Juni 2021 ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

MENGHINA PENCIPTA?

Siapa menindas orang yang lemah, menghina Penciptanya, tetapi siapa menaruh belas kasihan kepada orang miskin, memuliakan Dia. (Amsal 14:31)


Peraturan Daerah tentang Kesetaraan dan Pemberdayaan Difabel (2013) di Wonogiri, Jawa Tengah, menarik untuk dicermati. Menurut peraturan tersebut, orang yang terbukti menghina kaum difabel dapat dikenai denda sebesar 50 juta rupiah. Banyak pihak memberi apresiasi tinggi atas kebijakan ini. Diharapkan, hal itu berdampak positif dan menyadarkan orang untuk lebih menghargai kaum difabel.

Dalam perikop bacaan hari ini, sikap menghina dan menindas sesama diulang hingga dua kali (ay. 21, 31). Menunjukkan betapa rawannya umat Tuhan untuk bersikap tidak benar kepada sesama, terutama kepada orang yang lemah atau tidak sempurna secara fisik (difabel). Sikap menghina bisa berarti merendahkan, memandang rendah atau hina, menganggap tidak penting. Sebagaimana dinyatakan oleh Tuhan Yesus, sikap kita terhadap orang-orang seperti mereka memancarkan sikap kita terhadap Tuhan (Mat 25:40).

Tindakan menghina atau menindas orang lemah adalah penghinaan terhadap Sang Pencipta. Di sekitar kita, tidak sedikit orang hidup dalam kelemahan, miskin secara materi, atau tidak sempurna secara fisik (difabel). Sementara itu, tidak sedikit pula orang yang memperlakukan mereka dengan cara yang tidak patut, merendahkan, bahkan menghina dan menyepelekan. Bagaimana dengan kita? Sudahkah kita memancarkan kasih Tuhan dengan mengasihi sesama, khususnya mereka yang lemah? Kiranya kasih-Nya memotivasi kita untuk memperlakukan sesama dengan benar, bukan karena takut hukuman atau denda. --Samuel Yudi Susanto /Renungan Harian

CARA KITA MEMPERLAKUKAN MANUSIA
MENUNJUKKAN SIKAP KITA KEPADA TUHAN.
Share:

SELALU ADA ALASAN UNTUK BERSYUKUR

“Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik!Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.” (ayat 1)
                Memang tidak bisa dipungkiri bahwa ada banyak hal yang kurang di dalam hidup ini karena memang hidup di dunia ini tidak ada yang sempurna. Namun jangan karena hal-hal yang kurang itu membuat kita buta akan hal-hal yang telah Tuhan berikan kepada kita yang sepatutnya membuat kita bersyukur kepada Tuhan. Kita bersyukur bukan semata-mata karena apa yang sudah Allah perbuat bagi hidup kita, tetapi jauh lebih dari pada itu, kita bersyukur kepada Allah karena alasan-alasan seperti yang diungkapkan di dalam bacaan Alkitab hari ini: ada tiga hal penting untuk selalu bersyukur
Yang pertama: Allah itu baik
                Inilah alasan yang paling hakiki mengapa kita harus bersyukur kepada Tuhan. Bahwa pribadi Tuhan itu adalah baik adanya (ayat 1a). Dan tidak pernah Ia tidak baik di dalam kehidupan kita. Walaupun banyak hal yang tidak baik yang terjadi di dalam kehidupan kita, bukan berarti Allah menjadi tidak baik. Kebaikan-Nya di dalam kehidupan kita tidak pernah dipengaruhi oleh kondisi hidup kita. Kalau Anda mengalami kebaikan Allah di dalam hidup Anda, maka tidak ada alasan untuk tidak bersyukur.
Yang kedua Kasih-Nya Kekal Abadi
                Allah adalah kasih bukan sekedar mengasihi (ayat 2). Dia bukan Allah yang pernah mengasihi tetapi yang senantiasa mengasihi. Kasih-Nya tidak pernah berubah sekalipun kondisi hidup kita berubah-ubah. Kemarin Ia telah mengasihi kita, dan sekarang juga tetap mengasihi kita dan besok Dia juga akan senantiasa mengasihi kita. Kasih Allah menjembut hidup kita di dalam memasuki setiap hari kehidupan kita dan kasih-Nya tidak pernah habis-habisnya setiap hari.
Yang ketiga Keajaiban yang diperbuat-Nya
                “Kepada Dia yang seorang diri melakukan keajaiban-keajaiban besar!” (ayat 4) Dan keajaiban-keajaiban itu dirinci oleh pemazmur di dalam ayat 5-25, dimulai dari penciptaan Allah atas langit dan bumi sampai masalah keseharian kita. Semua hal di dalam hidup ini adalah hasil dari keajaiban Tuhan. Kita bisa bernafas, berjalan, makan dan minum, sekolah, bekerja, berkeluarga dan lain sebagainya semuanya karena keajaiban yang Ia telah lakukan di dalam kehidupan kita. 
Kalau Anda mengalami kebaikan Allah di dalam hidup Anda, maka tidak ada alasan untuk tidak bersyukur. Amin.
Share:

PENGHARAPAN YANG MENGHIDUPKAN

IBRANI 10 : 23
“Marilah kita teguh berpegang pada pengakuan tentang pengharapan kita, sebab Ia yang menjanjikannya, setia.”

Mengetahui dengan melihat adalah hal yang biasa bagi kita, tapi sebaliknya Mengetahui meski tidak melihat adalah hal yang sulit bagi kita. Bagi dunia, hal ini tidak masuk akal, sebab mengetahui tapi tidak dapat atau belum dapat melihat berarti adanya ketidakpastian. Bagi orang percaya, hal ini disebut sebagai Iman pengharapan. Pengharapan menjadi sesuatu yang berharga ketika kita belum melihat, dan kita tidak tahu kapan akan kita saksikan, namun kita tetap percaya hal tersebut akan terjadi suatu hari nanti di dalam hidup kita. Di dalam ke kristenan kita diajarkan untuk tetap berPengharapan akan yang baik yang akan kita terima dari Dia yang menjanjikanNya meskipun banyak tantangan yang kita hadapi untuk memenangkan Pengharapan tersebut, tidak perlu khawatir, sebab di dalam Tuhan tidak ada yang tidak pasti. Kita memiliki dasar yang kuat, yang telah diuji, dan bahkan sudah jelas menyatakannya kepada kita, saat Kristus mati di kayu salib, bangkit dan naik ke sorga. Pada hari ini kita diingatkan untuk senantiasa menghidupi ciri-ciri orang Kristen yang benar, yaitu yang senantiasa berperilaku positif dan berpegang pada janji Tuhan (tetap berpengharapan). Meskipun kita belum kunjung melihat tanda-tanda akan pekerjaanNya di dalam hidup kita. Ketahuilah bahwa Tuhan tidak pernah terlalu cepat dan tidak pernah terlambat. Asal kita tetap tekun berpegang pada pengharapan iman kita, maka Tuhan pun akan mengerjakan bagianNya, sebab Ia Allah yang setia. Berserahlah padaNya mulai dari sekarang!

