Juni 2023 ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Tetapi Jangan Sekarang!

Zakharia 5:5-11

sejauh timur dari barat, demikian dijauhkan-Nya dari pada kita pelanggaran kita.
- Mazmur 103:12

Sebagaimana penglihatan keempat paralel dengan penglihatan kelima, dan penglihatan ketiga dengan keenam, demikian pula penglihatan yang kita baca hari ini paralel dengan penglihatan kedua. Jika penglihatan kedua berbicara tentang lingkaran dosa yang akan Tuhan putuskan, penglihatan ini seolah melanjutkan dengan mengisahkan bahwa dosa-dosa ini akan dibuang jauh-jauh dari umat-Nya.
Perempuan dalam gantang menggambarkan kejahatan dan kefasikan umat Tuhan. Ia dibawa ke tanah Sinear, yakni salah satu kota besar di Babel. Para ahli biblika berbeda pendapat soal bagaimana menafsirkan penglihatan ini. Ada yang mengatakan bahwa untuk menghilangkan kefasikan, Tuhan harus menghukum umat-Nya dahulu dengan cara membuang mereka ke tanah Babel. Yang lain mengatakan bahwa karena Sinear adalah tempat penyembahan berhala, dan berhala-berhala adalah setan-setan, maka penglihatan ini mengenai Tuhan yang mengembalikan dosa kepada sumbernya. Ada pula yang menafsirkan bahwa Tuhan membuang dosa dan kejahatan jauh-jauh dari umat-Nya secara permanen, oleh karena itulah perempuan tersebut diberi rumah.
Apa pun penafsirannya, poinnya adalah bahwa Tuhan tidak ingin umat-Nya hidup berdampingan dengan dosa. Sayang sekali, seringkali yang ingin hidup berdampingan dengan dosa adalah umat-Nya sendiri! Saya jadi ingat doa Bapa Gereja Agustinus ketika masih bergumul dengan dosa seksualnya, berikan kepadaku kesucian seksual dan penguasaan diri, tetapi jangan sekarang! (give me chastity and continence, but not yet!)
Kita semua punya dosa-dosa favorit yang tidak rela kita lepaskan. Apakah itu dosa seksual, seperti Bapa Gereja Agustinus, atau hal-hal lain yang membawa nikmat kini tetapi laknat di masa depan. Berjudi, hidup foya-foya, menghabis-habiskan waktu, kemalasan, memeras mereka yang secara status berada di bawah kita, menghina orang, berbohong, menipu rekan bisnis, bersungut-sungut, dan sebagainya. Tuhan rindu menjauhkan semua ini dari hidup kita. Namun, kita sendiri harus mau berubah dan berhenti mengatakan, “Tetapi jangan sekarang, Tuhan!”
Mintalah kekuatan dari Penebus kita, Tuhan Yesus, untuk mengambil komitmen tidak melakukan dosa favorit Anda hari ini. Jika Anda berhasil, bersyukurlah dan lanjutkan komitmen Anda seterusnya mulai esok hari. Jika Anda gagal, mohon ampun kepada-Nya dan jangan putus asa. Tuhan pasti akan menjauhkan Anda dari dosa Anda.
Refleksi Diri:
Apa dosa-dosa favorit yang Anda nikmati ketika melakukannya? Apakah Anda sudah meminta Tuhan untuk menjauhkan dosa-dosa tersebut?
Apa komitmen yang bisa Anda lakukan untuk berhenti melakukannya?
"
Share:

Pencuri Dalam Rumah

Zakharia 5:1-4
Karena sekarang telah tiba saatnya penghakiman dimulai, dan pada rumah Allah sendiri yang harus pertama-tama dihakimi.
- 1 Petrus 4:17a

Beberapa hari yang lalu, kita merenungkan penglihatan tentang Yerusalem yang tidak bertembok (Zak. 2:1-5). Seolah menjadi kelanjutan bagian tersebut, penglihatan yang keenam ini paralel dengan bagian tersebut.
Jika pada penglihatan ketiga kita belajar mengenai Tuhan yang akan melindungi umat-Nya dari luar, kini kita membaca mengenai Tuhan yang akan melindungi umat-Nya dari dalam. Gulungan kitab menggambarkan firman dan ketetapan-ketetapan yang Tuhan telah berikan bagi umat-Nya, sekaligus peringatan akan hukuman yang akan menimpa mereka yang sudah mengetahui kebenaran, tetapi tetap melanggar. Mengapa masih perlu ada peringatan akan penghukuman? Karena rupanya di dalam kumpulan orang-orang yang mengaku percaya pada Tuhan pun, masih ada musuh dalam selimut! Mereka digambarkan dalam penglihatan ini sebagai pencuri.
Ahh, yang benar? Mana mungkin ada orang-orang seperti ini di gereja? Jangan terlalu naif. Sekadar peringatan saja, banyak orang yang berada di dalam gereja, tetapi sebenarnya membenci gereja, entah secara sadar maupun tidak. Mereka yang memecah-belah gereja, yang bisanya hanya mengkritik dan menjelek-jelekkan gereja, bahkan yang merasa gereja tidak akan berjalan jika mereka tidak ada. Mereka-mereka inilah yang dikatakan “pencuri”.
Seorang hamba Tuhan pernah mengatakan kepada saya bahwa ia berencana menulis buku berjudul “dibohongi gereja” yang berisi kesaksian tentang kepahitan-kepahitan yang dialaminya selama berjemaat dan melayani sebagai hamba Tuhan gereja. Saya tahu ia tidak sedang bercanda. Kebodohan saya pada waktu itu adalah tidak menegurnya. Saya hanya mengatakan, “Tidak semua gereja seperti itu.” Seharusnya saya mengingatkan bahwa ia adalah hamba Tuhan yang harus mencintai gereja. Jika melihat ada kekurangan dalam gereja, kita seharusnya mempelajari lebih dalam mengapa kekurangan tersebut terjadi, sekaligus berusaha memperbaikinya.
Tidak ada gereja yang sempurna. Inilah mengapa penglihatan keenam ini diberikan. Selama masih di bumi, lalang masih tumbuh bersama gandum (Mat. 13:24-30). Jangan-jangan kita yang merasa dikelilingi terlalu banyak lalang di gereja, lantas menjelek-jelekkan dan memecah-belah tubuh Kristus yang dikasihi-Nya, justru adalah lalang-lalang itu sendiri. Jika iya, segeralah bertobat. Penglihatan ini berbicara tentang kita, para “pencuri” di rumah Tuhan yang masih bebas dari hukuman.
Refleksi Diri:

Apakah Anda memiliki pengalaman-pengalaman pahit selama bergereja? Mengapa pengalaman tersebut terjadi? Apakah semata-mata karena kesalahan orang lain ataukah Anda memiliki andil di dalamnya?
Bagaimana selama ini cara Anda mengkritik gereja tempat Anda berjemaat? Apakah Anda sudah memberikan andil membangun gereja dari kritikan Anda?
"
Share:

MENGURAI KECEMASAN

Matius 26:36-46

Kecemasan adalah bentuk emosi yang bisa dirasakan oleh siapa pun, biasanya ditandai dengan perasaan tidak nyaman, takut, dan gelisah. Yesus sendiri pernah merasakan kecemasan yang begitu dahsyat. Di Bukit Zaitun, hati Yesus begitu sedih. Dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tentu saja Yesus cemas. Kecemasan Yesus rupa-rupanya tersingkap dalam kata-kata dan tindakan-Nya menjelang detik-detik penangkapan-Nya. Dengan merebahkan diri ke tanah Yesus berdoa, “Ambillah cawan ini dari-Ku!”. Sampai tiga kali Yesus memohon agar penderitaan itu dilalukan. Ia berdoa sampai peluh-Nya menetes menjadi seperti titik-titik darah. Alkitab memberitahu keadaan Yesus dalam menghadapinya, yaitu berdoa dengan ratap tangis dan keluhan kepada Dia yang sanggup menyelamatkan-Nya dari maut (Ibrani 5:7). Di taman Getsemani itu, kenyataan bak bom waktu yang berdetak begitu kencang. Tetapi melalui doa itulah Yesus menjadi kuat. 
Dalam menghadapi kecemasan-Nya, kita melihat bahwa cara Yesus merespon penderitaan ternyata tak jauh berbeda dengan cara kita merespon. Yesus takut dan ingin penderitaan itu disingkirkan. Kita dibuat mengerti bahwa kecemasan harus diuraikan. Jika pada umumnya kita dilatih untuk meniadakan kecemasan, tetapi dari Yesus kita belajar untuk menyingkapkan kecemasan di dalam doa, bila perlu dengan ratap tangis dan keluhan. Karena setelah kecemasan itu diungkapkan, Yesus benar-benar menjadi siap menghadapi kenyataan, sekalipun doanya tidak didengarkan, sekalipun cambuk, mahkota duri, salib yang kasar telah menanti-Nya, dan Bapa-Nya berpaling dari-Nya. Sebagai manusia, salah satu hal yang harus kita terima dalam hidup adalah tak selamanya apa yang kita harap menjadi kenyataan. Itu sebabnya dibutuhkan mental yang kuat untuk menghadapi kenyataan. Namun yang pasti adalah Tuhan melimpahkan kekuatan kepada kita yang berteriak meminta tolong kepada-Nya. Dengan begitu, kita dapat mengurai kecemasan. 
REFLEKSI DIRI 
1. Kecemasan apa yang Anda alami saat-saat ini? Jika ada hal-hal yang mencemaskan, apa yang biasa Anda lakukan untuk mengatasinya? 
2. Melalui kebenaran firman Tuhan hari ini, bagaimana seharusnya respon kita terhadap hal-hal yang mencemaskan?
YANG HARUS DILAKUKAN
Belajarlah menyingkapkan kecemasan Anda di dalam doa, bila perlu dengan ratap tangis dan keluhan kepada-Nya. Percayalah Anda akan beroleh kekuatan.
POKOK DOA
Bapa, belakangan ini aku sedang takut dan cemas akan hal … (sebutkan). Jika mungkin ya Bapa, aku ingin ini dilalukan, tetapi biarlah kehendak-Mu yang jadi di dalam hidupku. Dalam nama Yesus. Amin.

