Allah adalah Pribadi yang setia ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

 Allah adalah Pribadi yang setia

11 Karena iman ia juga dan Sara beroleh kekuatan untuk menurunkan anak cucu, walaupun usianya sudah lewat, karena ia menganggap Dia, yang memberikan janji itu setia. 12 Itulah sebabnya, maka dari satu orang, malahan orang yang telah mati pucuk, terpancar keturunan besar, seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut, yang tidak terhitung banyaknya. (Ibrani 11:11, 12)

Iman bahwa Allah adalah pribadi yang setia akan memungkinkan kita untuk melewati masa yang sukar dengan berkemenangan. Bahwasanya hidup di dunia ini tidaklah terlepas dari kesukaran merupakan suatu realitas yang tidak dapat dipungkiri. Memang Allah tidak pernah berjanji bahwa kita sebagai umat-Nya akan hidup bebas dari kesukaran. Namun yang pasti Allah adalah pribadi yang setia, sehingga janji-Nya yang indah bagi umat-Nya tidak akan pernah diingkari-Nya.  Oleh sebab itu orang yang percaya kepada kesetiaan-Nya tidak akan pernah dikecewakan-Nya. Di dalam iman tersebut kita akan mampu melewati masa yang sukar dan mengalami penggenapan dari janji-Nya tepat pada waktunya.
Bahwasanya iman kepada Allah tidak akan mengecewakan itulah yang dialami oleh Abraham dan Sara seperti yang ditulis di dalam Ibrani 11. Usia mereka sudah lanjut ketika Allah berjanji bahwa Ia akan memberkati mereka dengan keturunan. Sedangkan Sara adalah perempuan yang mandul. Tahun berganti tahun mereka belum juga dikaruniai anak. Artinya semakin sukar bagi mereka untuk berketurunan. Namun Abraham tetap percaya kepada janji Tuhan, "karena ia menganggap Dia, yang memberikan janji itu setia." Iman yang tidak sia-sia. Karena pada waktunya Allah menggenapi janji-Nya, sehingga dari Abraham dan Sara terpancarlah keturunan yang tidak terhitung banyaknya.

Pertanyaan untuk Direnungkan
Bagaimana seharusnya sikap Anda kepada Allah ketika janji-Nya belum kunjung Anda alami? Mengapa demikian?

Aksion.
Mari Tuhan, Engkau setia dan kesetiaan-Mu tidak pernah berubah untuk selama-lamanya. Apabila semua yang di dunia ini berubah sehingga tidak dapat diandalkan, tidak demikian dengan diri-Mu. Apapun yang Engkau janjikan pasti akan Engkau genapi pada waktunya. Tidak ada satupun dari firman-Mu yang Engkau ingkari. Dengan bersandar pada kesetiaan-Mu itu kulewati setiap musim dalam kehidupanku. Aku yakin sesukar apapun kesulitan yang kualami kesetiaan-Mu lebih besar dari semuanya itu. Oleh sebab itu aku tidak mau berputus asa, karena aku yakin pada waktunya Engkau akan menggenapi rencana-Mu dalam hidupku.

Doa
Dengan bersyukur kepada-Mu aku menyambut hari yang baru yang Engkau berikan kepadaku. Aku berterima kasih untuk semua kebaikan-Mu yang telah kualami di hari-hari yang silam. Aku yakin sebagaimana Engkau telah menyertai dan menuntun hidupku di waktu yang lalu, hari ini Engkau akan kembali mengerjakan hal yang sama. Bawalah diriku untuk senantiasa hidup sesuai dengan kehendak-Mu, supaya dengan demikian kehidupanku merupakan persembahan yang berkenan kepada-Mu. Jadikanlah diriku berkat bagi sesamaku. Di dalam nama Yesus Kristus, Tuhanku, aku berdoa. Amin.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.