ROH KUDUS YANG MENGHIBUR KITA ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

ROH KUDUS YANG MENGHIBUR KITA

BACAAN ALKITAB HARI INI
Yohanes 16:1-13 Yohanes 16:7

Saat akan mengungkap mengenai Roh Kudus, pendeta dan teolog Sinclair Ferguson mengatakan ada sesuatu yang sangat misterius tentang Dia. Dia adalah pribadi ketiga dari Trinitas, yang “tidak menonjolkan diri”. Namun Ia selalu bekerja seiring dengan firman Tuhan, dan Ia adalah salah satu sumber penghiburan terbesar orang Kristen.
Menjelang akhir hidup Rasul Paulus, saat-saat dia akan dipenggal mati dan seorang diri dalam penjara, isi hatinya ia tuangkan dalam suratnya. Katanya, “Pada waktu pembelaanku yang pertama tidak seorangpun yang membantu aku, semuanya meninggalkan aku … tetapi Tuhan telah mendampingi aku dan menguatkan aku.” (2 Timotius 4:16-17). Mustahil bagi Paulus bisa kuat dan bertahan sampai akhir hidupnya, jika Tuhan tidak menguatkannya. Begitu pula halnya dengan Yesus, yang dalam keadaan-Nya sebagai manusia. Menjelang detik-detik kematian-Nya, Yesus harus menghadapi masa di mana orang terdekat, yaitu para murid-Nya meninggalkan dan mengkhianati-Nya. Di masa-masa itulah Roh Kudus berjalan bersama-Nya menuju lembah kematian maut (Ibrani 9:14). Bagi para murid, kenaikan Tuhan Yesus menjadi pukulan bagi mereka. Apalagi sesaat sebelum naik, Yesus memberitahu bagaimana para murid akan mengalami hal-hal mengerikan, dikucilkan, dan akan datang saatnya setiap orang yang membunuh mereka akan menyangka bahwa mereka berbuat bakti bagi Allah. Hal ini tentu menimbulkan ketakutan di dalam diri mereka. Tuhan memahami betul keadaan ini, mereka bisa menjadi sedih, putus asa, sampai-sampai ada yang ingin kembali ke kehidupan masa lalunya. Karenanya Tuhan memberikan Roh Kudus. Sampai tiga kali Tuhan Yesus menyebut Roh Kudus sebagai Penghibur (Yohanes 14:26; 15:26; 16:7), yang menunjukkan betapa pentingnya peran itu. Dalam hidup ini, akan ada saat-saat di mana kita berjalan sendiri. Saat itu adalah saat di mana tak seorang pun dapat menolong, termasuk orang-orang terdekat sekalipun. Saat itu bisa jadi momen ketika kita berada di ruang operasi, saat dikecewakan, dikhiniati di mana tiada seorang pun yang dapat memahami kita. Manakala kita melalui masa-masa itu, alamilah kebenaran ini, “Roh Kudus adalah Sahabat yang menghiburku!” [RS]

REFLEKSI DIRI 
1. Apa peran Roh Kudus yang Anda dapati dalam bacaan REVIVE hari ini?
2. Apakah Anda pernah merasa seorang diri menjalani kehidupan ini, sudahkah Anda merasakan bagaimana Roh Kudus menjadi Sahabat sejati yang menghibur Anda?
YANG HARUS DILAKUKAN
Saat merasa seorang diri menjalani kehidupan, mintalah melalui doa agar Roh Kudus menghibur Anda.
POKOK DOA
Roh Kudus, Engkaulah sahabat sejati yang menghiburku. Engkau ada di setiap musim hidupku, dan Engkau hadir di saat-saat terberat kehidupanku. Ingatkanku selalu bahwa aku memiliki-Mu di dalam hidupku. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

HIKMAT HARI INI
“Roh Kudus adalah Sahabat yang berharga dan menyertai dalam hidup saya. Dia memberikan penghiburan.” – John Bevere
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.