SEMUA KARENA KASIH ALLAH ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

SEMUA KARENA KASIH ALLAH

Halllo gimana kabar Bpk ibu jenaat di hari ini masih ada semangat dan sukacita bersama firmannya hari ini

Ulangan 9:1-5

“Bukan karena jasa-jasamu atau karena kebenaran hatimu engkau masuk menduduki negeri mereka ....” (Ul. 9:5)

Bukan kar’na kebaikanmu, bukan kar’na fasih lidahmu, bukan kar’na kekayaanmu, kau dipilih, kau dipanggil-Nya. Bukan kar’na kecakapanmu, bukan kar’na baik rupamu, bukan kar’na kelebihanmu, kau dipanggil, kau dipakai-Nya. Bila engkau dapat itu karena-Nya, bila engkau punya semua dari pada-Nya. Semua karena anugerah-Nya diberikan kepada kita. Semua anugerah-Nya bagi kita bila engkau dipakai-Nya. Inilah cuplikan lirik lagu “Semua Kar’na Anugerah-Nya”. Kalau kita menghayati lirik lagu ini, maka kita akan menyadari bahwa semua kebaikan yang terjadi dalam kehidupan kita bukanlah karena kehebatan kita, melainkan anugerah kasih Tuhan semata.

Hal yang sama dialami oleh bangsa Israel. Mereka dapat menduduki tanah Kanaan, yang penduduknya adalah keturunan orang Enak dan ditakuti pada masa itu. Orang Enak itu pandai berperang dan memiliki tubuh yang jauh lebih besar daripada bangsa Israel. Tuhan mengingatkan bangsa Israel bahwa mereka bisa menduduki Kanaan karena janji Allah kepada Abraham dan hukuman Allah kepada bangsa Kanaan atas kejahatan (kefasikan) mereka. Jadi, bukan karena kehebatannya, maka bangsa Israel dapat menaklukkan Kanaan, melainkan karena Allah yang berperan serta.

Pembaca  kemenangan bangsa Israel atas Kanaan dan penyertaan Allah kepada bangsa Israel adalah gambaran kehidupan kita. Segala berkat yang kita nikmati bukan karena kehebatan kita atau kita luar biasa. Kita ini ibarat debu, tidak bernilai dan bukan siapa-siapa. Namun, Allah mengasihi kita. Kasih Allah menjadikan kita layak, menjadikan kita berharga. Semua karena kasih Allah.

1. Mengapa Allah memakai Israel untuk menegur kefasikan bangsa lain?
2. Adakah peristiwa yang terjadi dalam hidup Anda yang Anda rasakan mustahil terjadi, tetapi tetap terjadi karena anugerah Tuhan?

Janganlah kendor tetap prokes pakai masker, cuci tangan, tidak bersalaman jauhi kerumunan dan demi menyelamatkan orang lain.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.