DOA
Hanya padaMu sajalah ya Tuhan kami menggantungkan hidup dan harapan kami. Karna jika kami tetap setia kepadaMu Engkau akan memberikan apa yang telah Engkau janjikan sebagai jawaban dari Pengharapan kami. Amin

Sugeng Enjang Sugeng makaryo. Tanah sinarengan lan kaberkahan dening sangat Moho agung ugi sang roh Suci. Nuwun nuwun. Gusti mberkahi.
Share:

JANGAN MENOLAK NASIHAT

Amsal 12:15
Ada banyak hal yang dapat kita pelajari dari peristiwa sejarah pada masa Perang Salib. Salah satunya adalah ketika seorang penguasa Yerusalem bernama Guy de Lusignan maju melawan pasukan Sultan Saladin. Sebelum peperangan dimulai, penasihatnya memperingatkan untuk tidak berperang di luar kota Yerusalem karena mereka akan sulit memperoleh air minum di tengah gurun yang kejam, terlebih lagi, mereka akan menghadapi pasukan Saladin yang lebih berpengalaman di padang pasir. Tetapi, Guy mengabaikan nasihat dan alhasil, ia dikalahkan oleh pasukan Saladin. Kekalahan ini bahkan menjadi pemicu kehancuran dan kekalahan Pasukan Salib secara menyeluruh.

Thomas à Kempis, seorang teolog dari abad ke-15, berkata, “Adakah seseorang yang begitu bijak sehingga ia memiliki pengetahuan yang sempurna akan segala sesuatu?” Bacaan Alkitab hari ini memberikan perbandingan antara seorang pencemooh dan seorang yang bijak. Orang bijak tidak takut atau marah ketika dinasihati. Ia mampu menerima dan mengelola nasihat, kecaman, atau teguran keras sebagai sarana untuk membangun dirinya. Ia memiliki kelenturan yang luar biasa terhadap nasihat. Sebaliknya, pencemooh tidak suka terhadap nasihat dan akan membenci orang yang menasihatinya. Ia cenderung menganggap masukan sebagai serangan pribadi. Raja Salomo pernah menyatakan dalam kitab Amsal, “Rancangan gagal kalau tidak ada pertimbangan, tetapi terlaksana kalau penasihat banyak.” Tuhan sendiri adalah Penasihat Ajaib. Ia memberikan nasihat melalui orang-orang dewasa rohani yang ada di sekitar Anda. Mintalah nasihat dari mereka dan bersyukurlah kepada Allah karena keberadaan mereka. Perkenankan mereka menolong Anda agar Anda dapat melihat rancangan-Nya bagi hidup Anda secara lebih jernih. Ingatlah, mendengarkan nasihat dan masukan akan menuntun Anda menjadi lebih bijaksana dan penuh pertimbangan. [LS]

REFLEKSI DIRI
1. Pernahkah Anda berhasil karena Anda mendengarkan nasihat orang lain?
2. Bagaimana reaksi Anda ketika Anda dinasihati?
POKOK DOA
Tuhan Yesus, terima kasih untuk pelajaran berharga tentang nasihat. Ajar aku agar aku mau dengar-dengaran kepada nasihat yang datang kepadaku. Bantu aku juga agar dapat mempertimbangkan dan memilah nasihat-nasihat yang aku terima. Di dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa, Amin.
YANG HARUS DILAKUKAN
Mulailah untuk mau mendengar dan mempertimbangkan nasihat orang lain.
Share:

PERHATIKAN ORANG LEMAH

Mazmur 41:2-4
Berbahagialah orang yang memperhatikan orang lemah! Tuhan akan meluputkan dia pada waktu celaka (Mazmur 41:2)

Anda mungkin pernah mendengar sabda bahagia Yesus dalam Khotbah di Bukit (Matius 5:1-10). Berikut ini adalah "sabda bahagia" dari Perjanjian Lama yang kurang dikenal: "Berbahagialah orang yang memperhatikan orang lemah" (Mazmur 41:2).

Kata dalam bahasa Ibrani yang diterjemahkan menjadi "memperhatikan" sesungguhnya berarti "memikirkan orang lain". Sedangkan yang diterjemahkan menjadi "lemah" sesungguhnya berarti "mereka yang membutuhkan".

Ada banyak orang yang membutuhkan di sekitar kita. Mereka membutuhkan kasih, pengharapan, dan pengetahuan akan Allah. Meski tidak dapat menyelesaikan semua permasalahan mereka, kita dapat menunjukkan kepedulian kita.

Kita mungkin tak punya banyak uang, tetapi kita dapat memberi diri kita. Kita bisa menunjukkan bahwa kita memikirkan orang-orang yang membutuhkan. Kita dapat mendengarkan mereka bercerita. Kita dapat memperlakukan mereka dengan sopan santun dan hormat. Kita dapat berdoa. Kita dapat menulis surat-surat yang membangkitkan semangat. Kita dapat bercerita tentang Yesus. Dan terakhir, kita dapat mengasihi mereka.

Bayangkanlah mereka yang hidup bagi diri mereka sendiri, selalu berusaha memperoleh keuntungan, dan mencari kesenangan pribadi. Bandingkanlah dengan mereka yang mau memberi diri bagi orang lain. Manakah di antara mereka yang memiliki ketenangan, kekuatan, dan sukacita di dalam diri mereka?
Temukanlah berkat Allah dengan memperhatikan orang yang lemah.
Amin
Share:

Jangan Sia-siakan! Waktu Yang Tuhan Beri

Baca:  Amsal 20

"Pada musim dingin si pemalas tidak membajak;  jikalau ia mencari pada musim menuai, maka tidak ada apa-apa."  Amsal 20:4

