Mempercayai Janji Tuhan ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Mempercayai Janji Tuhan

Yohanes 20:27-29)

27 Kemudian Ia berkata kepada Tomas: "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah." 28 Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!" 29 Kata Yesus kepadanya: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."

Wujud dari iman adalah mempercayai janji Tuhan walaupun belum melihat penggenapan dari janji tersebut. Pada umumnya orang baru mempercayai bahwa kata-kata yang ia dengar merupakan suatu kebenaran apabila ia sudah melihat bukti dari kata-kata tersebut secara kasat mata. Itulah yang disebut sebagai percaya secara empiris. Namun iman di dalam Alkitab lebih dari sikap percaya yang seperti itu. Sebab dasar dari iman adalah mempercayai siapa yang mengucapkan kata-kata tersebut. Karena kita percaya bahwa Tuhan adalah pribadi yang dapat diandalkan, sehingga walaupun belum melihat penggenapan dari janji-Nya kita tetap percaya kepada firman yang Ia ucapkan.
Iman seperti itulah yang dikemukakan Yesus sebagaimana yang dicatat di dalam Yohanes 20. Di situ ditulis Yesus berbicara kepada Tomas, murid-Nya yang berkata bahwa ia baru akan percaya Yesus telah bangkit dari kematian setelah ia meraba luka Yesus dengan tangannya. Untuk itu Yesus berkata kepada Tomas: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya." Dengan berkata seperti demikian Yesus menegaskan bahwa iman adalah mempercayai janji Tuhan walaupun belum melihat penggenapan dari apa yang Ia janjikan. Iman yang seperti itu akan mendatangkan kebahagiaan bagi orang yang hidup di dalamnya.
Pertanyaan untuk Direnungkan
Adakah janji Tuhan yang masih Anda ragukan kebenarannya? Mengapa begitu?
Aksion
Mari ingat kepadaTuham  adalah pribadi yang benar dan setia. Tidak akan pernah Engkau mengingkari janji-Mu. Apapun yang Engkau ucapkan adalah benar dan pasti akan Engkau genapi pada waktunya. Oleh sebab itu tambahkanlah imanku kepada-Mu. Sehingga dengan demikian aku dapat menjalani hidup ini dengan bergantung pada firman-Mu dan bukan pada apa yang kulihat di sekitarku. Sebab apabila aku menyandarkan hari esokku kepada keadaan di sekitarku maka rasa bimbang dan kuatir akan mewarnai hidupku. Sedangkan bila aku bersandar pada firman-Mu maka aku tidak akan pernah dikecewakan.
 
Doa
Pagi hari ini kembali aku bersyukur kepada-Mu sebab Engkau bersedia mendengar dan menjawab doaku yang sesuai dengan janji-Mu. Tuhan, sertai dan tuntunlah hidupku di sepanjang hari ini. Penyertaan dan tuntunan-Mu memberi jaminan bahwa hari ini akan kulalui dalam kehidupan yang bermakna, serta limpah dengan berkat-Mu. Jangan biarkan diriku terjerumus ke dalam pencobaan dan lindungilah diriku terhadap hal-hal yang jahat.berikanlah penghiburan kepada yang berduka, dan sedih,berikanlah kekuatan kepada yang lemah, berikanlah jalan keluar bagi yang dalam pergumulan, berikanlah kedamaian kepada yang bertikai, berikanlah keluasan wilayah bagi yang bekerja ataupun usaha. dan berikan pertobatan kepada yang hari ini mencari jalan terang, dan berikan kesembuhan bagi yang sakit. Pakailah diriku sebagai saluran kasih-Mu bagi orang-orang yang ada di sekitarku. Di dalam nama Yesus Kristus, Tuhan yang setia, aku berdoa. Amin.

 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.