Hargai Anugerah Allah ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Hargai Anugerah Allah

Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku, melainkan kasih karunia Allah yang menyertai aku. (1Korintus 15:10)

Orang yang menghargai anugerah Allah bagi hidupnya tidak akan bermalas-malasan namun akan mengisi waktunya secara bertanggung jawab. Anugerah atau kasih karunia adalah kebaikan Allah yang kita alami bukan karena kita pantas untuk menerimanya, dan juga bukan karena usaha kita, namun semata-mata karena kebaikan Allah. Tetapi bukan berarti karena kita hidup di dalam anugerah maka kita tidak perlu lagi berupaya dan boleh bermalas-malasan. Justru sebaliknya, orang yang mensyukuri kebaikan Allah itu tidak akan menyia-nyiakan anugerah yang telah diterimanya. Dengan mengandalkan anugerah Allah ia akan hidup secara bertanggung jawab, yaitu dengan bekerja sekeras mungkin.
Sikap yang bertanggung jawab ini ditunjukkan oleh rasul Paulus di dalam kehidupannya. Di dalam 1Korintus 15 ia menulis bahwa bila ia dapat menjadi seorang pengikut Kristus dan rasul-Nya, hal itu adalah karena anugerah atau kasih karunia Allah. Lebih lanjut ia berkata bahwa anugerah yang diberikan Allah kepada dirinya itu tidak sia-sia. Dengan rendah hati ia menyatakan bahwa oleh anugerah Allah dirinya telah menanggapi kebaikan Tuhan itu secara bertanggung jawab. Tentang hal tersebut ia berkata: "Aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua." Sikap ini menunjukkan bahwa orang yang menghargai anugerah Allah tidak akan bermalas-malasan, namun akan bekerja keras secara bertanggung jawab.

Pertanyaan untuk Direnungkan

Sudahkah Anda menanggapi anugerah Allah secara bertanggung jawab? Apakah bukti dari jawaban Anda tersebut?
 
Aksion
Tuhan, aku berterima kasih kepada-Mu untuk anugerah-Mu yang sangat besar bagi diriku. Engkau telah rela datang ke dunia, lahir sebagai sebagai seorang manusia, untuk menyatakan anugerah-Mu yang menyelamatkan diriku. Engkau menebus hidupku dari kesia-siaan dan kebinasaan, serta memberikan kehidupan dan masa depan yang baru bagi diriku. Kehidupan yang tidak sepatutnya aku sia-siakan dengan hidup secara tak bertanggung jawab dan bermalas-malasan. Namun harus kuisi dengan bekerja keras dalam memenuhi rancangan-Mu bagi hidupku.

Doa
Pagi hari ini dengan merendahkan diri di hadapan-Mu aku memohon pertolongan-Mu agar diriku mampu mengisi hari ini secara bertanggung jawab. Tuntunlah diriku dengan firman-Mu dan sertailah hidupku dengan Roh-Mu agar dapat sesuai dengan rencana-Mu. Jagalah diriku agar tetap hidup di dalam kerendahan hati, yaitu dengan menyadari bahwa bila aku dapat bekerja dengan keras untuk memenuhi panggilan-Mu, hal itu semata-mata karena anugerah-Mu yang menyertai diriku. Pakailah hidupku menjadi berkat bagi lingkungan di mana Engkau menempatkan diriku. Di dalam nama Yesus Kristus, Tuhanku, aku berdoa. Amin.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.