Mempersiapkan Jalan Menyambut Kedatangan Kristus ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Mempersiapkan Jalan Menyambut Kedatangan Kristus

Markus 1:1-8
"Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan bagi-Mu; ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya," (Markus 1:2-3)
Kabar sukacita sangat menyenangkan, tetapi tidak semua orang dapat menikmatinya. Sukacita bukan hanya bagaimana orang bisa tersenyum ataupun tertawa, hidup berlimpah materi tetapi juga bagaimana orang bisa menikmati kehidupan dengan rasa damai dan tenteram tanpa tekanan lahir maupun batin. Kabar sukacita yang dinyatakan melalui Kristus, bukanlah sesuatu yang semu. Catatan berita Markus tentang bagaimana Yohanes Pembaptis berseru di padang gurun bukanlah sebuah legenda tetapi merupakan bukti sejarah bahwa Yesus pernah hadir di dunia.

Firman Tuhan menegaskan bahwa sebelum kedatangan Mesias, Allah telah mengutus utusan-Nya, yakni Yohanes Pembaptis sebagai pembuka jalan. Dialah yang "...berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya," (ayat nas). Jadi, kehadiran Yesus merupakan sebuah era baru, yaitu era keselamatan. Era baru melalui kedatangan Kristus merupakan berita sukacita yang sesungguhnya yang disampaikan oleh Yohanes Pembaptis, sebab di dalam Kristus dunia diubah dan dibaharui serta diselamatkan. Pelayanan yang dilakukan Kristus memberi dampak sukacita dan damai sejahtera: yang sakit disembuhkan, buta dicelikkan, dan lumpuh dapat berjalan, serta mati dibangkitkan.
Orang Kristen di tengah dunia merupakan gambaran tentang kehadiran Kristus. Wajah Kristus harus nampak melalui tanggung jawab dalam panggilan hidup kita setiap hari, apapun peran kita dalam keluarga, jemaat dan masyarakat. Jangan membuat wajah Kristus menjadi samar sehingga sukacita tidak lagi dapat dihadirkan. Seruan Yohanes Pembaptis adalah supaya kita mendengar dan mengalami pembaharuan secara menyeluruh melalui pertobatan agar meluruskan jalan untuk menerima Dia, Kristus yang adalah jalan menuju pembaharuan, yaitu keselamatan.

Persiapkanlah diri kita dalam menyambut kedatangan-Nya agar kita dapat memancarkan terang Kristus bagi dunia!
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.