TIDAK MENDAPATKAN APA-APA ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

TIDAK MENDAPATKAN APA-APA

Markus 6:1-6

“Lalu mereka kecewa dan menolak Dia” (ayat 3)

            Yesus selalu rindu melakukan sesuatu bagi kita, tapi sering terhalang oleh sesuatu yang ada dalam diri kita. Hal itulah yang terjadi dalam peristiwa ketika Yesus datang ke daerah asalnya, Kedatangan-Nya tidak menghasilkan apa-apa bagi masyarakat di situ bukan karena Yesus tidak mau melakukan perkara besar buat mereka tetapi karena sikap dari orang-orang yang ada di sana. Apakah itu?
Meremehkan Yesus dan firman-Nya        
Orang-orang Nazaret tidak percaya atas ke-Tuhanan Yesus Kristus, hanya karena mereka mengenal dan mengetahui keberadaan keluarga-Nya, sehingga mereka meremehkan dan merendahkan Yesus (ayat 3a). Padahal khotbah yang disampaikan Yesus sangat luar biasa dan mereka mengakuinya (ayat 2). Sikap ini menghalangi mujizat-Nya terjadi (ayat 5).
Sikap yang demikian seringkali membuat kita tidak mendapatkan apa-apa dari firmanTuhan yang kita dengar, karena meremehkan orang yang berdiri di atas mimbar misalnya. Padahal firman Tuhan itu teramat sangat kita butuhkan. Jadi penghambatnya adalah hati kita sendiri yang sombong.
Kecewa dan menolak firman Tuhan
Walaupun firmanTuhan yang mereka dengar adalah sesuatu yang menyentuh hati mereka, tetapi karena melihat pribadi yang menyampaikan firmanTuhan itu tidak seperti yang mereka pikirkan membuat mereka menjadi kecewa (ayat 3b). Dan kekecewaan ini mendorong mereka untuk menolak apa yang sebenarnya mereka akui.
Memang tidak selamanya firmanTuhan yang kita dengarakan sesuai dengan yang kita pikirkan. Kalau kita memiliki kerinduan akan firman Tuhan, apapun yang kita dengarj angan pernah menolak-Nya, sehingga kita mendapatkan lawatan Allah lewat firman-Nya.
Ketidak percayaan kepada firman Tuhan
Orang-orang di tempat asal Yesus tidak beroleh apa-apa walau mendengar pengajaranYesus dan takjub karena mereka tidak percaya kepada apa yang mereka lihat (ayat 6a). Kalau kepada apa yang mereka lihat saja mereka tidak percaya, apalagi kepada apa yang mereka tidak lihat!
Hal ini terjadi karena kesombongan mereka. Kesombongan akan membuat orang tidak percaya kepada apa yang Allah akan kerjakan dalam hidupnya. Ketidakpercayaan adalah alasan yang paling mendasar atas kuasa Allah yang tidak berkerja dalam hidup kita. (MS)
           
Ketidakpercayaan adalah alasan yang paling mendasar atas kuasa Allah yang tidak berkerja dalam hidup kita

Doa. Berikan kami hati yang hancur ya Tuhan supaya kami boleh hidup baru  dengan kasihmu dengan selalu hidup tidak sombong dan mengecewakan Tuhan.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.