Tindakan berkenan Kepada Tuhan ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

 Tindakan berkenan Kepada Tuhan

Yohanes 18:10, 11)

10 Lalu Simon Petrus, yang membawa pedang, menghunus pedang itu, menetakkannya kepada hamba Imam Besar dan memutuskan telinga kanannya. Nama hamba itu Malkhus. 11 Kata Yesus kepada Petrus: "Sarungkan pedangmu itu; bukankah Aku harus minum cawan yang diberikan Bapa kepada-Ku?"
      Niatan yang baik bila tidak selaras dengan kehendak Tuhan tidak akan menghasilkan dampak yang baik. Hal ini sama seperti seorang ibu yang bermaksud untuk menolong anaknya yang mengalami radang mata. Ia mengambil obat dan dengan maksud yang baik meneteskannya ke mata anaknya. Namun masalahnya yang ia teteskan adalah larutan yodium yang biasa digunakan untuk mengobati luka. Walaupun maksud dari sang ibu adalah baik tetapi dampak yang terjadi atas mata anaknya tidaklah baik. Bisa jadi sang anak malahan akan menjadi buta. Artinya, niatan yang baik saja tidaklah cukup. Niatan yang baik baru akan benar-benar baik bila hal itu sesuai dengan kehendak Tuhan.
Kebenaran ini dapat dilihat dari apa yang Yesus katakan kepada Petrus seperti yang dicatat di dalam Yohanes 18. Di situ ditulis bahwa Petrus bermaksud untuk membela Yesus yang akan ditangkap di taman Getsemani. Untuk itu Petrus menghunus pedangnya. Namun maksud Petrus yang baik ini tidak sesuai dengan kehendak Allah. Sebab seperti yang Yesus katakan bahwa penangkapan dan penderitaan yang akan Ia alami itu merupakan cawan dari Allah Bapa yang harus Ia minum. Oleh karena itu Yesus berkata kepada Petrus: "Sarungkan pedangmu itu." Hal ini menunjukkan bahwa niatan yang baik bila tidak sesuai dengan kehendak Tuhan tidak akan menghasilkan dampak yang baik.
Pertanyaan untuk Direnungkan
Apa yang perlu Anda lakukan untuk mengenal kehendak Allah? Mengapa demikian
Aksion
Ingat bahwa Tuhan, kehendak-Mu adalah sempurna dan jalan-jalan-Mu tidak pernah salah. Hanya apabila aku hidup sesuai dengan kehendak-Mu maka barulah hidupku tidak sia-sia namun mendatangkan hasil yang maksimal. Tolonglah diriku, ya Tuhan, agar aku dapat mengenal kehendak-Mu dan hidup di dalam ketaatan kepada rencana-Mu. Sehingga niatan baik yang ada padaku tidaklah sia-sia, sebab aku melakukannya sesuai dengan kehendak-Mu. Oleh karena itu berikanlah kepadaku hati yang peka dan taat terhadap tuntunan-Mu, sehingga semua tindakanku berkenan kepada-Mu.
Doa
Aku berterima kasih untuk hari yang baru yang Engkau berikan kepadaku. Mampukanlah diriku untuk mengisi kesempatan yang baru ini dengan kehidupan yang produktif dan berdampak positif bagi lingkunganku. Tuntun dan sertailah diriku di setiap waktu. Berikan kepadaku hikmat yang dari pada-Mu agar aku dapat membuat keputusan-keputusan yang benar yaitu yang sesuai dengan kehendak-Mu. Mampukan diriku untuk mengerjakan tugas dan tanggung jawabku pada hari ini dan berkatilah semua yang kukerjakan dengan keberhasilan. Di dalam nama Yesus Kristus, Tuhanku, aku berdoa. Amin.

Share:

1 komentar:

  1. Aku percaya bahwa tuhan yesus juru slamat kami yg hidup apapun yg terjadi dlm hidup aku berserah kpd tuhan yesus🙏🙏🙏🙏😭😭

    BalasHapus

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.