MENGUCAP SYUKUR ATAS PENGHASILAN ANDA ( unduh unduhan) ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

MENGUCAP SYUKUR ATAS PENGHASILAN ANDA ( unduh unduhan)

Imamat 23:9-14

Salah satu hari raya orang Israel adalah hari raya buah sulung. Hari raya ini biasa dilakukan setahun sekali dengan mempersembahkan seberkas (kira-kira segenggam) dari hasil pertama dari penuaian mereka. Dalam hal ini adalah penuaian jelai di musim semi yang terjadi di tanah Israel (Imamat 23:10-11). Perayaan ini biasanya didasari dengan doa seperti yang telah diperintahkan Tuhan sebelumnya. Doa yang diucapkan merupakan ungkapan untuk memuja Tuhan sebagai pemberi atau sumber berkat. “Maka kami berseru kepada TUHAN, Allah nenek moyang kami … Ia membawa kami ke tempat ini, dan memberikan kepada kami negeri ini, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya. Oleh sebab itu, di sini aku membawa hasil pertama dari bumi yang telah Kauberikan kepadaku, ya TUHAN.” (Ulangan 26:5-10). Ketika Bait Suci masih ada, perayaan ini diperingati sebagai peringatan untuk membawa persembahan persepuluhan ucapan syukur. Imam akan mengambil berkas-berkas yang dipersembahkan dan mengangkat beberapa berkas ke udara dan melambai-lambaikannya ke setiap arah. Dengan cara ini, maka setiap umat akan melihat dan mengakui pemeliharaan Tuhan atas hidup mereka dan kedaulatan Tuhan atas seluruh bumi. 
Melalui perintah Tuhan ini, kita dapat menarik inti dari perayaan ini sekaligus mengaplikasikannya dalam kehidupan kita. Tuhan ingin kita menjadi anak-anak-Nya yang tahu mengucap syukur. Tentu seluruh hidup kita adalah persembahan kita yang sejati. Tetapi sudah sepatutnya kita mengucap syukur atas berkat yang kita peroleh dari penghasilan dan pekerjaan kita. Ada baiknya kita membuat sebuah peringatan akan ucapan syukur tersebut. Selain ucapan terima kasih melalui doa, persembahan persepuluhan, kita bisa memberikan persembahan dalam bentuk lain sebagai tanda syukur kita atas berkat-berkat Tuhan. Hal ini bisa menunjukkan keyakinan kita akan pemeliharaan Tuhan sebagai sumber berkat, sekaligus meyakini bahwa Ia adalah Pribadi yang berdaulat memelihara kehidupan kita. 
REFLEKSI DIRI 
1. Hal apa yang biasanya Anda lakukan sebagai wujud syukur atas berkat Tuhan yang Anda peroleh melalui penghasilan?
2. Mengapa kita perlu mengucap syukur atas berkat-Nya?
YANG HARUS DILAKUKAN
Buatlah sebuah peringatan akan ucapan syukur terhadap berkat Tuhan melalui penghasilan kita. Selain ucapan terima kasih melalui doa, persembahan persepuluhan, berilah persembahan khusus dalam bentuk lainnya.
POKOK DOA
Maka aku berseru kepada-Mu ya Tuhan yang memberikan persediaan di dalam hidupku. Oleh sebab itu, di sini aku membawa hasil persembahan yang telah Kauberikan kepadaku, ya TUHAN. Dalam nama Yesus. Amin.

HIKMAT HARI INI
Persembahan syukur atas rejeki yang Tuhan limpahkan bisa menunjukkan keyakinan kita akan pemeliharaan Tuhan, sang sumber berkat.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.