HIKMAT HARI INI
Kecemasan adalah pintu pertemuan bagi hati kita dan hati Tuhan.
Share:

PERTARUNGAN SEUMUR HIDUP

BACAAN ALKITAB HARI INI
Galatia 5:16-25

Kita semua yang percaya kepada Kristus memiliki Roh Kudus yang tinggal di dalam diri kita. Namun selama kita hidup di bumi ini, kita tak hanya memiliki Roh Kudus, kita juga memiliki daging yang masih bersama kita dengan segala keinginannya untuk memuaskan diri kita sendiri. Seperti kata Pendeta J.C. Ryle, bahwa anak Tuhan memiliki dua tanda besar dalam dirinya, ia mungkin dikenal dengan peperangan batinnya, dan juga dengan kedamaian batinnya. Hidup ini menjadi arena pertarungan terus menerus antara keinginan untuk melakukan segala sesuatu dengan cara kita atau dengan cara Kristus.
Ketika Paulus mengingatkan jemaat di Efesus, kita membaca ada pilihan yang saling bertentangan, yaitu mabuk oleh anggur atau penuh dengan Roh (Efesus 5:18). Kata “penuh” sama dengan diarahkan atau dikendalikan oleh Roh, maka kita tidak akan menuruti keinginan daging. Kita harus tahu bahwa Roh Kudus memiliki kekuatan yang jauh lebih besar dari sifat lama kita. Memilih untuk mendengar dan mengikuti pimpinan-Nya akan selalu menjadi pilihan yang tepat. Sama seperti ketika kita baru pertama kali belajar menyetir, pasti tidak ada dari kita yang bertindak semaunya, kita akan sangat berhati-hati memperhatikan dan mengikuti instruksi dari pelatih kita, kita menyetir dengan pelan karena tahu risikonya besar. Begitu pula kehidupan seseorang yang dikendalikan Roh, mereka akan berhati-hati dan tunduk pada pimpinan-Nya. Sebab firman Tuhan ingatkan risiko orang-orang bebal yang membiarkan dirinya dikuasai keinginan daging, yaitu tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. Ini serius, jangan lagi bermain-main dengan hal-hal yang cabul, sikap yang kotor dan tidak patut, mencintai barang-barang berlebihan, bermusuhan, sirik, cepat marah, suka menghasut, pesta pora serta mabuk-mabukan. Atau perbuatan daging yang tersamar seperti fantasi yang menyanjung diri sendiri, penilaian spontan terhadap orang lain, atau pikiran-pikiran jahat lainnya. Sekali lagi, ini memang pertarungan seumur hidup. Tidak perlu terkejut, justru dengan mengetahuinya, kita siap mawas diri setiap saat. Sebab beriman kepada Kristus adalah bagaimana kita mempercayai-Nya dan menyerahkan hidup kita kepada Roh hari demi hari untuk menghasilkan kehidupan yang berbuah. 
REFLEKSI DIRI
1. Bagaimana Anda melihat kehidupan Kristen sebagai perjuangan seumur hidup? Ceritakan pergumulan atau pengalaman Anda.
2. Jika kehidupan Kristen adalah perjuangan seumur hidup, sikap konkrit apa yang akan Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari?
YANG HARUS DILAKUKAN
Tidak lagi dikendalikan keinginan daging, melainkan menyerahkan diri kita untuk dipimpin Roh hari demi hari untuk menghasilkan kehidupan yang berbuah.
POKOK DOA
Tuhan Yesus, ampuni aku untuk segala keinginanku berdosa. Aku akan memberi diri untuk dipimpin oleh Roh. Aku akan mengandalkan Roh-Mu untuk memperjuangkan iman percayaku kepada-Mu. Di dalam nama Yesus. Amin.
HIKMAT HARI INI
Jangan terkejut ketika kita menemukan dorongan yang sangat kuat untuk tidak berdoa ketika kita tahu kita harus berdoa. Sebaliknya, kita harus mengambil keberanian untuk menyatakan “saya bukan kawanan Setan, saya dipimpin oleh Roh”.
Share:

MENIKMATI HIDUP DI HARI INI

BACAAN ALKITAB HARI INI
Matius 6:31-34
Dokter dan penulis Don Colbert, dalam bukunya The Seven Pillars of Health menyatakan bahwa salah satu cara alami untuk menuju kesehatan yang semakin baik adalah hidup dengan menikmati saat sekarang. Katanya, “Saat saya mulai melatih kesadaran dengan menikmati saat sekarang dan membingkai kembali keadaan-keadaan dengan menikmati rasa syukur, tanggapan-tanggapan dan reaksi saya berubah dan saya mampu menerima keadaan saya.” Hal ini senada dengan pandangan umum yang menyatakan bahwa salah satu cara untuk menciptakan kebahagiaan adalah menikmati hidup di hari ini.
Memang setiap kita tak lepas dibentuk oleh masa lalu dan dimotivasi oleh kehidupan di masa mendatang. Namun masalah yang sering terjadi adalah fokus di masa lalu dan masa depan membuat kita kehilangan makna dan rasa di masa sekarang, masa yang benar-benar kita hidupi. Tuhan Yesus sendiri mengajar kepada kita konsep untuk menaruh perhatian terhadap kehidupan di saat ini dengan berkata, “Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.” (Matius 6:34). Di sisi lain, Rasul Paulus juga mengajak kita untuk melupakan hal-hal yang ada di belakang, yaitu masa lalu agar kita fokus dan menaruh perhatian pada kehidupan masa sekarang. Ini artinya kita tidak harus terikat pada pemikiran apa pun yang tidak berhubungan dengan saat ini dan menemukan sesuatu untuk dinikmati pada saat ini. Pemazmur juga melantunkan syairnya, “Inilah hari yang dijadikan TUHAN, marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita karenanya.” Menikmati saat sekarang berarti belajar menaruh sikap penuh perhatian pada apa yang sedang terjadi di saat ini. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan adalah dengan sesekali mengurangi mobilitas, menikmati momen demi momen dengan hati yang tenang, serta kewaspadaan penuh pada kegiatan yang sedang dilakukan dan pengalaman hati kita tentang kegiatan itu. Mensyukuri apa pun yang ada pada kita di saat sekarang dan tidak mengeluh atas apa yang tidak kita miliki, serta hidup dengan sikap terbaik kita di masa sekarang. 

REFLEKSI DIRI 
1. Apa pandangan firman Tuhan mengenai cara hidup dengan menikmati saat ini?
2. Bagaimana cara kita menikmati saat ini?

YANG HARUS DILAKUKAN
Nikmati saat ini dengan sesekali mengurangi mobilitas, menenangkan hati agar bisa menikmati setiap momen yang ada. Mensyukuri apa pun yang ada pada kita di saat sekarang, serta hidup dengan sikap terbaik kita di masa sekarang.

POKOK DOA
Bapa yang baik, inilah hari yang Engkau jadikan, aku mau bersorak-sorak dan bersukacita karenanya. Terima kasih Tuhan. Dalam nama Yesus. Amin.

HIKMAT HARI INI
“Jika suatu pemikiran yang penuh stress masuk ke dalam pikiran Anda, pilihlah untuk pindah ke pemikiran yang berhubungan dengan apa yang sedang Anda lihat, dengar, cium, atau rasakan.” – Don Colbert
Share:

Pamer

Zefanya 3:11-15
Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: “Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.”
- Yakobus 4:6
Kita hidup di zaman pamer. Orang-orang memakai topeng tebal untuk menggembar-gemborkan pencapaiannya atau menampilkan gambaran ideal tentang dirinya sendiri. Padahal zaman ini penuh dengan stres, depresi, dan berbagai isu kesehatan mental lainnya. Hal-hal ini bukannya membuat orang menjadi rendah hati, tetapi makin pamer.
Rupanya, keadaan ini tidak jauh berbeda dari keadaan umat Tuhan yang kita baca. Tidak banyak orang yang rendah hati, oleh sebab itulah mereka dikatakan “sisa Israel” (ay. 12-13a). Mengapa kerendahan hati dikaitkan dengan berbicara jujur dan lidah yang tidak menipu (ay. 13b)? Tentu saja karena orang-orang sombong dianggap sebagai penipu! Lihat saja foto-foto pamer yang ada media sosial. Apakah itu kenyataan yang sebenarnya dari mereka yang mengunggah foto? Seringkali tidak. Mereka ingin menampilkan keadaan yang lebih baik daripada yang sebenarnya. Entah berapa banyak orang yang sampai pinjam uang sana-sini untuk bisa membeli barang-barang branded atau jalan-jalan ke tempat-tempat wisata yang kemudian dipamerkan di akun media sosial mereka. Entah berapa banyak gadis (bahkan para pria) yang menggunakan filter untuk merubah wajah mereka agar kelihatan lebih cantik/ganteng sebelum ditampilkan di internet. Apa ini bukannya penipuan?
Sebaliknya, orang-orang yang rendah hati tidak perlu melakukan hal ini. Untuk apa? Mereka memang tidak merasa butuh memamerkan apa pun kepada orang lain. Mereka tahu keadaan mereka, baik kelebihan maupun keterbatasan, dan tidak masalah kalau orang lain mengenal mereka yang sesungguhnya.
Apakah ini berarti, kita tidak boleh mengunggah foto kita sedang berbahagia dan menggunakan filter? Tentu saja bukan itu maksudnya. Kita ingin membagikan kebahagiaan dan kenangan manis dengan cara mengunggah foto di media sosial. Kita bermain-main dengan filter untuk tujuan iseng saja. Jika memang hanya ini, tidak masalah. Namun acap kali, apa yang berawal dengan tujuan yang positif akan berubah menjadi negatif. Ada keinginan untuk menampilkan yang baik saja, yang berujung kepada menciptakan gambaran diri yang palsu.
Tidak ada gunanya menjadi congkak. Orang lain bahkan diri sendiri bisa ditipu. Tetapi Tuhan Yesus tahu keadaan kita sesungguhnya.
Refleksi Diri:
Apa gambaran diri yang ingin orang lain lihat tentang Anda? Apakah gambaran ini akurat dengan diri Anda yang sesungguhnya?
Apa motivasi Anda ketika mengunggah foto di media sosial? Apakah berbagi pengalaman atau menceritakan kebaikan Tuhan atau hanya untuk pamer?
Share:

