DOA YANG PENUH DENGAN KEPERCAYAAN ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

DOA YANG PENUH DENGAN KEPERCAYAAN

Matius 21:18-22 (23)
Peristiwa saat Tuhan Yesus mengutuk pohon ara menjadi hal yang membuat para murid tercengang. Bagaimana tidak, ketika Tuhan Yesus lapar saat dalam perjalanan, Ia mencari buah ara. Alkitab mencatat bahwa Yesus tidak mendapat apa-apa selain daun-daun saja, sebab memang bukan musim buah ara (Markus 11:13). Tuhan Yesus pun mengutuk pohon ara tersebut dan seketika itu juga keringlah pohon itu. Mungkin kita bertanya mengapa Tuhan Yesus mengutuk pohon ara, padahal saat itu memang bukan musimnya. Fakta yang perlu diketahui mengenai pohon ara ialah bahwa sebelum memasuki musimnya, biasanya pohon ara akan mengeluarkan “buah awal” yang menjadi indikasi apakah pohon ara tersebut akan berbuah saat musimnya tiba. Jika sebelum musimnya tidak didapati “buah awal”, maka sudah pasti pohon ara tersebut tidak akan berbuah saat musimnya tiba, begitu pun sebaliknya. Yang menarik, melalui fakta pohon ara Tuhan Yesus langsung mengajarkan hal yang penting mengenai doa dan iman bagi para murid-Nya. Yesus berkata jangankan untuk mengutuk pohon ara, tetapi juga jikalau mereka berkata kepada gunung agar beranjak dan tercampak ke dalam laut, hal itu bahkan akan terjadi. Saat Yesus mengutuk pohon ara, hal itu benar-benar terjadi melalui kuasa perkataan Yesus. Peristiwa tersebut ditutup dengan pesan yang tajam oleh Yesus. Katanya, “Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya.” 
Apa yang Yesus ajarkan bagi para murid-Nya juga berlaku bagi kita, bahwa tidak ada yang mustahil bagi-Nya, asal kita meminta dalam doa dengan penuh kepercayaan, yang tentu juga didasari dengan kehidupan yang sesuai dengan kehendak Tuhan. Seperti kata Yakobus, doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya. Kita dapat melakukan perkara yang besar bersama dengan Tuhan. Apa pun kemustahilan yang kita hadapi, tetaplah bertekun dalam doa dan tetaplah percaya bahwa Tuhan sanggup menjawab doa kita. [RS]

REFLEKSI DIRI 
1. Apa yang menjadi penghambat bagi Anda dalam memanjatkan doa yang penuh dengan kepercayaan?
2. Adakah pengalaman yang sepertinya mustahil bagi Anda, tetapi Anda memperoleh jawaban melalui doa yang dinaikkan dengan penuh kepercayaan?
YANG HARUS DILAKUKAN
Apa pun kemustahilan yang kita hadapi, tetaplah bertekun dalam doa dan tetaplah percaya bahwa Tuhan sanggup menjawab doa kita.
POKOK DOA
Bapa, firman-Mu mengingatkanku bahwa apa saja yang kuminta dalam doa dengan penuh kepercayaan, aku akan menerimanya. Apa pun kemustahilan yang kuhadapim pampukan aku ya Roh Kudus untuk percaya penuh kepada-Mu. Dalam nama Yesus. Amin.

HIKMAT HARI INI
“Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.” – Rasul Yakobus
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.