Mengasihi Allah lebih dari Pada Dunia ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Mengasihi Allah lebih dari Pada Dunia

21 Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah kemari dan ikutlah Aku." 22 Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya. (Matius 19:21, 22)

Mengikut Yesus itu membutuhkan komitmen yang tulus, kalau kita lihat dari bacaan di atas, apakah rela kita menjual semua milik kita dan menyerahkan hidup kepada Tuhan, banyak orang gak mau untuk hal ini. Pasti hitung hitungan dulu. 
 
Kristus memanggil orang untuk mengasihi diri-Nya dengan sepenuh hati, oleh sebab itu orang yang mendua hati tidak akan dapat menjadi pengikut-Nya yang sejati. Karena untuk menjadi pengikut-Nya orang harus menempatkan Kristus sebagai pribadi yang paling utama di dalam hidupnya. Untuk itu ia harus mengasihi dan menghormati Kristus lebih daripada yang lain. Apabila orang tersebut menganggap harta, kedudukan, ketenaran atau hal lain yang ada pada dirinya lebih penting dan lebih berharga, atau sama penting dan sama berharganya dengan Yesus maka yang bersangkutan telah mendua hati. Oleh karena itu ia tidak akan dapat menjadi seorang pengikut Kristus yang sejati. 
Hal itulah yang terjadi atas diri anak muda yang kaya sebagaimana yang dicatat di dalam Matius 19. Yang bersangkutan tidak bersedia mengikuti perintah Yesus agar ia menjual segala miliknya, memberikan itu kepada orang-orang miskin dan kemudian mengikut Kristus. Yesus menyampaikan perintah ini bukan karena Ia tidak menghendaki orang memiliki harta benda, namun Ia hendak menguji siapa dan apakah yang paling penting bagi orang muda tersebut. Ketidaksediaan yang bersangkutan untuk menaati perintah Yesus itu menunjukkan bahwa bukan saja dirinya mendua hati, bahkan ia lebih menghargai hartanya dibandingkan Kristus. Itu sebabnya yang bersangkutan tidak dapat menjadi pengikut Kristus yang sejati.
 
Pertanyaan untuk Direnungkan

Sudahkah Anda tidak lagi hidup mendua hati terhadap Kristus? Apakah buktinya?

Aplikasi
Màri datang kepada Allah, tolonglah diriku agar aku benar-benar menjadikan Engkau sebagai satu-satunya Tuhan di dalam hidupku. Ampunilah aku apabila aku masih memiliki berhala di dalam hidupku. Entah berhala itu berupa karier, kebanggaan diri, maupun pendapat yang bertentangan dengan firman-Mu, dan yang lebih aku utamakan dari diri-Mu. Tuhan, tolonglah diriku agar memiliki kepekaan sehingga dapat mengetahui bilamana yang ada padaku telah berubah menjadi berhala bagi hidupku.

Doa. 
Bapa yang baik, aku bersyukur untuk hari ini. Engkau memberikan kesempatan yang baru bagi diriku untuk hidup berkenan kepada-Mu, dan mengalami semua kebaikan-Mu. Tolonglah aku agar dapat berjalan sesuai dengan kehendak-Mu dan jadikanlah semua yang aku kerjakan hari ini memuliakan nama-Mu. Aku yakin kalau aku melakukannya untuk menyenangkan hati-Mu maka Engkau pasti akan menjadikannya berhasil. Tolonglah diriku agar aku dapat hidup memuliakan nama-Mu. Di dalam nama Yesus Kristus, Tuhan dan Rajaku, aku memanjatkan doaku ini. Amin.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.