Seberapa berhargakah waktu bagi Saudara?  Ada yang berkata, "Waktu adalah uang, karena itu saya gunakan waktu sebaik mungkin.  Satu jam saja lewat, sudah berapa dollar yang melayang?"  Di sisi lain ada orang lain yang menganggap sepele waktu sehingga ia suka menunda-nunda apa yang seharusnya bisa dikerjakan sekarang, katanya:  "Ah, besok-besok saja, kan masih banyak waktu."  Ingat!  Waktu akan terus melaju dan siap menggilas orang-orang yang menyia-nyiakannya.  Jadi, mari gunakan setiap kesempatan yang ada dengan baik.
     Ketika musim menuai datang seorang pemalas tidak akan memanen apa-apa dari ladangnya, karena pada musim sebelumnya, ketika orang lain bekerja, ia tidak melakukan apa-apa, membiarkan waktu itu berlalu begitu saja.  Musim menabur haruslah kita gunakan untuk menabur supaya pada musim menuai kita mendapatkan hasil yang kita harapkan.  Dalam Pengkotbah 11:6 dikatakan:  "Taburkanlah benihmu pagi-pagi hari, dan janganlah memberi istirahat kepada tanganmu pada petang hari, karena engkau tidak mengetahui apakah ini atau itu yang akan berhasil, atau kedua-duanya sama baik."
     Mengapa kita harus menggunakan waktu dengan baik? Karena setiap waktu/kesempatan adalah berkat dari Tuhan bagi kita, baik itu pagi, siang maupun malam.  Dan berkat yang disediakan Tuhan bagi kita adalah berkat yang selalu baru, bukan kadaluarsa, sesuai dengan yang kita butuhkan.  Tertulis:  "Tak berkesudahan kasih setia Tuhan, tak habis-haisnya rahmat-Nya, selalu baru setiap pagi;  besar kesetiaan-Mu!"  (Ratapan 3:22-23).  Ada berkat baru setiap pagi.  Bangsa Israel mengalaminya:  pagi-pagi sebelum matahari terbit Tuhan menyediakan manna bagi mereka.  Pada waktu malam pu Tuhan berjanji memberikan berkatNya:  "Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payah--sebab Ia memberikannya kepada yang dicintai-Nya pada waktu tidur.."  (Mazmur 127:2).
Jika kita rindu mengalami berkat-berkat Tuhan gunakanlah setiap waktu/kesempatan yang Dia beri dengan sebaik-aiknya, jangan sampai kita tertinggal oleh waktu sehingga akhirnya kita hanya bisa meratap dan menyesali diri.  Percuma! Amin
Share:

TANGGUNG JAWAB DALAM PERSEKUTUAn

Nats Alkitab: Roma 15:1-6
Kita, yang kuat, wajib menanggung kelemahan orang yang tidak kuat dan jangan kita mencari kesenangan kita sendiri. Setiap orang di antara kita harus mencari kesenangan sesama kita demi kebaikannya untuk membangunnya. (Roma 15:1-2) 

                Apakah tanggung jawab orang-orang Kristen dalam persekutuannya dengan saudara-saudara seiman? Mau mengambil tanggung jawab dalam persekutuan merupakan wujud nyata rasa syukur kita atas kasih karunia Allah dan persembahan hidup kita untuk dipakai Allah menyalurkan kasih karunia tersebut kepada orang lain.
Dalam bacaan ini kita belajar empat hal utama hidup yang bertanggung jawab dalam persekutuan. 
          Yang   Pertama, dalam persekutuan Kristen setiap anggota bertanggung jawab untuk saling memperhatikan. (ayat 1-3).  Kalau ini terjadi maka setiap anggota akan mengalami pertumbuhan pribadi, hubungan akan menjadi sehat dan akibatnya persektuan akan menjadi berbuah. Percayalah, kasih memiliki kuasa besar untuk memenangkan hati orang daripada pengabaian atau kritikan tajam.
                Yang Kedua, dalam persekutuan Kristen setiap anggota bertanggung jawab untuk menyelidiki Alkitab secara pribadi maupun bersama-sama. (ayat 4).  Alkitab memberikan janji-janji kehidupan yang memberikan kita dorongan semangat untuk lebih berani hidup dalam kebenaran Allah.
              Yang   Ketiga, dalam persekutuan Kristen setiap anggota berpegang teguh dalam pengharapan. (ayat 4). Kata berpegang teguh (tabah) berasal dari kata hupomone yang artinya sikap menanggulangi hidup dengan keberanian atau suatu kekuatan yang tidak hanya menerima, tetapi mampu mengubah sesuatu yang diterima itu menjadi kemuliaan. Sedangkan pengharapan yang kita miliki bukan berdasarkan kekuatan manusia tetapi pada kasih karunia Allah yang memberikan jalan keluar, kekuatan, hikmat dan keberanian sehingga kita akan menjadi berani dan tidak putus asa apapun keadaannya.
              Yang  Keempat, dalam persekutuan Kristen setiap anggota bertanggung jawab untuk membangun keserasian (harmoni) satu sama lain (ayat 5-6). Gedung gereja yang megah, peralatan musik/sound sistem yang canggih atau berbagai kegiatan gereja yang gemerlap tidak akan menjadikan sebuah gereja memiliki persekutuan sejati di dalam Kristus. Tanpa adanya harmoni, maka persekutuan Kristen menjadi semu dan kehilangan otoritas Kerajaan Allah. Kasih karunia telah mempersatukan kita lebih dari perbedaan-perbedaan kita, bahkan Tuhan telah menjadikan perbedaan-perbedaan tersebut menjadi kekuatan dan keindahan. Tanggung jawab kita adalah menyelaraskan diri dengan saudara-saudara yang lain serta mengikuti aba-aba dari Sang Konduktor Agung (Yesus Kristus).Amin.
Mau mengambil tanggung jawab dalam persekutuan merupakan wujud nyata rasa syukur kita atas kasih karunia Allah
Share:

Memenangkan Pertempuran

“Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! ” Yakobus 4:7

Satu hal yang perlu kita sadari dalam menjalani hidup ini adalah bahwa ada satu kekuatan yang senantiasa ingin menghancurkan kehidupan umat manusia. Yang dimaksud disini adalah si jahat yang senantiasa mengincar setiap kelemahan kita dan pada waktu yang tepat dia akan menjatuhkan hidup kita sehingga kita menjauh daripada Allah. Pekerjaan si iblis adalah mencuri, membunuh dan membinasakan. Setiap sukacita, damai sejahtera, kesehatan, kekuatan, kelimpahan dan lain sebagainya yang dimiliki oleh manusia akan dicuri oleh si iblis, untuk membunuh kehidupan kita dan pada akhirnya membinasakan hidup manusia (Yoh 10:10).
Iblis tidak akan senang dengan kehidupan umat Tuhan yang senantiasa penuh dengan kemenangan dan kelimpahan. Dia akan selalu berusaha menjauhkan kita dari kasih karunia Tuhan. Dia akan berusaha memberi ketakutan, kekuatiran, kekecewaan, dendam, rasa pahit, putus asa, dan hal-hal negatif lainnya yang membuat kita tidak percaya akan kuasa firman Tuhan. Ketika hal-hal negatif tersebut datang menghantui kehidupan kita, kita harus dapat melawannya dan memenangkan pertempuran melawan si jahat.

Bagaimana kita dapat memenangkan pertempuran yang sebenarnya tidak kelihatan secara kasat mata ini? 