Bibir Yang Memanggil Tuhan

Zefanya 3:9-10

Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan. Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepada-Nya, jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia. Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakan-Nya? Roma 10:13-14
Anda yang sering membaca dan merenungkan kitab nabi-nabi tentunya akan menemukan pola yang seringkali muncul, yakni sesudah pengumuman mengenai penghukuman dan kehancuran, nubuatan para nabi diakhiri dengan berita anugerah, yakni Tuhan akan memberikan pemulihan.
Demikian pula dengan kitab Zefanya. Namun, ada satu hal yang menarik di sini. Pada umumnya, Tuhan akan memberitakan pemulihan umat-Nya dulu, baru sesudah itu diikuti pemulihan bangsa-bangsa lain. Kenyataannya, terjadi hal yang sebaliknya dalam kitab Zefanya. Bagian yang kita baca, yakni berita anugerah yang pertama ditujukan kepada bangsa-bangsa lain dahulu! Tuhan mengatakan bahwa Dia akan memberikan bibir yang memanggil nama Tuhan sehingga mereka dapat beribadah dan memberikan persembahan kepada satu-satunya Allah yang benar.
Kita tahu bagian ini telah digenapi. Mengapa? Karena kita, orang-orang non-Yahudi, orang-orang yang tergolong sebagai bangsa lain, kini berdoa memanggil nama Tuhan dan beribadah kepada-Nya. Kita memberikan persembahan, tidak hanya berupa materi, tetapi juga segenap keberadaan kita kepada-Nya!
Sebagaimana keadilan Tuhan tidak pandang bulu, demikian pula anugerah-Nya. Fakta bahwa Kerajaan Yehuda adalah kerajaan yang dipilih Tuhan tidak membuat mereka luput dari keadilan-Nya. Sebaliknya, fakta bahwa kita adalah golongan bangsa-bangsa lain tidak membuat Tuhan melupakan kita.
Sayang sekali, anugerah yang indah ini belum didengar dan diterima semua orang. Lebih ironis lagi, mungkin mereka adalah orang-orang yang sebenarnya dapat kita jangkau. Di manakah mereka? Mungkin asisten rumah tangga kita? Mungkin orangtua atau saudara- saudara kita? Mungkin karyawan atau rekan kerja kita? Teman kuliah? Teman main bulu tangkis?
Kita berutang kepada orang-orang yang darinya kita mendengar Injil, mulai dari para rasul dan martir di zaman gereja mula-mula yang rela mati demi Injil, para reformator yang dengan gigih menyuarakan Injil yang benar, dan para misionaris yang pergi jauh-jauh untuk menyampaikan Injil di tanah air kita. Satu-satunya cara bagi kita untuk membalas mereka adalah dengan meneruskan Injil yang kita terima.
Refleksi Diri:
Siapa orang-orang di sekeliling Anda yang belum menerima Injil?
Apa hambatan Anda dalam mengabarkan Injil kepada mereka? Apa Anda sudah meminta hikmat Yesus, kapan dan bagaimana cara menyampaikannya?"
Share:

LEBIH DARI SEKADAR PERCAYA!

Ibrani 4:16
Matius 11:28 (TB)  Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Dalam sebuah acara, pembicara bertanya kepada para audiens, “Apakah Anda semua percaya air ini bisa menghilangkan rasa haus?”, “Percaya”, jawab audiens serempak. “Apakah rasa haus Anda akan hilang ketika Anda percaya?” Tanya pembicara itu kembali. Pertanyaan itu kemudian menjadi kesimpulan dari sang pembicara untuk menjelaskan tentang kepercayaan kepada Tuhan. Kita bisa katakan bahwa kita percaya kepada Tuhan. Namun kepercayaan tersebut tak lantas menjawab berbagai “kebutuhan”, “pertanyaan”, dan “masalah” dalam kehidupan kita. Bukannya Tuhan tak mampu menolong, permasalahannya adalah apakah kita mau datang dan menyambut pertolongan tersebut. Seperti halnya rasa haus akan hilang ketika kita mulai mengambil dan meminum air, maka kita pun bisa menikmati bagaimana Tuhan yang kita percayai itu ketika kita “merasakan Tuhan” secara nyata di dalam kehidupan kita. Singkatnya, kita harus “mengalami Tuhan” sebagai pengalaman-pengalaman rohani dalam perjalanan iman kita. Ketika susah, kita merasakan Tuhan menghibur. Saat sakit, kita mengalami bagaimana Tuhan menyembuhkan. Tatkala lemah, kita menikmati bagaimana Tuhan menguatkan, dan berbagai macam keadaan di mana Tuhan selalu bisa menolong dan bisa kita andalkan, asalkan kita menghampiri-Nya. 
Inilah yang Yesus katakan, “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” Yesus mengajak kita agar datang menghampiri-Nya, sehingga kita mendapat kelegaan. Sayangnya, banyak orang percaya yang ahirnya berpikir Tuhan tidak bisa dipercayai hanya karena Ia tidak menolong hidupnya. Lebih dari percaya, kitalah yang seharusnya datang dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia Tuhan, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya. Hanya karena tidak langsung menerima pertolongan, bukan berarti Tuhan tidak layak kita percayai. Jangan-jangan masalahnya karena kita tidak datang dan meminum air dari Tuhan. [RS]

REFLEKSI DIRI 
1. Apakah Anda pernah meragukan Tuhan? Apa alasannya?
2. Lebih dari sekadar percaya, bagaimana seharusnya sikap kita dalam mengharapkan pertolongan Tuhan?

YANG HARUS DILAKUKAN
Lebih dari percaya, datanglah kepada Tuhan dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia Tuhan, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.
POKOK DOA
Bapaku yang baik dan penuh dengan kasih karunia. Pada-Mu tersedia segala rahmat dan pertolongan, asalku datang dan menghampiri takhta kasih karunia-Mu. Terima kasih ya Tuhan. Di dalam nama Yesus. Amin.
HIKMAT HARI INI
“Percaya saja tidak cukup! Itu memang baik, tetapi setan-setan pun percaya.”
Share:

Tuhan Yang Berusaha?!

Zakharia 1:7-17
Sangat besar usaha-Ku untuk Yerusalem dan Sion,
- Zakharia 1:14b
Jika ada satu hal yang Tuhan tidak perlu lakukan, hal itu adalah berusaha. Untuk apa? Dia adalah Allah yang Mahakuasa! Untuk apa berusaha? Jika ini adalah pikiran kita, kita harus siap-siap terkejut.
Bagian ini memulai serangkaian penglihatan yang Tuhan berikan kepada Nabi Zakharia. Penglihatan pertama adalah empat penunggang kuda yang menggambarkan mata Tuhan yang mengawasi keempat penjuru mata angin. Seluruh bumi berada dalam keadaan aman. Apakah ini sesuatu yang baik? Rupanya tidak! Bangsa-bangsa di dunia merasa tenang-tenang saja, padahal mereka hidup di dalam kejahatan. Terlebih, mereka baru saja menindas umat Tuhan dengan kejam di dalam pembuangan.
Menarik sekali bahwa hal ini membuat Tuhan murka. Israel berada di bawah payung penghukuman. Dia marah karena dosa-dosa mereka. Bahkan ketika Tuhan tengah menghukum umat-Nya, Dia tetap tidak rela bangsa-bangsa lain memperlakukan mereka semena-mena! Ibaratnya Anda sedang menghukum anak Anda, kemudian teman-temannya ikut menjahatinya. Tidak peduli bahwa anak Anda tengah dihukum, Anda akan marah kepada mereka, bukan? Demikian pula Tuhan. Meskipun umat-Nya telah berdosa dan sedang di bawah hukuman, Tuhan tidak mengabaikan mereka di tangan penjajah. Inilah sebabnya Tuhan berjanji akan melimpahi mereka dengan kebajikan dan menghibur mereka (ay. 17).
Firman Tuhan kemarin telah memperingatkan kita untuk mawas diri akan dosa-dosa kita. Namun, bagian hari ini menjadi penghiburan bagi kita. Di dalam dosa-dosa kita, tentu Tuhan tetap akan mendisiplin kita. Pada saat itulah kita mungkin menjadi putus asa dan berpikir, “Tuhan marah padaku. Tuhan meninggalkan aku.”
Hari ini kita belajar bahwa justru ketika Tuhan mendisiplin kita dengan keras, saat itulah Dia sebenarnya sedang berusaha mati-matian agar kita berubah! Justru kalau Tuhan tidak mendisiplin kita, berarti Dia mengabaikan kita. Lihat saja perkataan Tuhan di ayat 14, “Sangat besar usaha-Ku untuk Yerusalem dan Sion.” Di balik ketegasan Tuhan dalam menghajar umat-Nya, sebenarnya Tuhan sedang berusaha untuk mereka.
Tuhan bisa saja membuat kita langsung berubah dengan satu jentikan jari, seperti tukang hipnotis. Namun, Tuhan kita bukan tukang hipnotis. Dia adalah Bapa kita yang berusaha keras mendidik kita menjadi pribadi yang semakin baik.
Refleksi Diri:
Apakah Anda pernah/sedang putus asa dan merasa Tuhan tengah menghukum Anda di tengah segala kesulitan hidup yang dihadapi?
Bagaimana Firman Tuhan hari ini menghibur dan memotivasi Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi?"
Share:

