PELAYANAN YESUS ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

PELAYANAN YESUS


Markus 1:21-45
“Seorang yang sakit kusta datang kepada Yesus, dan sambil berlutut di hadapan-Nya ia memohon bantuan-Nya, katanya; “Kalau Engkau mau, Engkau dapat mentahirkan aku” (ayat 40)
 Dua hari yang lalu kita telah bejar dan merenungkan bagaimana Tuhan Yesus memilih tim dalam pelayanan. Saat ini kita belajar bagaimana kita di panggil dan dipilih untuk menjadi pelayan Yesus.
           Setelah memilih murid-murid pertamanya, Yesus kemudian memulai. pelayanan-Nya di berbagai tempat dan kepada banyak orang. Pelayanan apa saja yang dilakukan oleh Yesus saat itu?


Yesus mengajarkan firman Allah (ay. 21-28; 35-39)
           Yesus mengajarkan kebenaran firman Allah di rumah-rumah ibadat yang berada di Kapernaum dan di kota-kota lainnya. Di dalam rumah ibadat Yahudi biasanya dimulai dengan sembahyang, diikuti dengan pembacaan hukum taurat serta salinannya. Jika ada orang yang baru pertama kali hadir dan dipandang sebagai nabi, ia akan diminta supaya berkhotbah. Di rumah ibadat Kapernaum , Yesus diberi kesempatan untuk mengajar (berkhotbah). Bagaimana respon yang hadir? Mereka takjub karena Yesus dengan penuh kuasa, tidak seperti ahli-ahli Taurat mereka.

Yesus melayani keluarga (ay. 29-31)

           Yesus tidak hanya sibuk pelayanan kepada banyak orang tetapi Ia juga memberi perhatian kepada keluarga para murid. Maka ketika Ia mendengar bahwa ibu mertua Petrus sakit demam, Ia kemudian menyempatkan untuk bezuk serta menyembuhkannya.

Yesus melayani pemulihan seutuhnya (ay. 40-45)

           Yesus juga melakukan pelayanan seutuhnya kepada orang-orang saat itu. Ia mengusir roh-roh jahat dari diri seseorang, menyembuhkan penyakitnya dan masalah psikisnya. Contoh yang paling jelas adalah kisah penderita sakit kusta. Berdasarkan kepercayaan orang Yahudi pada zaman itu, kalau seseorang terkena penyakit kusta maka secara otomatis hidupnya akan tersisih, disingkirkan, dan dibuang jauh dari lingkungan sekitarnya. Ia tidak boleh berkomunikasi lagi dengan manusia lain dan Tuhan. Jadi penderita sakit kusta ini tidak hanya sakit secara fisik, secara psikis, sosial dan rohani dia juga jadi sakit. Yesus hadir dan memulihkan hidup si orang kusta.
           Dari pelayanan Yesus ini kita bisa belajar, bahwa sebagai murid-murid Yesus sudah seharusnya kita mengajarkan kebenaran firman Allah dengan benar dan melayani orang lain agar mengalami pemulihan seutuhnya dari Tuhan. Selain itu, dalam kesibukan kita dengan pelayanan rohani kita tidak boleh mengabaikan kesempatan untuk bisa melayani anggota keluarga yang membutuhkan kehadiran dan pertolongan kita. (HTB)

Sudah seharusnya kita mengajarkan kebenaran firman Allah dengan benar dan melayani orang lain agar mengalami pemulihan seutuhnya dari Tuhan. Tentu keluarga harus terlwbih dahulu. AMIN.

DOA.Tuhan Yesus hamba Memohon dan berdoa buat hamba juga jemaat agar dapat menjadi pelayanmu di keluarganya lebih dulu dan kepada semua orang. Amin
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.