TEGURAN TUHAN ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

TEGURAN TUHAN

Gema suara Illahi. 
 Gimana kabarnya Bpk ibu sdr yang terkasih dalam Tuhan. Saya harap tetap sehat, dan doa saya selalu dalam penyertaan dan ni perlindungan Allah. Selamat beribadah di minggu ini. 

Lukas 9:37-43a

Maka kata Yesus: “Hai kamu angkatan yang tidak percaya dan yang sesat, berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kamu dan sabar terhadap kamu?” (Luk. 9:41)

Apa pengertian iman? Jawaban yang biasanya diberikan adalah iman berarti percaya. Bukan hanya percaya tentang Tuhan, melainkan juga sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan dan memercayakan seluruh hidup kita kepada-Nya. Kita masih bisa menambahkan berbagai penjelasan lainnya. Makin canggih penjelasan yang kita berikan, makin tampak bahwa iman tidaklah sesederhana yang kita bayangkan sebelumnya.

Dalam teks Alkitab hari ini disebutkan tentang Yesus yang kesal atas ketidakpercayaan orang-orang di sekitar-Nya. Ia pun menegur mereka. “Teguran” Yesus tersebut tidak hanya ditujukan kepada orang banyak, tetapi juga kepada para murid yang tidak mampu mengusir roh jahat. Bahwa para murid pun mengalami kesulitan untuk percaya, itu bukanlah hal baru. Kisah sebelumnya menyebutkan bahwa Yesus menegur ketidakpercayaan para murid (Luk. 8:25).

Bpak ibu saudaraku, kita mungkin saja beragama dengan sangat baik, tetapi gagal dalam beriman. Dalam Alkitab justru mereka yang mendalami agama (orang Farisi, ahli Taurat) dan mereka yang “dekat” dengan Yesus (para murid) yang sering gagal untuk percaya kepada Yesus. Karena itu, teguran Tuhan seharusnya mendorong kita untuk makin bersungguh-sungguh dalam menjalani hidup beriman. Kita menyadari bahwa perkataan, pikiran, perbuatan, dan seluruh hidup kita belum sepenuhnya mencerminkan kepercayaan kita kepada Tuhan. Kita pun hendak terus bertekun dalam iman sambil memohon pertolongan Tuhan, “Aku percaya. Tolonglah aku yang tidak percaya ini!” (Mrk.9:24)

1. Bagaimana Yesus menyikapi ketidakpercayaan orang-orang di sekitar-Nya?
2. Apa respons yang tepat atas teguran Tuhan?

Pokok Doa: Agar makin bertekun dalam iman.





Jangan lupa tetap prokes, pakai masker, cuci tangan, jauhi kerumunan, dan terlebih jika belum vaksin segera vaksin. Supaya dapat menolong orang lain dan diri terhindar dari covid 19.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.