SABAT ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

SABAT

Salom gimana kabarnya hari ini, sehat pastinya bukan, selamat berkarya dan selamat beribadah. 

Lukas 13:10-17
“Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas perempuan itu, dan seketika itu juga berdirilah perempuan itu, dan memuliakan Allah.” (Luk. 13:13)

Di dalam salah satu kelas katekisasi salah seorang katekisan pernah bertanya, “Apakah kita boleh melakukan kegiatan di hari Sabat? Bukankah ada perintah Tuhan untuk mengingat dan menguduskan hari Sabat?” Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang tidak hanya timbul di benak katekisan. Dalam berbagai kesempatan, pertanyaan ini juga pernah ditanyakan oleh anak Sekolah Minggu, pemuda, bahkan orang dewasa. Lalu pertanyaannya, bagaimanakah seharusnya sikap kita?

Di dalam Lukas 13:10-17 kita juga diajak untuk melihat bahwa pertanyaan itu juga merupakan salah satu pertanyaan di masa Yesus. Yesus, di dalam kisah Alkitab, menyembuhkan orang pada hari Sabat. Satu hal yang dilarang di masa itu oleh orang-orang Yahudi terkait dengan beraktivitas di hari Sabat. Orang Yahudi memang punya aturan yang ketat terkait hari Sabat karena berhubungan dengan hukum Taurat mengenai “ingat dan kuduskanlah hari Sabat”. Lalu mengapa Yesus melanggar hukum Taurat? Sebetulnya, apa yang dilakukan oleh Yesus bukanlah melanggar hukum Taurat. Yesus justru ingin mengingatkan kepada orang-orang di rumah ibadat bahwa yang utama dari mengingat dan menguduskan hari Sabat adalah melakukan tindakan yang memuliakan Allah. Maka, bukan aturannya, melainkan tindakan yang memuliakan Allah.

Pembaca yang berbahagia, marilah kita memaknai setiap aturan agama dengan baik. Yang terutama bukan sekadar mengikuti aturan agama, melainkan bagaimana tindakan kita memuliakan Allah.
1. Mengapa Yesus mengatakan kepala rumah ibadat sebagai seorang yang munafik?
2. Apakah tindakan yang ingin kita lakukan untuk memuliakan Allah?
Pokok Doa: Ibadah Minggu yang dijalani di berbagai tempat.

Jangan lupa tetap proses ya, pakai masker, cuci tangan dan selalu hormati orang lain dan jaga kesehatan. Kàrena covid 19  blum hilang. Gbu.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.