TEGURAN DI ANTARA ORANG PERCAYA ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

TEGURAN DI ANTARA ORANG PERCAYA

Galatia 2:11-21
Koreksi dan teguran adalah hal yang sulit dilakukan sekaligus diterima bagi kebanyakan orang. Namun, sebagai umat Kristen, kita harus mampu melakukannya ketika diperlukan, dan juga menerimanya saat ada kesalahan. Di dalam kehidupan sesama orang percaya, koreksi dan teguran diperlukan untuk membantu kita bertumbuh dalam iman dan hidup yang lebih baik. Seperti Petrus yang ditegur oleh Paulus karena perilaku yang tidak benar. Oleh karena Petrus yang semula makan bersama dengan orang-orang non-Yahudi, tiba-tiba mengundurkan diri dan menjauhi mereka ketika beberapa orang Yahudi datang. Perilaku Petrus ini membuat orang-orang non-Yahudi merasa diabaikan dan dianggap rendah. Sehingga membuat Paulus dengan tegas menegur Petrus di hadapan semua orang yang hadir karena perilaku diskriminatifnya yang jelas-jelas tidak sesuai dengan kebenaran Injil.
Teguran seperti ini mungkin cukup keras, tetapi jika kita dapat mempertimbangkan dengan kerendahan hati dan pikiran yang terbuka, kita dapat belajar dari kesalahan kita dan tumbuh menjadi lebih baik. Sangat penting untuk diingat, bahwa teguran yang dilakukan dengan kasih dan niat yang baik akan membantu kita bertumbuh dalam iman dan membawa kebaikan dalam hidup kita. Namun, koreksi dan teguran juga harus dilakukan dengan bijaksana dan penuh kasih. Saat hendak menegur, kita harus menghindari sikap yang otoriter atau menghakimi secara tidak adil. Sebaliknya, kita harus dengan sabar menggunakan kata-kata yang lemah lembut. Kita pun harus betul-betul mengetahui akar kesalahannya dan memberikan dukungan serta bantuan untuk membantu orang yang dikoreksi bertumbuh dalam iman dan kebenaran. 

REFLEKSI DIRI
1. Bagaimana Anda meresponi koreksi dan teguran dari orang lain?
2. Apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu orang lain bertumbuh dalam iman dan hidup yang benar?
YANG HARUS DILAKUKAN
Di satu sisi, jadilah orang yang terbuka untuk menerima koreksi dan teguran dari orang lain. Di sisi lain, mintalah Tuhan kebijaksanaan dan kasih dalam memberikan koreksi dan teguran kepada sesama. Bersedia menjadi saudara seiman yang membantu satu sama lain untuk bertumbuh dalam iman dan hidup yang lebih baik.
POKOK DOA
Tuhan, tolong aku untuk memiliki kerendahan hati dan pikiran terbuka untuk menerima koreksi dan teguran dari orang lain. Berikanlah juga aku kebijaksanaan dan kasih dalam memberikan koreksi dan teguran kepada sesama. Di dalam nama Yesus. Amin.
HIKMAT HARI INI
"Lebih baik teguran yang nyata-nyata dari pada kasih yang tersembunyi." - Raja Salomo

 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.