JANGAN BERPALING ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

JANGAN BERPALING

Gema suara Illahi. 
 Gimana kabarnya Bpk ibu sdr yang terkasih dalam Tuhan. Saya harap tetap sehat, dan doa saya selalu dalam penyertaan dan ni perlindungan Allah. Selamat beribadah di minggu ini. 

Galatia 4:8-20
Tetapi sekarang sesudah kamu mengenal Allah, ... bagaimanakah kamu berbalik lagi kepada roh-roh dunia yang lemah dan miskin ...? (Gal. 4:9)
Berpaling berarti menoleh. Menurut KBBI, istilah ini memiliki dua makna kiasan. Pertama, beralih atau bertukar (perhatian dan sebagainya). Kedua, meninggalkan agama; murtad. Dalam novelnya yang berjudul Origami Hati, Boy Chandra menggunakan istilah berpaling secara apik. Ia menulis, “Jangan berpaling dan membuat kita menjadi dua orang asing.”
Rasul Paulus mengamati jemaat di Galatia telah berubah. Sayangnya, di mata sang rasul perubahan tersebut bukanlah perubahan yang positif. Jemaat di Galatia telah berpaling dari Injil yang telah diberitakan kepada mereka sebelumnya. Kini mereka kembali hidup dalam perhambaan, padahal oleh Injil Kristus, mereka mengenal Allah yang sejati dan telah dimerdekakan (Gal.5:1). Memang ada pihak-pihak tertentu yang berusaha memengaruhi jemaat. Namun, mengapa jemaat dengan mudahnya mengikuti mereka? Itulah sebabnya Rasul Paulus mengingatkan jemaat akan hubungan mereka yang semula. Dengan demikian, diharapkan jemaat sadar dan kembali ke jalan yang benar. Mereka diingatkan bahwa dalam iman kepada Kristus, mereka bukan lagi hamba, melainkan anak (Gal. 4:7).
Jemaat yang dikasihi Tuhan, mengikut Yesus menuntut kita untuk meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Injil. Hal ini bukanlah proses yang sekali jadi, melainkan proses yang berlangsung seumur hidup. Karena itu, marilah kita berusaha makin mengenal dan mengasihi Kristus. Dengarkanlah dan dalamilah firman Tuhan. Itulah yang mencegah kita untuk berpaling dari Injil.

1. Apa yang terjadi pada jemaat di Galatia
2. Kebiasaan lama apa yang mesti kita tinggalkan demi mengikutY esus?

Pokok Doa: Agar makin mengenal dan mengasihi Kristus.




Jangan lupa tetap prokes, pakai masker, cuci tangan, jauhi kerumunan, dan terlebih jika belum vaksin segera vaksin. Supaya dapat menolong orang lain dan diri terhindar dari covid 19.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.