Natal. Wujud kasih Allah ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

 Natal. Wujud kasih Allah

8 Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam. 9 Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan. 10 Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: 11 Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. 12 Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan." (Lukas 2:8-12)


Kehadiran Kristus di dunia merupakan wujud dari kasih Allah yang terbesar bagi umat manusia. Apabila kasih manusia bersifat terbatas, tidak demikian halnya dengan kasih Allah. Di dalam kasihnya yang terbatas tersebut manusia membeda-bedakan orang berdasarkan tingkat sosial mereka. Orang yang kaya dan berkedudukan tinggi seringkali diperlakukan secara istimewa, sedangkan orang yang sederhana akan diabaikannya. Namun tidak demikian halnya dengan Allah. Di dalam kasih-Nya yang tidak terbatas itu Ia tidak membedakan orang berdasarkan status sosial mereka. Melalui kehadiran Kristus di dunia Ia menunjukkan bahwa Ia bersedia untuk menerima semua orang yang datang kepada-Nya.
Besarnya kasih Allah ini dicatat di dalam Lukas 2. Di situ ditulis malaikat Tuhan berkata kepada para gembala yaitu bahwa Kristus, Tuhan, telah lahir sebagai "seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan." Pemberitahuan ini menunjukkan bahwa Kristus telah memilih untuk lahir di tempat yang sederhana, yaitu kandang tempat palungan berada. Bila Ia lahir di istana maka hanya para bangsawan dan orang kaya yang dapat menjumpai diri-Nya. Namun karena Ia lahir di kandang maka para gembala yang sederhanapun dapat datang kepada-Nya. Hal ini menegaskan bahwa melalui kehadiran Kristus di dunia Allah bersedia menerima semua orang untuk datang dan mengalami kasih-Nya.

Pertanyaan untuk Direnungkan

Apabila Allah di dalam Kristus bersedia menerima semua orang, lalu apakah yang menghalangi orang untuk mengalami kasih-Nya? Mengapa demikian?

Aksioñ
 Bapa sorgawi, yañg hari ini di saat orang mengingat dan merayakan kelahiran Yesus Kristus, Putra-Mu yang tunggal di dunia, aku mengucap syukur kepada-Mu. Sebab di dalam Kristus Engkau telah menunjukkan kasih-Mu dengan menerima semua orang yang datang kepada-Mu. Aku yang tidak layak untuk menghadap kepada-Mu karena keberdosaanku telah Engkau layakkan untuk berjumpa dengan Kristus di dalam iman. Perjumpaan yang menghapuskan dosa-dosaku, membuka pintu pengampunan dan pemulihan bagi hidupku. Sungguh besar anugerah-Mu bagi diriku.

Doa
Tuhan, aku memohon pengampunan-Mu apabila kecongkakanku telah menghalangi diriku untuk datang kepada-Mu. Ubahlah hatiku, dan baharuilah hidupku dengan anugerah-Mu. Karena anugerah-Mu itu memberikan masa depan yang baru dan indah bagi hidupku. Dengan merendahkan diri di hadapan-Mu aku menyerahkan seluruh hidupku ke dalam tangan-Mu. Aku mempercayakan hari-hari yang ada di hadapanku ke dalam kemurahan-Mu. Genapilah rancangan-Mu di dalam hidupku dan bawalah diriku kepada hari esok yang telah Engkau rencanakan bagi hidupku. Di dalam nama Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamatku, aku berdoa. Amin.

Doa Bapa Kami
9 Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, 10 datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. 11 Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya 12 dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; 13 dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin. (Matius 6:9-13)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.