MENGASIHI ALLAH DAN MANUSIA ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

MENGASIHI ALLAH DAN MANUSIA


Markus 12:28-34.

“Kasihilah Tuhan, Allahmu, … Dan kasihilah sesamamu manusia.” (ayat 30-31)

            Mengasihi Allah dan sesama manusia seperti dua sisi mata uang. Kalau kita sungguh mengasihi Allah maka akan terlihat juga dalam tindakan kita yang mengasihi sesama kita. Dan kasih kita kepada sesama adalah sebagai perwujudan kasih kita kepada Allah. Kasih yang bagaimanakah yang harus kita terapkan kepada Allah dan sesama kita?
Kasih yang totalitas
            “KasihilahTuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan segenap kekuatanmu.” (ayat 30). Allah menginginkan kasih yang sepenuhnya untuk Dia. Hal ini menunjukkan bahwa semua yang ada pada kita harus diarahkan dalam mengasihi Allah. Baik hidup dan apapun yang berkenaan dengan hidup kita harus dipergunakan untuk mengasihi Allah. Jadi, semua aspek dalam kehidupan kita adalah untuk mengasihi Allah. Di luar itu adalah sebuah penyimpangan. Jangan pernah merasa puas sebelum segala sesuatu dalam hidup ini diarahkan untuk mengasihi Allah.
Kasih yang tidak membedakan
            “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri” (ayat 31). Wujud nyata kasih yang totalitas kepada Allah akan terlihat ketika kita berhadapan dengan sesama kita manusia. Ada tindakan kasih yang tidak membeda-bedakan orang. Kita akan menaruh kasih kepada sesama kita siapapun dia seperti kita mengasihi diri sendiri. Tidak seperti kasih dunia ini yaitu kasih yang pilih-pilih. Sebuah tindakan kasih kepada sesama didasari oleh kasih kita kepada Allah. Dan ukuran dari kasih kita kepada sesama kita bukan orang yang kita kasihi tetapi diri kita sendiri. Jadi siapapun sesama Anda yang Tuhan taruh di sekitar hidup Anda, lihatlah mereka sebagai orang yang membutuhkan kehadiran kita. Bukankah Allah telah menyatakan kasih-Nya kepada kita tanpa mempedulikan siapa diri kita? Hal yang sama diinginkan Allah dalam hidup kita sebagai wujud nyata kita mengasihi Dia dengan memperlihatkan kasih kepada sesama kita tidak peduli siapapun mereka.        
            Oleh karena itu, kasihlah Tuhan Allah dengan totalitas hidup lewat mengasihi orang-orang yang Tuhan tempatkan dalam kehidupan Anda. (MS)
Oleh karena itu, kasihlah Tuhan Allah dengan totalitas hidup lewat mengasihi orang-orang yang Tuhan tempatkan dalam kehidupan Anda

Doa. Tuhan ajari kami semua untuk dapat mengasihi dengan total. Amin
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.