Melayani Itu Sukacita ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Melayani Itu Sukacita

26b Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, 27 dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu; 28 sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang." (Matius 20:26b-28)

Hidup melayani Tuhan itu adalah sukacita yang luar biasa, kenapa bersukacita, karena yang kita layani adalah Tuhan. Untuk itu sysratnya adalah kerendahan hati. 

Tuhan adalah pribadi yang rendah hati, itu sebabnya semakin kita merendahkan hati maka Ia akan semakin meninggikan kita. Adalah hal yang lumrah apabila orang menghargai orang lain yang memiliki sikap hati seperti yang ada pada dirinya. Seorang yang rajin akan menghargai orang lain yang bersikap rajin, dan tidak akan menghargai orang yang bersikap malas. Seorang yang jujur akan menghargai orang lain yang bersikap jujur, dan tidak akan menyukai orang yang suka berbohong. Demikian pula halnya dengan diri Tuhan. Karena Ia adalah pribadi yang rendah hati, itu sebabnya Ia juga akan menghargai mereka yang bersifat rendah hati. 

Penghargaan Tuhan kepada mereka yang bersifat rendah hati ini dicatat di dalam Matius 20. Di situ ditulis tentang kerendahan hati-Nya, yaitu sebagaimana yang Ia katakan: "Sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani." Perkataan-Nya ini berarti bahwa Ia menghendaki agar para pengikut-Nya hidup sama seperti diri-Nya, yaitu dengan rendah hati. Lalu Ia berkata: "Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu." Kalimat ini mengungkapkan penghargaan-Nya kepada mereka yang rendah hati. Oleh sebab itu semakin kita merendahkan hati maka Ia akan semakin meninggikan kita.

Pertanyaan untuk Direnungkan

Apakah yang perlu Anda lakukan untuk hidup di dalam kerendahan hati? Mengapa demikian?

Tindakan. 
Bersyukurlah kepada Tuhan, sebab bersyukur kepada-Mu karena Engkau telah datang di dunia dan menjadi seorang manusia. Di dalam keadaan-Mu sebagai seorang manusia Engkau telah rela mengorbankan diri-Mu untuk menyelamatkan manusia yang hina dan berdosa. Kerelaan-Mu ini mengajar diriku agar aku juga rela merendahkan hati dan melayani sesamaku manusia. Roh Kudus, tolonglah diriku agar di dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabku aku bersikap, bertutur kata dan berperilaku dengan rendah hati seperti seorang pelayan, dan bukan bersikap pongah bagaikan seperti seorang tuan. Supaya dengan demikian Engkau dimuliakan melalui hidupku.
 
Doa. 
Tuhan yang penuh dengan kasih, pimpinlah diriku agar semua yang kulakukan pada hari ini sesuai dengan kehendak-Mu. Berkatilah diriku dengan anugerah-Mu, sehingga semua yang kurencanakan, ku programkan, kukerjakan tersebut mengalami keberhasilan. Dengan Roh Kudus dan firman-Mu tuntunlah diriku agar aku sanggup membuat keputusan-keputusan yang benar dan yang memuliakan nama-Mu. Pakailah diriku menjadi saksi-Mu di manapun diriku berada. Bukalah kesempatan bagi diriku untuk berjumpa dengan orang-orang yang memerlukan kasih-Mu dan jadikan diriku sebagai kepanjangan tangan-Mu untuk melayani mereka. Di dalam nama Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamatku, aku menyerahkan doaku ini. Amin.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.