Allah menjaga ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Allah menjaga

Ayat pengantar 
Selamatkanlah kami, ya TUHAN, Allah kami, dan kumpulkanlah kami dari antara bangsa-bangsa, supaya kami bersyukur kepada nama-Mu yang kudus, dan bermegah dalam puji-pujian kepada-Mu. (Mazmur 106:47)
Bacaan Alkitab
16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, 17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. 18 Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu. (Yohanes 14:16-18)
Bagaikan seorang ayah yang tidak akan membiarkan anak-anaknya berjalan menghadapi kesukaran seorang diri demikianlah Tuhan akan senantiasa menyertai umat-Nya. Seorang ayah yang mengasihi anaknya tidak akan membiarkan anak-anaknya menghadapi kesukaran tanpa dirinya mendampingi mereka. Kalaupun semisalnya saat itu ia sedang memiliki tugas yang lain sehingga secara pribadi tidak dapat menyertai anaknya, ia pasti akan menyuruh orang yang dapat diandalkan untuk menemani sang anak. Demikian juga halnya dengan Tuhan. Karena Ia mengasihi umat-Nya, Ia tidak akan meninggalkan mereka berjalan seorang diri mengarungi kehidupan di dunia ini. Ia akan menyertai mereka
Janji bahwa Ia akan senantiasa menyertai umat-Nya inilah yang Tuhan Yesus sampaikan kepada para murid-Nya sebagaimana yang dicatat di dalam Yohanes 14. Di situ ditulis bahwa Ia berkata kepada mereka: "Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu." Artinya Ia tidak akan membiarkan mereka menjalani kehidupan di dunia ini seorang diri. Oleh karena itu Ia berkata: "Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya." Yang Ia maksud dengan Penolong ini adalah Roh Kudus yang akan menyertai para pengikut-Nya sampai selama-lamanya.  
Pertanyaan untuk Direnungkan
Apabila Tuhan senantiasa menyertai diri Anda, perlukah Anda merasa kuatir akan hari esok? Mengapa demikian?
Aksion kita. 
Mari jika Tuhan, selslu setia dan tidak akan pernah meninggalkan umat-Mu. Melewati semua musim dalam kehidupan yang telah kulalui, kasih setia-Mu tetap dan tidak pernah berubah untuk selama-lamanya. Penyertaan-Mu memberikan damai sejahtera di dalam jiwaku dan menyanggupkan diriku untuk menghadapi hari esok tanpa ragu. Aku percaya Engkau selalu memegang hidupku dengan tangan-Mu dan tidak akan pernah melepaskannya dari genggaman-Mu. Oleh sebab itu aku dapat menghadapi hari depanku dengan penuh pengharapan dan tanpa keputusasaan.
Doa
Mengawali hari ini aku kembali merendahkan diri di hadapan-Mu dan menyerahkan hidupku ke dalam tangan-Mu. Aku sadar akan keterbatasan diriku dan di saat yang sama aku percaya akan ketidakterbatasan dari kasih dan kuasa-Mu. Dengan berharap kepada-Mu aku melangkah memasuki hari ini. Tuntun dan sertailah diriku dengan Roh dan firman-Mu. Tolonglah diriku agar aku mampu mengisi hari ini dengan kehidupan yang tidak sia-sia namun yang memuliakan nama-Mu dan menjadi berkat bagi sesamaku. Di dalam nama Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamatku, aku berdoa. Amin.

 

 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.