Dari buahnya kamu mengenal mereka ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Dari buahnya kamu mengenal mereka

Matius 7:15 – 20

Injil Matius yang ku baca hari ini antara lain berbicara tentang nabi-nabi palsu yang menyamar sebagai domba, pada hal mereka ini adalah srigala.

Dengan kata lain, srigala berbulu domba banyak gentayangan saat ini. Mereka ini menawarkan berbagai kenikmatan dan kemudahan dunia,

yang ujung-ujungnya adalah kebinasaan. Banyak orang terjebak oleh rayuan gombal nabi-nabi palsu yang kini marak di kalangan masyarakat.
Mereka ini adalah serigala berbulu domba.
Yesus dalam kaitan ini menasehatkan agar segalanya dilihat dari buahnya. Ia mengatakan:” Tak mungkin pohon yang baik akan menghasilkan buah yang tidak baik.

Sebaliknya tak mungkin pohon yang jelek, akan menghasilkan buah yang baik”. Dalam hal ini Yesus mau mengatakan baik dan tidaknya dapat dilihat dari buahnya.

Ajaran Yesus dapat kita aplikasikan dalam hidup keseharian kita. Untuk menguji atau membedakan antara ini pengaruh yang baik atau yang jahat, pakailah ukuran “dari buahnya”.

Dalam kondisi saat ini di mana banyak orang mengalami kepanikan hidup entah karena masalah ekonomi, masalah keamanan dan lain sebagainya membuat kita makin tidak merasa aman.
Rasa aman (security) yang terusik akan menjadikan orang merasa khawatir. Dalam kondisi panik, serigala berbulu domba seolah menjadi dewa penolong, pada hal serigala ingin merampas hak orang lain dan akan menghancurkannya.
Lagi-lagi kembalilah pada ajaran Yesus “dari buahnyalah” kamu akan mengenal mereka. Yesus telah memberikan segala hidup-Nya untuk manusia. Namun manusia tidak membalas kasih-Nya. Manusia makin menjauh dari Allah, maka yang terjadi kejahatan meraja lela di mana-mana. Kejahatan itu datangnya dari mana. Yang pasti akibat dosa manusia yang makin mengingkari Allah. Allah sebagai sumber belas kasih tidak ditanggapi sehingga Allah hanya slogan atau hanya di mulut saja.
Oleh karena itu pada kesempatan ini, marilah menjauhkan praktek-praktek jahat yang hidup subur di kalangan masyarakat. Berkomunikasi dengan Tuhan melalui doa-doa, devosi, membaca Kitab Suci selalu menjadi inspirasi dalam kehidupan ini. Doa dengan kerendahan hati sangat menyenangkan hati Tuhan serta disertai rasa tobat (penyesalan) dalam hidup ini, pasti Tuhan akan berkenan dalam hidup kita ini. Demikian inspirasi bathin kita hari ini, Tuhan berkati. Amin

Doa,
Ya Bapa yang penuh kasih, curahkan Roh-Mu yang kudus agar aku dimampukan untuk membedakan roah yang baik dan roh yang jahat melalui buah-buahnya, Amin.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.