SPIRIT OF WISDOM

Efesus 1:17-18.
Yesaya 11:2 (TB)  Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN; Yesaya 11:2 (JAWA81)  Iku bakal katedhakan Rohe Sang Yehuwah, rohing kawicaksanan lan pambudi, rohing pitutur lan kasantosan, rohing kawruh lan wedi-asih marang Sang Yehuwah;
Yesaya 11 adalah nubuatan mengenai Yesus. Di sana tertulis bahwa di dalam pribadi-Nya, berdiam Roh Kudus dengan atribut yang salah satunya adalah Roh hikmat. Selama Yesus di dunia, Roh hikmat bekerja dalam diri-Nya, yang menunjukkan kebenaran, pengertian, dan juga menghasilkan kebijaksanaan. Misalnya saja ketika ahli Taurat dan orang Farisi datang mencobai Yesus dengan membawa seorang yang kedapatan berbuat zinah (Yohanes 8:1-11), Yesus memutuskan dengan tepat dan cepat. Dia menunjukkan keadilan, kebenaran, dan solusi dari peristiwa tersebut. Roh hikmat juga ada dalam diri Raja Salomo. Ia harus menghadapi situasi sulit dimana dua orang wanita datang kepadanya untuk mendebatkan dan mengaku mereka adalah ibu kandung dari bayi yang mereka bawa (1 Raja-raja 33:16-28). Roh Hikmat bekerja melalui ide brilian Salomo untuk menguji kebenaran setiap saksi dari kedua wanita tesebut. Sehingga, dengan cepat Salomo dapat mengetahui bahwa wanita yang memohon untuk menyelamatkan bayi adalah ibu kandungnya.
Saat dihadapkan pada beberapa pilihan atau keputusan yang harus kita ambil dengan cepat, kita ini lemah, kita tidak tahu semua hal, kita bisa panik dan takut, sehingga kita cenderung keliru memutuskan. Namun ketika kita dipenuhi Roh Kudus, maka kita juga dapat memiliki atribut yang sama, yaitu Roh hikmat. Sebagai orang percaya, ini adalah hak istimewa kita untuk meminta Roh hikmat bekerja di dalam diri kita. Dengan begitu kita memiliki kebijaksanaan untuk mengambil keputusan dan tindakan dengan cara yang benar. Roh hikmat membimbing kita untuk bertindak dengan cara yang tepat dan memperoleh damai sejahtera. Karena itu, rendahkan hati kita dan mintalah kepada Roh Kudus yang pasti akan memberi dengan murah hati. 
REFLEKSI DIRI
1. Bagaimana supaya Roh Hikmat memenuhi dan bekerja dalam hidup Anda?
2. Bagaimana pengalaman Anda yang dipenuhi Roh Hikmat dalam memecahkan masalah atau mengambil keputusan dalam hidup Anda?
YANG HARUS DILAKUKAN
Berdoalah setiap hari untuk meminta Roh Hikmat ada dalam hidup Anda. Baca Firman Tuhan secara teratur untuk memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang kehendak-Nya. Juga, belajarlah dari orang-orang yang lebih tua tentang pengalaman dan pengetahuan mereka untuk meningkatkan hikmat dan pemahaman kita.
POKOK DOA
Ya Allahku, aku merendahkan diri memohon hikmat dan kebijaksanaan dalam hidup ini. Bimbinglah aku melalui doa dan bacaan Firman-Mu untuk mengambil keputusan yang benar di hadapan-Mu. Dalam nama Yesus. Amin.
HIKMAT HARI INI
"Jika kamu merasa kurang hikmat, mintalah kepada Allah, yang akan memberikannya dengan sukacita." - Charles Spurgeon
Share:

JANGAN LUPAKAN KEBAIKAN TUHAN!

Hakim-Hakim 10:6-14

Pepatah “kacang lupa kulitnya” sering disematkan pada seseorang yang melupakan jasa baik orang lain. Mengingat jasa baik yang pernah kita terima adalah tindakan yang sepatutnya kita lakukan. Kita akan termotivasi untuk menebarkan kebaikan pula kepada orang tersebut, mau pun kepada orang lainnya. Dengan mengingat kebaikan orang juga kita dapat terus menjaga hubungan baik dengan orang tersebut.
Dalam bacaan firman Tuhan hari ini, kita mendapati bagaimana Tuhan menegur orang Israel, “Bukankah Aku yang telah menyelamatkan kamu… ketika kamu berseru kepada-Ku?” (Hakim-hakim 10:11-12). Mereka lupa akan pertolongan Tuhan, bahkan meninggalkan Tuhan dengan beribadah kepada allah lain. Hal itu membuat Tuhan murka dan menyebabkan mereka ditindas oleh orang Filistin dan bani Amon. Kesesakan itu membuat orang Israel meminta tolong kembali kepada Tuhan. Lalu Tuhan menjawab “Pergi sajalah berseru kepada para allah yang telah kamu pilih itu; biar merekalah yang menyelamatkan kamu, pada waktu kamu terdesak.” (Hakim-hakim 10:14). Walau akhirnya Tuhan menyelamatkan mereka kembali, tetapi sikap mereka yang melupakan kebaikan Tuhan telah membuat mereka mengalami penindasan. Hal yang tidak seharusnya mereka alami jika saja mereka tidak melupakan kebaikan Tuhan. Mengingat kebaikan Tuhan, itulah yang seharusnya kita lakukan, “Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya!” demikian firman Tuhan. Dengan mengingat segala kebaikan Tuhan, hati kita senantiasa takjub, bersyukur, dan membuat iman kita tetap tegar di kala menghadapi kesulitan. Misalnya saja hari ini kita sedang mengalami kesulitan, kebaikan Tuhan yang pernah kita alami tentu akan menguatkan dan membuktikan bahwa Tuhan selalu bersama kita. Mulai hari ini mari belajarlah mengingat kebaikan Tuhan. Tulislah kebaikan-kebaikan Tuhan yang membekas di hati Anda di dalam catatan harian. Jika memungkinkan buatlah sesuatu yang menjadi tanda, pengingat atau peringatan akan penyertaan, pertolongan, dan mujizat Tuhan di dalam hidup Anda. [RS]
REFLEKSI DIRI 
1. Kapan terakhir kali Anda mengingat dan mengucap syukur atas kebaikan Tuhan dalam hidup Anda? Bagaimana cara Anda mengingat kebaikan Tuhan?
2. Mengapa kita harus mengingat kebaikan Tuhan selama hidup kita?
YANG HARUS DILAKUKAN
Tuliskanlah kebaikan-kebaikan Tuhan yang membekas di hati Anda dan jika memungkinkan buatlah sesuatu yang menjadi tanda, pengingat atau peringatan akan penyertaan, pertolongan, dan mujizat Tuhan di dalam hidup Anda.
POKOK DOA
Banyaklah yang telah Kaulakukan, ya Tuhan, Allahku, perbuatan-Mu yang ajaib dalam hidupku. ‘Ku mau bersyukur dan senantiasa mengingat segala kebaikan-Mu. Terimakasih ya Bapa. Dalam nama Yesus. Amin.
HIKMAT HARI INI
“Rahasia kebahagiaan adalah hidup saat demi saat dan berterima kasih kepada Tuhan atas semua kebaikan yang Ia kirimkan kepada kita hari demi hari.” – St Gianna Molla
Share:

Tanggung Jawab Seorang Pemimpin

Zefanya 3:1-4

Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu.
- 1 Petrus 5:3

Kok bisa ada orang yang ingin jadi pemimpin? Jika Anda adalah seorang pemimpin, entah di dalam keluarga, gereja, tempat kerja, organisasi kampus, dan lain sebagainya, tolong jelaskan pada saya. Memang, sebagai pemimpin Anda boleh memberi perintah kepada bawahan. Memang, sebagai pemimpin Anda lebih tenar daripada orang-orang lain. Tapi, apa enaknya semua ini dibandingkan dengan tanggung jawab besar yang harus Anda emban sebagai pemimpin? Anda bertanggung jawab atas mereka yang di bawah Anda! Bertanggung jawab atas diri sendiri saja susah, apalagi orang lain. Bagaimana jika Anda melakukan kesalahan atau memberi perintah yang tidak tepat? Semua orang terkena dampaknya.
Pemimpin-pemimpin Kerajaan Yehuda, orang-orang yang bertanggung jawab atas umat Tuhan, menjadi fokus di dalam bagian yang kita baca hari ini. Namun, para pemimpin politik, dalam hal ini raja, penasihat, bangsawan, dan sebagainya, malah menjadi pemangsa yang memeras rakyatnya (ay. 3). Para nabi, yakni penyambung lidah Allah, malah bernubuat palsu (ay. 4a). Para imam, kaum rohaniawan yang bertanggung jawab atas kekudusan umat, malah menajiskan ibadah dan menyelewengkan hukum Tuhan (ay. 4b). Tidak heran Kerajaan Yehuda begitu bejat. Rupanya mereka dipimpin oleh pemimpin-pemimpin seperti ini. Memang, semakin besar pengaruh seorang pemimpin, semakin banyak orang yang terkena imbasnya jika mereka melakukan kesalahan. Seorang pemimpin tidak bisa mencuci tangan ketika orang-orang yang ia pimpin melakukan kesalahan, lebih-lebih jika kesalahan itu disebabkan olehnya sendiri, baik secara langsung maupun tidak.
Menarik sekali bahwa di dalam doktrin Reformed, Tuhan Yesus menduduki tiga jabatan pemimpin, yakni raja, nabi, dan imam. Sebagai Allah, Tuhan Yesus bisa saja memimpin dari surga dan main perintah. Namun, Dia turun ke dunia dan menjadi teladan kepemimpinan yang baik. Tidak sampai di sana, Yesus bahkan rela berkorban dan mati menanggung dosa yang dilakukan mereka yang dipimpin-Nya. Dengan kata lain, Dia bersedia bertanggung jawab penuh atas umat tebusan-Nya.
Suka tidak suka, kita adalah pemimpin. Kalau tidak sekarang, mungkin di masa depan. Siapkah kita mengembang tanggung jawab ini?
Refleksi Diri:
Jika Anda seorang pemimpin, bagaimana cara Anda memperlakukan mereka yang Anda pimpin? Apakah Anda lebih banyak main perintah atau memberi teladan?
Bagaimanakah keadaan orang-orang yang Anda pimpin? Apakah mereka menjadi pribadi yang lebih baik di bawah pimpinan Anda?
"
Share:

