MENDENGARKAN PENGUJI ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

MENDENGARKAN PENGUJI

 Gema suara Illahi

Yeremia 6:20-30

“Aku telah mengangkat engkau di antara umat-Ku sebagai penguji, engkau harus tahu bagaimana menyelidikinya dan harus menguji tingkah laku mereka.” (Yer. 6:27)

Dosen penguji skripsi adalah dosen yang ditugaskan oleh kampus untuk menguji skripsi mahasiswa. Dosen penguji skripsi bertugas untuk menguji tingkat penguasaan mahasiswa atas skripsinya, mengevaluasi naskah skripsi, memberikan masukan perbaikan, dan memberikan penilaian. Dosen penguji terkadang menjadi salah satu sosok yang dihindari mahasiswa. Namun, sebetulnya, keberadaan dosen penguji skripsi penting demi memastikan mahasiswa mengerjakan tugas akhirnya itu dengan baik.

Di dalam teks Alkitab hari ini, Tuhan menempatkan Yeremia sebagai penguji bagi bangsa Israel. Kata “penguji” dalam bahasa Ibrani digunakan terkait dengan pengujian logam mulia melalui peleburan. Tugas Yeremia tidak hanya menguji tingkah-tingkah umat Allah, kemudian melaporkannya kepada Allah. Ia juga mencoba “meleburnya”. “Meleburnya” di sini memiliki arti menolong kehidupan umat agar seturut firman Tuhan. Sayangnya, umat Israel tidak berhasil diuji dan dilebur. Mereka menjadi seperti perak yang tidak murni yang ditolak. Akibatnya, mereka harus menanggung konsekuensi dari perbuatan mereka. Bangsa lain kemudian menyerbu dan menghancurkan bangsa Israel.
Sepenggal lagu ... Ujilah aku Tuhan
 Kaulah yang layak terima pujian kami ya Tuhan
Oh Kau ditidikan
Oh-oo
Ujilah aku Tuhan
Cobalah aku Tuhan
Selidiki batinku dan hatiku
Mataku tertuju pada-Mu
Aku cinta pada-Mu Tuhan
Aku rindu hadirat-Mu Tuhan
Aku ingin selalu dekat pada-Mu
Menikmati kehadiran-Mu

Pembaca yang berbahagia, Tuhan juga menempatkan penguji seperti Yeremia di sekitar kita. Mereka adalah orang-orang yang hadir untuk menolong kita agar kita dapat berjalan seturut dengan kehendak Allah. Mereka mengingatkan dan menguji kita. Mari kita berjuang untuk tidak menolak penguji yang Tuhan tempatkan di sekitar kita. Sebaliknya, mari kita belajar untuk berjalan seturut kehendak Allah melalui kehadiran mereka.

1. Apakah tugas Yeremia sebagai penguji bagi bangsa Israel?
2. Bagaimanakah kita memaknai kehadiran penguji-penguji yang Tuhan tempatkan di sekitar kita?

Pokok Doa: Kerendahan hati untuk menjalani pembelajaran dari Tuhan.




Jangan lupa tetap prokes ya, pakai masker, cuci tangan dan selalu hormati orang lain dan jaga kesehatan. Kàrena covid 19  blum hilang. Gbu.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.