1. Mengenakan Seluruh Perlengkapan Senjata Allah

“Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis; karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara. ” Ef 6:11-12

Perlengkapan senjata Allah sangat dibutuhkan agar kita tidak kewalahan bahkan kalah melawan kuasa si jahat. Berikut perlengkapan senjata Allah yang harus kita kenakan (Ef 6:13-18):

Berdiri tegap dan berikatpinggang kebenaran, selalu lekat dengan kebenaran firman Tuhan
Berbaju zirah keadilan untuk menangkal setiap ketidakbenaran, kecurangan, kebohongan dari si iblis
Memakai kasut kerelaan memberitakan Injil damai sejahtera agar setiap jiwa dapat diselamatkan di dalam Yesus
Menggunakan perisai iman untuk memadamkan panah api si jahat
Mengenakan ketopong keselamatan untuk menangkal serangan pikiran-pikiran negatif
Menggunakan pedang Roh, yaitu firman Allah untuk menghancurkan kuasa si jahat
Berdoa setiap waktu di dalam Roh dan senantiasa berjaga-jaga di dalam doa
Dengan menjaga hubungan kita dengan Tuhan dan mempraktekkan setiap kebenaran firman Tuhan dalam setiap langkah hidup kita, kita mengenakan perlengkapan senjata Allah bagi hidup kita. Inilah yang dapat membuat kita bertahan melawan tipu muslihat si iblis.
Amin. 
.
Share:

Terikat Kuasa Kemiskinan Kemalasan

Amsal 6:9-11

"Hai pemalas, berapa lama lagi engkau berbaring? Bilakah engkau akan bangun dari tidurmu? Tidur sebentar lagi, mengantuk sebentar lagi, melipat tangan sebentar lagi untuk tinggal berbaring maka datanglah kemiskinan kepadamu seperti seorang penyerbu, dan kekurangan seperti orang yang bersenjata."

Banyak orang salah kaprah menganggap bahwa kemiskinan adalah sebuah takdir. Saya berulang kali mendengar perkataan, "sudah takdir saya 'kali ya untuk miskin.." , "yah..mau gimana lagi, namanya juga suratan.." dan lain-lain. Artinya, kemiskinan adalah jatah sebagian orang yang diberikan Tuhan buat mereka. Atau dengan kata lain, apapun yang mereka buat pasti sia-sia, karena toh semua itu takdir dari Yang Maha Kuasa. Bayangkan jika anda berada di pihak Tuhan, kesal tidak mendengar ini? Sementara anda menjanjikan berkat bagi setiap anak, dan janji-janji itu tidak pernah meleset, sebagian anak malah menuduh anda pilih kasih dan memberikan hal buruk dalam hidup mereka. Pembantu saya tadi siang pun bercerita tentang sulitnya hidup dibawah pas-pasan. Mulai dari sulitnya membiayai tujuh orang anak hingga rumah mereka yang bakal digusur sebentar lagi. Lagi-lagi perkataan "sudah nasib" itu saya dengar. Saya sadar hidup di jaman sekarang ini sama sekali tidak mudah. Tapi menyalahkan Tuhan dan menganggap itu sebagai "jatah" dari surga pun tidak beralasan. Saya mengajak teman-teman sekalian untuk melihat masalah keterikatan pada kuasa kemiskinan. Walaupun alkitab sebenarnya banyak membahas mengenai kemiskinan, saya akan fokus pada kitab Amsal yang membicarakan mengenai masalah kemiskinan. 

Salah satu penyebab datangnya kemiskinan hadir dalam bentuk kemalasan. Alkitab berkata cukup keras mengenai hal ini dalam banyak ayat. Salah satunya bisa dibaca pada 2 Tesalonika 3:10 "kamu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan." Kemalasan bukanlah hanya berbicara mengenai orang yang tidak mau bekerja, tapi juga mengenai orang yang tidak disiplin, malas berusaha atau malas mencari Tuhan. Salomo juga menegur para pemalas untuk belajar dari semut dalam Amsal 6:6. Begitu banyak di antara kita yang terlalu malas untuk bangun meninggalkan kasur yang empuk untuk memulai hari bersama Tuhan atau pergi bekerja. Kemalasan tumbuh secara perlahan dalam diri kita. Ketika kita mulai memberi toleransi terhadap kemalasan, ketika kita mulai berpikir bahwa 5 menit menyambung tidur tidaklah apa-apa,kemalasanpun akan semakin dalam menyerang kita.Tanpa disadari kita tidak lagi mampu melawan kemalasan dan bisa berakibat datangnya kemiskinan dalam hidup kita.
Waktu yang berlalu tidak akan pernah kembali, sebaiknya mulailah menghargai waktu sehingga tidak ada yang terbuang sia-sia. Kita harus melatih diri kita untuk disiplin dan tidak berkompromi pada kemalasan. Jangan sampai banyak berkat Tuhan terlewatkan sia-sia hanya karena kita sulit berpisah dengan kasur yang empuk.
Hidup tidak ditentukan oleh nasib, tapi oleh hasil usaha kita dalam tuntunan Tuhan. Amin
Share:

KasihMu tiada duanya

Amsal 12:9

"Lebih baik menjadi orang kecil, tetapi bekerja untuk diri sendiri, daripada berlagak orang besar, tetapi kekurangan makan."
Orang yang bodoh secara rohani adalah orang yang berusaha untuk memanipulasi penampilannya (tampil berlebihan) agar nampak sebagai seorang yang terhormat, sedangkan orang yang memiliki hikmat Tuhan akan tampil apa adanya (12:9).

Masih ingatkah sepenggal lagu" KasihMu tiada duanya.. Kau kukagumi dalam hati. KasihMu tiada duanya.. 
Lagu ini mengingatkan bahwa kasih Tuhan itu tidak membedakan, bahkan tidak ada duanya. 

Bila kita berusaha untuk dihargai menurut ukuran dunia ini, kita akan merasa frustasi karena penghargaan duniawi ditetapkan berdasarkan kompetisi, artinya kita akan dihargai bila kita melebihi orang lain. Walaupun sebenarnya hidup kita telah berkecukupan, tetapi bila hidup ini dipandang dari sudut pandang kompetisi, kita tetap akan merasa kurang bila ada orang lain yang lebih kaya dari kita atau ada orang yang penampilannya lebih mewah dari kita. Selain berdasarkan penampilan, penghargaan dunia ini didasarkan atas besarnya kekuasaan yang kita miliki, ketampanan atau kecantikan diri kita, serta popularitas kita. Semua kriteria tersebut bisa menimbulkan frustasi karena penghargaan yang diberikan oleh dunia didasarkan pada kompetisi. Bila kita ingin dihargai menurut ukuran dunia ini, kita harus lebih kaya, lebih berkuasa, lebih tampan atau lebih cantik, dan lebih populer daripada orang lain.

