Saling Menopang sebagai Saudara ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Saling Menopang sebagai Saudara

Galatia 6:1-10

Pendahuluan
Pandemi covid-19 telah mengubah dunia dan hidup kita hari ini. Dari aspek sosial budaya muncul pola hidup yang baru: sosial dan physical distancing, ke mana-mana orang sekarang mengenakan masker. Sentuhan dan jabat tangan tidak lagi dilakukan. Kepedulian terhadap kebersihan dan kesehatan meningkat. Juga muncul pola bekerja dan melakukan berbagai aktivitas dari rumah (livework-play from home). Meeting dan ibadah dilakukan secara online. Dari aspek ekonomi dan bisnis, banyak usaha yang terpukul, bahkan tutup sehingga terjadi lonjakan PHK dan angka pengangguran. Banyak orang mengalami tekanan secara mental dan kejiwaan. Beberapa berita melaporkan terjadi peningkatan angka konflik dan kekerasan dalam rumah tangga dalam masa-masa pandemik ini. Di sisi lain, juga muncul solidaritas di mana-mana dari masyarakat untuk saling membantu. Berbagai aksi dan gerakan kepedulian dilakukan untuk meringankan beban pemerintah dan membantu para petugas medis maupun masyarakat kecil yang langsung terdampak oleh situasi saat ini. Ada kesadaran bahwa kita tidak bisa sendiri melainkan harus bersama-sama saling membantu untuk bisa mengatasi tantangan saat ini. Ini juga yang menjadi nasehat Firman Tuhan bagi kita sebagai persekutuan orang-orang percaya.
“Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.”
Kata “beban” yang digunakan di sini merujuk pada suatu beban yang berat untuk dipikul, bukan beban yang ringan atau biasa. Nasehat rasul Paulus di ayat ini masih berhubungan dengan pasal 5:13-14 yaitu supaya jemaat saling melayani seorang akan yang lain oleh kasih sesuai dengan perintah utama dari hukum Taurat,” kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!”. Perintah tersebut dapat dilakukan, bukan karena mereka sanggup, tetapi karena Kristus telah menebus dan memerdekakan mereka dari kutuk dan kuk perhambaan hukum Taurat (3:13; 5:1). Melalui iman, mereka menerima Roh Kudus yang memampukan mereka untuk hidup menurut Roh, bukan lagi menuruti keinginan daging. Salah satu bentuk hidup menurut Roh adalah hidup saling bertolongtolongan, hidup yang tidak bersifat egosentris, tetapi hidup yang seperti hidup Kristus yang selalu berorientasi mengasihi dan melayani orang lain. Itulah yang Paulus maksudkan dengan “memenuhi hukum Kristus”.
Kristus menjadi panutan dan contoh tertinggi bagi hidup mengasihi dan melayani, menjadi model bagaimana hidup orang percaya seharusnya (Yohanes 13:34). Kristus telah menanggung beban kita, beban yang tidak satu pun kita sanggup untuk memikulnya yaitu dosa serta akibatnya melalui penderitaan dan kematian-Nya. Karena itu kita dipanggil untuk bertolong-tolongan menanggung beban. Tidak disebutkan secara spesifik beban apa yang dimaksud. Beban tersebut bisa berupa kesalahan atau pelanggaran yang dilakukan seorang jemaat, yang mana perlu ditanggung bersama dengan cara memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh lemah lembut (Pasal 6:1). Bisa juga bersifat lebih luas (pasal 6:9-10), yaitu berbagai beban yang dirasakan dan dialami dalam kehidupan pada umumnya.
Hidup Bertanggung Jawab
Ayat 3 hingga 5 Paulus menasihati lebih lanjut agar jangan ada orang yang merasa dirinya sangat penting dan berarti sehingga tidak peduli dengan keadaan saudara seiman yang perlu ditolong. Atau merasa diri lebih benar dan lebih baik dengan membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain, sehingga jatuh pada sikap sombong dan menghakimi. Sebaliknya, Paulus mengingatkan jemaat di Galatia agar memiliki perspektif diri yang benar. Yaitu hendaklah setiap orang melihat dirinya tidak lebih penting dari orang lain. Setiap orang dalam jemaat saling membutuhkan satu dengan yang lain. Namun tiap-tiap orang harus menyadari bahwa ia juga mempunyai tanggung jawab terhadap hidupnya sendiri. “Tiap-tiap orang akan memikul tanggungannya sendiri” (ay.5) berarti masing-masing harus bertanggung jawab di hadapan Tuhan atas berkat, kesempatan, juga tantangan dan kesulitan yang Tuhan berikan untuk dipikul. Ka
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.