Kesaksian yang tepat ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

 Kesaksian yang tepat

Bacaan Alkitab

20 Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; 21 supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. (Yohanes 17:20, 21)
Pengantar untuk Renungan
Kesaksian kristiani yang efektif tidaklah terpisah dari kesatuan di antara para pengikut Kristus. Di dalam bahasa Inggris terdapat pepatah yang artinya adalah tindakan-tindakan kita bersuara lebih nyaring dibandingkan kata-kata kita. Dengan kata lain, apabila perbuatan kita tidak selaras dengan apa yang kita katakan, maka sangatlah kecil pengaruh dari kata-kata kita tersebut bagi orang yang mendengarnya. Prinsip ini juga berlaku dalam hal kesaksian kita kepada orang-orang di sekitar kita. Apabila kesaksian kita secara lisan tidak sesuai dengan perilaku kita sehari-hari, maka kesaksian kita tersebut tidak akan berdampak secara efektif dalam diri orang yang mendengarnya.
Pentingnya keterpaduan antara kesaksian secara lisan dengan perbuatan kita tersebut terlihat dari doa yang diucapkan oleh Yesus Kristus dan dicatat di dalam Yohanes 17. Di situ Ia berdoa agar para pengikut-Nya hidup di dalam kesatuan agar supaya dunia percaya terhadap kesaksian yang mereka beritakan. Di dalam hal ini yaitu kesaksian bahwa Allah telah mengutus Yesus sebagai Sang Juruselamat. Artinya hanya bila para pengikut Kristus hidup berdamai satu sama lain barulah orang akan mempercayai berita perdamaian dengan Allah melalui Kristus yang mereka wartakan. Itu sebabnya kesaksian kristiani baru akan menjadi efektif bila para pengikut Kristus hidup dalam kesatuan.
Pertanyaan untuk Direnungkan
Sudahkah perbuatan-perbuatan Anda sesuai dengan kata-kata Anda? Sebutkan beberapa contoh dari hal tersebut.?
Aksion.
Mari Tuhan, menolong diri kita gar dapat menjadi saksi-Mu yang efektif di manapun diri kita berada. Yaitu bukan bersaksi hanya dengan kata-kata belaka, namun melalui perilaku hidup yang sesuai dengan firman-Mu. Sehingga dengan demikian hidupku sehari-hari merupakan surat Kristus yang terbuka dan yang dapat dibaca oleh semua orang. Itulah hidup yang mencerminkan kasih, kebenaran dan kesetiaan-Mu. Ampunilah diriku apabila acapkali aku masih hidup di dalam kemunafikan. Dengan anugerah dan pertolongan Roh Kudus-Mu mampukan diriku untuk menjadi pelaku dari firman-Mu.
Doa
Mengawali hari ini kembali aku menyerahkan diriku ke dalam tangan-Mu. Tuntunlah hidupku dengan kebenaran firman-Mu agar hidupku berkenan kepada-Mu. Sertai diriku di sepanjang hari ini dengan Roh Kudus-Mu, karena hanya di dalam penyertaan-Mu aku mengalami damai sejahtera yang tak tergantung kepada keadaan di sekitarku. Tolonglah diriku agar mampu mengisi hari ini dengan kehidupan yang tidak sia-sia. namun yang produktif dan penuh dengan makna. Jangan biarkan diriku terjerumus ke dalam pencobaan dan bebaskanlah aku dari pada yang jahat. Yang sakit Tuhan sembuhkan,yang lemah Tuhan kuatkan, yang bergumul Tuhan lebarkan jalan, yang  sedih dan berduka Tuhan hiburkan yang miskin Tuhan perkays, yang kaya Tuhan taruh hikmat Untuk murah hati dan peduli kepada Tuhan dan Hamba Tuhan. Di dalam nama Yesus Kristus, Tuhan dan Gembala yang baik, aku berdoa. Amin.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.