Orang yang memiliki hikmat Tuhan tidak akan ikut berkompetisi karena penghargaan Tuhan terhadap diri kita tidak ditentukan oleh ukuran dunia. Tuhan menghargai kita karena kita adalah ciptaan Tuhan dan karena kita adalah anak-anak-Nya. Tuhan menghargai kita bukan berdasarkan kehebatan kita atau prestasi kita, melainkan berdasarkan kesediaan kita untuk dibentuk menjadi serupa dengan Kristus. Allah bukan hanya melihat apa yang kelihatan oleh mata, melainkan Ia melihat sampai ke dalam hati, sehingga kita tidak perlu memanipulasi penampilan kita.amin.
Share:

TINGGAL DI DALAM TUHAN

Nats: "Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku." (Yohanes 15:4)

Saya membeli benih bunga Zinnia, karena di Kupang yang panas Zinnia mampu tumbuh baik. Benih yang ditanam, berbunga cantik dua bulan kemudian, tahan mekar sebulan penuh, lalu menghasilkan biji untuk menyambung keturunannya. Seisi rumah berbahagia bisa menikmati indahnya warna-warni bunga. Kupu-kupu turut mengambil manfaat dari kehadirannya. Zinnia menyelesaikan hidupnya dengan baik dengan memberi manfaat bagi manusia dan serangga.
Apakah hidup kita juga bermanfaat? Alkitab menyatakan jika benih jatuh ke tanah yang subur maka ia akan berakar, bertumbuh dan berbuah. Banyak orang Kristen yang mendengar firman Tuhan tetapi hidupnya tidak berbuah sesuai dengan prinsip firman Tuhan. Menghasilkan buah merupakan tanda sebuah pohon hidup, bertumbuh dan berguna. Kadang ranting-rantingnya perlu dibersihkan agar bisa berbuah lebih banyak. Suatu saat Tuhan mengambil segala yang terbaik yang kita cintai, lalu menghadapkan banyak masalah dalam hidup kita. Cara Tuhan bahkan sulit dipahami dan berlawanan dengan logika dan pikiran kita. Namun melalui kehadiran persoalan itulah, derajat kehidupan manusia dinilai. Tuhan tahu apa yang terbaik bagi setiap umat-Nya.
Tinggallah di dalam Yesus dalam keheningan doa. Dalam diam kita dapat merasakan kehadiran Tuhan dan mendengarkan bisikan-Nya. Membaca dan mendengarkan firman Tuhan adalah cara mengetahui rahasia isi hati Tuhan. Jika kita ingin tinggal di dalam Dia dan Dia di dalam kita, mari kita lakukan apa yang Tuhan kehendaki. Amin.
   
TINGGALLAH DI DALAM TUHAN, BERTUMBUH DAN BERBUAHLAH BERSAMA-NYA.
Share:

KETULUSAN

Mazmur 41:13
Tetapi aku, Engkau menopang aku karena ketulusanku, Engkau membuat aku tegak di hadapan-Mu untuk selama-lamanya.

Beberapa terjemahan Alkitab berbahasa Inggris menyalin kata "ketulusan" dengan kata "integrity" dan diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dengan kata "integritas." Poerwadarminta dalam kamus besarnya mengartikan integritas sebagai: kesatuan, kesempurnaan, keterpaduan dan ketulusan, yang mendukung pembentukan pribadi manusia yang penuh dengan "kemuliaan." Ringkasnya, seorang yang tulus atau berintegritas adalah pribadi yang bersedia untuk melakukan suatu pekerjaan atau pelayanan secara konsisten dengan menjunjung tinggi nilai iman dan nilai etis yang dianut secara umum.
Harus diakui bahwa keadaan saat ini menyebabkan manusia telah mulai kehilangan ketulusan. Ketulusan kini menjadi langka. Keadaan dunia sekarang membuat manusia telah hidup dengan semaunya dan tidak mempedulikan hal-hal yang benar bahkan menghalalkan segala cara untuk memperoleh dan meraih apapun. Lebih memilukan hati jika anak-anak Tuhan mulai pula tidak memiliki integritas dalam menjalani hidup dan beranjak menjadi serupa dengan dunia ini. Firman Allah menasihatkan kita agar meneladani Raja Daud, yang walaupun dalam segala keterbatasannya, namun tetap hidup dalam integritas yang benar di hadapan Allah.

Kita harus mempunyai integritas atau ketulusan. Pertama, dalam tingkah laku di tengah-tengah dunia yang semakin penuh dengan dosa. Perbuatan kita harus selaras dengan firman Tuhan setiap hari, sebab ada orang-orang tertentu hanya selaras dengan firman-Nya pada saat hari minggu saja ketika beribadah. Namun di hari lainnya hidup bertentangan dengan firman Tuhan. Kedua, dalam perkataan. Seorang yang tulus atau berintegritas dalam berkata-kata, selalu berkata ya jika ya dan tidak di atas tidak.

ingatlah Tuhan akan selalu menopang mereka yang mempunyai ketulusan atau integritas dalam hidupnya. Dan jika Tuhan yang menopang hidup kita, tidak ada satu kuasa dari dunia ini yang akan menjatuhkan kita. Kalau Tuhan yang menopang kita, hidup kita akan penuh dengan kemuliaan dan keberkatan yang berlimpah. Apapun keadaan dunia saat ini, mari berjalan dalam integritas yang benar. 

Doa: "Oleh pertolongan dan penyertaan Tuhan, aku akan menjalani hidupku dalam ketulusan. Amin."
Share:

Basa basi

“Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya.”” (Mat 21:22 i_TB)


Kita pengikut Kristus tidak boleh menaikkan “doa basa-basi” yakni kita meminta sesuatu dalam doa namun kita tidak peduli Tuhan mendengar dan menjawab doa itu atau tidak.


Tuhan menghendaki kita pengikut-Nya berdoa dengan penuh kepercayaan, yakin penuh, tidak bimbang sedikit pun.

Segala hal yang menghalangi kita berdoa seperti itu harus kita hilangkan sehingga tidak ada kebimbangan bahwa apa yang kita doakan dan cara kita mendoakannya sepenuhnya berkenan kepada Tuhan.

Kebimbangan akan muncul ketika kita tidak hidup berkenan kepada Allah dan tidak sungguh-sungguh berusaha untuk mengerti kehendak Allah.

Karena itu kita harus selalu tekun melakukan segala perintah Kristus dengan kekuatan dari dan dengan dipimpin oleh Roh Kudus.

Dengan demikian maka pikiran, perasaan dan kehendak kita secara berangsur-angsur berubah menuju keserupaan dengan pikiran, perasaan dan kehendak Kristus.


Roh Kudus akan menolong kita berdoa sesuai kehendak Tuhan dan untuk kemuliaan-Nya dan kita akan menerima jawaban atas doa kita itu pada waktu Tuhan dengan cara Tuhan.

Kita akan lebih sungguh-sungguh lagi dan dengan lebih bersemangat melakukan segala perintah Tuhan karena kita mempunyai Tuhan yang hidup dan yang menjawab doa. Amin

Share:

Menghina Sesama, Mendukakan Tuhan

Amsal 14:12
Hal-hal apa saja yang harus kita praktekan dan hindari menurut nats ini? Mengapa menghina sesama merupakan dosa (ayat 21)?

Menghina Sesama, Mendukakan Tuhan
Dalam sinetron “Tukan Bubur Naik Haji” yang ditayangkan oleh RCTI terdapat satu tokoh antagonis bernama Haji Muhidin. Ia digambarkan sebagai seorang yang suka sembahyang. Ia bahkan seringkali membanggakan dirinya sebagai haji 2 kali. Namun, dalam hubungan dengan sesama, ia dikenal sebagai seorang yang kasar dan sembarangan dalam perkataannya. Ia suka menggosipi, menuduh, dan menghina tetangganya.