JANGAN BIARKAN LUKA MENGENDALIKANMU

Kejadian 50:19-20
Mazmur 147:3 (TB)  Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka; 

Adolf Hitler dikenal sebagai politisi diktaktor yang sangat kejam, ia dikenal sebagai penyulut perang dunia kedua. Jika ditulusuri masa lalunya, ia memiliki masa kecil yang suram hingga dirinya bertumbuh dalam kepahitan. Hitler kecil kepahitan dengan ayahnya yang kasar, otoriter, dan sering menganiaya dirinya. Ada yang percaya bahwa pengalaman traumatis yang dialami Adolf Hitler semasa kecilnya memberikan pengaruh besar dalam pembentukan karakter dan sikapnya terhadap kaum minoritas seperti orang Yahudi. 
Setelah mengetahui latar belakang masa kecil yang dialami Hitler, ada orang-orang yang mengasihaninya, tetapi luka masa lalunya tidak serta merta menjustifikasi tindakannya yang sangat kejam, diskriminatif, dan merugikan banyak pihak. Kita bisa lihat saksi hidup seperti Yusuf, yang walaupun sudah disakiti dan mengalami luka masa lalu akibat persaingan dan pengkhianatan dari saudara-saudaranya, ia tetap memilih mengampuni saudara-saudaranya. Yusuf percaya bahwa perbuatan menyakitkan itu adalah untuk menggenapi rencana Tuhan yang baik. Oleh karena itu, Yusuf yang bukan siapa-siapa dan mengalami penderitaan sedemikian rupa diangkat Tuhan menjadi pemimpin di Mesir. Kita melihat bahwa luka masa lalu, bila tidak dibereskan segera, bukan hanya akan berdampak buruk pada lingkungan sekitar, tetapi juga terhadap diri sendiri. Karena luka, kita bisa menjadi orang yang kepahitan dan melakukan hal-hal yang tidak Tuhan kehendaki. Jangan biarkan luka masa lalu mengendalikan dan mengubah diri Anda menjadi orang yang negatif. Datanglah kepada Tuhan karena Ia-lah yang dapat menyembuhkan luka-luka batin Anda dan percayalah bahwa segala sesuatu, termasuk pengalaman menyakitkan, adalah untuk rencana masa depan Anda yang jauh lebih baik.

REFLEKSI DIRI
1. Apakah Anda masih menyimpan kepahitan atau luka masa lalu di diri Anda?
2. Apa yang akan Anda lakukan untuk melepaskan luka masa lalu tersebut?

YANG HARUS DILAKUKAN
Datang dan berdoalah kepada Tuhan meminta-Nya untuk menyembuhkan luka hati yang remuk dan merawat bekas-bekas luka Anda.

POKOK DOA
Tuhan Yesus, saat ini mungkin masih ada luka masa lalu yang menjadi kepahitan di hidupku, dan aku ingin membawanya di hadapan-Mu ya Tuhan. Tolong berikanku kemampuan untuk memaafkan orang yang telah menyakitiku dan biarlah pengalaman menyakitkan ini Kau ubahkan menjadi hal yang baik dalam hidupku. Di dalam nama Yesus. Amin.

HIKMAT HARI INI
Jangan biarkan luka masa lalu Anda mengubah Anda menjadi seseorang yang bukan Anda, hadapi mereka dan percayalah bahwa semuanya terjadi untuk tujuan yang lebih besar
Share:

JIKA ENGKAU MAU KEMBALI

Yeremia 15:11-21

Yeremia Yeremia 15:19 (TB) Karena itu beginilah jawab TUHAN: "Jika engkau mau kembali, Aku akan mengembalikan engkau menjadi pelayan di hadapan-Ku, dan jika engkau mengucapkan apa yang berharga dan tidak hina, maka engkau akan menjadi penyambung lidah bagi-Ku. Biarpun mereka akan kembali kepadamu, namun engkau tidak perlu kembali kepada mereka. 
Kita semua mungkin pernah mengeluh kepada Tuhan karena merasakan ketidakadilan. Mungkin kita menganggap segala kesalehan kita kepada-Nya tak berguna. Saat telah setia, berkorban, dan memberi yang terbaik bagi pekerjaan Tuhan, namun semua itu seakan-akan tidak membawa dampak apa-apa bagi hidup kita. Sebaliknya, hanya membuat kita menjadi pahit hati. Nyatanya, keadaan tak berubah, dan kita mulai berpikir sia-sia saja mengikut Tuhan. 
Yeremia selaku nabi Tuhan pun pernah mengalami hal serupa. Yeremia berkata, “Sungguh, ya TUHAN, aku telah melayani Engkau dengan sebaik-baiknya, dan telah membela musuh di depan-Mu pada masa kecelakaannya dan kesesakannya!” Yeremia mempertanyakan mengapa penderitaannya tak berkesudahan dan lukanya sangat payah, sukar disembuhkan. Yeremia merasa bahwa Tuhan tidak mendengar seruannya di saat-saat ia paling membutuhkan, bahkan setelah ia setia melayani. Sampai-sampai Yeremia berkata kepada Tuhan, “Sungguh, Engkau seperti sungai yang curang bagiku, air yang tidak dapat dipercayai.” (Yeremia 15:18). Menarik untuk memperhatikan tanggapan Tuhan atas keluhan Yeremia. Tuhan tidak lantas mengecam perilakunya. Sebaliknya Tuhan ingin mengembalikan fokus Yeremia pada tempatnya. “Jika engkau mau kembali, Aku akan mengembalikan engkau menjadi pelayan di hadapan-Ku, dan jika engkau mengucapkan apa yang berharga dan tidak hina, maka engkau akan menjadi penyambung lidah bagi-Ku”, demikian kata Tuhan. Hal yang bisa dipelajari dari keadaan ini adalah kita harus mengembalikan fokus kita kepada Tuhan ketika sikap kita telah mulai menyimpang. Jangan sampai keadaan mengubah fokus kita. Kita harus kembali kepada jalur yang benar dengan tetap menjaga hati dan komitmen untuk melayani. Saat mulai mempertanyakan ketidakadilan Tuhan, tentu kita bisa menyatakan perasaan terdalam kita kepada-Nya, namun tetaplah percaya pada Tuhan, pada kasih dan kebaikan-Nya. Jika Tuhan mengizinkan tersebut untuk menyelamatkan dan melepaskan Yeremia (Yeremia 15:20), demikian juga berlaku bagi kita. Maukah engkau kembali? [RS]
REFLEKSI DIRI 
1. Apakah Anda sedang ada di fase mengeluh dan mempertanyakan keadilan Tuhan? Bagaimana cara Anda mengatasi hal tersebut?
2. Hal apa yang bisa kita pelajari dari keadaan-keadaan yang membuat kita mengeluh kepada Tuhan?
YANG HARUS DILAKUKAN
Saat mulai mempertanyakan ketidakadilan Tuhan, cobalah untuk menyatakan perasaan terdalam kita kepada Tuhan dan kembalilah untuk mempercayakan diri kita kepada Tuhan, dan jangan lagi mengucapkan hal yang sia-sia.
POKOK DOA
Bapa yang baik, seringku tak memahami jalan-jalan-Mu dalam hidupku. Ketika aku mulai diperhadapkan dengan keraguan akan keadilan, kesetiaan, dan kebaikan-Mu, tolong aku untuk tetap percaya kepada-Mu bahwa Engkau selalu baik bagiku. Dalam nama Yesus. Amin.
HIKMAT HARI INI
Saat mulai mempertanyakan ketidakadilan Tuhan, ingatlah untuk kembali ke jalur yang tepat, dengan menjaga hati dan komitmen untuk melayani.
Share:

