BAHAYA TAAT TAPI MENGGERUTU ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

BAHAYA TAAT TAPI MENGGERUTU

BACAAN ALKITAB HARI INI
Filipi 2:12-16 (:14)
Di dalam surat Paulus kepada jemaat di Filipi, ia menyapa mereka sebagai umat yang taat. Kemudian Paulus menasihati supaya mereka menjalani pengakuan iman mereka dengan sikap dan perilaku yang pantas, yaitu melakukan segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantah, supaya mereka tiada beraib dan tiada bernoda, tidak bercela di tengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya. Dengan kata lain, Paulus juga ingin mengatakan kepada kita bahwa cara kita menaati itu penting.
Tidak sedikit orang yang menggerutu dan membantah di dalam ketaatannya. Mereka melakukan perintah, namun dengan bersungut-sungut. Mereka melakukan perintah, namun dengan beribu bantahan dalam hati. Motivasi dan semangat di balik melakukan sesuatu itu penting. Sebab standar Tuhan kepada kita bukan sekedar hanya untuk ditaati, namun untuk ditaati sepenuhnya, segera, dan dengan ringan hati. Artinya, ketaatan yang dilakukan dengan rasa jengkel, bantahan, dan sungut-sungut sama dengan ketidaktaatan. Kita harus memperhatikan kebenaran ini dalam setiap aspek ketaatan kita kepada Tuhan dan juga kepada otoritas di atas kita. Tanpa mengabaikan kenyataan bahwa ada banyak sumber kesulitan dan frustrasi yang mungkin menekan kita, entah itu rekan kerja, atasan, orang tua, pasangan, atau anak-anak kita, kita cenderung memperlihatkan keluhan dan keengganan dalam kepatuhan kita sehingga semua orang akan tahu dan melihat harga yang harus kita bayar dalam ketaatan tersebut. Jangan bertahan dengan sikap seperti ini, sekali pun atas perintah yang tidak masuk akal, lebih baik kita bertukar pikiran dan berdiskusi mencari solusi daripada bertahan sebagai pengeluh. Tanamkan dalam pikiran kita sebuah kebenaran sederhana, bahwa Tuhan menghendaki ketaatan yang sepenuhnya, segera, dan dengan ringan hati. Ia senang dengan seseorang yang memberi dengan sukacita (2 Korintus 9:7), seseorang yang memberi tumpangan dengan tidak bersungut-sungut (1 Petrus 4:9), dan yang berdoa dengan tidak munafik (Matius 6:5). (LS)

REFLEKSI DIRI 
1. Apa alasan paling sering yang membuat Anda menggerutu atau berbantahan dalam kepatuhan Anda?
2. Mengapa bersungut-sungut dalam ketaatan sama dengan ketidaktaatan?
YANG HARUS DILAKUKAN
Lakukan segala sesuatu dengan ringan hati.
POKOK DOA
Bapa, aku mohon ampun untuk segala bantahan, sungut-sungut, dan gerutuku dalam menjalankan setiap perintah-Mu. Aku mau belajar untuk melakukan dengan ringan hati, agar Engkau disenangkan. Di dalam nama Yesus. Amin.

HIKMAT HARI INI
Kepatuhan yang disertai sungut-sungut sama dengan ketidakpatuhan.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.