BESARNYA PENGARUH DOSA ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

BESARNYA PENGARUH DOSA

1 Korintus 5:1-8 (6)
Setiap orang yang pernah membuat roti pasti tak asing dengan bahan ragi. Ragi adalah bahan penting untuk mengembangkan adonan. Tanpa ragi, adonan roti menjadi tidak mengembang alias bantet. Bangsa Israel pernah membuat roti tanpa ragi, yaitu pada saat mereka hendak dibawa keluar dari perbudakan Mesir, karena mereka harus terburu-buru untuk berangkat (Keluaran 12:34). Itulah sebabnya sampai hari ini, pada hari Paskah atau hari raya Roti Tidak Beragi, bangsa Israel harus membuat dan memakan roti tanpa ragi (Ulangan 16:3; Keluaran 23:15). Ada pun perintah Tuhan ini bertujuan untuk mengingatkan mereka kepada pembebasan mereka dari perbudakan Mesir (Ulangan 16:1-5). 
Bila dimaknai secara rohani, ragi dilambangkan sebagai dosa. Maka dalam hal ini perayaan Paskah dimaknai sebagai simbol untuk menguduskan diri dari dosa, sebagaimana juga dijelaskan oleh Rasul Paulus, “Karena itu marilah kita berpesta, bukan dengan ragi yang lama, bukan pula dengan ragi keburukan dan kejahatan, tetapi dengan roti yang tidak beragi, yaitu kemurnian dan kebenaran.” (1 Korintus 5:8). Menarik untuk memperhatikan bahwa ragi dilambangkan sebagai dosa. Kata Paulus, “Bahwa sedikit ragi mengkhamiri seluruh adonan”. Hal ini memberi pemahaman kepada kita bagaimana besarnya pengaruh dosa layaknya pengaruh sedikit ragi bagi adonan. Dalam kehidupan, kita mungkin abai terhadap dosa-dosa yang mungkin kita anggap kecil atau sepele, seperti gosip, kekesalan, sungut-sungut, amarah, sirik, dan sebagainya. Kita beranggapan bahwa itu tidak berdampak bagi kerohanian kita. Yakobus sendiri menunjukkan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut (Yakobus 1:1). Kita juga harus tetap mengingat firman Tuhan bahwa sengat maut ialah dosa (1 Korintus 15:56). Hati-hati dengan dosa-dosa yang kita anggap sepele. Berusahalah mengejar kekudusan. Yang Tuhan kehendaki dari kita adalah kemurnian dan kebenaran kita, buanglah ragi atau dosa itu. Simpanlah janji-janji Tuhan dalam hati kita, supaya kita tidak berdosa terhadap Dia (Mazmur 119:11). [RS]
REFLEKSI DIRI 
1. Apakah ada hal-hal yang Anda anggap sebagai dosa kecil dan mulai berkompromi terhadap dosa tersebut?
2. Apa maksud dari sedikit ragi mengkhamiri seluruh adonan dan implikasinya dalam kehidupan kita?
YANG HARUS DILAKUKAN
Jangan sepelekan dosa yang kita anggap kecil. Berusahalah mengejar kekudusan. Simpanlah janji-janji Tuhan dalam hati kita, supaya kita tidak berdosa.
POKOK DOA
Bapa, hari ini firman-Mu mengingatkan betapa besarnya pengaruh dari dosa. Bila ada hal-hal kuanggap sebagai dosa kecil dan aku mulai berkompromi terhadap dosa tersebut, mampukanlah aku untuk berusaha mengejar kekudusan. Dalam nama Yesus. Amin.
HIKMAT HARI INI
Dosa-dosa yang Anda anggap kecil selalu menghasilkan dampak buruk yang besar dalam hidup Anda.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.