, dan sebagainya.

Disiplin diri sangatlah penting. Karena itu, kita perlu membuat daftar tentang sifat buruk yang ada pada kita. Lalu, daftar itu dijadikan acuan peringatan dini dan pengendalian diri. Ketika melihatnya, kita akan teringat hal-hal baik yang harus kita lakukan atau katakan. Lama-kelamaan, kesadaran kita untuk hidup benar akan muncul, dan kita akan mulai terbiasa hidup kudus sesuai kehendak Tuhan dan bukan kehendak sendiri.

Mari kita belajar dari cara Tuhan mendisiplinkan bangsa Israel untuk taat dan hidup kudus. Belajar mendisiplinkan diri dan hidup kudus sesuai kehendak Tuhan semestinya dilakukan dengan serius. [SDL]

Doa . ajari kami Tuhan juga jemaatmu di manapun berada untuk disiplin diri agar kami  dapat menjadi berkat melalui kehidupan kami. Amin.
Share:

PANGGILAN MENJADI PEKERJA


Matius 20:1-34.
Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu. (Matius 20: 26)

            Ada banyak cara Tuhan memanggil seseorang untuk menjadi pekerja-Nya. Demikian juga ada banyak motivasi orang bekerja atau melayani Tuhan. Matius pasal 20 ini memberikan pengajaran yang jelas tentang hal tersebut.

Anugerah untuk menjadi pekerja Allah (ayat 1-16)

            Perumpamaan tentang pekerja kebun anggur ini memberikan penekanan bukan pada keadilan tetapi pada anugerah Tuhan kepada seseorang untuk menjadi pekerja-Nya. Dalam kasih karunia-Nya Tuhan memberikan upah (berkat materi) bukan bergantung pada berapa lamanya orang bekerja tetapi sepenuhnya bergantung pada kedaulatan-Nya dan kasih karunia-Nya. Banyak orang Kristen menjadi kecewa karena menuntut keadilan Tuhan terhadap apa yang sudah dilakukannya. Mereka lupa, jika keadilan Tuhan yang menjadi dasar perlakuan Tuhan terhadap manusia maka tidak ada satu orangpun yang layak diberkati atau layak bekerja bagi Dia.

Pekerja yang siap bayar harga (ayat 17-19)

            Setelah memanggil dua belas murid, Yesus memberitahukan tentang penderitaan yang akan Ia alami. Yesus tidak mau berbohong, bahwa ketika mereka mengikuti-Nya semuanya akan berjalan dengan baik. Ada penyangkalan diri, ada pikul salib, ada pengorbanan yang harus dibayar. Ada banyak orang Kristen menjadi kecewa ketika realita kehidupan kekristenannya mengalami hambatan dan tantangan. Hanya orang yang mau bayar harga saja yang siap menjadi murid (pengikut) Yesus.

Pekerja yang berjiwa melayani (ayat 20-28)

Ibu anak-anak Zebedeus berdoa agar anak-anaknya mendapatkan kehormatan dan kedudukan yang tinggi. Respon Yesus adalah menyadarkan, bahwa kehormatan dan kedudukan itu hanya didapat dengan pengorbanan (“meminum cawan penderitaan”) dan ditentukan oleh kedaulatan Allah untuk menetapkan siapa yang akan memperolehnya. Dunia ini mengukur sebuah kehormatan dan kedudukan berpusat pada otoritas (kekuasaan). Yesus mengajarkan, bahwa melayani adalah jalan untuk menjadi orang besar.

Pekerja yang memiliki belas kasihan (ayat 29-34)

Di sini Yesus memberi teladan nyata bagaimana bekerja bagi Kerajaan Sorga, yaitu berbelas kasihan terhadap orang yang lemah dan menderita. Hati yang berbelaskasihan adalah hatinya Tuhan bagi orang berdosa, tersesat dan menderita. (HTB)

banyak cara Tuhan memanggil seseorang untuk menjadi pekerja-Nya… banyak motivasi orang bekerja atau melayani Tuhan.

Doa. Terima kasih Tuhan atas kasih dan anugerahmu. Berikan hamba dan jemaat untuk terus dapat melakukan pekerjaanmu di dunia ini. Memiliki hati yang selalu siap bayar harga.berjiwa melayani.dan hati yang berbelas kasih. Amin
Share:

PELAYANAN YESUS


Markus 1:21-45
“Seorang yang sakit kusta datang kepada Yesus, dan sambil berlutut di hadapan-Nya ia memohon bantuan-Nya, katanya; “Kalau Engkau mau, Engkau dapat mentahirkan aku” (ayat 40)
 Dua hari yang lalu kita telah bejar dan merenungkan bagaimana Tuhan Yesus memilih tim dalam pelayanan. Saat ini kita belajar bagaimana kita di panggil dan dipilih untuk menjadi pelayan Yesus.
           Setelah memilih murid-murid pertamanya, Yesus kemudian memulai. pelayanan-Nya di berbagai tempat dan kepada banyak orang. Pelayanan apa saja yang dilakukan oleh Yesus saat itu?


Yesus mengajarkan firman Allah (ay. 21-28; 35-39)
           Yesus mengajarkan kebenaran firman Allah di rumah-rumah ibadat yang berada di Kapernaum dan di kota-kota lainnya. Di dalam rumah ibadat Yahudi biasanya dimulai dengan sembahyang, diikuti dengan pembacaan hukum taurat serta salinannya. Jika ada orang yang baru pertama kali hadir dan dipandang sebagai nabi, ia akan diminta supaya berkhotbah. Di rumah ibadat Kapernaum , Yesus diberi kesempatan untuk mengajar (berkhotbah). Bagaimana respon yang hadir? Mereka takjub karena Yesus dengan penuh kuasa, tidak seperti ahli-ahli Taurat mereka.