Ketika kita menghina sesama, kita mungkin berpikir bahwa ini tidak ada sangkut pautnya dengan Tuhan. “Saya kan menghina orang lain, bukan menghina Tuhan langsung!” Demikian kita berdalih. Namun, ayat 21 dengan jelas mengatakan bahwa ketika kita menghina orang lain maka kita berdosa kepada Tuhan! Mengapa? Karena setiap manusia diciptakan menurut rupa Allah (God’s image bearer). Saat kita menghina sesama manusia, kita sedang menghina dan merendahkan Allah itu sendiri yang telah menciptakan mereka. Penghinaan juga melanggar hukum kasih kepada sesama (Markus 12:31).
Biarlah berkat Tuhan menyertai amin.
Share:

MENJADI WANITA CAKAP

Amsal 12:1-28

"Isteri yang cakap adalah mahkota suaminya, tetapi yang membuat malu adalah seperti penyakit yang membusukkan tulang suaminya."  Amsal 12:4

Tak bisa dipungkiri hal pertama yang membuat pria menaruh hati atau tertarik kepada wanita adalah apa yang terlihat secara kasat mata.  Ketika memilih wanita untuk menjadi kekasih atau pasangan seringkali yang diperhatikan pria adalah fisik atau kecantikan luarnya.  Namun karena hanya terpaku dan memperhatikan penampilan fisik semata banyak pria terkecoh dan salah memilih pasangan, sehingga akhirnya mereka pun harus membayar harga seumur hidupnya, sebab ternyata kecantikan fisik tidak bisa menjamin langgengnya hubungan;  ternyata memperbaiki karakter  (inner beauty)  dalam diri wanita itu jauh lebih sulit daripada memoles kecantikan secara fisik.  Bagi wanita memiliki kecantikan fisik saja seharusnya tidaklah cukup, karena hal terpenting yang mesti ada dalam diri wanita adalah kualitas hidup yang sesuai dengan kebenaran firman Tuhan.

     Arti kata cakap secara umum adalah sanggup melakukan sesuatu;  mempunyai kemampuan dan kepandaian mengerjakan sesuatu;  tangkas;  cekatan  (tidak lamban).  Kecakapan seseorang akan terlihat dari perilaku hidup sehari-hari kita, termasuk dalam hal membangun hubungan dengan orang lain.  Apalah artinya punya kecantikan setinggi langit jika ia tidak cakap dalam segala hal.  Wanita yang cakap pasti akan tercermin dari attitude-nya!  Ini berbicara tentang karakter atau moral yang baik, seperti yang dimiliki Rut, yang sekalipun berasal dari bangsa Moab  (kafir)  namun memiliki kualitas hidup yang mampu menjadi kesaksian bagi orang lain, sehingga masyarakat Betlehem pun mengakui dan mengenal Rut sebagai wanita yang baik.  "...sebab setiap orang dalam kota kami tahu, bahwa engkau seorang perempuan baik-baik."  (Rut 3:11).
     Wanita cakap adalah wanita yang baik.  Artinya ia bisa menjadi kesaksian yang baik bagi orang lain dalam perkataan dan perbuatan.  Yang menjadi ukuran adalah dari apa kata orang kebanyakan, bukan dari apa menurut diri sendiri.  Wanita cakap adalah wanita yang bukan sekedar bisa berdandan, bukan pemalas, tapi seorang yang rajin dan mampu menjalankan perannya dengan baik.
"Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata."  Amsal 31:10
Amin.
Share:

Tidak Menyalahgunakan Kemerdekaan Yang Telah Diberikan Tuhan

Marilah kita mengisi kemerdekaan yang diberikan oleh Allah dengan hal-hal yang positif. Merdeka bukan berarti kita bisa hidup semaunya sendiri, sebab merdeka di dalam Allah kita harus tetap taat sebagai hamba-Nya.

Kata merdeka mempunyai arti bebas dari pengaruh orang atau negara lain dan berhak untuk menentukan kehidupannya sendiri dari orang atau kelompok lain. Ketika kita sudah merdeka dari pengaruh orang atau kelompok lain, maka harusnya menggunakan kemerdekaan itu untuk hal-hal yang positif dan membangun. Bukan malah menggunakan kemerdekaan dan kebebasan itu dengan semena-mena dan tidak bertanggung jawab.

Ketika Tuhan membebaskan kita dari belenggu dosa, maka kita juga telah merdeka. Merdeka dari maut yang merupakan upah dari dosa kita. Ketika kita sudah bebas dari dosa, bukan berarti kita bisa semaunya lagi berbuat dosa kembali, namun marilah kita mengabarkan kabar baik itu kepada mereka yang belum mendengarnya, agar semakin banyak orang percaya kepada Yesus.
“Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah” ( 1 Petrus 2:16 )
Firman hari ini juga membenarkan cara hidup kita sebagai orang yang telah dimerdekakan oleh Allah, supaya dalam kebebasan tersebut kita tidak melakukan hal-hal yang buruk dengan mangatasnamakan kemerdekaan. Merdeka atau bebas tetap memiliki sebuah batasan, batasan supaya kita tidak kembali menjadi penjajah atau kembali masuk dalam belenggu dosa dan maut. Merdeka bukan berarti kita dapat berbuat semau diri sendiri, sebab dalam kemerdekaan yang diberikan oleh Allah, kita dituntut supaya tetap taat sebagai hamba-Nya.
Saudaraku yang terkasih marilah kita mengisi kemerdekaan yang diberikan oleh Allah dengan hal-hal yang positif. Merdeka bukan berarti kita bisa hidup semaunya sendiri, sebab merdeka di dalam Allah kita harus tetap taat sebagai hamba-Nya. Merdeka oleh karena Allah kita juga dituntut untuk memberitakan kabar baik itu kepada mereka yang belum percaya. Amin

 
Share:

Berilah yang kau bisa

Markus 14:7

Memberkati artinya berani memberi dan Tuhan menyediakan sarana kepada kita untuk memberi, bukan hanya di gereja saja tetapi di sekitar kita. Baca Markus 14:7, Tuhan Yesus berkata, “…orang miskin selalu ada padamu…” Itu adalah salah satu sarananya.
Kalau kita memberi, biarlah itu lahir dari kasih kita kepada Tuhan, bukan karena yang lain. Karena orang bisa memberi tanpa mengasihi Tuhan, tapi kalau orang mengasihi Tuhan, pasti dia akan memberi. Dan orang-orang yang perlu kita pedulikan adalah orang miskin yang ada di sekitar kita (Matius 25:35-41).
Sharingkan: Dalam 1 minggu ini, beranikah kita memberi pada orang membutuhkan di sekitar kita (contoh: pengamen, tukang minta-minta, anak yatim-piatu, atau saudara seiman yang membutuhkan)?
Jadikan hidup kita ini sebagai pemberi. Jangan menunggu kita punya uang dulu tapi apa yang kita berikan itu yang terpenting sedikit yang kita punya menjadi alat kemuliaannya. 
amin.
Share:

BERBAHAGIA ORANG YANG MEMPERHATIKAN ORANG LEMAH

Mazmur 41:2-3a Berbahagialah orang yang memperhatikan orang lemah! TUHAN akan meluputkan dia pada waktu celaka. TUHAN akan melindungi dia dan memelihara nyawanya.

