Melayani Sesama ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

 Melayani Sesama

Yohanes 21:17)

Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: "Apakah engkau mengasihi Aku?" Dan ia berkata kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku. (Yohanes 21:17)

Orang yang sungguh-sungguh mengasihi Kristus akan dengan sukarela melayani sesamanya manusia. Sebagaimana Kristus datang ke dunia bukan untuk kepentingan diri-Nya sendiri, atau bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani demikianlah para pengikut-Nya harus hidup dengan tujuan yang sama. Sebab bila orang benar-benar mengasihi Kristus maka ia akan mengikuti jejak-Nya. Sehingga iapun akan hidup melayani sesamanya seperti yang telah dilakukan oleh Kristus. Hal ini berarti apabila orang tidak bersedia melayani orang lain, artinya ia hidup dengan sikap yang egois, maka hal tersebut menunjukkan bahwa sesungguhnya ia tidak sungguh-sungguh mengasihi Tuhan.
Pentingnya melayani sesama sebagai wujud dari kasih kepada Tuhan ini dikemukakan oleh Yesus di dalam Yohanes 21. Kepada Petrus tiga kali Ia bertanya: "Apakah engkau mengasihi Aku?" Dan setiap kali Petrus menjawab: "Aku mengasihi Engkau," maka Yesuspun menanggapinya dengan berkata: "Gembalakanlah domba-domba-Ku." Dengan berkata demikian Yesus menegaskan bahwa apabila Petrus sungguh-sungguh mengasihi Dia maka yang bersangkutan harus mewujudkan kasih itu dengan melayani sesamanya, yaitu para pengikut Kristus yang lain. Singkat kata, orang yang sungguh-sungguh mengasihi Tuhan tidak akan hidup dengan sikap yang egois namun dengan sukarela melayani sesamanya manusia.
Pertanyaan untuk Direnungkan
Sudahkah Anda sungguh-sungguh mengasihi Kristus? Apakah buktinya?
Aksion.
Jika kita mengaku Tuhan, aku mengaku bahwa acapkali aku hidup mementingkan diriku sendiri. Sebaliknya dari hidup sebagai orang yang sungguh-sungguh mengasihi diri-Mu, sebenarnya aku masih mengasihi diriku sendiri melampaui yang sepatutnya. Oleh sebab itu tolonglah diriku dengan anugerah-Mu agar aku dapat mengasihi-Mu seperti Engkau mengasihi diriku. Di dalam kasih-Mu itu aku melayani sesamaku manusia dengan penuh kasih dan kerendahan hati. Sehingga dengan demikian hidupku mencerminkan hati-Mu dan nama-Mu dimuliakan melalui kehidupanku.
Doa
Di awal dari hari ini aku kembali merendahkan diriku di hadapan-Mu dan mengucap syukur untuk kebaikan-kebaikan-Mu yang telah kualami di hari-hari yang lalu. Aku percaya bahwa kemurahan-Mu tidak berkesudahan atas hidupku. Oleh sebab itu aku memohon peganglah hidupku dengan kasih setia-Mu. Tuntun dan sertailah hidupku di sepanjang hari ini dengan firman dan Roh-Mu. Berkatilah semua yang kukerjakan dengan keberhasilan, dan jadikanlah diriku saluran berkat-Mu. Sembuhkan sakitku, lindungi pekerjaanku, sertai perjalananku, berkati kemiskinanku agar aku kaya kemurahanmu, berkati kekayaanku agar aku memiliki belas kasihan perluas daerah kerjaku agar aku dapat menjadi saksimu dimanapun diriku berada. Di dalam nama Yesus Kristus, Tuhanku, aku berdoa. Amin.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.