Yesus melayani keluarga (ay. 29-31)

           Yesus tidak hanya sibuk pelayanan kepada banyak orang tetapi Ia juga memberi perhatian kepada keluarga para murid. Maka ketika Ia mendengar bahwa ibu mertua Petrus sakit demam, Ia kemudian menyempatkan untuk bezuk serta menyembuhkannya.

Yesus melayani pemulihan seutuhnya (ay. 40-45)

           Yesus juga melakukan pelayanan seutuhnya kepada orang-orang saat itu. Ia mengusir roh-roh jahat dari diri seseorang, menyembuhkan penyakitnya dan masalah psikisnya. Contoh yang paling jelas adalah kisah penderita sakit kusta. Berdasarkan kepercayaan orang Yahudi pada zaman itu, kalau seseorang terkena penyakit kusta maka secara otomatis hidupnya akan tersisih, disingkirkan, dan dibuang jauh dari lingkungan sekitarnya. Ia tidak boleh berkomunikasi lagi dengan manusia lain dan Tuhan. Jadi penderita sakit kusta ini tidak hanya sakit secara fisik, secara psikis, sosial dan rohani dia juga jadi sakit. Yesus hadir dan memulihkan hidup si orang kusta.
           Dari pelayanan Yesus ini kita bisa belajar, bahwa sebagai murid-murid Yesus sudah seharusnya kita mengajarkan kebenaran firman Allah dengan benar dan melayani orang lain agar mengalami pemulihan seutuhnya dari Tuhan. Selain itu, dalam kesibukan kita dengan pelayanan rohani kita tidak boleh mengabaikan kesempatan untuk bisa melayani anggota keluarga yang membutuhkan kehadiran dan pertolongan kita. (HTB)

Sudah seharusnya kita mengajarkan kebenaran firman Allah dengan benar dan melayani orang lain agar mengalami pemulihan seutuhnya dari Tuhan. Tentu keluarga harus terlwbih dahulu. AMIN.

DOA.Tuhan Yesus hamba Memohon dan berdoa buat hamba juga jemaat agar dapat menjadi pelayanmu di keluarganya lebih dulu dan kepada semua orang. Amin
Share:

TIM PELAYANAN YESUS


Markus 1:4-20

“Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." (ayat 17)


Masih ingat dengan gema suara illahi kemarin. Tuhan memiliki rencana yang terindah bagi setiap kita supaya kita bisa menjadi Tim Yang solid di dalam melayani Yesus. Hal yang di paparkan oleh Yohanes yang adalah murid Tuhan Yesus adalah.
            Setelah Yohanes ditangkap maka Yesus datang ke Galilea memulai pelayanan-Nya. Yesus mulai memasyurkan Injil serta menyuruh manusia untuk bertobat dan percaya kepada Injil. Yesus memulai pekerjaan penyelamatan-Nya sesuai jadwal Kerajaan Sorga.

            Yang pertama dilakukan oleh Yesus adalah membentuk tim pelayanan.
 Yesus tidak mencari orang-orang hebat tetapi Dia mencari orang-orang biasa untuk melakukan hal-hal yang luar biasa. Siapa yang dipilih Yesus?
Bersedia ikut Yesus
            Yesus berkata, ‘mari”. Ini adalah kata ajakan di mana keputusan sepenuhnya ada di manusia itu sendiri. Dibutuhkan kerelaan untuk memenuhi panggilan pelayanan dari Tuhan ini. Kerelaan ini juga mencakup untuk menjalani hidup yang mungkin akan sangat berbeda dengan apa yang kita harapkan dalam hidup ini. Tetapi kesediaan kita untuk mengikuti dan melayani Dia pasti Tuhan akan selalu menyertai.
Bersedia dibentuk oleh Yesus

            Kata kedua adalah “ikutlah”. Kata ini menunjuk pada suatu sikap yang mau melangkah berjalan mengiring Yesus.
 Suatu komitmen untuk dibentuk seperti yang Yesus inginkan. Mungkin akan mengalami kesusahan karena ini adalah waktu pembentukan dan tidak mudah tetapi kalau kita rela maka Dia akan menguatkan kita untuk tetap melangkah mengiring Yesus. Pembentukan Yesus dalam hidup kita tentu memiliki tujuan agar kita menjadi seperti yang Dia rencanakan yaitu menjadi penjala manusia.
Bersedia dipakai oleh Yesus

            Kata ketiga adalah “Kujadikan”. Suatu kata yang menunjukan pada rencana Allah bagi orang yang mau mengikuti Yesus yaitu menjadi penjala manusia (orang yang membawa orang lain yang belum mengenal Yesus untuk percaya kepada-Nya).
 Rencana Allah di dalam masa distancing ini tetap sama bahwa kura harus bisa menjadi tim pelayanan penjangkauan jiwa. Rencana Allah bukan saja untuk menyelamatkan kita tetapi jauh lebih dari itu agar setiap kita menjadi alat di tangan-Nya agar orang lain menjadi pengikut Yesus dan menjadi penjala manusia. Jadi setiap kita apapun yang menjadi latar belakang kita, Tuhan rencanakan hidup kita menjadi hamba Tuhan. Suatu posisi yang bukan saja dimiliki oleh orang tertentu saja tetapi semua orang yang percaya kepada Yesus adalah pelayan atau hamba yang melayani. (HTB).
Rencana Allah bukan saja untuk menyelamatkan kita tetapi jauh lebih dari itu agar setiap kita menjadi alat di tangan-Nya
          
Doa: di dalam nama Yesus berikan hikmat buat hamba dan jemaat semua serta yang membaca renungan ini nenerima hikmatMu yang bijak untuk dapat menjadi tim yang baik. Amin
Share:

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.