Tenang dan Percaya ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Tenang dan Percaya

Nats: Yesaya 30:15, 
Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH, Yang Mahakudus, Allah Israel: “Dengan nyaman dan diam kamu akan diselamatkan dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu.” Tapi kamu enggan”

Bagi orang yang tidak bisa berenang, tercebur ke kolam yang dalam adalah pengalaman yang menakutkan. Orang itu tentu membutuhkan pertolongan. Namun, supaya bisa ditolong dia harus tenang, mendengarkan, dan menurut petunjuk penolongnya. Kepanikan hanya akan menambah bahaya baginya.
Yehuda sedang panik. Di tengah krisis, mereka sibuk mencari bantuan dengan caranya sendiri. Mereka memutuskan untuk melindungi bangsa lain yang menurut mereka lebih kuat daripada bangsa penyerang.
Mereka mencari perlindungan kepada Mesir dan melupakan Allah (2). Padahal, Allah menginginkan agar mereka tetap tenang dan percaya kepada-Nya. Firman Allah yang datang kepada mereka mengingatkan bahwa berharap kepada Mesir dan kekuatan perangnya hanya akan membuat mereka malu, sebab Mesir tidak akan berdaya menghadapi Asyur (3, 7). Allah menyebut mereka sebagai anak-anak pemberontak, sebab sekalipun mereka adalah anak-Nya tetapi mereka tidak mau mendengarkan suara-Nya yang datang melalui nabi-Nya. Justru mereka membungkam dan mengusir nabi itu (10-11). Saat Allah meminta mereka tinggal tenang dan berharap kepada-Nya, Yehuda justru sibuk dengan kepanikannya.
            Kita pasti pernah mengalami peristiwa yang berat dalam hidup ini. Pada saat seperti itu, kita punya dua pilihan.
Pertama, kita bereaksi terhadap kepanikan dan berpikir pendek mengenai penyelesaian masalah sesegera mungkin.

Kedua, kita merespons dengan berhenti sejenak untuk menenangkan diri, berdoa memohon pertolongan Allah dan hikmat-Nya.
            Cara pertama akan mendorong kita untuk mengambil pilihan yang tidak cermat bahkan tidak sesuai dengan kehendak Allah. Cara kedua akan memberi kesempatan kepada Allah untuk bekerja menolong dan membuat kita berpikir jernih.
Jadi dengan pilihan yang ada itu, memilih tetap tenang dan percaya serta mengikuti kehendak Allah adalah pilihan yang terbaik. Akankah Anda memilihnya?
Hanya kepada Tuhanlah, Israel seharusnya berharap. Kesetiaan dan kemahakuasaanNya telah terbukti  benar-benar berdaulat sebab itu jangan lupakan Tuhan. 
Saudara-saudara percayalah dan arahkanlah hati kita pada pimpinan Tuhan, itulah harapan satu-satunya yang takkan pernah luntur tetapi membuahkan kedamaian, selanjutnya yakinilah bahwa kita akan melihat bagaimana Allah akan bertindak mengatasi setiap masalah dalam kehidupan kita.
Tuhan Yesus nemberkati…
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.