MENSYUKURI PEKERJAAN

Kejadian 1:27-28;Kejadian 2:5;Kejadian 2:15
 Aku melihat bahwa tidak ada yang lebih baik bagi manusia dari pada bergembira dalam pekerjaannya, sebab itu adalah bahagiannya. Karena siapa akan memperlihatkan kepadanya apa yang akan terjadi sesudah dia?
Pengkhotbah 3:22
Ada orang yang selalu mengeluh, apatis, dan tidak bersungguh-sungguh dalam pekerjaannya. Beberapa orang menganggap pekerjaan dan bekerja sebagai hal yang buruk karena berpikir pekerjaan sebagai akibat dari kejatuhan manusia. Padahal sejatinya bekerja adalah panggilan setiap kita, sebagaimana Tuhan menempatkan manusia pertama dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu, serta dicontohkan oleh Tuhan kita yang menciptakan dunia dan memelihara dunia dengan kuasa firman-Nya, juga oleh Yesus yang menyelesaikan pekerjaan Bapa-Nya selama persinggahan-Nya di bumi.
Tuhan telah memanggil kita untuk menyenangkan-Nya dengan menghasilkan buah dalam setiap pekerjaan baik (Kolose 1:10). Ketika pekerjaan dilakukan di dalam Tuhan dan untuk Tuhan, itu pasti bermanfaat bagi orang lain dan memuliakan nama-Nya. Ketika Anda terlibat dalam satu pekerjaan, ketahuilah bahwa yang terpenting bukanlah tinggi rendahnya posisi atau sedikit banyaknya deskripsi pekerjaan, melainkan bagaimana cara kita bekerja dan untuk siapa kita melakukannya. Identitas kita melampaui pekerjaan kita. Yang berbahaya adalah jika seseorang tidak menemukan identitas dari hubungannya bersama Tuhan, maka pekerjaannyalah yang cenderung membentuk dan mendefinisikan orang tersebut. Inilah sebabnya banyak orang memiliki sikap yang salah dalam menjalani pekerjaannya. Entah mereka bermalas-malasan, selalu mengeluh, tidak berpikir untuk memberikan yang terbaik, dan pada akhirnya tidak mensyukuri pekerjaannya. Kita harus ingat, semua pekerjaan yang jujur adalah terhormat. Merupakan berkat yang luar biasa jika hari ini masih ada pekerjaan yang bisa kita jalani. Salomo juga mengatakan bahwa tidak ada yang lebih baik bagi manusia dari pada bergembira dalam pekerjaannya. Jadi pekerjaan apa pun yang kita jalani saat ini, itulah lingkungan di mana kita dapat menunjukkan nilai-nilai kerajaan Surga dan berbagi harapan dengan membangun hubungan, menunjukkan karakter, integritas, serta dengan melakukan pekerjaan kita dengan hati-hati dan berkualitas. 
REFLEKSI DIRI
1. Bagaimana seharusnya orang percaya memandang pekerjaan?
2. Sikap apa yang perlu Anda ubah di tempat kerja Anda?
YANG HARUS DILAKUKAN
Bersyukurlah untuk pekerjaan Anda dengan menunjukkan nilai-nilai kerajaan Surga dan berbagi harapan dengan membangun hubungan, menunjukkan karakter, integritas, serta dengan melakukan pekerjaan kita dengan hati-hati dan berkualitas.
POKOK DOA
Tuhan Yesus, aku bersyukur untuk pekerjaan yang kujalani saat ini. Terima kasih untuk kepercayaan yang Kau berikan. Aku mau menunjukkan rasa syukurku dengan menjadi orang yang bekerja dengan maksimal. Di dalam nama Yesus. Amin.
HIKMAT HARI INI
Ketika Anda bersyukur untuk pekerjaan Anda, Anda dapat menikmati tidur, Anda menurunkan kemungkinan Anda untuk merasa kesal di tempat kerja, dan Anda akan menjadi pencipta ide di tempat kerja.
Share:

JIKA ENGKAU MAU KEMBALI

Yeremia 15:11-21
Yeremia 19:15 (TB) "Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan ke atas kota ini dan ke atas segala kota sekitarnya seluruh malapetaka yang telah Kukatakan akan menimpa mereka, sebab mereka berkeras kepala dan tidak mendengarkan perkataan-perkataan-Ku." 

          Kita semua mungkin pernah mengeluh kepada Tuhan karena merasakan ketidakadilan. Mungkin kita menganggap segala kesalehan kita kepada-Nya tak berguna. Saat telah setia, berkorban, dan memberi yang terbaik bagi pekerjaan Tuhan, namun semua itu seakan-akan tidak membawa dampak apa-apa bagi hidup kita. Sebaliknya, hanya membuat kita menjadi pahit hati. Nyatanya, keadaan tak berubah, dan kita mulai berpikir sia-sia saja mengikut Tuhan. 
Yeremia selaku nabi Tuhan pun pernah mengalami hal serupa. Yeremia berkata, “Sungguh, ya TUHAN, aku telah melayani Engkau dengan sebaik-baiknya, dan telah membela musuh di depan-Mu pada masa kecelakaannya dan kesesakannya!” Yeremia mempertanyakan mengapa penderitaannya tak berkesudahan dan lukanya sangat payah, sukar disembuhkan. Yeremia merasa bahwa Tuhan tidak mendengar seruannya di saat-saat ia paling membutuhkan, bahkan setelah ia setia melayani. Sampai-sampai Yeremia berkata kepada Tuhan, “Sungguh, Engkau seperti sungai yang curang bagiku, air yang tidak dapat dipercayai.” (Yeremia 15:18). Menarik untuk memperhatikan tanggapan Tuhan atas keluhan Yeremia. Tuhan tidak lantas mengecam perilakunya. Sebaliknya Tuhan ingin mengembalikan fokus Yeremia pada tempatnya. “Jika engkau mau kembali, Aku akan mengembalikan engkau menjadi pelayan di hadapan-Ku, dan jika engkau mengucapkan apa yang berharga dan tidak hina, maka engkau akan menjadi penyambung lidah bagi-Ku”, demikian kata Tuhan. Hal yang bisa dipelajari dari keadaan ini adalah kita harus mengembalikan fokus kita kepada Tuhan ketika sikap kita telah mulai menyimpang. Jangan sampai keadaan mengubah fokus kita. Kita harus kembali kepada jalur yang benar dengan tetap menjaga hati dan komitmen untuk melayani. Saat mulai mempertanyakan ketidakadilan Tuhan, tentu kita bisa menyatakan perasaan terdalam kita kepada-Nya, namun tetaplah percaya pada Tuhan, pada kasih dan kebaikan-Nya. Jika Tuhan mengizinkan tersebut untuk menyelamatkan dan melepaskan Yeremia (Yeremia 15:20), demikian juga berlaku bagi kita. Maukah engkau kembali? 
REFLEKSI DIRI 
1. Apakah Anda sedang ada di fase mengeluh dan mempertanyakan keadilan Tuhan? Bagaimana cara Anda mengatasi hal tersebut?
2. Hal apa yang bisa kita pelajari dari keadaan-keadaan yang membuat kita mengeluh kepada Tuhan?
YANG HARUS DILAKUKAN
Saat mulai mempertanyakan ketidakadilan Tuhan, cobalah untuk menyatakan perasaan terdalam kita kepada Tuhan dan kembalilah untuk mempercayakan diri kita kepada Tuhan, dan jangan lagi mengucapkan hal yang sia-sia.
POKOK DOA
Bapa yang baik, seringku tak memahami jalan-jalan-Mu dalam hidupku. Ketika aku mulai diperhadapkan dengan keraguan akan keadilan, kesetiaan, dan kebaikan-Mu, tolong aku untuk tetap percaya kepada-Mu bahwa Engkau selalu baik bagiku. Dalam nama Yesus. Amin.
HIKMAT HARI INI
Saat mulai mempertanyakan ketidakadilan Tuhan, ingatlah untuk kembali ke jalur yang tepat, dengan menjaga hati dan komitmen untuk melayani.
Share:

MENGUCAP SYUKUR ATAS PENGHASILAN ANDA ( unduh unduhan)

Imamat 23:9-14

Salah satu hari raya orang Israel adalah hari raya buah sulung. Hari raya ini biasa dilakukan setahun sekali dengan mempersembahkan seberkas (kira-kira segenggam) dari hasil pertama dari penuaian mereka. Dalam hal ini adalah penuaian jelai di musim semi yang terjadi di tanah Israel (Imamat 23:10-11). Perayaan ini biasanya didasari dengan doa seperti yang telah diperintahkan Tuhan sebelumnya. Doa yang diucapkan merupakan ungkapan untuk memuja Tuhan sebagai pemberi atau sumber berkat. “Maka kami berseru kepada TUHAN, Allah nenek moyang kami … Ia membawa kami ke tempat ini, dan memberikan kepada kami negeri ini, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya. Oleh sebab itu, di sini aku membawa hasil pertama dari bumi yang telah Kauberikan kepadaku, ya TUHAN.” (Ulangan 26:5-10). Ketika Bait Suci masih ada, perayaan ini diperingati sebagai peringatan untuk membawa persembahan persepuluhan ucapan syukur. Imam akan mengambil berkas-berkas yang dipersembahkan dan mengangkat beberapa berkas ke udara dan melambai-lambaikannya ke setiap arah. Dengan cara ini, maka setiap umat akan melihat dan mengakui pemeliharaan Tuhan atas hidup mereka dan kedaulatan Tuhan atas seluruh bumi. 
Melalui perintah Tuhan ini, kita dapat menarik inti dari perayaan ini sekaligus mengaplikasikannya dalam kehidupan kita. Tuhan ingin kita menjadi anak-anak-Nya yang tahu mengucap syukur. Tentu seluruh hidup kita adalah persembahan kita yang sejati. Tetapi sudah sepatutnya kita mengucap syukur atas berkat yang kita peroleh dari penghasilan dan pekerjaan kita. Ada baiknya kita membuat sebuah peringatan akan ucapan syukur tersebut. Selain ucapan terima kasih melalui doa, persembahan persepuluhan, kita bisa memberikan persembahan dalam bentuk lain sebagai tanda syukur kita atas berkat-berkat Tuhan. Hal ini bisa menunjukkan keyakinan kita akan pemeliharaan Tuhan sebagai sumber berkat, sekaligus meyakini bahwa Ia adalah Pribadi yang berdaulat memelihara kehidupan kita. 
REFLEKSI DIRI 
1. Hal apa yang biasanya Anda lakukan sebagai wujud syukur atas berkat Tuhan yang Anda peroleh melalui penghasilan?
2. Mengapa kita perlu mengucap syukur atas berkat-Nya?
YANG HARUS DILAKUKAN
Buatlah sebuah peringatan akan ucapan syukur terhadap berkat Tuhan melalui penghasilan kita. Selain ucapan terima kasih melalui doa, persembahan persepuluhan, berilah persembahan khusus dalam bentuk lainnya.
POKOK DOA
Maka aku berseru kepada-Mu ya Tuhan yang memberikan persediaan di dalam hidupku. Oleh sebab itu, di sini aku membawa hasil persembahan yang telah Kauberikan kepadaku, ya TUHAN. Dalam nama Yesus. Amin.

