MATA TUHAN MENGAWASI ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

MATA TUHAN MENGAWASI

Amsal 15:3
Closed Circuit Television (CCTV) adalah pelengkap keamanan yang digunakan oleh hampir setiap kantor, toko, rumah atau tempat-tempat publik maupun privat lainnya. Pada zaman dahulu, di setiap sudut toko ditempatkan seorang karyawan yang akan mengawasi para pembeli agar tidak ada barang yang dicuri. Namun saat ini, di sebuah supermarket besar atau mall, tidak ada banyak karyawan yang berjaga di setiap lorong penjualan barang. Sebab, di setiap sudut ruangan sudah dipasang CCTV yang akan mengawasi dan terhubung kepada sebuah layar computer yang diawasi oleh petugas keamanan. Apabila ada yang berbuat curang, orang tersebut akan ditangkap. Sistem pengawasan melalui CCTV sangat membantu untuk menangkap para pelaku kejahatan. Walau demikian, CCTV bisa dimanipulasi dengan dimatikan atau merusak kamera pengintainya. Jika teknologi masih terus berusaha untuk memampukan mata kita melihat hal-hal yang tadinya tak terlihat, mata Tuhan sudah sejak awal mampu berfungsi seperti itu malah melebihi CCTV.

Salah satu kisah tokoh Alkitab yang mencoba berbuat curang tetapi tertangkap oleh mata Tuhan adalah Gehazi, bujang Elisa. Karena ingin mendapatkan sebagian persembahan Naaman yang ditolak oleh Elisa, Gehazi berbohong. Ia berpikir bahwa Elisa tidak akan mengetahuinya. Ia lupa bahwa Tuhan maha melihat. Akhirnya, Tuhan memberitahu Elisa dan Gehazi ditegur dan dihukum atas perbuatannya. Sesungguhnya, tidak ada satupun yang luput dari pantauan Tuhan, setiap kita selalu ada dalam pantauan-Nya. Ia melihat setiap perbuatan kita sekalipun tidak ada orang yang dapat melihatnya. Setiap kebaikan dan kejahatan yang dilakukan, terekam jelas oleh mata Tuhan sekalipun kita berusaha untuk menutupinya dengan rapi. Bahkan ketajaman mata Tuhan mampu melihat hingga ke dalam hati dan pikiran manusia yang tidak terdeteksi oleh CCTV.  Karena itu, apa pun yang Anda lakukan, rencana yang ada di pikiran atau perasaan dalam hati Anda, ingatlah bahwa Tuhan sedang memandang dan akan terus memantau dari sorga. Mari kita sama-sama belajar menjaga sikap, perbuatan, pikiran, perasaan, tingkah laku dan perkataan dalam takut akan Tuhan agar hidup kita selaras dengan firman-Nya. Amin. 

REFLEKSI DIRI
1. Bagaimana tindakan Anda ketika diperhadapkan pada godaan melanggar firman-Nya di saat tidak ada orang yang melihat?
2. Apa yang harus Anda lakukan menyadari bahwa Tuhan senantiasa memperhatikan langkah kehidupan?
POKOK DOA
Bapa di Sorga, tolonglah aku agar senantiasa bertindak dengan hati-hati agar Engkau tidak mendapati aku sedang melakukan perbuatan yang melanggar firman-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.
YANG HARUS DILAKUKAN
Bertindaklah dengan benar di mana saja Anda berada sebab mata Tuhan senantiasa mengawasi.
HIKMAT HARI INI
Mata Tuhan mengawasi setiap tempat, tidak ada yang tersembunyi di hadapan-Nya.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.