KETULUSAN ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

KETULUSAN

Mazmur 41:13
Tetapi aku, Engkau menopang aku karena ketulusanku, Engkau membuat aku tegak di hadapan-Mu untuk selama-lamanya.

Beberapa terjemahan Alkitab berbahasa Inggris menyalin kata "ketulusan" dengan kata "integrity" dan diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dengan kata "integritas." Poerwadarminta dalam kamus besarnya mengartikan integritas sebagai: kesatuan, kesempurnaan, keterpaduan dan ketulusan, yang mendukung pembentukan pribadi manusia yang penuh dengan "kemuliaan." Ringkasnya, seorang yang tulus atau berintegritas adalah pribadi yang bersedia untuk melakukan suatu pekerjaan atau pelayanan secara konsisten dengan menjunjung tinggi nilai iman dan nilai etis yang dianut secara umum.
Harus diakui bahwa keadaan saat ini menyebabkan manusia telah mulai kehilangan ketulusan. Ketulusan kini menjadi langka. Keadaan dunia sekarang membuat manusia telah hidup dengan semaunya dan tidak mempedulikan hal-hal yang benar bahkan menghalalkan segala cara untuk memperoleh dan meraih apapun. Lebih memilukan hati jika anak-anak Tuhan mulai pula tidak memiliki integritas dalam menjalani hidup dan beranjak menjadi serupa dengan dunia ini. Firman Allah menasihatkan kita agar meneladani Raja Daud, yang walaupun dalam segala keterbatasannya, namun tetap hidup dalam integritas yang benar di hadapan Allah.

Kita harus mempunyai integritas atau ketulusan. Pertama, dalam tingkah laku di tengah-tengah dunia yang semakin penuh dengan dosa. Perbuatan kita harus selaras dengan firman Tuhan setiap hari, sebab ada orang-orang tertentu hanya selaras dengan firman-Nya pada saat hari minggu saja ketika beribadah. Namun di hari lainnya hidup bertentangan dengan firman Tuhan. Kedua, dalam perkataan. Seorang yang tulus atau berintegritas dalam berkata-kata, selalu berkata ya jika ya dan tidak di atas tidak.

ingatlah Tuhan akan selalu menopang mereka yang mempunyai ketulusan atau integritas dalam hidupnya. Dan jika Tuhan yang menopang hidup kita, tidak ada satu kuasa dari dunia ini yang akan menjatuhkan kita. Kalau Tuhan yang menopang kita, hidup kita akan penuh dengan kemuliaan dan keberkatan yang berlimpah. Apapun keadaan dunia saat ini, mari berjalan dalam integritas yang benar. 

Doa: "Oleh pertolongan dan penyertaan Tuhan, aku akan menjalani hidupku dalam ketulusan. Amin."
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.