JANGAN TINGGALKAN KOMUNITAS ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

JANGAN TINGGALKAN KOMUNITAS

BACAAN ALKITAB HARI INI
Ibrani 10:24-25
AYAT HAFALAN
Efesus 2:19-20
Pada tanggal 8 Juli 2022, perdana menteri Shinzo Abe dibunuh oleh seorang pria berusia 41 tahun bernama Tetsuya Yamagami. Menurut berita lokal, ia menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk merencanakan serangan menggunakan senjata rakitannya dan menghadiri acara-acara kampanye Abe. Pria tersebut percaya bahwa Shinzo Abe terkait dengan kelompok agama yang menjadi alasan kehancuran finansial ibunya. Menurut surat kabar Mainichi, Tetsuya mulai sering bolos kerja tanpa izin. Pada pertengahan April 2022 ia menghabiskan jatah cuti dan berhenti bekerja pada bulan Mei. Kantor berita Reuters juga mewawancarai tetangga Tetsuya yang mengatakan bahwa tersangka adalah seorang penyendiri yang tidak menjawab ketika diajak bicara. 
Dari kisah ini kita belajar bahwa seseorang sangat mungkin memutuskan hal-hal yang fatal tanpa pertimbangan ketika mereka terisolasi dalam masyarakat, menjadi seorang penyendiri yang sulit berkomunikasi dan tidak terbuka dengan orang lain, bahkan meninggalkan komunitasnya (dalam hal ini tempat kerjanya). Setiap orang memiliki masalah dalam hidupnya, namun jika kita tetap berada dalam komunitas yang tepat, terutama komunitas rohani, maka kita dapat saling berbagi suka dan duka. Kita bisa mendapatkan kekuatan, saran, koreksi, bahkan solusi. Seperti dalam bacaan Alkitab hari ini supaya kita tidak menarik diri dari pertemuan ibadah, namun hendaknya kita saling menasihati. Melalui komunitas rohani, kita akan mendapat pengaruh yang baik, saling mendukung untuk bertumbuh di dalam Kristus. Di dalam gereja kita, terdapat komunitas yang disebut  Soli Deo Gloria. Komunitas ini adalah sarana bagi kita untuk saling mendewasakan di dalam Kristus, menjadi wadah untuk saling memperhatikan dan mendukung para jemaat, saling mendoakan, menegur, dan menguatkan satu sama lain layaknya sebuah keluarga. Sebegitu pentingnya berada dalam komunitas, maka usahakanlah untuk tetap ada di dalamnya. [TJ]

REFLEKSI DIRI 
1. Apakah Anda sudah tergabung di dalam CORE? Jika tidak, apa yang membuat Anda tidak bergabung di dalamnya dan jika ya, apakah Anda sudah aktif terlibat di dalamnya?
2. Hal apa yang pernah Anda lakukan ketika ada salah satu anggota core Anda menceritakan masalahnya kepada Anda?
YANG HARUS DILAKUKAN
Tergabunglah di dalam komunita gereja. Saling memberi dukungan satu dengan yang lain.
POKOK DOA
Bapa, firman-Mu mengajarkanku bahwa Engkau tidak akan membiarkan aku menghadapi masalah sendiri. Hari ini aku mau bertumbuh dengan rekan seimanku, dengan komunitas yang Kau tetapkan. Di dalam nama Yesus. Amin.

HIKMAT HARI INI 
Perubahan yang besar dimulai dari komunitas yang menemukan apa yang menjadi perhatiannya.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.