Jika ada orang yang suka memperhatikan orang yang lemah maka ia disebut orang yang berbahagia. Mengapa? Karena banyak orang yang menyukainya, menyayanginya dan suka bergaul dengannya. Orang seperti itu pasti orang yang tidak sombong, orang yang baik, orang yang ramah kepada siapa saja.
Orang seperti itu jelas tidak memiliki musuh karena ia tidak pernah menyakiti orang lain, tidak pernah menganggap remeh orang lain bahkan selalu memandang berharga orang lain, sehingga di mana pun ia berada, kapanpun ia ada, yang pasti ia selalu disukai banyak orang. Orang yang suka memperhatikan orang lemah pasti disebut orang yang baik, karena ia tidak hanya memperhatikan, melainkan juga menolong.
Mengapa orang seperti itu disebut berbahagia? Karena orang yang baik hati itu akan diberkati oleh Allah. Kecelakaan akan diluputkan dari dia atau srbaliknya Allah akan menjaga, melindungi dan menberi berkat.
Semua kita pasti ingin disebut sebagai orang yang baik, hanya saja banyak di antara kita hanya sebatas ingin namun tidak menunjukkan perbuatan baik itu. Orang  yang baik itu adalah orang yang wajib mau menolong orang yang lemah, orang yang  kekurangan, orang miskin atau orang yang tidak berdaya.
Jika saudara merasa orang yang lemah tetapi masih mau menolong orang yang lebih lemah lagi, maka saudara juga telah menjadi orang yang berbahagia. Allah pasti akan selalu mengetahui dan melihat perbuatan baik setiap orang, oleh karenanya jangan pernah merasa rugi jika saudara terus mau memperhatikan dan menolong orang yang lemah.
Memang kecil kemungkinan orang lemah yang kita perhatikan dan tolong itu akan memberikan balasan kepada kita, namun yang pasti Allahlah yang akan membalas segala kebaikan kita kepada orang lemah. Jangan pernah merasa sia-sia setiap pertolongan yang kita berikan kepada orang lemah,  karena Allah berjanji untuk memberkati setiap orang yang suka menolong orang lemah. Allah pun bahkan akan melindunginya dan memelihara nyawanya, sehingga sungguh patutlah ia disebut orang yang berbahagia.
Pemazmur nampaknya telah merasakan semua itu dan sekaligus merupakan pengalaman hidupnya, saat musuh datang ingin menyakiti tetapi Allah selalu hadir untuk melindungi dan menyelamatkan. Untuk itu mari mengimani dan malaksanakan ajakan pemazmur ini untuk mau memperhatikan dan menolong orang lemah, amen.
Share:

Depresi

Mazmur 42:5

“Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!”

Ketika permasalahan seperti tidak berujung, ketika segala yang diusahakan tampaknya masih belum mendatangkan hasil, sangat gampang bagi manusia untuk kehilangan semangat, kehilangan arah, atau mengalami depresi. Ada banyak anak Tuhan yang ketika mengalami masa2 sulit, bukannya semakin mendekat pada Tuhan, tapi malah kehilangan hasrat untuk berdoa dan akhirnya semakin jauh dari Tuhan.
Berhati2lah, karena pada saat2 seperti ini, iblis dapat mempengaruhi dengan mudah. Bayangkan jika anda sedang mengalami pencobaan, tiba2 ada bentuk2 kemudahan yang ditawarkan, yang mungkin kelihatannya dapat menyelesaikan segala persoalan dengan instan. Tidakkah anda tergoda? Dukun, paranormal dan sebagainya akan serta merta menjadi alternatif paling cepat. Jangan gegabah. Yakinlah bahwa semua permasalahan mempunyai penyelesaian, dan selalu ada pengharapan dalam iman kita. Tuhan selalu ada bagi kita yang selalu berharap padaNya, dan akan meninggikan kita, memulihkan kita tepat pada saatnya.
Tidaklah gampang memang, karena saya sendiri telah berulang kali mengalami hal seperti ini, dimana tekanan itu begitu berat menerpa diri saya. Bahkan terkadang hasilnya tidak selalu sesuai dengan apa yang kita inginkan. Tetapi apa yang kita percayakan pada Tuhan akan selalu mendapat jawaban yang terbaik. Dia lebih tahu apa yang terbaik buat kita, karena Dia sungguh mengenal dan mengasihi kita. Pada akhirnya kita akan menyadari betapa Tuhan itu sungguh luar biasa, Dia ada dan mendengar setiap doa kita.
Jika anda sedang menghadapi masalah, bertahanlah, tetaplah fokus pada Tuhan, percayakan semua hal padaNya. Didalam kesesakan seperti apapun, dalam masalah seberat apapun, Tuhan selalu beserta kita. Tidak akan pernah dibiarkanNya kita berjalan sendirian. Bagi siapapun teman2 yang sedang mengalami hal ini, tenanglah, Tuhan menjamah hati anda malam ini dan melimpahi anda semua dengan damai sejahtera.
Permasalahan anda tidak lebih tinggi dari Tuhan. Tetaplah setia dalam pengharapan, Tuhan pasti memberi jawaban. Amin
Share:

HATI YANG MELEKAT DENGAN TUHAN

Mazmur 91:14 (TB) "Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku"
Jabur 91:14 (JAWA81)  “Sanyata, sarehne rumaket marang Ingsun, mulane bakal Sunluwari, bakal Sunpageri santosa awit wanuh marang asmaningSun.
Hati yang melekat dengan TUHAN berarti hati kita tidak terpisah dengan TUHAN. Isi hati kita selalu memikirkan TUHAN. Sikap ini sangat diinginkan TUHAN. Tuhan ingin kita memiliki hati yang melekat kepada-Nya. Melekat di sini bukan hanya menempel seperti menggunakan lem kertas, tetapi harus seakan-akan menempel erat menggunakan power glue sehingga apapun yang terjadi, tidak akan dapat menggoyahkan iman kita dari Tuhan. Ketika hati kita melekat kepada Tuhan, apapun yang terjadi, kita akan selalu berada di dekat Tuhan, dan tidak ada suatu hal jahat pun yang akan dapat merenggut kita dari tangan Tuhan selama hati kita tetap melekat kepada Tuhan. Tuhan akan menjadi kekasih kita, Ia akan menjawab kita ketika kita minta tolong dan berseru kepadaNya, dan walaupun kita harus mengalami kesesakan, tetapi Tuhan akan meluputkan kita dari kesesakan, dan akan meninggikan dan memuliakan kita ketika kita berhasil melewati kesesakan dan masalah yang kita hadapi tersebut (ay. 15), bahkan Tuhan pun akan memberikan kita usia yang panjang sehingga kita dapat melihat karya Tuhan yang besar dalam kehidupan kita lebih banyak lagi. 

