MANFAAT MENYANYIKAN LAGU ROHANI ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

MANFAAT MENYANYIKAN LAGU ROHANI

Efesus 5:19-20
AYAT HAFALAN
Efesus 5:19

Menyanyi merupakan salah satu aktivitas y dapat menenangkan hati. Salah satu manfaat bernyanyi bagi kesehatan mental adalah mengurangi stres. Hal ini terbukti melalui sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa kadar hormon kortisol atau hormon stres dalam tubuh seseorang dapat menurun setelah bernyanyi. Dokter Don Colbert, yang telah banyak menolong orang sekaligus penulis buku “Stress Less”, telah membuktikan bagaimana peranan lagu rohani bagi pasiennnya di dalam praktiknya. “Saya memainkan musik rohani di kantor saya untuk meningkatkan kesembuhan dalam tubuh para pasien saya. Musik inspirasional bisa mengisi lubuk hati Anda dengan damai sejahtera dan sukacita,” ucapnya.
Firman Tuhan sendiri banyak mengajak kita untuk bernyanyi bagi Tuhan. “Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.” (Kolose 3:16). Bahkan Tuhan Yesus sendiri mempraktikkan bagaimana Ia menyanyikan lagu rohani. “Sesudah menyanyikan nyanyian pujian, pergilah Yesus dan murid-murid-Nya ke Bukit Zaitun.” (Matius 26:30). Dalam suratnya kepada jemaat di Efesus, Rasul Paulus berkata, “Nyanyikanlah lagu-lagu rohani dengan tulus!” Bukan tanpa alasan Paulus menyerukan hal ini. Paulus sendiri telah merasakan bagaimana kuasa pujian menghadirkan mujizat dalam hidupnya. Saat mereka bernyanyi sampai tawanan lain mendengar, melalui nyanyian tersebut belenggu mereka terlepas secara ajaib dan semua pintu penjara terbuka (Kisah Para Rasul 16:25). Sebab Tuhan bersemayam di atas puji-pujian umat-Nya (Mazmur 22:3). Mulai saat ini, mari kita membiasakan diri untuk menyanyikan lagu-lagu rohani. Kita juga bisa melatihnya dengan mendengar lagu rohani. Saat mengemudi atau bekerja mainkanlah musik inspirasional Anda, dan Anda akan menemukan damai sejahtera Tuhan mengisi hati Anda. [RS]
REFLEKSI DIRI 
1. Apakah Anda sudah memiliki kebiasaan untuk menyanyikan dan mendengarkan lagu rohani?
2. Mengapa penting bagi kita untuk menyanyikan lagu-lagu rohani dengan tulus?
YANG HARUS DILAKUKAN
Biasakan diri untuk menyanyikan lagu-lagu rohani. Kita juga bisa melatihnya dengan mendengar lagu rohani. Saat mengemudi atau bekerja mainkanlah musik inspirasional Anda.
POKOK DOA
Bapa, firman-Mu mengajarku untuk bernyanyi dan bersorak bagi-Mu dengan segenap hati sebab Engkau bertahta di atas puji-pujian. Apa pun yang kualami, aku mau bernyanyi untuk-Mu sebab kasih-Mu besar di dalam hidupku. Dalam nama Yesus, Amin.
HIKMAT HARI INI
“Saya memainkan musik rohani di kantor saya untuk meningkatkan kesembuhan dalam tubuh para pasien saya.” – Don Colbert
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.