BERTUMBUH LEWAT MASALAH ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

BERTUMBUH LEWAT MASALAH

Halllo gimana kabar Bpk ibu jenaat di hari ini masih ada semangat dan sukacita bersama firmannya hari ini

1 Korintus 10:1-13

Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya. (1Kor. 10:13)

Sebuah pepatah mengatakan, “Laut yang tenang tidak akan menghasilkan pelaut yang tangguh. Langit yang cerah tidak akan menghasilkan pilot yang andal.” Pepatah ini hendak mengatakan bahwa hidup yang tidak ada masalah tidak akan membuat orang menjadi kuat. Karena itu, jadilah orang yang andal dan tahan uji dalam menerima berbagai tantangan dalam kehidupan.

Paulus menggambarkan pengalaman perjalanan bangsa Israel keluar dari tanah Mesir menuju tanah perjanjian. Yang percaya dan menuruti perintah Allah mendapat keselamatan. Sementara itu, yang tamak dan pembangkang mati karena keserakahannya. Dalam perjalanan padang gurun, Allah senantiasa hadir memberi pertolongan dan solusi atas setiap persoalan yang ada. Paulus juga mengingatkan agar jemaat Korintus senantiasa mensyukuri berkat-berkat yang sudah Tuhan curahkan bagi mereka, bukan malah bersungut-sungut ketika menghadapi cobaan hidup. Paulus ingin agar jemaat Korintus mengambil hikmah atas apa yang terjadi terhadap nenek moyang mereka, bahwa persoalan yang ada adalah cara Allah membentuk umat-Nya.

Jemaat yang di kasihi Tuhan. Allah adalah Pribadi yang paling mengenal kita. Bahkan, Ia tahu bagian-bagian dari diri kita yang kita pun belum tahu. Ia adalah Allah yang adil dan tidak akan memberikan beban yang melampaui batas kemampuan kita. Tuhan memang mengizinkan jalan hidup kita berbelok dan tidak mulus. Ia pun mengizinkan beragam persoalan hadir. Semuanya itu dibuat-Nya supaya kita menjadi pribadi yang andal dan tahan uji dalam menjalani hidup ini. Mari, nikmatilah proses bersama Tuhan dalam hidup ini.

1. Mengapa Paulus mengisahkan tentang perjalanan nenek moyang Israel?
2. Apa yang membuat Anda cepat menyerah saat menghadapi persoalan?

Pokok Doa: Mereka yang putus asa dan berbeban berat.

Janganlah kendor tetap prokes pakai masker, cuci tangan, tidak bersalaman jauhi kerumunan dan demi menyelamatkan orang lain.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.