MENIKMATI HIDUP DI HARI INI ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

MENIKMATI HIDUP DI HARI INI

BACAAN ALKITAB HARI INI
Matius 6:31-34
Dokter dan penulis Don Colbert, dalam bukunya The Seven Pillars of Health menyatakan bahwa salah satu cara alami untuk menuju kesehatan yang semakin baik adalah hidup dengan menikmati saat sekarang. Katanya, “Saat saya mulai melatih kesadaran dengan menikmati saat sekarang dan membingkai kembali keadaan-keadaan dengan menikmati rasa syukur, tanggapan-tanggapan dan reaksi saya berubah dan saya mampu menerima keadaan saya.” Hal ini senada dengan pandangan umum yang menyatakan bahwa salah satu cara untuk menciptakan kebahagiaan adalah menikmati hidup di hari ini.
Memang setiap kita tak lepas dibentuk oleh masa lalu dan dimotivasi oleh kehidupan di masa mendatang. Namun masalah yang sering terjadi adalah fokus di masa lalu dan masa depan membuat kita kehilangan makna dan rasa di masa sekarang, masa yang benar-benar kita hidupi. Tuhan Yesus sendiri mengajar kepada kita konsep untuk menaruh perhatian terhadap kehidupan di saat ini dengan berkata, “Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.” (Matius 6:34). Di sisi lain, Rasul Paulus juga mengajak kita untuk melupakan hal-hal yang ada di belakang, yaitu masa lalu agar kita fokus dan menaruh perhatian pada kehidupan masa sekarang. Ini artinya kita tidak harus terikat pada pemikiran apa pun yang tidak berhubungan dengan saat ini dan menemukan sesuatu untuk dinikmati pada saat ini. Pemazmur juga melantunkan syairnya, “Inilah hari yang dijadikan TUHAN, marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita karenanya.” Menikmati saat sekarang berarti belajar menaruh sikap penuh perhatian pada apa yang sedang terjadi di saat ini. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan adalah dengan sesekali mengurangi mobilitas, menikmati momen demi momen dengan hati yang tenang, serta kewaspadaan penuh pada kegiatan yang sedang dilakukan dan pengalaman hati kita tentang kegiatan itu. Mensyukuri apa pun yang ada pada kita di saat sekarang dan tidak mengeluh atas apa yang tidak kita miliki, serta hidup dengan sikap terbaik kita di masa sekarang. 

REFLEKSI DIRI 
1. Apa pandangan firman Tuhan mengenai cara hidup dengan menikmati saat ini?
2. Bagaimana cara kita menikmati saat ini?

YANG HARUS DILAKUKAN
Nikmati saat ini dengan sesekali mengurangi mobilitas, menenangkan hati agar bisa menikmati setiap momen yang ada. Mensyukuri apa pun yang ada pada kita di saat sekarang, serta hidup dengan sikap terbaik kita di masa sekarang.

POKOK DOA
Bapa yang baik, inilah hari yang Engkau jadikan, aku mau bersorak-sorak dan bersukacita karenanya. Terima kasih Tuhan. Dalam nama Yesus. Amin.

HIKMAT HARI INI
“Jika suatu pemikiran yang penuh stress masuk ke dalam pikiran Anda, pilihlah untuk pindah ke pemikiran yang berhubungan dengan apa yang sedang Anda lihat, dengar, cium, atau rasakan.” – Don Colbert
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.