DI MANAKAH KEPERCAYAANMU? ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

DI MANAKAH KEPERCAYAANMU?

Lukas 8:22-33
AYAT HAFALAN
Lukas 8:25
Ketika berada dalam situasi yang baik, hal-hal yang kita rencanakan dan lakukan berjalan lancar, “pintu-pintu” seakan dibukakan, kita sering terkecoh bahwa hal-hal demikian menjadi indikasi yang menyatakan kita ada di dalam jalur kehendak Tuhan. Namun ketika hal yang kita rencanakan tidak berjalan lancar, kita pikir kita sedang berada di luar jalur kehendak-Nya. Padahal tidaklah selalu demikian. Ada kalanya perjalanan iman kita diperhadapkan pada situasi yang tidak mudah dan memang itu merupakan kehendak Tuhan. 
Suatu kali Yesus menyuruh para murid untuk bertolak ke seberang. Pesan Yesus jelas, “Marilah kita bertolak ke seberang danau” (Lukas 8:22). Itu artinya ini adalah kehendak Tuhan bagi para murid. Namun setelah menyeberang, mereka diperhadapkan dengan masalah. Badai taufan menerpa, perahu mereka kemasukan air, sehingga mereka berada dalam bahaya. Jika kita telusuri kelanjutan dari kisah ini, para murid ketakutan padahal mereka bersama-sama dengan Yesus. Yesus pun menegur sikap mereka dan bertanya, “Di manakah kepercayaanmu?” Setelah melalui badai tersebut, ternyata mereka sudah diperhadapkan dengan sebuah pelayanan penting. Mereka harus siap untuk melayani seseorang yang sangat membutuhkan, yaitu laki-laki yang dirasuki oleh setan-setan sekian lamanya. Dari kisah ini kita belajar bahwa ada kalanya ketika berada di jalur kehendak Tuhan, masalah bisa saja justru datang melanda. Kita juga jadi mengerti bahwa maksud dari setiap masalah adalah untuk menguji kualitas iman kita. Seperti halnya yang dikatakan oleh penulis Yakobus, agar kita menganggap sebagai suatu kebahagiaan apabila kita jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan. Sebab ujian terhadap iman itu akan menghasilkan ketekunan, dan bila ketekunan itu memperoleh buah yang matang, kita menjadi sempurna, utuh, dan tak kekurangan suatu apa pun (Yakobus 1:2-4). Sementara kita kerap begitu terpaku dengan beratnya masalah, Tuhan justru sedang menanti kualitas iman kita untuk suatu tujuan yang lebih besar dan mulia. Jangan biarkan diri kita menjadi ragu akan kehadiran dan kuasa Tuhan. Sebaliknya, tunjukkan melalui sikap dan respon yang seturut dengan firman Tuhan bahwa kita benar-benar percaya penuh kepada Tuhan. [RS]

REFLEKSI DIRI 
1. Bagaimana Anda memandang sebuah masalah yang menerpa hidup Anda? Ketika diterpa masalah, apakah Anda benar-benar percaya pada Tuhan, dengan cara bagaimana?
2. Melalui kebenaran firman Tuhan hari ini, apa tujuan dari sebuah masalah?

YANG HARUS DILAKUKAN
Ketika diperhadapkan dengan masalah, tunjukkan melalui sikap dan respon yang seturut dengan firman Tuhan bahwa kita benar-benar menaruh percaya penuh kepada Tuhan.

POKOK DOA
Bapa, firman-Mu mengajarku tetap percaya pada-Mu di tengah masalah yang menimpaku. Mampukan aku meresponi masalah dengan benar, sehingga menghasilkan ketekunan, dan memperoleh buah yang matang, agar aku menjadi utuh. Dalam nama Yesus. Amin.

HIKMAT HARI INI
Kepercayaan kepada Tuhan terwujud dalam sikap yang mengakui kehadiran, kuasa, dan kedaulatan Tuhan atas setiap masalah yang menimpa.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.