Dewasa Rohani ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Dewasa Rohani

21 Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan. 22 Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah. Jadi mana yang harus kupilih, aku tidak tahu. 23 Aku didesak dari dua pihak: aku ingin pergi dan diam bersama-sama dengan Kristus -- itu memang jauh lebih baik; 24 tetapi lebih perlu untuk tinggal di dunia ini karena kamu. (Filipi 1:21-24)
  

Orang yang dewasa rohaninya tidak akan hidup hanya untuk kebaikan dirinya sendiri namun untuk membawa manfaat bagi orang lain. Sebab sikap egois dan sikap kekanak-kanakan adalah berjalan dengan seiring. Adalah wajar apabila seorang bayi belum mampu memikirkan kepentingan orang lain. Namun apabila orang sudah berusia dewasa dan ternyata ia hanya mampu memikirkan kepentingan dirinya sendiri, alias bersifat egois, maka yang bersangkutan disebut sebagai orang yang kekanak-kanakan. Oleh karena itu orang yang dewasa rohaninya tidak akan hidup dengan sikap egois. Ia tidak hanya memikirkan kepentingan dirinya sendiri namun hidup untuk membawa manfaat bagi orang lain.
Kedewasaan rohani seperti itulah yang ada di dalam diri rasul Paulus. Di dalam Filipi 1 ia menulis tentang keadaan dirinya yang didesak dari dua pihak. Di satu pihak, kematian bagi dirinya adalah berarti pergi dan diam bersama-sama dengan Kristus. Sedangkan di pihak yang lain, bila ia masih harus hidup di dunia ini maka bagi dirinya hal itu berarti "bekerja memberi buah." Ia berkata: "Diam bersama-sama dengan Kristus -- itu memang jauh lebih baik." Namun ia menulis lebih jauh: "Tetapi lebih perlu untuk tinggal di dunia ini karena kamu." Artinya, sebagai orang yang dewasa rohaninya ia tidak hidup hanya memikirkan kepentingan dirinya sendiri namun hidup untuk membawa manfaat bagi orang lain.

Pertanyaan untuk Direnungkan
Sudah dewasakah kehidupan rohani Anda? Apakah buktinya?

Aksion
Tuhan, aku menyadari bahwa Engkau memiliki rencana yang mulia atas hidupku. Yaitu agar diriku dapat menjadi saluran dari kasih-Mu bagi orang lain. Dengan demikian maka hidupku akan memuliakan nama-Mu, tidak sia-sia namun penuh dengan makna. Aku berterima kasih untuk rancangan-Mu yang indah bagi diriku tersebut. Oleh sebab itu tolonglah aku agar tidak hidup hanya memikirkan kepentingan diriku sendiri. Sebaliknya aku dapat hidup untuk membawa manfaat bagi orang lain. Di dalam sikap yang seperti demikian barulah diriku patut dinilai sebagai pribadi yang dewasa rohaninya dan hidup menyenangkan hati-Mu.

 
Doa
Pagi hari ini aku datang menghadap tahkta-Mu dan menyerahkan hidupku ke dalam anugerah-Mu. Tolonglah diriku agar dapat mengisi hari-hari menjelang akhir dari tahun ini bukan dengan kehidupan yang sia-sia namun yang penuh dengan makna. Mampukan diriku untuk mengisi waktuku dengan hal-hal yang bermanfaat bagi diriku maupun untuk sesamaku. Sertai dan tuntunlah hidupku dengan Roh-Mu. Berkatilah semua yang kukerjakan pada hari ini dengan keberhasilan. Di dalam nama Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamatku, aku berdoa. Amin.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.