Berharga Semua Yang Percaya Kristus ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Berharga Semua Yang Percaya Kristus

20 Memang ada banyak anggota, tetapi hanya satu tubuh. 21 Jadi mata tidak dapat berkata kepada tangan: "Aku tidak membutuhkan engkau." Dan kepala tidak dapat berkata kepada kaki: "Aku tidak membutuhkan engkau." 22 Malahan justru anggota-anggota tubuh yang nampaknya paling lemah, yang paling dibutuhkan. (1Korintus 12:20-22)
 
Di dalam Kristus semua orang yang percaya kepada-Nya adalah sama-sama berharga dan tidak ada yang tidak berguna. Pada umumnya orang menilai seseorang berdasarkan kedudukan, kekayaan, ataupun bakat dan kepandaian yang ia miliki. Semakin tinggi kedudukan seseorang, semakin limpah harta yang ia miliki, semakin banyak bakat yang ada pada dirinya, serta semakin pandai orang tersebut maka orang akan menganggap yang bersangkutan sebagai pribadi yang semakin berharga. Tetapi tidak demikian halnya bagi Kristus. Ia memandang setiap pengikut-Nya sebagai pribadi yang mulia, sama-sama berharganya dan tidak seorangpun di antara mereka yang tidak berguna di mata-Nya.

Penerimaan dan penghargaan Kristus terhadap semua pengikut-Nya ini diutarakan rasul Paulus dalam 1Korintus 12. Di situ ia menggambarkan para pengikut Kristus bagaikan anggota-anggota dari satu tubuh. Kemudian ia menulis bahwa semua anggota tubuh tersebut saling membutuhkan satu sama lain. Bahkan ia berkata: "Malahan justru anggota-anggota tubuh yang nampaknya paling lemah, yang paling dibutuhkan." Berarti sesungguhnya semua kita berharga di mata Kristus. Siapapun diri kita, entah berfungsi sebagai mata ataupun tangan pada tubuh-Nya adalah sama-sama berharga di hadapan-Nya. Bukan itu saja, di dalam pemandangan-Nya kita semua adalah pribadi yang berguna.

Apa yang seharusnya menjadi tanggapan Anda terhadap penerimaan dan penghargaan Kristus terhadap diri Anda? Mengapa demikian?

 Aksion

Tuhan, aku bersyukur kepada-Mu karena Engkau bersedia menerima diriku apa adanya. Di dalam kasih-Mu yang sangat besar itu Engkau memandang diriku sebagai pribadi yang berharga, karena sesungguhnya kasih-Mu telah mengangkat harkat hidupku. Engkau memandang diriku sebagai pribadi yang berharga bukan karena apa yang aku miliki ataupun yang telah kucapai di dalam hidupku, namun Engkau yang telah menciptakan diriku dengan tujuan yang mulia. Itu sebabnya Engkau memandang diriku sebagai pribadi berguna, yaitu berguna untuk memenuhi rencana-Mu yang mulia.
Doa. 
Kembali pagi hari ini aku mengucap syukur kepada-Mu untuk hari-hari yang telah kulalui di dalam anugerah-Mu. Kebaikan-Mu sungguh berlimpah-limpah dalam hidupku. Aku mempercayakan diriku di sepanjang hari ini ke dalam kemurahan-Mu. Tuntun dan sertailah diriku di setiap waktu. Mampukan diriku untuk mengerjakan tugas dan tanggung jawabku dengan sebaik-baiknya. Supaya dengan demikian nama-Mu dimuliakan melalui kehidupanku. Jadikanlah diriku saluran berkat bagi orang-orang di sekitarku. Dalam nama Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamatku, aku berdoa. Amin.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.