Timbul pertanyaan kita sekarang, apakah yang akan kita peroleh jika hati kita melekat kepada TUHAN? Setidaknya ada tiga janji Allah jika hati kita melekat kepada Tuhan, yakni:
Pertama, kita akan mendapatkan perlindungan Tuhan.  Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku (Mzm. 91:14). Musuh selalu mencari kesempatan untuk bisa menyerang orang percaya. Untuk melindungi diri dari serangan musuh, perlu perlindungan Tuhan ada dalam hidup kita. Itu bisa kita dapati ketika hati kita melekat kepada Tuhan. Ia akan meluputkan dan melindungi kita dari segala apa pun yang mengancam hidup.

Kedua, kita akan mendapatkan penyertaan Tuhan. Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya (Mzm. 91:15).  Penderitaan dan masalah tidak terlepas dari kehidupan orang percaya selama di muka bumi ini. Penyertaan Tuhan diperlukan agar dapat menghadapi dan melewati setiap penderitaan dan masalah yang Tuhan izinkan terjadi. Untuk itu hati kita perlu melekat kepada Tuhan sehingga kita dapat melihat penyertaan Tuhan itu. 

Ketiga, kita akan mendapatkan penyediaan Tuhan. Dengan panjang umur akan Kukenyangkan dia, dan akan Kuperlihatkan kepadanya keselamatan dari pada-Ku (Mzm. 91:16).  Berbahagialah kita yang percaya kepada Tuhan dan hatinya melekat kepada- Nya karena Tuhan menjamin kehidupan kita seumur hidup. Kita takkan pernah kekurangan karena firman-Nya menjamin akan hal itu. Tuhan pasti memelihara hidup orang percaya yang hatinya melekat kepada-Nya. Karena itu, pastikan hati dan dirikita melekat hanya kepada TUHAN, maka TUHAN pun akan menjaga, memelihara dan menjamin kehidupan kita. (rsnh)
Selamat berakhir pekan dan besok kita beribadah kepada TUHAN
Share:

Menantikan Tuhan

Yesaya 40:31
 tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.


Victor Frankl adalah seorang psikiater berkebangsaan Yahudi. Sewaktu ditawan di kamp maut Nazi di Jerman, ia menderita siksaan tak terbayangkan dan tak terbilang banyaknya penghinaan. Kedua orang tuanya, saudara laki-lakinya dan istrinya meninggal di dalam kamp. Frankl tidak pernah tahu apakah ajalnya akan berakhir dalam kamar gas, atau apakah ia akan berada di antara yang selamat dan terpaksa menguburkan abu mereka yang mati di kamar oven. Suatu hari, sendirian dan dalam keadaan telanjang di sebuah kamar tawanan, Frankl menyadari akan apa yang belakangan disebutnya sebagai “Rahasia kekuatan Allah.” Saat itu, hampir setiap hari Frankl dimasukkan dalam kamar gelap. Ketika akhirnya ia terbiasa dengan siksaan seperti itu, justru ia merasa mendapat kesempatan bersaat teduh, merenungkan ayat-ayat firman Tuhan yang bisa diingatnya, berdoa, menyembah dan menanti-nantikan pertolongan Tuhan. Akhirnya, ia tidak merasa takut lagi. Para penawannya memang memiliki kekuatan untuk menentukan pilihan dalam lingkungan kamp itu, tetapi ia merasa memiliki kekuatan yang lebih besar lagi. Kekuatan yang ada dalam dirinya. Ia pun menjadi inspirasi bagi para tawanan yang lainnya. Ia menolong orang lain untuk menemukan kekuatan dalam diri mereka. Bahkan beberapa penjaga kamp itu mulai berdatangan untuk mendengarkan nasihat-nasihatnya.

Setelah melewati masa-masa sulit, Frankl akhirnya berhasil meraih impiannya. Ia terkenal sebagai psikiater yang membantu orang-orang yang mengalami kecemasan berlebihan. Mengajar sebagai dosen di Harvard, Southern Methodist University, Dallas, dan banyak universitas terkenal lainnya di Amerika. Juga menerima berbagai penghargaan bergengsi, dan memberikan kontribusi yang penting untuk gereja Kristen dan dunia psikiatri.

Dalam banyak hal, kita harus menyadari bahwa kekuatan kita terbatas. Ambil waktu yang terbaik untuk bersaat teduh. Disiplinkan diri kita untuk melakukannya setiap hari. Berdoa, merenungkan firman Tuhan, memuji, menyembah dan berdiam menanti-nantikan Tuhan. Niscaya Tuhan akan membangkitkan kekuatan-Nya dalam diri kita. Dengan kekuatan Tuhan dalam diri kita, kita akan meraih impian-impian kita. Amin.

RENUNGAN

Dalam MENANTI-NANTIKAN TUHAN terletak rahasia untuk mendapatkan KEKUATAN BARU dan yang sejati

APLIKASI

Apakah yang dimaksudkan dengan menanti-nantikan Tuhan?

Mengapa penting bagi kita untuk menantikan Tuhan?

Komitmen apa yang dapat Anda ambil untuk mulai sabar menanti-nantikan Tuhan dalam meraih impian Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Ya, Tuhan, kami berterima kasih karena kami memilikimu sebagai Allah kami. Ajari kami ya Bapa, bagaimana untuk menantikan-Mu. Limpahi kami dengan kekuatan-Mu, agar kami dapat meraih impian kami bersama-Mu.
Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”
Share:

Menang !

“Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.” (Rm 8:37 

Kita pengikut Kristus adalah orang-orang yang sedang menikmati kemenangan Kristus dalam hidup kita sementara kita menghadapi berbagai oposisi dari Iblis, dunia dan daging.

Tidak ada apa pun yang dapat memisahkan kita dari kasih Allah yang ada dalam Kristus Yesus Tuhan kita.
Allah yang menyerahkan Anak-Nya sendiri bagi kita semua akan mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Yesus Kristus yang telah menang itu.

Kita sendiri akan merasa tidak berdaya menghadapi gunung-gunung pencobaan dan gunung-gunung kesusahan yang berada di depan kita. Tidak mungkin rasanya memindahkannya atau merubuhkannya.

Ternyata urusan kita hanya mulai menyangkul di kaki gunung itu dengan iman, doa dan syukur. Tuhan sendiri yang akan merubuhkan atau memindahkannya untuk kita.
Akhirnya kita akan bersorak sorai memuji Tuhan yang membuat kita lebih dari pada orang-orang yang menang.
Karena itu apa pun yang sedang kita hadapi dalam hidup saat ini, marilah kita lebih sungguh-sungguh lagi melakukan segala perintah Kristus dengan kekuatan dan dengan dipimpin oleh Roh Kudus yang tinggal dalam kita 24/7 (24 jam sehari, 7 hari seminggu) dan kita akan menjadi berkat bagi orang lain yang risau penat.
Kemenangan Allah di berikan untuk kira bisa melangkah dengan pasti. Amin.
Share:

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.