Menyenangkan hati Allah Bapa / TUHAN ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Menyenangkan hati Allah Bapa / TUHAN

Gema Suara Illahi
Mazmur 147:11
“Tuhan senang kepada orang-orang yang takut akan DIA, kepada orang-orang yang berharap akan kasih setiaNYA”
Ada satu lagu pujian yang reff nya “MenyenangkanMu senangkanMu hanya itu kerinduanku…”.  Dengan mudahnya kita dapat menyanyikan lagu itu, dengan mudahnya kita dapat mempunyai keinginan untuk menyenangkan hati Tuhan. Tapi pertanyaannya dalam hidup saya dan anda saat ini, bagaimana kita dapat secara khusus/ spesifik untuk menyenangkan hati Tuhan?...
Menyenangkan hati Tuhan adalah tujuan dari kita manusia diciptakan oleh Allah. Tetapi seringkali ketika kita ingin menyenangkan hati Tuhan, karena lebih mudah kita menyenangkan hati manusia.
Alkitab memberikan teladan yang jelas dan yang baik untuk kita tiru, yaitu teladan kehidupan Nuh, pada jaman Nuh kita tahu bahwa semua orang “jahat dimana Tuhan”, karena mereka semua bejad dan rusak moralnya, bahkan salah satu penulis mengomentari bahwa keadaan manusia pada jaman Nuh “lebih bejad dan rusak moralnya bahkan lebih buruk dari binatang”.  Bahkan dicatat bahwa Tuhan menangis melihat semua kerusakan dan kebejadan tersebut, dan DIA tidak menemukan seorang pun yang  taat dan baik, kecuali dari keluarga NUH.
Tuhan sangat jijik dengan tingkah laku manusia pada jaman NUH yang cendrung bermain dengan dosa, oleh sebab itu bencana air bah di nyatakan oleh Tuhan untuk memusnahkan manusia di muka bumi..
Tetapi karena kasih Tuhan, DIA masih melihat satu keluarga yang bisa membuat DIA TUHAN bangga dan senang hatiNYA karena kehidupan dan ketaatannya ditengah tengah kehidupan tetangganya yang jauh dari pada Tuhan, dialah keluarga NUH. Sehingga kata TUHAN : :
 “Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Nuh: "Masuklah ke dalam bahtera itu, engkau dan seisi rumahmu, sebab engkaulah yang Kulihat benar di hadapan-Ku di antara orang zaman ini” (Kejadian 7:1)
Nuh menyenangkan hati Tuhan karena kehidupannya yang senantiasa BENAR dihadapan Allah.
Saat ini kita belajar ada beberapa factor untuk kita sebagai anak Tuhan dapat menyenangkan hati Tuhan:
KITA DAPAT MENYENANGKAN HATI TUHAN DENGAN MENGASIHI TUHAN LEBIH DARI SEGALANYA.
Markus 12:30 “Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.”
Inilah hukum yang terutama dalam Alkitab dan hukum yang utama. Di saat manusia bermoral busuk dan sangat menyakitkan hati Tuhan. Justru Nuh berbuat sebaliknya, Nuh tetap mengasihi Tuhan dan taat kepada Tuhan. Nuh senantiasa berkomunikasi kepada Tuhan. Sehingga ketika pada jaman Nuh seluruh manusia dimusnahkan melalui air bah, Nuh dan seluruh keluarganya selamat.
Tuhan sangat senang jika kita dapat mengasihiNya, tetapi mengasihi Tuhan bukan hanya keluar dimulut saja. Tetapi tetap terus menerus mengerjakan kasih itu dalam kehidupan sehari hari. Mengasihi Tuhan dengan menciptakan waktu yang sangat dekat dengan Tuhan. Seperti layaknya keluarga yang saling mengasihi, maka aka nada keakraban dan kemauan untuk yang dikasihinya.
Mengasihi Tuhan, melakukan setiap kasih itu dalam kenyataan yang ada, sebagai anak Tuhan melayani Tuhan, rajin persekutuan (apalagi yang Tuhan panggil secara khusus, pengurus, aktivis, majelis), kunjungan. Dll.
(Ilustrasi waktu pacaran, saking cintanya, hujan pun datang buat pacaran; apapun yang pacar mau di carikan……)
Bagaimana dengan kita sudahkah kita menyenangkan hati Tuhan dengan mengasihi Nya dan mengasihiNya dengan melakukan segala hal dalam melayaniNya? .. 
KITA DAPAT MENYENANGKAN HATI TUHAN DENGAN MEMATUHI SEGALA PERINTAHNYA DENGAN SEGENAP HATI DAN DENGAN PENUH SUKACITA.
Nuh ketika Tuhan perintahkan membuat bahtera dan mengumpulkan semua mahluk secara berpasang-pasangan, Nuh tidak membantah sedikit pun, dan Nuh dapat melakukannya dengan taat dan senang hati.
Kej. 6: 22: “lalu Nuh melakukan semuanya itu; tepat seperti apa yang diperintahkan Tuhan kepadanya demikianlah dilakukannya”.
Sekalipun tentunya  Nuh heran dan gundah atas perintah Tuhan (aneh-aneh aja nih Tuhan mungkin dalam hatinya N
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.