DOA BUKAN SEKADAR CARA UNTUK MEMINTA ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

DOA BUKAN SEKADAR CARA UNTUK MEMINTA

Gema suara Illahi. 
 Gimana kabarnya Bpk ibu sdr yang terkasih dalam Tuhan. Saya harap tetap sehat, dan doa saya selalu dalam penyertaan dan perlindungan Allah. Selamat beribadah di minggu ini. 

Lukas 11:1-13
“Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.” (Luk. 11:9)

Suatu saat di pusat perbelanjaan saya memperhatikan tantrum dari seorang balita. Ia menangis kencang sambil berguling-guling di mal. Suaranya sangat keras dan mengganggu. Ia pun memukul-mukul kaki ibunya yang berdiri sambil memperhatikan. Sepertinya ia ingin membeli es krim, tetapi sang ibu tidak memperbolehkan. Kejadian itu menjadi tontonan banyak orang. Namun, sang ibu tetap tidak menuruti kemauan anaknya. Akhirnya, balita itu diam dengan sendirinya dan mengikuti ibunya yang mulai berjalan. Ibu itu tentu punya alasan untuk tidak menuruti kemauan anaknya. Tentu saja tidak semua keinginan anak harus diikuti.

Dalam teks Alkitab hari ini Yesus berkata bahwa kita dapat meminta, mencari, dan mengetok. Kita akan memperolehnya. Namun, apakah berarti bahwa kita dapat meminta segala-galanya? Jika segala yang kita minta dikabulkan Tuhan, maka Tuhan seperti hamba yang bisa disuruh dan diperintah oleh kita. Ajaran Tuhan tidak seperti itu. Teks Alkitab ini berkaitan dengan doa. Apa itu doa? Relasi yang dekat dengan Tuhan yang kita sebut sebagai Bapa. Bapa kita adalah Bapa yang baik. Bapa yang akan memberikan ikan dan telur kepada anak yang memintanya. Ia tidak akan memberikan yang jahat.
Pembaca yang terkasih dalam doa permintaan kita, mari kita melakukan evaluasi. Apakah permintaan kita itu baik? Apakah permintaan itu sesuai dengan kebutuhan kita, bukan sekadar keinginan? Dalam doa, saat kita meminta kepada Sang Bapa, yang utama adalah relasi kita dengan Sang Bapa. Doa bukan sekadar cara untuk meminta, melainkan juga cara untuk mengenal kuasa Sang Bapa.
1. Siapa yang datang mengetuk rumah sahabatnya?
2. Apakah doa permintaan Anda berisi keinginan atau kebutuhan?

Jangan lupa tetap prokes, pakai masker, cuci tangan, jauhi kerumunan, dan terlebih jika belum vaksin segera vaksin. Supaya dapat menolong orang lain dan diri terhindar dari covid 19.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.