Pengorbanan Kristus ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Pengorbanan Kristus

Yohanes 19:28-30
28 Sesudah itu, karena Yesus tahu, bahwa segala sesuatu telah selesai, berkatalah Ia -- supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci --: "Aku haus!" 29 Di situ ada suatu bekas penuh anggur asam. Maka mereka mencucukkan bunga karang, yang telah dicelupkan dalam anggur asam, pada sebatang hisop lalu mengunjukkannya ke mulut Yesus. 30 Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.

Melalui pengorbanan-Nya di kayu salib Yesus telah menyelesaikan karya penyelamatan-Nya secara sempurna. Sebagaimana yang umumnya dilakukan oleh para seniman lainnya, para pemahat di Yunani pada masa lampau sesudah menyelesaikan pekerjaannya akan memeriksa hasil karyanya. Apabila sesudah mengamatinya dan ia merasa puas dengan hasil pahatannya itu maka ia akan berkata: "Tetelestai." Itulah kata di dalam bahasa Yunani yang artinya sudah selesai. Dengan berkata seperti demikian ia menyatakan bahwa tidak ada apapun yang perlu dilakukan terhadap hasil karya yang telah ia kerjakan. Semuanya sudah selesai secara genap.
Kata yang sama yang Yesus ucapkan di kayu salib. Sebagaimana yang dicatat di dalam Yohanes 19 menjelang Ia menyerahkan nyawa-Nya Yesus berkata: "Sudah selesai," atau di dalam bahasa Yunani "tetelestai." Dengan mengucapkan kata tersebut Yesus menyatakan bahwa pengorbanan yang Ia lakukan di kayu salib telah sempurna. Sama seperti seorang seniman yang telah menyelesaikan pekerjaannya demikianlah Ia telah membayar dengan lunas hukuman dosa yang seharusnya menimpa diri kita. Singkat kata, melalui pengorbanan-Nya di kayu salib Yesus telah menyelamatkan umat manusia secara sempurna sehingga tidak ada upaya apapun yang perlu ditambahkan agar kita dibebaskan dari hukuman dosa.
Pertanyaan untuk Direnungkan
Apabila pengorbanan Yesus di kayu salib telah menyelamatkan Anda secara sempurna, masih perlukah Anda melakukan perbuatan yang baik? Mengapa demikian?
Aksion
Mari Tuhan, aku memuji nama-Mu karena melalui pengorbanan-Mu di kayu salib Engkau telah menyelamatkan diriku secara sempurna. Masa lampauku yang kelam Engkau hapuskan, dan masa depan yang baru Engkau bentangkan. Korban-Mu yang satu kali dan untuk selama-lamanya itu sungguh sangat mulia. Tidak ada apapun yang perlu kutambahkan untuk mengalaminya. Hanya satu hal yang perlu kukerjakan untuk menanggapi anugerah-Mu itu, yaitu hidup bersyukur kepada-Mu. Ucapan syukur yang perlu kuwujudkan melalui perbuatan-perbuatan yang berkenan kepada-Mu.
Doa
Pagi hari ini kembali aku menyerahkan hidupku ke dalam tangan-Mu. Mampukan diriku untuk mengisi hari ini dengan kehidupan yang menyenangkan hati-Mu. Sehingga dengan demikian hari ini bukan merupakan hari yang sia-sia namun yang penuh dengan makna. Pakailah hidupku menjadi saksi-Mu yang mewartakan anugerah-Mu kepada mereka yang belum mengenalnya. Supaya dengan demikian mereka akan datang kepada-Mu untuk mengalami kasih-Mu. Tuntunlah diriku dan jangan biarkan diriku terjerumus ke dalam pencobaan. Di hidupku hari ini kau yang punya, kuasa, yang sakit  Tuhan sembuhkan, yang lemah Tuhan kuatkan yang dalam pergumulan Tuhan beri jalan keluar, yang miskin Tuhan perkaya, yang kaya Tuhan Beri hati kedermawanan, yang kerja perluas daerah kerjanya, yang belum dapat jodoh temukanlah. Dalam nama Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamatku, aku berdoa. Amin.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.