HIKMAT HARI INI
Persembahan syukur atas rejeki yang Tuhan limpahkan bisa menunjukkan keyakinan kita akan pemeliharaan Tuhan, sang sumber berkat.
Share:

Disembunyikan Oleh Tuhan

Zefanya 1:1-3

Lebih baik berlindung pada TUHAN, dari pada percaya kepada manusia.
- Mazmur 118:8

Kitab Zefanya adalah salah satu kitab yang mungkin jarang kita baca. Zefanya adalah nabi Tuhan yang hidup di zaman Raja Yosia, pada masa-masa akhir Kerajaan Yehuda Selatan. Yang menarik, nama Zefanya secara literal berarti “disembunyikan oleh Tuhan”. Disembunyikan dari apa?
Kita tahu bahwa Raja Yosia, seorang bocah berusia delapan tahun yang diangkat menjadi raja, adalah raja yang benar (2Raj. 22:2). Ia memperjuangkan reformasi di Kerajaan Yehuda Selatan dengan cara memecat imam dewa-dewa asing serta menghapuskan segala bentuk penyembahan berhala (2Raj. 23). Sepertinya kisah hidup Yosia dan Kerajaan Yehuda Selatan akan berakhir dengan happy ending.
Namun, hidup Yosia berakhir tragis. Perikop 2 Tawarikh 35:20-25 menceritakan bahwa Nekho, raja Mesir, ingin memerangi Asyur (2Raj. 23:29) dan Yosia ikut campur. Nekho memperingatkan Yosia agar tidak menghentikannya, tetapi Yosia bersikeras. Lalu ayat 2 Tawarikh 35:22 menekankan bahwa Yosia tidak mengindahkan kata-kata Nekho yang merupakan “pesan Allah”. Singkat cerita, reformasi Yosia gagal karena ia tidak mendengarkan pesan Allah dan karena Kerajaan Yehuda sudah begitu bejatnya.
Inilah kenyataan hidup. Kita bisa membayangkan betapa bersukacitanya Zefanya melihat reformasi yang dilakukan Yosia. Kerajaan Yehuda meninggalkan penyembahan berhala dan ia berharap keadaan akan semakin membaik. Namun, semua harapan Zefanya kandas ketika melihat Yosia mengakhiri reformasinya sendiri secara tidak langsung dengan main sok jago melawan Nekho dan akhirnya tewas sebelum reformasinya terselesaikan. Zefanya tidak dapat bersembunyi di balik perlindungan Yosia.
Demikian pula di dalam hidup. Kita mungkin melihat seorang pemimpin baru, teladan panutan, agen perubahan, seorang yang kita percaya diutus Tuhan untuk membawa pengharapan, sebagaimana Zefanya melihat Yosia atau juga orang-orang Israel memandang Saul.
Jika kita meninggikan seseorang ke atas takhta pengharapan hati kita, kita harus siap kecewa. Sepandai-pandainya tupai melompat, sekali-kali akan jatuh juga, demikian kata pepatah. Tentu ini bukan berarti kita menjadi pesimis, sinis, dan berpikiran negatif terhadap semua orang. Poinnya adalah tidak peduli sesempurna apa pun seseorang, manusia pasti bisa salah. Satu-satunya pribadi yang kepada-Nya kita bersembunyi dan berlindung adalah Tuhan Yesus Kristus.
Refleksi Diri:
Apakah Anda pernah mengidolakan seseorang, mungkin seorang rohaniwan, pemimpin gereja, atau tokoh politik tertentu, lalu dikecewakan karena ternyata ia tidak sesempurna yang dibayangkan?
Apa langkah praktis Anda menggantungkan pengharapan dan bersembunyi dalam perlindungan Yesus?"
Share:

DOA YANG PENUH DENGAN KEPERCAYAAN

Matius 21:18-22 (23)
Peristiwa saat Tuhan Yesus mengutuk pohon ara menjadi hal yang membuat para murid tercengang. Bagaimana tidak, ketika Tuhan Yesus lapar saat dalam perjalanan, Ia mencari buah ara. Alkitab mencatat bahwa Yesus tidak mendapat apa-apa selain daun-daun saja, sebab memang bukan musim buah ara (Markus 11:13). Tuhan Yesus pun mengutuk pohon ara tersebut dan seketika itu juga keringlah pohon itu. Mungkin kita bertanya mengapa Tuhan Yesus mengutuk pohon ara, padahal saat itu memang bukan musimnya. Fakta yang perlu diketahui mengenai pohon ara ialah bahwa sebelum memasuki musimnya, biasanya pohon ara akan mengeluarkan “buah awal” yang menjadi indikasi apakah pohon ara tersebut akan berbuah saat musimnya tiba. Jika sebelum musimnya tidak didapati “buah awal”, maka sudah pasti pohon ara tersebut tidak akan berbuah saat musimnya tiba, begitu pun sebaliknya. Yang menarik, melalui fakta pohon ara Tuhan Yesus langsung mengajarkan hal yang penting mengenai doa dan iman bagi para murid-Nya. Yesus berkata jangankan untuk mengutuk pohon ara, tetapi juga jikalau mereka berkata kepada gunung agar beranjak dan tercampak ke dalam laut, hal itu bahkan akan terjadi. Saat Yesus mengutuk pohon ara, hal itu benar-benar terjadi melalui kuasa perkataan Yesus. Peristiwa tersebut ditutup dengan pesan yang tajam oleh Yesus. Katanya, “Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya.” 
Apa yang Yesus ajarkan bagi para murid-Nya juga berlaku bagi kita, bahwa tidak ada yang mustahil bagi-Nya, asal kita meminta dalam doa dengan penuh kepercayaan, yang tentu juga didasari dengan kehidupan yang sesuai dengan kehendak Tuhan. Seperti kata Yakobus, doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya. Kita dapat melakukan perkara yang besar bersama dengan Tuhan. Apa pun kemustahilan yang kita hadapi, tetaplah bertekun dalam doa dan tetaplah percaya bahwa Tuhan sanggup menjawab doa kita. [RS]

REFLEKSI DIRI 
1. Apa yang menjadi penghambat bagi Anda dalam memanjatkan doa yang penuh dengan kepercayaan?
2. Adakah pengalaman yang sepertinya mustahil bagi Anda, tetapi Anda memperoleh jawaban melalui doa yang dinaikkan dengan penuh kepercayaan?
YANG HARUS DILAKUKAN
Apa pun kemustahilan yang kita hadapi, tetaplah bertekun dalam doa dan tetaplah percaya bahwa Tuhan sanggup menjawab doa kita.
POKOK DOA
Bapa, firman-Mu mengingatkanku bahwa apa saja yang kuminta dalam doa dengan penuh kepercayaan, aku akan menerimanya. Apa pun kemustahilan yang kuhadapim pampukan aku ya Roh Kudus untuk percaya penuh kepada-Mu. Dalam nama Yesus. Amin.

HIKMAT HARI INI
“Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.” – Rasul Yakobus
Share:

BESARNYA PENGARUH DOSA

1 Korintus 5:1-8 (6)
Setiap orang yang pernah membuat roti pasti tak asing dengan bahan ragi. Ragi adalah bahan penting untuk mengembangkan adonan. Tanpa ragi, adonan roti menjadi tidak mengembang alias bantet. Bangsa Israel pernah membuat roti tanpa ragi, yaitu pada saat mereka hendak dibawa keluar dari perbudakan Mesir, karena mereka harus terburu-buru untuk berangkat (Keluaran 12:34). Itulah sebabnya sampai hari ini, pada hari Paskah atau hari raya Roti Tidak Beragi, bangsa Israel harus membuat dan memakan roti tanpa ragi (Ulangan 16:3; Keluaran 23:15). Ada pun perintah Tuhan ini bertujuan untuk mengingatkan mereka kepada pembebasan mereka dari perbudakan Mesir (Ulangan 16:1-5). 
Bila dimaknai secara rohani, ragi dilambangkan sebagai dosa. Maka dalam hal ini perayaan Paskah dimaknai sebagai simbol untuk menguduskan diri dari dosa, sebagaimana juga dijelaskan oleh Rasul Paulus, “Karena itu marilah kita berpesta, bukan dengan ragi yang lama, bukan pula dengan ragi keburukan dan kejahatan, tetapi dengan roti yang tidak beragi, yaitu kemurnian dan kebenaran.” (1 Korintus 5:8). Menarik untuk memperhatikan bahwa ragi dilambangkan sebagai dosa. Kata Paulus, “Bahwa sedikit ragi mengkhamiri seluruh adonan”. Hal ini memberi pemahaman kepada kita bagaimana besarnya pengaruh dosa layaknya pengaruh sedikit ragi bagi adonan. Dalam kehidupan, kita mungkin abai terhadap dosa-dosa yang mungkin kita anggap kecil atau sepele, seperti gosip, kekesalan, sungut-sungut, amarah, sirik, dan sebagainya. Kita beranggapan bahwa itu tidak berdampak bagi kerohanian kita. Yakobus sendiri menunjukkan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut (Yakobus 1:1). Kita juga harus tetap mengingat firman Tuhan bahwa sengat maut ialah dosa (1 Korintus 15:56). Hati-hati dengan dosa-dosa yang kita anggap sepele. Berusahalah mengejar kekudusan. Yang Tuhan kehendaki dari kita adalah kemurnian dan kebenaran kita, buanglah ragi atau dosa itu. Simpanlah janji-janji Tuhan dalam hati kita, supaya kita tidak berdosa terhadap Dia (Mazmur 119:11). [RS]
REFLEKSI DIRI 
1. Apakah ada hal-hal yang Anda anggap sebagai dosa kecil dan mulai berkompromi terhadap dosa tersebut?
2. Apa maksud dari sedikit ragi mengkhamiri seluruh adonan dan implikasinya dalam kehidupan kita?
YANG HARUS DILAKUKAN
Jangan sepelekan dosa yang kita anggap kecil. Berusahalah mengejar kekudusan. Simpanlah janji-janji Tuhan dalam hati kita, supaya kita tidak berdosa.
POKOK DOA
Bapa, hari ini firman-Mu mengingatkan betapa besarnya pengaruh dari dosa. Bila ada hal-hal kuanggap sebagai dosa kecil dan aku mulai berkompromi terhadap dosa tersebut, mampukanlah aku untuk berusaha mengejar kekudusan. Dalam nama Yesus. Amin.
HIKMAT HARI INI
Dosa-dosa yang Anda anggap kecil selalu menghasilkan dampak buruk yang besar dalam hidup Anda.
Share:

