JANGAN MENOLAK NASIHAT ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

JANGAN MENOLAK NASIHAT

Amsal 12:15
Ada banyak hal yang dapat kita pelajari dari peristiwa sejarah pada masa Perang Salib. Salah satunya adalah ketika seorang penguasa Yerusalem bernama Guy de Lusignan maju melawan pasukan Sultan Saladin. Sebelum peperangan dimulai, penasihatnya memperingatkan untuk tidak berperang di luar kota Yerusalem karena mereka akan sulit memperoleh air minum di tengah gurun yang kejam, terlebih lagi, mereka akan menghadapi pasukan Saladin yang lebih berpengalaman di padang pasir. Tetapi, Guy mengabaikan nasihat dan alhasil, ia dikalahkan oleh pasukan Saladin. Kekalahan ini bahkan menjadi pemicu kehancuran dan kekalahan Pasukan Salib secara menyeluruh.

Thomas à Kempis, seorang teolog dari abad ke-15, berkata, “Adakah seseorang yang begitu bijak sehingga ia memiliki pengetahuan yang sempurna akan segala sesuatu?” Bacaan Alkitab hari ini memberikan perbandingan antara seorang pencemooh dan seorang yang bijak. Orang bijak tidak takut atau marah ketika dinasihati. Ia mampu menerima dan mengelola nasihat, kecaman, atau teguran keras sebagai sarana untuk membangun dirinya. Ia memiliki kelenturan yang luar biasa terhadap nasihat. Sebaliknya, pencemooh tidak suka terhadap nasihat dan akan membenci orang yang menasihatinya. Ia cenderung menganggap masukan sebagai serangan pribadi. Raja Salomo pernah menyatakan dalam kitab Amsal, “Rancangan gagal kalau tidak ada pertimbangan, tetapi terlaksana kalau penasihat banyak.” Tuhan sendiri adalah Penasihat Ajaib. Ia memberikan nasihat melalui orang-orang dewasa rohani yang ada di sekitar Anda. Mintalah nasihat dari mereka dan bersyukurlah kepada Allah karena keberadaan mereka. Perkenankan mereka menolong Anda agar Anda dapat melihat rancangan-Nya bagi hidup Anda secara lebih jernih. Ingatlah, mendengarkan nasihat dan masukan akan menuntun Anda menjadi lebih bijaksana dan penuh pertimbangan. [LS]

REFLEKSI DIRI
1. Pernahkah Anda berhasil karena Anda mendengarkan nasihat orang lain?
2. Bagaimana reaksi Anda ketika Anda dinasihati?
POKOK DOA
Tuhan Yesus, terima kasih untuk pelajaran berharga tentang nasihat. Ajar aku agar aku mau dengar-dengaran kepada nasihat yang datang kepadaku. Bantu aku juga agar dapat mempertimbangkan dan memilah nasihat-nasihat yang aku terima. Di dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa, Amin.
YANG HARUS DILAKUKAN
Mulailah untuk mau mendengar dan mempertimbangkan nasihat orang lain.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.