Bagaikan Mimpi

Mazmur 90:3-6

Engkau menghanyutkan manusia; mereka seperti mimpi, seperti rumput yang bertumbuh, di waktu pagi berkembang dan bertumbuh, di waktu petang lisut dan layu.
- Mazmur 90:5-6

Saya bisa menyebut diri saya adalah seorang pemimpi karena entah kenapa, hampir setiap tidur malam saya akan bermimpi. Namun, saat bangun hanya secuil mimpi yang saya ingat. Saya terkadang gemas ingin memutar ulang mimpi saya, apalagi mimpi yang menyenangkan, tetapi ketika mata terbuka semua itu sirna. Saya sulit mengingat ceritanya dan di waktu tidur selanjutnya juga tidak ada sambungan episodenya.
Hidup kita juga seperti mimpi, itulah yang digambarkan oleh Musa. “Engkau menghanyutkan manusia; mereka seperti mimpi, seperti rumput yang bertumbuh, di waktu pagi berkembang dan bertumbuh, di waktu petang lisut dan layu.” Waktu kita bagaikan mimpi yang kemarin ada dan berlalu begitu saja. Waktu hidup seseorang hanya satu kali saja, tidak bisa diulang lagi, betapa pun inginnya kita. Jalan hidup seseorang itu linear bukan berputar, kita tidak akan datang lagi ke dalam dunia ini.
Andaikan saya ditanya, “Kalau ada kesempatan mengulang waktu lagi, apakah Anda mau?” Saya akan menjawab, “Mau!” Saya tahu banyak kegagalan, kesalahan, keputusan yang ingin saya perbaiki di masa lalu. Sayangnya, itu tidak bisa. Banyak orang bisa menyesal dengan keputusan di masa lampau seumur hidupnya. Memang masa lalu tidak bisa diperbaiki, tetapi ingatlah Tuhan Yesus yang mati untuk orang berdosa, supaya hidup kita tidak ada penyesalan lagi. Semuanya sudah ditanggung di dalam Kristus, kita akan menyesal jika tidak percaya Tuhan Yesus.
Kita memang tidak bisa mengulang waktu, tetapi di dalam Kristus hari-hari hidup kita akan bermakna dan kita akan memasuki hidup yang sempurna bersama Tuhan di surga. Pakailah hari-hari kita untuk bisa semakin mengenal Tuhan, jangan malas untuk membaca firman dan merenungkannya. Pakailah waktu hari ini untuk meninggalkan dosa-dosa yang selama ini dinikmati, jangan bilang nanti-nanti. Gunakan waktu untuk hidup mengasihi orang lain, jangan malah berselisih terus. Manfaatkan waktu untuk mendidik anak-anak di dalam Tuhan. Ingat hidup kita seperti mimpi, hari ini ada, esok tidak ada yang tahu.
Refleksi Diri:
Apakah ada kegagalan di masa lalu yang masih membayangi Anda sampai saat ini?
Karena hidup seperti mimpi, hanya sekejap, apakah yang mau Anda lakukan agar hidup bisa memberkati orang lain?
Share:

TEGURAN DI ANTARA ORANG PERCAYA

Galatia 2:11-21
Koreksi dan teguran adalah hal yang sulit dilakukan sekaligus diterima bagi kebanyakan orang. Namun, sebagai umat Kristen, kita harus mampu melakukannya ketika diperlukan, dan juga menerimanya saat ada kesalahan. Di dalam kehidupan sesama orang percaya, koreksi dan teguran diperlukan untuk membantu kita bertumbuh dalam iman dan hidup yang lebih baik. Seperti Petrus yang ditegur oleh Paulus karena perilaku yang tidak benar. Oleh karena Petrus yang semula makan bersama dengan orang-orang non-Yahudi, tiba-tiba mengundurkan diri dan menjauhi mereka ketika beberapa orang Yahudi datang. Perilaku Petrus ini membuat orang-orang non-Yahudi merasa diabaikan dan dianggap rendah. Sehingga membuat Paulus dengan tegas menegur Petrus di hadapan semua orang yang hadir karena perilaku diskriminatifnya yang jelas-jelas tidak sesuai dengan kebenaran Injil.
Teguran seperti ini mungkin cukup keras, tetapi jika kita dapat mempertimbangkan dengan kerendahan hati dan pikiran yang terbuka, kita dapat belajar dari kesalahan kita dan tumbuh menjadi lebih baik. Sangat penting untuk diingat, bahwa teguran yang dilakukan dengan kasih dan niat yang baik akan membantu kita bertumbuh dalam iman dan membawa kebaikan dalam hidup kita. Namun, koreksi dan teguran juga harus dilakukan dengan bijaksana dan penuh kasih. Saat hendak menegur, kita harus menghindari sikap yang otoriter atau menghakimi secara tidak adil. Sebaliknya, kita harus dengan sabar menggunakan kata-kata yang lemah lembut. Kita pun harus betul-betul mengetahui akar kesalahannya dan memberikan dukungan serta bantuan untuk membantu orang yang dikoreksi bertumbuh dalam iman dan kebenaran. 

REFLEKSI DIRI
1. Bagaimana Anda meresponi koreksi dan teguran dari orang lain?
2. Apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu orang lain bertumbuh dalam iman dan hidup yang benar?
YANG HARUS DILAKUKAN
Di satu sisi, jadilah orang yang terbuka untuk menerima koreksi dan teguran dari orang lain. Di sisi lain, mintalah Tuhan kebijaksanaan dan kasih dalam memberikan koreksi dan teguran kepada sesama. Bersedia menjadi saudara seiman yang membantu satu sama lain untuk bertumbuh dalam iman dan hidup yang lebih baik.
POKOK DOA
Tuhan, tolong aku untuk memiliki kerendahan hati dan pikiran terbuka untuk menerima koreksi dan teguran dari orang lain. Berikanlah juga aku kebijaksanaan dan kasih dalam memberikan koreksi dan teguran kepada sesama. Di dalam nama Yesus. Amin.
HIKMAT HARI INI
"Lebih baik teguran yang nyata-nyata dari pada kasih yang tersembunyi." - Raja Salomo

 
Share:

Ambasador

Yoel 2:28-29
“Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia.
- Yoel 2:28a

Menjadi seorang ambasador atau duta besar tidaklah mudah. Ia harus bisa menyampaikan maksud orang yang mengutusnya, dalam hal ini seorang kepala negara, dengan baik. Tak hanya ucapan, setiap tingkah lakunya pun mewakili sang kepala negara. Bahkan, jika kita sering menonton film-film kerajaan masa lampau, tak jarang seorang ambasador dibunuh di tempat ke mana ia diutus. Tidak heran hanya orang-orang terpilihlah yang dapat menjadi ambasador.

Inilah alasan mengapa tidak semua orang di Perjanjian Lama adalah nabi. Kelihatannya mudah, hanya bermodalkan lidah. Namun, jika mewakili seorang raja saja sudah susah bukan main, apalagi mewakili Raja di atas segala raja. Di Perjanjian Lama, hanya orang-orang tertentu yang diberi kuasa Roh Kudus untuk menjadi nabi dan bernubuat.

Jadi, bayangkan betapa terkejutnya orang-orang Yehuda ketika Nabi Yoel datang dan bernubuat bahwa akan tiba waktunya Tuhan mencurahkan Roh Kudus-Nya ke atas seluruh orang percaya dan membuat mereka semua menjadi nabi. Besar kecil, tua muda, bahkan hamba-hamba sekalipun akan bernubuat!

Beberapa ratus tahun kemudian, nubuatan ini digenapi lima puluh hari sesudah Tuhan Yesus naik ke surga. Di hari Pentakosta, Roh Kudus dicurahkan sehingga para murid yang awalnya pengecut, kini dengan berani keluar dan memberitakan kebenaran. Tak hanya itu, kini nubuatan tidak hanya dikabarkan kepada orang-orang Israel saja. Kini, semua bangsa dapat mendengarkan Injil keselamatan tersebut (Kis. 2:7-11).
Tak hanya para murid. Sebagaimana janji Tuhan dinyatakan melalui nubuatan Nabi Yoel, semua orang kini menjadi nabi, termasuk kita! Berbeda dengan pandangan populer, bernubuat dan menjadi nabi tidak selalu berarti memberitahukan apa yang akan terjadi di masa depan. Menjadi nabi berarti menjadi ambasador Tuhan, penyambung lidah-Nya! “Ah, itu kan pekerjaan hamba Tuhan yang berkhotbah setiap minggu?” Siapa bilang? Suka tidak suka, mau tidak mau, kita semua adalah ambasador Tuhan, entahkah dalam tutur kata maupun perbuatan kita. Itulah arti dari nubuat bahwa Tuhan akan mencurahkan Roh-Nya ke atas semua manusia.
Tidak hanya sekedar penginjilan. Ketika memberitahukan kebenaran, seperti misalnya menegur kesalahan, mengajar, atau menghibur seseorang, Anda telah melakukan tugas seorang nabi. Tidakkah ini sebuah kehormatan besar?

Refleksi Diri:
Bagaimana Anda mengeluarkan kata-kata Anda selama ini? Apakah lebih banyak yang memberkati atau menjadi batu sandungan bagi orang yang mendengarnya?
Bagaimana fakta bahwa Anda adalah ambasador Tuhan memotivasi Anda untuk memperbaiki tutur kata dan tindak tanduk Anda?
Share:

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.